silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

910 Comments

  1. Nama : FITRI RAHAYU
    NIM : 859882097
    Program Studi : PGSD-S1

    Dari hasil video yang telah dipaparkan yang dapat saya analisis yaitu siswa memiliki pemikiran bahwa matematika itu sulit dan tidak penting dalam kehidupan.
    Adapun kelemahan dalam pembelajaran di video yaitu:
    1.Pembelajaran terjadi secara monoton sehingga membuat siswa asik dengan ceritanya masing-masing
    2.Guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa merasa bosan belajar matematika
    3.Siswa tidak fokus dengan pembelajaran karena guru tidak melakukan umpan balik
    4.Tidak ada kegiatan mengulang pembelajaran sebelumnya dengan materi hari ini
    Dari permasalah yang ada guru terus berusaha agar siswa bisa menyukai matematika dan guru tidak boleh berputus asa dan selalu berusaha mencari solusinya, seperti mendatangkan narasumber dari berbagai profesi. Oleh karena itu kelebihan dalam pembelajaran di video yaitu:
    1.Guru sudah memotivasi siswa tentang pentingnya matematika di dunia kerja dengan mendatangkan seorang arsitek
    2.Ada beberapa siswa yang aktif bertanya kepada narasumber
    Berdasarkan permasalahan di atas adapun saran yang saya berikan yaitu:
    1.Guru harus menggunakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai
    2.Selalu memberikan motivasi tentang pentingnya matematika dalam kehidupan setiap belajat matematika
    3.Jangan paksakan siswa untuk menghapal melainakn memahami

  2. Assalamualaikum
    Nama : Ananda Dewi Wardah
    NIM : 858912498
    Pokjar : Tegaldlimo

    Menurut pendapat saya, setelah melihat video tersebut anak memang kurang tertarik dengan pelajaran matematika hal ini bisa dilihat di awal pembelajaran anak menggerutu menunjukkan ketidak sukaannya pada matematika. Solusi yang digunakan oleh bapak guru tersebut sudah tepat tapi alangkah baiknya jika dalam proses belajar mengajar guru memberikan kesan awal yang baik dan menarik. Seperti memberikan afirmasi berupa pertanyaan-pertanyaan ataupun beberapa games yang dapat menarik konsentrasi dan ketertarikan siswa. Selain dengan mendatangkan narasumber untuk memberikan motivasi kepada siswa guru juga perlu memberikan motivasi secara individual agar siswa memiliki semangat belajar matematika.

    Wassalamu’alaikum

  3. nama: rosita wandasari
    nim: 858901621
    pokjar: wuluhan jember
    program: PGSD
    semester: 6

    dari video diatas seharusnya guru harus memberikan pendahuluan sebelum memulai pelajaran. guru juga harus mempersiapkan media pembelajaran agar anak tertarik mengikuti pelajaran metematika menggunakan gambar buah apel ditambahkan, sehingga anak bisa lebih tertarik dan mengikuti pembelajaran. anak-anak kebanyakan tidak mau belajar matematika sulit, rumit dan juga harus menggunakan rumus, kita sebagai guru harus bisa mengajarkan cobalah menggunakan media yang membantu murid bisa mau belajar dengan semangat atau pun dengan cara menggudang orang-orang yang ahli media dalam pembelajaran matimatika. Dan media yang pas akan memudah kan kita mengajarkan matimatika kepada anak lebih menyenangkan ,kita juga bisa belajar matematika menggunakan lingkungan di sekitar kita kalau media sulit di dapat sperti daun bisa kita gunakan dalam matematika bahan-bahan yang tidak di pakai lagi yaitu botol air minum tutup botol air minum saya rasa banyak media yang bisa membantu kita dalam mengajarkan matematika kalau kita sebagai guru memang betul- betul mau membuat muridnya lebih bersemangat belajar.

  4. Nama : Irma Handayani Surbakti
    Nim : 858184645
    Prodi : FKIP – PGSD

    Assalammualaikum wr. wb Mohon ijin untuk memberikan komentar terhadap vidio “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”

    1. Masalah yang dihadapi siswa
    Siswa tidak menyukai pelajaran matematika karena dianggap sulit dan tidak menarik.
    2. Strategi pembelajaran yang menarik
    – Agar siswa tertarik belajar matematika guru bisa memanfaatkan lingkungan sekitar. Misalnya menghitung jari – jari lingkaran guru bisa mengajak siswa untuk mencari benda – benda disekitar sekolah yang berbentuk lingkaran dan menghitungnya.
    – Memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu internet
    – Membuat media pembelajaran
    – Mendatangkan narasumber.
    3. Saya sangat setuju bahwa narasumber sangat bisa untuk memunculkan ketertarikan siswa dalam pelajaran matematika. Selain narasumber tersebut dapat membuat siswa mengerti bahwa dikehidupan sehari – hari memerlukan pelajaran matematika akan tetapi juga menjadi sebuah penyegaran dalam belajar.

  5. Nama : NURIKA ZUHRIA NINGSIH
    NIM : 856022179
    prodi : PGSD-S1
    Semester : 6

    Dari video pembelajaran yang telah saya tonton tentang siswa tidak menyukai pelajaran Matematika, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran Matematika, yaitu :
    1. Diawal pembelajaran guru tidak mengecek kesiapan belajar siswa, mengabsen, dan berdoa.
    2. Guru tidak memberikan motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat lagi dalam belajar matematika
    3. Dalam proses pembelajaran guru terlalu serius atau terlalu tegang saat menjelaskan materi.
    4. Guru tidak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
    5. Seharusnya dalam pembelajaran matematika seorang guru menggunakan alat media belajar yg dapat menarik minat belajar siswa

  6. NAMA : LINA SOFIANA
    NIM : 858906749
    PRODI : S-1 PGSD
    UPBJJ : UT-JEMBER
    Pada pengamatan video pembelajaran anak SD tentang siswa tidak menyukai pelajaran matematika, saya temukan beberapa penyebab yang perlu di analisis untuk menarik perhatian siswa agar menyukai pelajaran matematika. Menurut saya pada video sangat minimnya penggunaan metode pembelajaran yang menarik dan interaktif. Guru perlu memberikan motivasi serta pemahaman bahwa matematika itu menyenangkan dan mudah. Dapat juga menggunakan metode, media, dan strategi pembelajaran yang menyenangkan seperti metode permainan matematika, teka-teki matematika, hingga cerita-cerita matematika yang menarik, menantang, dan tidak kaku. Sehingga dapat mengurangi kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika di SD.

  7. Nama : Yatmiyati
    NIM : 857077136
    UPBJ : Jakarta
    Program Studi : S1 PGSD

    Berdasarkan video yang saya amati :
    1. Guru sedang mengawali pembelajaran dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari. dalam
    tahap ini ini para siswa dalam kondisi ramai dan kurang memperhatikan guru, sehingga semestinya :
    a. di awal pelajaran guru mengkondisikan siswa supaya bisa tenang, duduk rapi, konsentrasi dan siap
    melakukan pelajaran
    b. saat kondisi kelas sudah tenang maka guru mulai menyampaikan materi apa yang akan dipelajari
    sehingga siswa mau memperhatikan keterangan guru
    2. Para siswa tampak kurang perhatian dengan pelajaran matematika. sehingga guru perlu untuk melakukan
    pendekatan pembelajaran :
    a. guru telah melakukan pendekatan pembelajaran matematika dengan mengundang nara sumber dari
    pihak luar sekolah / wali murid. hal ini merupakan cara yang baik untuk membuat siswa tertarik
    dengan pelajaran karena ada orang baru yang menjelaskan matematika kepada mereka. dan dalam
    video para siswa mau memperhatikan bahkan bertanya tentang pelajaran. namun
    pendekatan ini jika sekali atau dua kali tidak mengapa . namun jika sering maka itu bisa merepotkan
    guru itu sendiri untuk mencari orang yang bersedia menjadi nara sumber
    b. untuk menarik perhatian siswa pada pelajaran matematika dan meningkatkan prestasi mereka maka
    juga bisa digunakan pendekatan yang lain, misanya pendekatan dengan menggunakan alat peraga
    matematika yang menarik, video matematika yang menarik, gambar-gambar yang menarik, maupun
    pendekatan lain yang berupa metode belajar seperti metode tematik dalam pembelajaran
    3. Dalam mengajarkan matematika sudah semestinya para guru untuk kreatif dan inovatif supaya siswa bisa
    tertarik, ikut berperan aktif dalam pelajaran dan bisa meningkatkan prestasi belajar mereka

    Semangat para Guru Indonesia

  8. Nama : Istna Luthviana Rahman
    NIM : 857752617
    Prodi : PGSD
    Semester 2
    izin menanggapi video diatas, terkait video “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” dari video tersebut siswa tidak tertarik dengan pembelajaran matematika karena pada awal pembelajaran guru tidak menciptakan suasana happy/ menyenangkan didalam kelas. Guru cenderung monoton dalam pembelajaran sehingga memicu anak merasa bosan dan menganggap pelajaran matematika itu sulit. sebaiknya pada awal pembelajaran guru menciptakan suasana yang happy dulu untuk membangun anak dalam belajar matematika. mungkin bisa dengan menyanyikan lagu tentang perkalian kepada anak atau mungkin bisa menggunakan media pembelajaran yang ada disekitar kelas misalnya belajar bangun ruang, guru dapat menyuruh anak mengamati lingkungan sekitar barang apa saja yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran.
    dengan mendatangkan seorang arsitek juga bisa membangun semangat anak untuk lebih tertarik dengan matematika.
    terimakasih

  9. Nama : Rita Melia Nova
    Nim : 855885679
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Aceh Besar

    Tanggapan saya terhadap video yang sudah saya tonton tentang “siswa tidak menyukai pelajaran matematika”
    Menurut saya pada video tersebut guru tidak melakukan refleksi dan tidak mengecek kesiapan belajar siswa, begitu masuk kelas guru langsung masuk ke materi pokok tidak adanya tanya jawab dengan siswa dan lain sebagainya. Untuk menarik siswa supaya menyukai pelajaran matematika tidak harus kita datangnya darasumber dari luar, cukup dengan kita ganti metode pembelajaran jangan hanya dengan motode ceramah, banyak metode-metode lain yang bisa kita gunakan untuk menarik siswa supaya menyukai pelajaran matematika dan membuat alat peraga yang lebih menarik atau bisa juga kita gunakan lingkungan sekitar untuk bahan alat peraga.

Leave a Reply