silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Siti Nurisfa’ul Uyun
NIM : 858815853
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Kota Kediri
Berdasarkan video tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa bagi sebagian siswa pelajaran matematika memang dirasa sulit apabila hanya dengan penjelasan teori saja. Adapun poin penting dalam video tersebut adalah :
– Pentingnya pemilihan dan penggunaan metode dalam suatu pembelajaran.
– Penggunaan metode ceramah pada pembelajaran matematika dirasa kurang tepat, karena hanya akan membuat siswa cepat bosan.
Guru dapat menggunakan metode belajar sambil bermain, dengan games atau tanya jawab yang dapat membangkitkan semangat siswa. Seperti menyebutkan alat-alat ukur beserta cara penggunaannya atau dengan pertanyaan yang lain.
– Guru tidak mereview sedikit pembelajaran yg lalu dan juga tidak memberikan kesimpulan pada akhir pembelajaran, hanya memberikan penugasan kepada siswa
– Kurang nya penggunaan media atau alat peraga/alat bantu pembelajaran yang dimiliki oleh guru.
– Guru tetap memberikan motivasi belajar kepada siswa meskipun banyak siswa yang sudah merasa lelah dan bosan, dibuktikan dengan guru langsung sigap memberikan motivasi ketika muridnya kelihatan tidak tertarik belajar.
Dari poin poin tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pemilihan suatu metode pembelajaran sangat berpengaruh terhadap jalannya kegiatan belajar siswa di kelas, dan aktif atau tidaknya seorang guru dalam kegiatan pembelajaran juga memengaruhi semangat siswa dalam belajar di dalam kelas.
NAMA:NADIA
NIM:858055402
Dalam Video pembelajaran tentang siswa yang tidak konsentrasi Belajar Matematika siang hari.
kelebihan:
1. guru memberikan motivasi kepada siswa saat ingin memulai pelajaran
2. guru berusaha tenang dan sabar dalam menghadapi situasi kelas yang ribut
3. guru menggunakan media pembelajaran seperti gambar-gambar
4. guru melibatkan siswa dalam pembelajaran berhitung.
kekurangan:
1. guru tidak memberikan kesimpulan
2. guru tidak mengaitkan pembelajaran sebelumnya
3. guru tidak berdoa bersama siswa
4. guru tidak mengabsen
Nama : FITRI KHAIRUN NISA
NIM : 856482484
PGSD BI Semester 2
Pembelajaran matematika adalah salah satu pelajaran yang menakutkan dan membosankan bagi sebagian besar siswa.
Apalagi ketika pelajaran matematika berada diakhir jam pelajaran, tak jarang suasana kelas menjadi lebih tak kondusif dikarenakan siswa sudah tidak konsentrasi, lelah belajar, mengantuk, dan sebagainya. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk.
Melalui video ini, saya menjadi paham bahwa agar siswa menjadi konsentrasi ada banyak metode yang dapat kita terapkan untuk menumbuhkan kembali semangat anak dalam belajar matematika. Salah satu contohnya adalah mengubah metode ceramah menjadi metode tanya jawab kepada siswa.
Guru melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda.
Ketika siswa tidak konsentrasi belajar disiang hari, maka guru harus mengupayakan dengan berbagai cara dan metode agar siswa kembali fokus untuk belajar.
Menurut pendapat saya setelah menonton penayangan vidio yang bertopik siswa yang tidak konsentrasi belajar disiang hari memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti ,
Kelebihan
Guru melakukan metode diskusi yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran ,
Guru memberikan motifasi kepada anak tentang matematika yang dimana kita tau matematika merupakan induk dari semua pembelajaran .
Guru memberikan contoh sederhana berupa gambar yang membuat anak menjadi semangat belajar
Kekurangan
Kelas terlalu ramai , sehingga guru harus tetap fokus agar konsentrasi disaat mengajar tidak menjadi gagal
Guru dapat menggunakan metode belajar diluar ruangan agar siswa mendapat suasana belajar yang baru dan tidak bosan belajar di kelas pada saat jam jam siang
Nama : Nur Fadilah
NIM : 858305142
Prodi : S1-PGSD Masukan Sarjana
Setelah menonton video yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” saya bisa mengambil kesimpulan bahwa mengajar matematika memerlukan metode & model pembelajaran yang sangat menarik, sehingga siswa makin bisa konsentrasi meskipun belajar matematika di siang hari. Dalam video itu guru sudah bisa membuat suasana di awal yang kurang kondusif menjadi lebih kondusif. Kurangnya guru kurang menampilkan media pembelajaran yang lebih menarik perhatian peserta didik. Karena guru hanya menggambar di papan tulis. Peserta didik akan lebih tertarik kalau guru membawa media pembelajaran berbentuk replika atau berupa video.
Nama : Fitri Khairun Nisa
NIM : 856482484
PGSD-BI
Pelajaran matematika adalah salah satu pelajaran yang menakutkan dan membosankan bagi sebagian besar siswa.
Apalagi ketika pelajaran matematika berada diakhir jam pelajaran, tak jarang suasana kelas menjadi tidak kondusif dikarenakan siswa sudah tidak konsentrasi, lelah belajar, mengantuk, dan sebagainya.
Hal-hal tersebut membuat siswa mencari kesibukan masing-masing seperti mengganggu teman, bermain-main, bercerita, dan sebagainya.
Video diatas menambah pengetahuan saya, bahwa agar konsentrasi kembali meski dijam siang, guru harus menggunakan metode yang menarik. Contohnya seperti yang ada di video. Guru tidak menggunakan metode ceramah, melainkan metode tanya jawab.
Siswa akan berantusias menjawab pertanyaan-pertanyaan guru sehingga fokus mereka akan kembali.
Nama : Wida apriani
NIM : 857492882
Prodi : S1 PGSD
Menurut pendapat saya siswa sulit berkonsentrasi saaat pelajaran terakhir, di video ini guru hanya memakai metode ceramah sehingga membuat siswa bosan dan kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, juga media pembelajaran yang hanya sebuah gambar membuat siswa jenuh.
Sebaiknya di jam pelajaran terkahir agar tidak jenuh dan bosan pembelajaran di selingi permainan, atau pembelajaran melibatkan benda-benda sekitar, seperti pelajaran mengukur siswa dapat mengukur benda yang ada di sekitar kelas atau sekolah.
benar yang di comment bu septia, bahwa pembelajaran terlihat kurang efektif. Tayangan video mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi. Guru suara cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun siswa fokus pada proses pembelajaran hanya sewaktu-waktu. Rasa lelah mendorong siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, seperti berguru dengan teman atau tidur di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi pada hari sebelum menyajikan materi, guru mampu menarik perhatian siswa dengan menjelaskan pentingnya matematika dan mengubah strategi pembelajaran menjadi format tanya jawab yang dipadukan dengan media dan praktikum seperti menggambar dan membungkuk. Sudah sepantasnya seorang guru membantu seorang anak menilai tugas secara langsung
Tayangan video mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi. Guru suara cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun siswa fokus pada proses pembelajaranhanya sewaktu-waktu. Rasa lelah mendorong siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, seperti berguru dengan teman atau tidur di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi pada hari sebelum menyajikan materi , guru mampu menarik perhatian siswa dengan menjelaskan pentingnya matematika dan mengubah strategi perkuliahan menjadi format tanya jawab yang dipadukan dengan media dan praktikum seperti menggambar dan membungkuk. Sudah sepantasnya seorang guru membantu seorang anak menilai tugas secara langsung
Tayangan video mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi. Guru suara cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun siswa fokus pada proses pembelajaran hanya sewaktu-waktu. Rasa lelah mendorong siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, seperti berguru dengan teman atau tidur di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi pada hari sebelum menyajikan materi , guru mampu menarik perhatian siswa dengan menjelaskan pentingnya matematika dan mengubah strategi perkuliahan menjadi format tanya jawab yang dipadukan dengan media dan praktikum seperti menggambar dan membungkuk. Sudah sepantasnya seorang guru membantu seorang anak menilai tugas secara langsung