silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. Nama : Ika Octaviana Saputri
    Nim : 856482517
    Mahasiswa : PGSD – BI
    Semester : 2
    setelah menyaksikan video tersebut bahwa sebelumnya siswa/i tidak menyukai mata pelajaran matematika, karena menurut mereka pelajaran tersebut sangat membosankan, banyak memiliki rumus sehingga meraka jenuh.
    Untuk dapat menumbuhkan minat terhadap mata pelajaran tersebut guru dapat melakukan refleksi dan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa bahwa matematika sangat bermanfaat, sehingga siswa/i mulai semangat untuk belajar matematika.

  2. Nama: Eri Murniasih
    NIM : 858852307
    PRODI: BI PGSD
    Video tersebut menunjukkan bahwa agar siswa menyukai dan senang belajar matematika,selain metode mengajar yang digunakan hal yang tidak kalah penting adalah membangkitkan motivasi pada diri siswa bahwa mempelajari matematika itu perlu karena dalam kehidupan nyata kita akan menggunakannya untuk bekerja seperti yang dicontohkan di video tersebut. Pada video tersebut dicontohkan seorang insinyur,selain insinyur kita bisa mengambil contoh pekerjaan yang juga membutuhkan ilmu matematika misalna pedagang. Untuk menghitung untung,modal,dan rugi seorang pedagang juga perlu memiliki kemampuan berhitung yang baik. Intinya motivasi siswa itu adalah modal pertama yang harus dimiliki agar mereka merasa perlu mempelajari matematika untuk bekal mereka selanjutnya dalam kehidupan sehari-hari. Jika siswa sudah ada motivasi dan minat maka mereka akan merasa senang dengan pelajaran matematika tersebut.

  3. Nama : REKA AMIR
    NIM : 856253712
    Prodi : PGSD
    Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, siswa mengeluh untuk belajar matematika. Karna mereka beranggapan matematika itu pelajaran yang sulit. Pada saat Pak Guru mengundang narasumber lain, secara tidak langsung siswa akan penasaran dengan narasumber dan memperhatikan apa yang narasumber jelaskan, hal ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk giat dalam belajar serta meningkatkan semangat siswa dalam memperlajari pelajaran Matematika yang terkesan sulit dan membosankan.Setelah adanya alat peraga, baru mereka semangat untuk belajar. Jadi kita sebagai guru, buatlah matematika itu menyenangkan bagi siswa kita, apabila mereka paham dengan konsep dasar matematikanya, sehingga mereka bilang matematika itu mudah. Serta gunakanlah alat peraga atau media yang cocok pada materi yang kita ajarkan.

  4. Nama : REKA AMIR
    NIM : 856253712
    Prodi : PGSD
    Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, siswa mengeluh untuk belajar matematika. Karna mereka beranggapan matematika itu pelajaran yang sulit. Pada saat Pak Guru mengundang narasumber lain, secara tidak langsung siswa akan penasaran dengan narasumber dan memperhatikan apa yang narasumber jelaskan, hal ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk giat dalam belajar serta meningkatkan semangat siswa dalam memperlajari pelajaran Matematika yang terkesan sulit dan membosankan.Setelah adanya alat peraga, baru mereka semangat untuk belajar. Jadi kita sebagai guru, buatlah matematika itu menyenangkan bagi siswa kita, apabila mereka paham dengan konsep dasar matematikanya, sehingga mereka bilang matematika itu mudah. Serta gunakanlah alat peraga atau media yang cocok pada materi yang kita ajarkan.

  5. Nama : Andika
    NIM : 858082653
    Program Studi : BI 2 / SPGSD

    Setelah melihat tayangan video tersebut, menurut saya cara penyampaian guru sudah baik namun masih terlalu monoton dan masih menggunakan metode ceramah jadi kurang menarik perhatian siswanya. Mungkin guru bisa menggunakan model pembelajaran yang menarik dan ditambah dengan menggunakan alat peraga supaya proses belajar lebih menyenangkan bagi siswa dan siswa lebih aktif.
    Dan untuk melihat masalah ini guru harus berinisiatif merefleksi diri supaya lebih memahami apa yang kurang dari guru sendiri.
    Pada saat Guru mengundang narasumber lain, siswa terlihat sangat antusias dan lebih memprhatikan narasumber yang menjelaskan materi dengan media-media pembelajaran hal ini membuktikan bahwa siswa lebih senang dengan pembelajaran yang dilakukan narsumber tersebut.
    Terima kasih

  6. Nama : Andika
    NIM : 858082653
    Program Studi : BI 2 / SPGSD

    Setelah melihat tayangan video tersebut, menurut saya cara penyampaian guru sudah baik namun masih terlalu monoton dan masih menggunakan metode ceramah jadi kurang menarik perhatian siswanya. Mungkin guru bisa menggunakan model pembelajaran yang menarik dan ditambah dengan menggunakan alat peraga supaya proses belajar lebih menyenangkan bagi siswa dan siswa lebih aktif.
    Dan untuk melihat masalah ini guru harus berinisiatif merefleksi diri supaya lebih memahami apa yang kurang dari guru sendiri.
    Pada saat Guru mengundang narasumber lain, siswa terlihat sangat antusias dan lebih memprhatikan narasumber yang menjelaskan materi dengan media-media pembelajaran hal ini membuktikan bahwa siswa lebih senang dengan pembelajaran yang dilakukan narsumber tersebut.

  7. Nama : Nafisatul Mukarromah
    Nim. : 858815839
    Kelas. : Pgsd-A (semester 6)

    – Dilihat dari vidio tsb, siswa terlihat kurang bahkan tidak antusias sama sekali terhadap pelajaran Matematika dan cenderung lebih tidak menyukainya karena menganggap bahwa pelajaran matematika itu menyusahkan. Sehingga beranggapan belajar matematika itu tidak penting. Hal yg saya sebutkan diatas tadi, bisa kita lihat dividio tsb saat guru menginformasikan bahwa akan melakukan pembelajaran Matematika siswa langsung terlihat malas dan suasana kelas menjadi gaduh. Dan terlihat disitu guru kurang menguasai kelas saat para siswa sudah mulai gusar dan gaduh.
    – didalam vidio tersebut guru mendatangkan narasumber lain yg kita lihat didalam vidio tersebut adalah seorang INSINYUR, hal tersebut dilakukan guru untuk mendapatkan suasana belajar yang berbeda saat belajar dan menumbuhkan motivasi dan semangat siswa siswa saat belajar matematika.
    – menurut saya setelah melihat vidio tsb, saya berkesimpulan bahwa untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika dan mengubah siswa yang tadinya tidak menyukai pelajaran Matematika menjadi antusias dan semangat belajar matematika, seorang guru bisa melakukan hal-hal antara lain.
    1. Perhatikan masalah yg dihadapi siswa
    2. Segera cari strategi pembelajaran yang menarik
    3. Mendatangkan narasumber yang dapat memotivasi belajar siswa

  8. Nama : Fitri Khairun Nisa
    NIM : 856482484
    PGSD-BI

    Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bagi kebanyakan siswa.
    Dari video diatas, siswa tidak fokus belajar bisa jadi dikarenakan metode yang digunakan guru kurang menarik bagi siswa.
    Dengan dihadirkannya seorang arsitek yang menjelaskan apa fungsi matematika dalam pekerjaannya, akan menumbuhkan motivasi dalam diri siswa, sehingga siswa kembali bersemangat.
    Jadi, untuk menumbuhkan kembali minat belajar siswa terkhusus belajar matematika, guru harus benar-benar mencari cara agar siswa merasa bahwa matematika itu perlu bukan hanya dibangku sekolah, tapi juga untuk masa depan.

  9. Siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan ini “mungkin” karena guru tidak menggunakan alat peraga. Hal ini dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas bawah membutuhkan alat. Alat peraga berguna untuk menarik perhatian siswa dan membantu siswa memahami konsep abstrak.

    Menghadirkan arsitek di kelas tentunya membuat siswa belajar matematika. Arsitek harus dianggap sebagai profesi yang berhubungan dengan bangunan. Profesi ini membutuhkan pengetahuan konsep bangunan yang baik dan ketelitian yang tinggi dalam memperkirakan volume bangunan.

  10. nama : Mardiningsih
    NIM : 857601149
    Prodi PGSD BI
    setelah saya menyimak video diatas, matematika menjadi pelajaran yang kurang disukai oleh peserta didik karena anak berfikir abstrak tentang fungsi, penting dan keseruan dalam matematika. hal tersebut dapat kita tanggulangi dengan memberikan suasana yang tidak monoton dalam pembelajaran. diantaranya adalah :
    a. mendatangkan narasumber
    b. belajar tidak selalu di kelas
    c. adanya penyegaran (ice breaking)
    d dan penggunaan alat peraga yang variatif

Leave a Reply