silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Zulfa Aqila Yoniz Waluya
Nim : 857317753
UPBJJ : Bogor Selatan
Semester 8
Tanggapan saya mengenai video ” Siswa tidak konsentrasi belajar matematika saat jam pelajaran siang hari ” adalah anak-anak tidak konsentrasi karena guru masih menggunakan metode ceramah dari awal pembelajaran sampai di akhir pembelajaran, guru menjelaskan terlalu terburu-buru jadi saat pembelajaran di siang hari itu terjadi siswa mengantuk dan tidak mendengarkan guru yang sedang menjelaskan pelajaran matematika tersebut. Seharusnya guru memberikan media yang lebih menarik sehingga pembelajaran akan sangat menyenangkan, mengubah metode yang tepat agar siswa tidak merasa bosan dan guru memberikan ice breaking kepada siswa agar semakin antusias dan semangat dalam belajar matematika.
Nama: Santa Melfa Sianturi
Nim: 855856148
menurut saya,metode pembelajaran yang di lakukan guru itu sudah benar,dimana guru tersebut mengajar demgan menggunakan media gambar dan juga gambar yang beragam.Dengan gambar tersebut anak-anak lebih mudah memahami pelajaran matematika.Gambar yang menyertai soal tentang pengukuran dapat membantu dan memahami lebih mudah,dengan gambar tersebut siswa menjadi aktif ketika guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar.dengan cara tersebut siswa lebih termotivasi dalam belajar. kekurangan dari video tersebut ada juga, yaitu sebelum memulai pelajaran ada baik nya guru tersebut membuat ice breking,seperti bernyanyi,dengan ice breking tersebut bisa meningkatkan semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran yang akan dilakukan
Nama : Santa Melfa Sianturi
Nim: 855856148
Menurut saya metode pembelajran yang di lakukan guru tersebut sudah benar, dimana guru tersebut mengajar dengan menggunakan media gambar dan juga gambar yang beragam.Deangan gambar tesebut anak-anak lebih mudah memahami pelajaran matematika.Gambar yang menyertai soal tentang pengukuran dapat membantu dan memahami lebih mudah,dengan media gambar tersebut siswa menjadi aktif ketika guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar.dengan cara tersebut siswa lebih termotivasi dalam belajar. Dalam video pembelajaran tersebut ada juga kekurangan nya yaitu, sebelum melakukan pembelajaran ada baiknya melakukan ice breking, seperti bernyanyi. Guna dari ice breking tersebut bisa meningkatkan semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran yang akan berlangsung
Nama : Fitriyana Hasibuan
NIM : 877529341
Pokjar : Labusel
UPBJJ : MEDAN
izin menanggapi video di atas, terlihat di awal pembelajaran guru terlalu monoton dalam mengawali pembelajaran, apalagi ini pembelajaran matematika yang dilaksanakan pada siang hari, siswa akan merasa bosan dan mengantuk. Kita sebagai guru dapat mengawali nya dengan ice breaking yang dapat memacu kembali semangat siswa.
Pada kegiatan inti guru juga masih menggunakan metode ceramah, yang kembali membuat siswa mudah bosan karena hanya mendengarkan materi pembelajaran.
Guru terlalu monoton dalam menyampaikan materi sebab guru hanya berdiri di depan kelas sehingga guru tidak dapat menguasai kelas, sebaiknya guru dapat berjalan ke setiap lorong meja siswa sambil memperhatikan siswa.
Solusi yang dapat saya berikan pada kegiatan inti ini adalah karena kegiatan ini dilakukan pada siang hari guru dapat mengajak siswa untuk belajar di luar kelas, agar tidak monoton hanya belajar di dalam kelas.
Terimakasih
Assalamualaikum wr wb
NAMA : SRI PANI FEBRIANTI
NIM : 858071421
POKJAR : MEMPAWAH
Menurut pendapat saya, matematika memiliki konsisten, sistematis, dan logis. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Karena siswa belum bisa berkonsentrasi dengan baik. Pada kasus dalam video tersebut ditunjukkan keadaan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika siang hari. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika siang hari yaitu :
1. Siswa merasa bosan sehingga mengurangi minat dan fokus belajar mereka.
2. Kurangnya asupan nutrisi yang memengaruhi konsentrasi.
3. Gangguan dari lingkungan sekitar, seperti kebisingan Kelas, cuaca panas, atau pencahayaan yang tidak memadai, sehingga dapat menggangu konsentrasi siswa.
4. Kesulitan memahami materi, ketika mereka mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika, mungkin mereka menjadi frustasi dan kehilangan minat dalam pembelajaran.
Adapun beberapa strategi yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, yaitu :
1. Memberikan ice breaking di awal ataupun di tengah pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar.
2. Mengubah metode pembelajaran dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, seperti penggunaan media visual, permainan matematika atau metode lainnya.
3. Istirahat yang terjadwal, berikan waktu istirahat yang terjadwal di tengah sesi pembelajaran. Siswa dapat melakukan aktivitas ringan selama istirahat yang dapat membantu meningkatkan fokus mereka saat kembali ke pembelajaran.
4. Berikan pujian atau dorongan kepada siswa yang berhasil mempertahankan konsentrasi selama pembelajaran matematika. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk tetap fokus.
Nama : Linda Yunita
Nim : 855855139
Pokjar : Serdang Bedagai
Semester : 6
Upbjj : Ut Medan
Menurut saya, ketika belajar di saat siang hari akan membuat anak sulit untuk berkonsentrasi karena sudah mengantuk atau sudah lelah, apalagi dipelajaran matematika yaitu pelajaran yang sangat menguras otak untuk berfikir keras dalam memahami rumus,maka dalam melakukan pembelajaran matematika ini guru harus mengikut sertakan media yang lebih menarik lagi atau metode yang bisa menambah fokus siswa seperti metode Ice Breaking yang melibatkan materi pembelajaran atau dengan membuat hapalan rumus tetapi dengan menggunakan metode Ice Breaking.
NAMA : ZAHWA HAZRIAH WARUNTO
NIM:855860725
UPBJJ:MEDAN
1. Siswa cenderung tampak letih karena pembelajaran dilakukan di siang hari sehingga banyak menimbulkan ketidak konsentrasian siswa dalam belajar
2. Kelemahan guru dalam pembelajaran ialah guru masih menggunakan metode ceramah pada awal pembelajaran sehingga siswa yang sudah lelah pun makin merasa bosan
3. kelebihan guru adalah meskipun pada awalnya ia menggunakan metode ceramah yang membosankan tapi dalam pembelajaran guru menggunakan beberapa media pembelajaran sehingga murid dapat mengerti dan menghilangkan rasa bosan dan tentunya lebih aktif dan Responsif dalam pelajaran tersebut.
4. hal-hal unik dalam pelaksanaan Pembelajaran guru dapat mengubah situasi dari yang awalnya membosankan bisa menjadi situasi yang aktif dan responsif
5. Guru lebih Selektif lagi dalam pemilihan Metode pembelajaran dan pemilihan media agar siswa yang belajar di siang hari itu tidak gampang bosan dan guru bisa saja menambahkan eyes berikan kepada siswa agar semakin antusias dan semangat dalam melakukan Kegiatan pembelajaran di kelas
Nama : A. nur Hasanah
NIM : 859406934
UPBJJ : UT Makassar
Tanggapan saya mengenai video di atas adalah pelajaran matematika sebaiknya di ajarkan pada jam pertama jikalaupun pembelajaran matematika diajarkan pada siang hari kita harus lebih tepat memilih metode atau teknik pembelajaran supaya lebih menarik serta memekai cara- cara ampuh untuk membuat siswa lebih fokus belajar, contohnya memastikan siswa siap belajar, mengajak bermain game untuk meningkatkan konsetrasi serta memberikan waktu istirahat yang cukup
NAMA : WAHYU RANIKA
NIM : 855735962
MAKUL : PDGK4209
Kode/Nama UPBJJ : 20/Bandar Lampung
POKJAR : Kota Agung
VIDEO : ”Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”
Setelah saya melihat tayangan video di atas tentang “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”. Memang benar belajar di waktu jam-jam terakhir atau di siang hari terutama mata pelajaran matematika, seringkali siswa tidak berkonsentrasi dengan baik. Hal tersebut di Karenakan banyaknya siswa ribut, siswa asik sendiri ngobrol dengan teman-temannya dan mengantuk. materi pembelajaran Matematika yang notabene nya sangat menguras pikiran siswa disiang hari yang sudah merasa lelah, bosan dan kurang bersemangat sehingga dapat mempengaruhi konsentrasi belajar yang menurun. Namun kita sebagai guru juga dituntut harus berfikir kreatif agar dapat mengembangkan suasana belajar yang aktif dan inovatif, guna memberikan fokus belajar siswa terhadap materi yang akan diajarkan.
Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru yaitu guru harus menggunakan media pembelajaran yang menarik, siswa diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas. Kita sebagai guru harus menguasai kelas dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat, supaya pembelajaran matematika disiang hari berjalan dengan efektif. Guru juga bisa menggunakan media video yang menarik dan sesuai dengan pelajaran yang di ampu.
• Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Kelemahan-kelemahan guru yang ditemukan di dalam video pembelajaran tersebut :
1) Tidak adanya pendahuluan seperti ucapan salam , berdoa bersama ,presensi, apresiasi atau melakukan ice breaking yang sangat berguna untuk menumbuhkan semangat serta minat siswa dalam pembelajaran ini
2) Guru kurang menguasai kelas, terlihat hanya berdiri saja tanpa adanya interaksi yang lebih terhadap siswa, hal tersebut dapat membuat siswa merasa bosan dan mengantuk .
3) Guru tidak melakukan evaluasi , seperti saat melakukan kegiatan pengukuran media guru tidak menunjukkan bagaimana cara mengukur yang benar
4) Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
5) Guru belum bisa mengkondisikan suasana kelas
6) Metode ceramah sangat dominan dari awal hingga akhir pada saat pemaparan materi dan terlihat sangat monoton.
7) Pemaparan meteri kurang jelas
8) Pada saat siswa melakukan pengukuran di depan kelas, guru tidak mengajari siswanya cara melakukan pengukuran yang baik dan benar
9) Guru tidak memberikan kesempatan untuk anak-anak bertanya
10) Tidak ada evaluasi atau kesimpulan pada kegiatan menutup pembelajaran
• Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Adapun kelebihan-kelebihan guru yang ditemukan di dalam video pembelajaran tersebut :
1) Guru menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran, dengan menggunakan media gambar dapat mengajak sedikit fokus siswa dalam belajar, sehingga siswa memperhatikan guru dalam menjelaskan media gambar tersebut.
2) Guru menggunakan metode tanya jawab atau umpan balik dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa, hal tersebut dilakukan agar siswa lebih berkonsetrasi, yang dimana dapat membantu sebagian fokus siswa dalam mengikuti pembelajaran.
3) Guru menjelaskan dengan memberikan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pelajaran matematika
4) Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa, hal tersebut dilakukan agar siswa lebih berkonsetrasi dan apakah siswa mengerti dengan apa yang diterangkan oleh guru.
5) Guru memotivasi siswa agar bersemangat belajar dengan membahas tentang cita-cita atau profesi , guru menjelaskan bahwa mau jadi apapun siswanya nanti mereka harus tetap belajar matematika.
6) Guru menggunakan media ajar yang relevan sesuai dengan materi dan kemampuan siswa
7) Guru melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran
8) Guru mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran matematika dengan memberikan kesempatan kepada siswa maju kedepan untuk mencoba melakukan pengukuran secara nyata melalui media gambar bangunan gedung untuk mengetahui panjang dan lebarnya.
9) Adanya komunikasi 2 arah yang dilakukan oleh guru dan siswa
• Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
hal unik yang ditemukan di dalam video pembelajaran tersebut diantaranya :
1) Guru mengajak siswa untuk mengukur tinggi dan lebar bangunan gedung melalui media gambar
2) Guru juga mengajak siswa untuk mengukur benda-benda di sekitarnya dengan penggaris.
NAMA : ARDILA YUS
NIM : 856034291
UPBJJ: MEDAN
PRODI : S1-PGSD
POKJAR : TANJUNGBALAI
Tanggapan saya mengenai vidio pembelajaran yang berjudul “SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI” .
Pada kegiatan awal vidio terlihat guru tidak melakukan apresiasi kepada siswa. Ketika guru memasuki ruang kelas terlihat ruangan kelas tersebut tidak kondusif, bahkan ada yang masih diluar kelas. Siswa merasa bosan dan lelah dengan pembelajaran yang sedang berlangsung. Walaupun demikian guru tersebut dapat mengatasi permasalah tadi dengan penerapan media pembelajaran berupa media cetak atau gambar. Guru melakukan sesi tanya jawab yang dapat menimbulkan rasa kompetisi siswa yang memicu motivasi siswa.
Diakhir vidio terlihat suasana kelas dapat terkendali dengan strategi siswa disuruh untuk maju kedepan dan menjelaskan sedikit materi yang siswa pahami.