silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
NAMA : A. NUR HASANAH
NIM : 859406934
UPBJJ : UT MAKASSAR
Tanggapan saya mengenai video di atas yaitu penyebab siswa tidak menyukai pelajaran matematika dikarenakan pelajaran tersebut dianggap terlalu rumit, sulit, menguras pikiran dan juga membosankan, maka dari itu kita sebagai guru harus memilih metode atau teknik pembelajaran yang tepat agar siswa tertarik dan menyukai pelajaran tersebut. contoh metode yang dapat dipilih adalah metode eksperimen, demonstrasi, permainan dan pemecahan masalah.
Nama : Eka Syafitri
NIM : 856024473
Semester : 8
UPBJJ : UT Medan
Setelah saya menganalisis Vidio tersebut. Diketahui bahwa memang mayoritas siswa tidak suka terhadap pelajaran matematika, karena mereka memanggap matematika adalah pelajaran yg sangat sulit. Padahal matematika sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada vidio tersebut memberi tahu beberapa cara untuk mengatasi siswa yg tidak suka matematika. Sebagai guru tugas kita ialah menyampaikan pelajaran kepada siswa agar dimengerti dan dapat diterapkan oleh mereka. Oleh karena itu dapat menggunakan beberapa referensi untuk penyampaian pembelajaran kepada siswa. Seperti contohnya kita dapat menggunakan media pembelajaran agar siswa dapat lebih tertarik, model pembelajaran yg tidak hanya monoton pada mode ceramah karena pada dasar nya matematika bukan hanya teori namun lebih mudah jika langsung kita praktekkan, Selain itu kita dapat memberikan motivasi kepada siswa bahwa matematika sangatlah penting untuk kehidupan. Seperti pada vidio diatas mendatangkan berbagai profesi contoh nya Arsitek. Jadi dapat menimbulkan minat belajar dan ketertarikkan siswa pada matematika untuk menunjang cita-cita nya kelak. Pada vidio diatas mungkin tidak bisa kita terapkan secara langsung karna terkendala oleh kondisi tertentu. Namun itu tidak menjadi alasan, walaupun ditempat tinggal kita mayoritas adalah petani. Itu juga dapat diambil sebagai contoh, tapi untuk profesi yg lebih membangun minat anak kita dapat tunjukkan melalui vidio yg ada di berbagai media sosial. Intinya agar siswa tahu bahwa dalam kehidupan tetap membutuhkan matematika. Tidak lupa pula jika ingin memulai pembelajaran di awali dengan salam pembuka, apresiasi, motivasi serta tujuan pembelajaran.
Sekian Dan Terimakasih🙏🏻
Nama : Eka Syafitri
Neta Liana nim : 858412791
Saya dari Pokjar Tunas Mandiri Kutai Barat.
Menurut saya dalam vidio tersebut, guru seharus sebelum memulai pembelajaran harus melakukan kegiatan pembuka, seperti memberi salam, mengecek absensi, apersepsi dan memberi motivasi kepada anak terlebih dalam pembelajaran matematika, dividio tersebut tidak terlihat guru memberi kegiatan pembuka.
Kelebihan dari vidio tersebut adalah bagaimana upaya guru memberi motivasi langsung dengan mendatangkan narasumber dari berbagai profesi, ini sangat membantu karena anak-anak akan termotivasi dalam belajar dan menjunjung tinggi apa yang dicita-citakannya diusia dini.
Nama : Siti Nurfahdilla
Nim : 846455082
Pokjar : kemuning
Upbjj. : UT Pekanbaru
Menurut pendapat saya mengenai video tersebut guru tidak melakukan pembukaan terlebih dahulu untuk membangkitkan semangat peserta didik yang akan memulai pelajaran matematika.
Seharusnya guru mengkondisikan kelasnya dan sebelum menyampaikan materi perlihatkan terlebih dahulu media pembelajarannya berupa gambar atau contoh nyata lainnya.
Alasan utama kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika yaitu karena biasanya guru memberikan metode pembelajaran yang membosankan seperti halnya guru terlalu serius dalam menjelaskan materi hal ini dapat membuat siswa menjadi bosan dan jenuh dengan metode seperti ini.
NAMA : SISKA INDRIANI
NIM : 855862284
POKJAR : ASAHAN
Menurut saya dalam video tersebut kekurangan guru dalam keterampilan dasar dalam pembelajaran tidak adanya kegiatan pembuka seperti salam,maupun mengabsen.Kegiatan penutup sebelum pulang,yang dimana baiknya kita bisa membuat ice breaking sebelum belajar ataupun sesudah.Tidak adanya media pembelajaran membuat anak anak sulit untuk memahami materi,sehingga pelajaran menjadi monoton dan membuat siswa bosan.Pelajaran Matematika termasuk pelajaran yang tegolong sulit untuk dipahami sehingga butuh yang namanya media untuk mempermudah ataupun menarik perhatian siswa.
NAMA : SRI LESTARI
NIM : 856047109
POKJAR : LANGKAT
Menurut analis saya pada video tersebut terdapat beberapa kekurangan karena dapat dilihat di awl pembelajaran guru tidak ada memotivasi siswa,dan tidak kegiatan pembuka.yang mana itu menyebabkan siswa tidak tertarik dan tidak memahami untuk belajar matematika.kurangnya pengelolaan kelas yang baik menyebabkan siswa tidak fokus dan bahkan kelas menjadi ribut.kelebihan yang diberikan oleh guru tersebut adalah guru mendatangkan narasumber lain yang membuat siswa lebih bersemangat untuk belajar matematika.
Setelah saya melihat video tersebut benar bahwa banyak siswa yang tidak menyukai pembelajaran matematika, sehingga siswa tidak memperdulikan guru ketika sedang menjelaskan. Sebagai seorang guru kita harus berusaha agar siswa tertarik dengan pembelajaran matematika. Terdapat dalam video ini bahwa guru berusaha dengan mendatangkan seorang arsitek untuk menarik minat dan keinginan Tahuan seorang siswa tentang matematika. Dalam video tersebut ketika arsitek menjelaskan siswa begitu antusias dan fokus dengan penjelasan arsitek tersebut. sehingga siswa dapat memahami bahwa pembelajaran matematika itu tidak begitu sulit seperti yang mereka bayangkan. Dalam video tersebut terdapat kekurangan seorang guru di awal pembelajaran tidak adanya pembukaan pembelajaran, seperti salam dan sapaan sehingga kurangnya kesiapan belajar anak. Guru tidak dapat mengkondusifkan kelas agar lebih nyaman dalam belajar. Guru tidak ada menyampaikan tujuan dalam belajar. Dalam video guru sudah memotivasi siswa dengan mendatangkan seorang arsitek.
NAMA:PUTRI MAYA
NIM: 855857426
POKJAR:LABURA
Menurut saya memang benar banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika kerna banyak sekali siswa tidak mementingkan apa yang telah di sampaikan oleh guru tentang materi tersebut,dan dalam vidio tersebut arsitek mampu membuat siswa mereka mampu sedikit demisedikit memahami pelajaran matematika tersebut,kekurangan seorang guru dari awal pembelajaran tidak ada pembukaan pembelajaran, seperti salam dan sapaan sehingga kurangnya kesiapan belajar siswa. Guru tersebut tidak dapat mengkondusifkan kelas agar lebih nyaman dalam belajar. Guru tidak ada menyampaikan tujuan dalam belajar. Dalam vidio yersebut guru sudah mampu memotivasi siswa agar mendatangkan seorang arsitek. dan mereka pun perlahan memahaminya
Nama : MEITA RIZKI INDRIANI
Nim : 856998326
Kelas : 8A
Pokjar : Sidomulyo
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan untuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber yang berprofesi sebagai arsitek untuk menjelaskan manfaat dan asyiknya belajar matematika. Namun dalam video tersebut siswa masih terlihat belum menyukai dan kurang bersemangat dalam proses pembelajaran.
Kekurangan yang terdapat dalam proses pembelajaran yang menyebapkan minat dan semangat siswa kurang adalah :
– Awal pembelajaran guru tidak memotivasi siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Guru tidak melakukan apersepsi.
– Tidak menggunakan media pembelajaran.
Kelebihan dalam proses pembelajaran tersebut adalah :
– Terlihat guru yang perupaya dan berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan untuk belajar matematika dengan strategi menggunakan narasumber yang berprofesi sebagai arsitek untuk menjelaskan manfaat dan asyiknya belajar matematika.
Saran yang dapat diterapkan untuk membuat siswa menyukai pelajaran matematika adalah dengan cara pada awal pembelajaran guru melakukan motivasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan apersepsi, menggunakan media yang menarik perhatian siswa, dan guru membuat suasana kelas lebih menyenangkan dan asyik agar siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran.