silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Analisis 1. Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari
Respon siswa
Respon siswa terhadap pembelajaran matematika pada siang hari yaitu , meskipun pada awal pembelajaran disaat guru menggunakan bantuan gambar sebagai media pembelajaran siswa terlihat sangat responsif terhadap pembelajaran akan tetapi di akhir pembelajaran siswa mulai mersa bosan dan jenuh mungkin dikarenakan siswa merasa lapar dan lelah karena pembelajaran dilakukan pada siang hari.
Kelebihan
Suara guru yang cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas dan memfokuskan siswa pada pelajaran
Guru sangat komunikatif dengan memberlakukan sistim tanya jawab dan di imbangi dengan media peraga yang berupa gambar
Siswa diajak belajar sambil bermain dengan melibatkan langsung siswa pada pembelajaran pengukuran dengan penggaris sehingga siswa banyak bergerak dan menjadi tidak bosan
Kekurangan
Karena pembelajaran dilakukan siang hari kondisi siswa sudah sangat lelah sehingga mereka kurang fokus. Dan kalaupun guru berhasil mengalihkan fokus itu hanya berlangsung sebentar.
Cara mengatasi
Dukungan guru sangat diperlukan untuk mrngatasi siswa yang kurang konsentrasi dalam pembelajaran matematika di siang hari, guru di tuntut untuk ekstra sabar dan interaktif agar mengusir kebosanan siswa
Pembelajaran matematika sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan memperhatikan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran.
Setelah saya menyimak video pembelajaran di atas tentang ” siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”
Permasalahan yang sering terjadi adalah suasana kelas yang tidak kondusif karena sebagian siswa sudah merasa lelah dan tidak bersemangat , hanya ingin mengobrol, bercanda, bermain dan tidak ingin lagi belajar apalagi dengan pelajaran matematika yang dianggap pelajaran yang sangat sulit.
NAMA : BALQIS ROHADATUL ‘AISY
NIM : 858906763
PRODI : S1-PGSD
UPBJJ : UT-JEMBER
Berikut ini hasil anaslisis setelah menyaksikan vidio pembelajaran tentang “siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari” menurut pendapat saya pada video tersebut siswa sudah lelah bermain sehingga tidak bisa memusatkan perhatiannya pada guru dan pembelajaran. Dan siswa tampak tidak siap mengikuti pelajaran, hal ini terlihat bahwa ada beberapa siswa yang tidak membawa alat tulis sehingga meminjam alat tulis kepada teman sekelasnya. Biasanya pada siang hari siswa sudah mengantuk dan bosan sehingga sulit untuk berkonsentrasi. Pada video tersebut sang guru tampak kesulitan dalam penguasaan kelas sehingga langsung memulai pembelajaran tanpa mengkondisikan kelas. Maka dari itu guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa di kelas.
Dalam pengamatan saya menemukan beberapa permasalahan antara lain;
1. Guru kurang memperhatikan pentingnya media dan penggunaan metode yang variatif dan relevan.
2. Guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran dengan metode ceramah dan terlalu cepat dalam penjelasan materi.
3. Guru kurang memberikan kesempatan bertanya kepada siswa yang belum paham.
4. Guru lebih dominan berinteraksi terhadap siswa yang aktif.
5. Kurang memberi motivasi kepada siswa dan tidak memperhatikan kejenuhan siswa selama pembelajaran.
Hal yang sebaiknya dilakukan oleh guru dalam menyampaikan pembelajaran Matematika kepada siwa antara lain:
1. Sebelum memulai pembelajaran pada siang hari guru dapat melakukan ice breaking terlebih dahulu agar siswa kembali fokus dan lebih bersemangat dalam belajar.
2. Guru dapat menggunakan metode belajar yang menyenangkan dengan memanfaatkan media pembelajaran yang bervariasi.
3. Guru juga bisa menggunakan metode diskusi secara kelompok agar siswa dapat saling berinteraksi dengan aktif bersama temannya.
Demikian yang dapat saya sampaikan, terima kasih
Nama : Laily Nur Ainiyyah
NIM : 857814343
PRODI : S1-PGSD
Setelah menyimak video pembelajaran mengenai cara guru untuk menarik perhatian siswa yang awalnya gaduh bisa terpusat pada guru. Pelajaran matematika disiang hari banyak peserta didik yang kurang fokus dikarenakan waktu dan banyak yang tidak menyukai pelajaran tersebut.
Kekurangan yang terdapat dalam kegiatan belajar mengajar adalah guru dalam mengawali pembelajaran belum menggunakan salam pembuka sehingga peserta didik banyak yang belum tau bahwa pembelajaran sudah di mulai. Metode pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Serta guru hanya diam di satu titik tidak mengeksplorasi seluruh kelas sehingga banya siswa yang bermain sendiri. Guru juga hanya memberikan materi tanpa memberikan bimbingan variasi yang membuat siswa dapat memahami konsep materi tersebut.
Adanya pemberian motivasi kepada siswa dalam belajar juga penting agar siswa menjadi semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang digunakan juga harus menarik agar dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif. Saat pembelajaran berlangsung guru hendaknya mengevaluasi kegiatan siswa walaupun sudah adanya keterlibatan dengan siswa seperti sesekali menyambangi siswa pada saat adanya pemberian tugas.
Sekian, terima kasih.
Nama :Tiofani siregar
Nim. : 855847758
Program studi:PGSD-S1
Setelah saya menonton video di atas yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika pada Siang Hari”
Kelemahan:
Pada tahap awal masuk guru tidak mengucapkan salam.dan dalam video tersebut siswa kelihatan sudah lelah sehingga konsentrasi untuk belajar matematika sudah berkurang. Seharusnya guru membangkitkan semangat mereka dengan melakukan ice breaking supaya siswa kembali konsentrasi terhadap pelajaran.dan dalam video tersebut guru masih kurang dalam menguasai kelas,dan dalam pembelajaran.kurang berinteraksi terhadap siswa yang tidak aktif,lebih dominan ke anak yg aktif.
Kelebihan
Guru dengan kreatif membuat media pembelajaran dengan gambar-gambar sehingga siswa dapat berinteraksi dengan guru.dan melakukan tanya jawab sehingga pembelajaran lebih hidup.
Saran dari masalah tersebut adalah:
Sebelum memulai pembelajaran guru melakukan ice breaking.
Karena pembelajaran disiang hari guru seharusnya membuat kerja kelompok sehingga siswa termotivasi dan tidak membosankan.
Terima kasih
Assalamualaikum
Nama : Listiani
NIM : 857450054
Prodi : 118/PGSD SI
Setelah melihat video yang disediakan dapat Saya simpulkan bahwa pembelajaran matematika pada siang hari tentunya menjadi tantangan bagi guru, kenapa demikian? Karena siang hari anak-anak sudah lelah dengan aktivitas di pagi hari dari mata pelajaran yang lainnya. Oleh sebab itu pembelajaran matematika di siang hari hendaknya di mulai dengan membangun suasana yang dapat memancing perhatian siswa misalnya saja dengan membangkitkan semangat siswa terlebih dahulu (ice breaking) agar konsentrasi siswa kembali lagi.
Hal tersebut dilakukan guru agar siswa tidak jenuh dalam pembelajaran matematika, penggunaan media yang menarik perhatian siswa juga sangatlah diperlukan di sini. Media yang digunakan pun harus disesuaikan dengan materi mata pelajaran matematika dan keaktifan siswa harus di bangun di sini terutama semangat yang dibangun oleh guru matematika sendiri. Karena terkadang ketika siswa senang dengan gurunya mata pelajaran apapun akan mereka pelajari dan ikuti sekalipun matematika.
NAMA : NURUL HIDAYAH
NIM : 858734002
PRODI : PGSD BI
Setelah saya melihat video pembelajaran tentang “siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari.
saya mengamati bahwa:
1. Pada awal kegiatan pembelajaran guru tidak memberi salam, tidak mengajak berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran.
2. suasana kelas mulai ramai ketika guru memberi tahu untuk mengeluarkan alat tulis dan lain-lain namun ada salah satu anak yang tidak membawa.
3. pada saat pelajaran matematika di siang hari, siswa sudah lelah dan sudah susah diajak berkonsentrasi dengan alasan sudah lelah.
untuk mengatasi masalah yang ada didalam kelas tersebut, menurut saya yang harus dilakukan oleh guru adalah:
1. guru harus membuat media pembelajaran yang menarik dengan tujuan siswa lebih bisa menerima pelajaran matematika pada siang hari
2. guru harus lebih bersemangat lagi untuk mengajak siswa dalam melakukan pembelajaran agar siswa lebih giat lagi dalam belajar.
3. guru membagi kelompok diskusi menjadi beberapa kelompok agar siswa tidah merasa bosan dan lelah.
4.apabila siswa terlihat bosan an tidak bersemangat, hendaknya guru menajak melakukan ice breaking agar siswa lebih bersemangat lagi.
Nama: Juni Wardani
NIM: 856056978
Program Studi: S-1 PGSD AKPMM
Judul: Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab: anak-anak masih semangat dalam mengikuti pelajaran, ketika guru memberikan pertanyaan siswa masih bisa merespon.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: guru lebih banyak menggunakan metode ceramah yang mana membuat siswa menjadi bosan, guru kurang memanfaatkan media pembelajaran yang digunakannya.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: guru berupaya menggunakan media pembelajaran untuk menarik minat belajar siswa dan melakukan tanya jawab kepada siswa.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab: guru membuat sesi tanya jawab dengan siswa
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda lihat dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab:sebaiknya guru membuat suasana kelas menjadi lebih bersemangat, misal dengan melakukan ice breaking yang mana dapat menarik perhatian siswa dan membuat siswa lebih bersemangat lagi dalam belajar, apalagi pelajaran matematika di les terakhir. Mengurangi metode ceramah yang membuat siswa mengantuk. Guru juga bisa membuat pertanyaan dengan menulisnya di papan tulis, siapa yang bisa menjawab akan mendapatkan reward.
Nama: Defrianto Lake Palloan
NIM: 859420706
Prodi: S1 – PGSD
Menurut saya, pembelajaran matematika itu adalah pembelajaran yang membutuhkan keterampilan dalam mengingat materi yang disampaikan. Pembelajaran yang dilakukan pada siang hari, kebanyakan siswa terlihat suda mulai lelah segingga pembelajaran kurang kondusif. Oleh karena itu, pembelajaran dilakukan pada jam pertama di pagi hari sehingga kondisi siswa masih fres.. sehingga keterampilan guru dalam menyampaikan materi dapat di mengerti oleh siswa. Dalam video pembelajaran tersebut tampak beberapa kendala seperti : adanya siswa yang kurang berkonsentrasi karena sudah lelah, siswa ada yang tiduran dan juga ada beberapa siswa yang bergurau padahal dalam kegiatan pembelajaran tidak diperbolehkan. Disinilah terlihat kurangnya guru dalam penguasaan kelas. Oleh karena itu, keterampilan guru dalam pengusaan kelas harus benar-benar dikuasai sehingga pembelajaran dapat menciptakan suasana yang kondusif dan terarah sesuai rencana pembelajaran. Guru harus memfasilitasi siswa dengan media pembelajaran yang sesuai dan memberikan pembelajaran bermain peran, sehingga setiap siswa mampu menyampaikan pendapatnya masing-masing, selain itu guru harus memberikan apresiasi kepada siswa yang mau menyampaikan pendapatnya sehingga siawa menjadi semangat
NAMA: Reni Rismawati
NIM: 857065568
Program Study: PGSD S1
Dalam Video Pembelajaran diatas, dengan judul Belajar Matematika Yang Menarik dan Mengasyikan dalam Episode Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari. Diawal Video, guru memulai pembelajaran secara langsung, tidak melalui tanya kabar, apersepsi atau bahkan ice breaking, Sehingga para peserta didik belum siap untuk menerima pembelajaran , bahkan ada beberapa peserta didik yang bersikap tidak menerima untuk memulai pembelajaran dengan berbagai macam alasan, tidak membawa alat tulis untuk pembelajaran, peserta didik tidak menerima jam pembelajaran sudah di mulai karena keadaan dan cuaca disiang hari, maka yang terjadi peserta didik asyik bercanda dengan teman- temannya, tetapi guru tetap melanjutkan proses pembelajaran tanpa menghiraukan keadaan peserta didiknya yang sama sekali tidak siap untuk melakukan kegiatan proses belajar mengajar.
Adapun di dalam video selanjutnya dapat ditemukan solusi untuk melakukan kegiatan proses belajar mengajar. sebelum melakukan proses belajar mengajar, guru tidak langsung memberikan materi pembelajara, tetapi terlebih dahulu guru memberikan pemahaman kepada peserta didik, bagaimana pentingnya kita mempelajari pelajaran matematika untuk keberhasilan masa depan peserta didik dan meyakinkan kepada peserta didik, bahwa pelajaran matematika itu mudah dan tidak ada yang sulit selama pserta didk mau bersungguh- sungguh dalam kegiatan belajar mengajar, kemudian gurupun menggunakan alat media pembelajaran dalam memyampaikan materi pembelajaran, memastikan dan bertanya kepada peserta didik, tentang pemahaman materi pembelajaran yang sudah disampaikan, dan kemudian guru memberikan soal latihan, peserta didikpun mengerjakan tugas yang di berikan guru dengan senang hati, dan seluruh peserta didik tetap semangat mengikuti pembelajaran.