silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan ini “mungkin” karena guru tidak menggunakan alat peraga. Hal ini dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas bawah membutuhkan alat. Alat peraga berguna untuk menarik perhatian siswa dan membantu siswa memahami konsep abstrak.
Menghadirkan arsitek di kelas tentunya membuat siswa belajar matematika. Arsitek harus dianggap sebagai profesi yang berhubungan dengan bangunan . Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangunan saat merancangnya
Siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan ini “mungkin” karena guru tidak menggunakan alat peraga. Hal ini dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas bawah membutuhkan alat. Alat peraga berguna untuk menarik perhatian siswa dan membantu siswa memahami konsep abstrak.
Menghadirkan arsitek di kelas tentunya membuat siswa belajar matematika. Arsitek harus dianggap sebagai profesi yang berhubungan dengan bangunan . Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangunan saat merancangnya
Nama : sarah Septiani
NIM : 857303612
FKIP PGSD Smt 8
Setalah saya menyimak tayangan video pembelajaran di atas bahwa Peserta didik tidak menyukai pelajaran Matematika, hal yang pertama terdapat Peserta didik tidak fokus pada saat pembelajaran matematika berlangsung dikarenakan Guru tidak memberikan aturan kelas atau keyakinan kelas pada saat memulai pembelajaran, Peserta didik tidak tertarik mendengarkan penjelasan guru pada saat proses pembelajaran yang di berikan karena guru tersebut hanya menggunakan metode ceramah, Peserta didik terlihat bosan pada saat proses pembelajaran matematika berlangsung terlihat dengan peserta didik yang asik bermain sendiri, dikarenakan Guru tidak menggunakan media pembelajaran saat melaksanakan proses pembelajaran.sehingga Rendahnya minat peserta didik terhadap pelajaran matematika, Sehingga guru tersebit Mendatangkan nara sumber dari berbagai profesi seperti insinyur pembuatan jalan.
Nama : Rika Warniatin
NIM. : 857481485
S1 PGSD
Setelah saya menyimak video ini, permasalahan yang muncul adalah mayoritas siswa tidak menyukai pelajaran matematika. Solusinya guru mengundang narasumber yang pekerjaannYa berkaitan langsung dengan penerapan ilmu matematika dalam dunia kerja yang akan dijalani siswa di masa depan. Menurut saya ini sangat bagus untuk memberikan pengertian kepada siswa manfaat dalam mempelajari ilmu ini di kehidupan sehari hari bukan hanya mempelajari saja dan tidak mengerti apa fungsi setelah mempelajari pelajaran ini. Setelah siswa mengenal dan mengetahui tujuan belajar ilmu matematika di harapkan siswa akan lebih tertarik dan mempunyai semangat dalam mempelajarinya. Saran saya juga dalam penerapan ilmu matematika sebaiknya di terapkan metode games/ permainan sehingga belajar menjadi lebih fun dan menyenangkan, pada saat perasaan anak senang ilmupun akan lebih mudah diserap.
Demikian
Terima kasih
Nama : Nurfitria Hayati
NIM : 856482452
Prodi : PGSD S1
Semester : 2
Setelah saya melihat video pembelajaran, siswa kurang minat dalam pelajaran Matematika. Hal tersebut menyebabkan siswa ribut dan tidak fokus di dalam kelas. Karena sudah beranggapan Matematika itu sulit. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Matematika. Namun, guru mulai menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari Matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa agar lebih semangat dan mengetahui bahwa Matematika sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga siswa mulai semangat dan siap untuk belajar Matematika.
Nama : Romadhonsyah Putra Wibowo
NIM : 858849093
Prodi : PGSD-BI
Semester: 2
Setelah Melihat video ini:
Guru tidak ada kegiatan untuk memotivasi siswa agar dapat berkonsentrasi dalam pembelajaran matematika. Guru langsung menyuruh siswa untuk memnyiapkan alat tulis dan buku di atas meja,dan siswa banyak yang mengeluh dalam pembelajaran tersebut
Kemudian Guru mengundang narasumber.Siswa menjadi memperhatikan pelajaran karena guru mendatangkan seorang narasumber yang merupakan insinyur (arsitek). Kemudian narasumber tersebut membawa sebuah media gambar jembatan untuk menarik minat siswa. Serta memotivasi siswa apabila ingin menjadi seperti dirinya maka anak-anak harus bisa matematika.
Nama : maria ulfa
Nim : 857567798
Prodi : pgsd
Matematika adalah pelajaran yang dianggap sangat sulit bagi sebagian besar siswa, karena harus bertemu dengan angka-angka bahkan rumus-rumus yang kadang melihatnya saja sudah bingung, dengan begitu pada vidio diatas guru mencoba solusi permasalahan ini dengan mendtangkan guru lain atau narasumber yang ahli dan berhubungan dengan matematika untuk bisa membangun kecintaan siswa terhadap mata pelajaran matematika, supaya siswa bisa menemukan sumber atau cara lain untuk mengenal matematika. Dengan begitu siswa akan lebih terbuka dalam berpikir karena sudah menemukan cara yang dianggap mudah untuk memperlajari matematika ini
Terimakasih
Nama : maria ulfa
Nim : 857567798
Prodi : pgsd
Matematika itu pelajaran yang dianggap sangat sulit bagi sebagian besar siswa, karena harus bertemu dengan angka-angka bahkan rumus-rumus yang kadang melihatnya saja sudah bingung, dengan begitu pada vidio diatas guru mencoba solusi permasalahan ini dengan mendtangkan guru lain atau narasumber yang ahli dan berhubungan dengan matematika untuk bisa membangun kecintaan siswa terhadap mata pelajaran matematika, supaya siswa bisa menemukan sumber atau cara lain untuk mengenal matematika. Dengan begitu siswa akan lebih terbuka dalam berpikir karena sudah menemukan cara yang dianggap mudah untuk memperlajari matematika ini
Terimakasih
Nama : Wulan Ratna Dewi
NIM : 857464378
Program Studi : PGSD-S1
Setelah saya melihat video tersebut, memang benar banyak sekali peserta didik yang tidak menyukai pelajaran matematika, karena mereka belum apa-apa sudah berpikir bahwa pelajaran matematika itu adalah pelajaran yang sangat membosankan, susah, sulit, dan pusing. bisa terlihat pada video diatas di dalam video tersebut terlihat bahwa peserta didik memang tidak siap untuk belajar, dan mungkin salah satu penyebab siswa jadi malas untuk belajar itu karena seorang guru memberikan pembelajaran yang sangat monoton yang gitu-gitu saja tidak menarik. nah disinilah peran kita sebagai seorang guru adalah harus bisa membuat pembelajaran yang bisa menarik minat siswa dan siswa lebih termotivasi lagi untuk belajar, dengan membuat video pembelajaran atau menggunakan alat perga agar siswa tidak menjadi bosan dan siswa lebih tertarik lagi dalam belajar.
selain itu kita sebagai guru harus bisa mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh siswanya, seorang guru juga harus mencari strategi pembelajaran yang menarik dan juga mendatangkan narasumber untuk memotivasi siswa agar siswanya lebih semanagt lagi dalam belajar matematika karena Matematika itu sangat berkaitan dan bermanfaat bagi kehidupan kita, dan setiap kegiatan yang dilakukan oleh kita selalu berhubungan dengan matematika.
Nama : ADRIANUS TONO
Nim : 858038595
Prodi : PGSD-S1
Setelah menganalisa video pembelajarn tesebut bahwa anak-anak merasa pembelajaran matematika itu sangat sulit serta membosankan bisa dilihat dari suasana kelas yang sangat ribut dan guru tidak berupaya untuk menenangkan siswa agar dapat tertib dalam mengikuti pembelajaran, seharunya guru melakukan persiapan agar pembelajaran matemaika dapat disenangi oleh siswa.dalam pembelajaran matematika sebaaiknya materi dikemas semenarik mungkin serta mengunakan metode-metode yang sangat mudah diterapkan pada pembelajaran matematika sehingga siswa merasa bersemangat untuk belajar dan menungu-nungu setiap kali pelajaran matematika, setelah narasumber datang akhirnya siswa bisa fokus setelah narasumber memperlihatkan gambar bangunan rumah dan jembatan dari hasil karyanya sehingga siswa merasa termotivasi untk belajar matematika.
Terima Kasih.