silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama: Sri sumarni
Nim:855739866
Prodi: PGSD S1
UPBJJ: Bandar Lampung
Pokjar: Sidomulyo
Matkul:PKM – Semester 6A
Izin menanggapi vidio diatas.
Setelah melihat dan menyelesaikan vidio tersebut saya melihat banyak siswa yang tidak fokus pada mata pembelajaran matematika, mereka malah lebih asik bermain sendiri ketimbang mendengarkan dan fokus kepada guru yang menjelaskan.
Ini disebabkan kurangnya inovasi guru terhadap metode pembelajaran, sehingga siswa kurang tertarik dalam belajar matematika.
Apalagi ketika belajar matematika di siang hari guru harus lebih ekstra dalam mengembalikan fokus siswa.
Dari vidio yang saya lihat, terlihat guru mengubah metode pembelajaran nya dengan menampilkan/mengundang langsung narasumber yang bisa menarik perhatian siswa untuk belajar.
Guru tersebut mengundang insinyur dengan tujuan siswa mampu semangat dalam belajar matematika.
Dan benar ada siswa lebih bisa fokus ketika ada narasumber nya langsung. Karena mereka tertarik dengan hal tersebut.
Banyak hal yang saya temukan dalam vidio tersebut, dengan guru membawa narasumber, membuat siswa semakin semangat dan bisa membuat saya bisa ikut meniru pembelajaran yang di lakukan guru tersebut.
Namun menurut saya guru juga harus lebih berinovasi dalam cara metode pembelajaran nya. Dengan misalnya mengunakan metode permainan, belajar di luar kelas dll.
NAMA: FATMA ANTIKA
NIM: 859643048
Pokjar Luwuk Banggai
Menurut pengamatan saya, siang hari memang mempunyai tantangan tersendiri di mana siswa dalam kondisi semangat yang sudah menurun atau cenderung lelah, lapar & mengantuk. Dalam kondisi ini guru harus menyadari dan harus membuka pelajaran dengan memotivasi anak-anak agar mereka lebih semangat dalam memperhatikan pelajaran atau dengan menggunakan media belajar yang menarik misalnya adanya benda konkret dalam pembelajaran akan lebih membantu siswa menjadi aktif serta fokus dalam pembelajaran matematika.
video nya bagus
video nya bagus
Eva Afionita Anggraini
857856261
Menurut pendapat saya tentang video di atas adalah guru belum ada pendahuluan yang menandakan dimulainya kelas. Sehingga anak-anak masih belum siap untuk pembelajaran. Banyak siswa yang masih sibuk bermain atau bercerita dengan temannya. Banyak faktor yang membuat siswa tidak konsentrasi pada pelajaran matematika di siang hari. Salah satunya kelelahan dengan pelajaran sebelumnya, materi yang dirasa sulit, dan kondisi di sekitar sekolahan. Menurut saya paling efektif jika pelajaran matematika itu di waktu pagi. Saat fikiran masih segar dan belum banyak materi yang masuk.
Sekian dan terimakasih
Nama : Devi Indah Permatasari
NIM : 858921275
Pokjar : Giri
UPBJJ : Jember
Setelah mengamati video pembelajaran dengan judul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”, saya berpendapat bahwa memang benar dalam belajar disiang hari terutama mata pelajaran matematika, banyak siswa yang kurang berkonsentrasi terbukti dengan siswa lebih banyak yang bermain-main dan bercanda dengan temannya, mereka tidak fokus dalam kegiatan pembelajaran. Namun setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan memberikan motivasi menjelaskan manfaat belajar matematika dan strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasikan dengan media alat peraga serta praktek kerja berupa mengukur gambar dan benda.
Kelemahan:
– Di kegiatan pendahuluan tidak ada salam, doa, dan penyampaian tujuan pembelajaran.
– Di Kegiatan inti guru kurang jelas pada saat penjelasan materi, dan hanya berdiri didepan kelas saja.
– Di kegiatan penutup, tidak ada kesimpulan, dan doa penutup.
Kelebihan :
– Guru memberikan motivasi dengan menjelaskan manfaat belajar matematika.
– Guru melibatkan siswa untuk bertanya jawab.
– Guru menggunakan media ajar untuk memudahkan siswa.
Solusi:
Sebaiknya pembelajaran matematika jangan dilakukan di siang hari, karena anak-anak pasti akan merasa lelah dan bosan sehingga pelajaran sulit diterima. Dan di awal kegiatan harus disampaikan doa, salam, penyampaian tujuan pembelajaran, harus menguasai materi sebelum melakukan sebuah proses pembelajaran. serta doa penutup, kesimpulan perlu disampaikan dikegiatan penutup.
Nama : Devi Indah Permatasari
NIM : 858921275
Pokjar : Giri
UPBJJ : Jember
Setelah mengamati video pembelajaran dengan judul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”, saya berpendapat bahwa memang benar dalam belajar disiang hari terutama mata pelajaran matematika, banyak siswa yang kurang berkonsentrasi terbukti dengan siswa lebih banyak yang bermain-main dan bercanda dengan temannya, mereka tidak fokus dalam kegiatan pembelajaran. Namun setelah melakukan refleksi sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan memberikan motivasi menjelaskan manfaat belajar matematika, strategi ceramah, strategi tanya jawab, media alat peraga serta praktek kerja berupa mengukur gambar dan benda.
Kelemahan:
– Di kegiatan pendahuluan tidak ada salam, doa, dan penyampaian tujuan pembelajaran.
– Di Kegiatan inti guru kurang jelas pada saat penjelasan materi, dan hanya berdiri didepan kelas saja.
– Di kegiatan penutup, tidak ada kesimpulan, dan doa penutup.
Kelebihan :
– Guru memberikan motivasi dengan menjelaskan manfaat belajar matematika.
– Guru melibatkan siswa untuk bertanya jawab.
– Guru menggunakan media ajar untuk memudahkan siswa.
Solusi:
Sebaiknya guru harus menyiapkan media yang sangat menarik agar siswa semangat untuk belajar walaupun di siang hari. Dan pada kegiatan awal sebaiknya menyampaikan doa, salam, penyampaian tujuan pembelajaran, menguasai materi sebelum melakukan pembelajaran. Serta pada kegiatan akhir ditutup dengan kesimpulan dan doa penutup.
Nama : ANA YUSTIKA
NIM : 857731193
Pembelajaran matematika di siang hari pada anak SD sering dianggap kurang efektif dibandingkan dengan pembelajaran di pagi hari. Setelah beraktivitas sejak pagi, anak-anak SD cenderung mengalami kelelahan fisik dan penurunan konsentrasi pada siang hari. Sedangkan Matematika membutuhkan fokus dan ketelitian yang tinggi, sehingga sulit bagi anak-anak untuk menyerap materi dengan baik saat kondisi fisik dan mental sudah lelah.
Pada vidio diatas, Sebaiknya Guru melakukan pembukaan pembelajaran yang efektif di awal pembelajaran, agar siswa dapat mempersiapkan diri, fokus, dan antusias dalam mengikuti pelajaran. Guru juga harus lebih kreatif dalam memilih metode dan pendekatan pembelajaran matematika di siang hari dengan penggunaan media visual, permainan, ice breaking dan aktivitas interaktif dapat membantu menjaga antusiasme dan fokus siswa.
Nama : mutiara sangrela
Pokjar : kotabumi
UPBJJ: bandar Lampung
Prodi : S1 PGSD
Izin menanggapi Vidio di atas tentang siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari,
Tentu nya itu menjadi salah satu tantangan bagi guru bagaimana agar siswa tetap konsentrasi dalam proses belajar di siang hari.
Dari vidio di atas banyak siswa yg kurang konsentrasi, banyak yg mengobrol pada saat gurunya menjelaskan di depan, seharusnya guru harus memusatkan terlebih dahulu perhatian siswa, agar anak tetap fokus, yg mengantuk pun jadi tidak mengantuk lagi.
Dan kegiatan evaluasi tidak di lakukan oleh guru pada saat murid mengukur, guru kurang mempersiapkan pembelajaran, dan guru harus menyiapkan berbagai metode pembelajaran yg menarik, agar anak tidak merasa cepat bosan, guru harus pintar dalam memodifikasi pembelajaran yg menarik di dalam kelas dan lebih banyak menggunakan media pembelajaran yg menarik. Buat kuis tanya jawab yg menarik menggunakan media yg ada agar anak tetap fokus dan mengerti penjelasan guru dan memahami apa yg di jelaskan guru
NAMA : ANDINI SEKAR ARMEINITASARI
NIM : 858925566
MATKUL : PANDUAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
UPBJJ : JEMBER
POKJAR : PURWOHARJO
A. Pada video kegiatan pembelajaran dikelas tersebut, reaksi siswa masih banyak yang tidak berkonsentrasi pada pelajaran matematika dan lebih tertarik bermain sendiri dibandingkan mendengarkan dan berkonsentrasi pada penjelasan guru.
B. Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut adalah kurangnya inovasi guru terhadap metode pembelajaran yang digunakannya, hal tersebut dapat menyebabkan siswa kurang tertarik terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Alangkah baiknya guru menggunakan metode yang dapat menarik siswa untuk semangat belajar, seperti menggunakan metode belajar diluar kelas, metode permainan, dll.
C. Terdapat juga kelebihan dalam video pembelajaran tersebut yaitu guru sudah kreatif menggunakan media gambar yang dapat membuat siswa lebih tertarik dan lebih fokus terhadap kegiatan pembelajaran.
D. Hal unik dalam video pembelajarn tersebut adalah guru menggunakan media gambar untuk mempermudah penjelasan materi yang disampaikan.
E. Menurut saya upaya yang dapat diusulkan adalah sebelum memulai pembelajar guru dapat memotivasi siswa terlebih dahulu agar siswa lebih bersemangat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Guru juga dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik agar siswa tidak mudah bosan dan lebih fokus terhadapa materi yang disampaikan.