silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Fahmi Arif
NIM : 857486341
UPBJJ : Bandung
Video tersebut berisi tentang upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika. Akan tetapi guru tidak melakukan kegiatan apersepsi yaitu kegiatan awal yang dilakukan oleh guru untuk menarik peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, hasilnya para peserta didik tidak termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran matematika pada awal pembelajaran.
Dalam pembelajaran ini guru menggunakan narasumber berupa seorang yang berprofesi sebagai insinyur yang bernama Bapak Krisna untuk menjelaskan manfaat dan asyiknya belajar matematika. Pembelajaran sangat aktif sehingga peserta didik aktif belajar.
nama: pidiyana
prodi: SI PGSD Semester 8
UPBJJ: Bogor
POkjar: Cibadak
Analisis video pembelajaran berbasis kasus yang ada di menu Laboratorium Pembelajaran pada Portal Guru Pintar .
Judul video yang di analisis : “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”
Dalam video yang saya analisis yang bersinopsis :
Berisi gambara tentang upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan agar siswa tidak lagi bermalas-malasan untuk belajar matematika. Dalam program tersebut guru mengundang narasumber dari profesi lain untuk menjelaskan manfaat dan syiknya belajar matematika.
Video tersbeut juga menggambarkan sangat jelas bahwa masih banyak anak yang kurang menyukai pelajaran matematika dan menganggap matematika pelajaran yang sulit. Makanya banyak dari siswa merasa tidak bersemangat jika pembelajaran matematika sedang berlangsung. Keadaan ini bisa kita simak dari video tersebut tentang keadaan kelas yang sangat tidak kondusif, siswa mengobrol dengan teman sebayanya serta ramainya keadaan kelas yang membuat guru menjelaskan pembelajaran matematika menjadi terabaikan. Dari keadaan tersebut guru mendatangkan seorang narasumber dari profesi lainnya yaitu seorang walimurid yang profesinya sebagai arsitek. Seorang arsitek tersebut menjelaskan dan menunjukkan karyanya dalam membuat bangun rumah dan Gedung kepada para murid dikelas itu. Para murid dikelas tersebut merasa terheran dan takjub dengan karya seorang arsitek tersebut. Kemudian ia menjelaskan bahwa jika kita ingin membuat bengunan maka keahlian yang harus kita ketahui dan kuasai dahulu adalah mengetahui ilmu menghitung suatu Panjang dan pendek benda dan itu harus menggunakan teori matematika. Dari penjelaskan tersebut para murid akhirnya mengerti tentang penting kita belajar matematika untuk krbutuhan sehari-hari serta untuk manfaat bagi masa depan.
Kekurangan dalam video “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”
1) Dalam video guru tidak memulai pelajaran dengan membaca doa dan mengbsen terlebih dahulu.
2) Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi pelajaran matematika pada hari itu.
3) Guru tidak mengawali pembelajaran dengan kegiatan yang seru seperti bernyanyi, sehingga mmebuat siswa merasa bosan dan tidak bersemangat mengikuti pelajaran matematika.
4) Guru kurang menguasai kondisi kelas, baik kendala apa yang dialami oleh murid sehingga membuat mereka tidak senang mengikuti pelajaran matematika yang dianggap sulit tersebut.
5) Guru bisa menggunakan alat pengeras suara jika memang dirasa memungkinkan para murid bisa mendengar penjelasan guru didepan kelas.
6) Tidak nampaknya fasilitas dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru saat menjelaskan pembelajran matematika, sehingga membuat para murid sulit untuk memaknai apa maksud dari penjelsan guru tersebut.
Kelebihan dalam video “ Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”
1) Guru mengundang narasumber untuk berbagi pengalaman menjadi arsitek yang menyenangkan, hingga membuat para murid terkagum melihat dan mendengarnya dan menimbulkan rasa penasaran mau mempelajari matematika.
2) Siswa terlihat faham tentang penjelasan yang disampaikan oleh seorang arsitek tersebut.
3) Arsitek tersebut menggunakan media berupa gambar bangunan yang ia buat kepada murid sehingga membuat murid senang dan mengerti maksud dari penjelsan itu.
4) Siswa sangat antusias mendengar penjelsan dari arsitek tersebut, mereka tampak mendengarkan penjelsan yang disampaikan olehnya.
Nama : Zenny Fitria Syahri Margolang
NIM : 878251084
Upaya guru tersebut tersampaikan dengan jelas dalam video, namun menurut saya metode lain dapat digunakan guru untuk mempertahankan minat siswanya terhadap mata pelajaran matematika. Dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi,guru dapat lebih meningkatkan semangat siswa, menghilangkan anggapan bahwa matematika itu sulit dan rumit, serta menjadika sesuatu yang menyenangkan. Kreativitas guru memegang peranan yang sangat penting dalam menciptakan suasana kelas yang interaktif dan menyenangkan.
NAMA : FISILMI KAHFFA
NIM : 859865109
POKJAR : TEBING TINGGI
UPBJJ-UT : MEDAN
Setelah saya melihat tayangan vidio tersebut, bapak guru mengundang insinyur sebagai contoh pekerjaan dalam bidang arsitek yang dimana pekerjaan tersebut berhubungan dengan matematika, secara tidak langsung siswa akan memahami betapa penting nya belajar matematika di kehidupan mereka sehari-hari. Cara seperti ini membantu guru untuk memotivasi semangat belajar matematika, cara seperti ini juga dibutuhkan dalam mengajar dibidang studi yang lain.
Nama : Hidayatun Munafa’ah
NIM : 877698531
UPBJJ : Semarang
Mohon izin untuk menyampaikan pendapat terkait video diatas, menurut saya semangat dan upaya guru didalam video sudah sangat luar biasa, karena memberikan stimulus kepada siswa untuk menyukai pelajaran matematika dengan mendatangkan langsung narasumber. akan tetapi ada beberapa pertanyaan yang akan muncul setelahnya, diantaranya: apakah semangat dan antusias siswa akan berlangsung lama?, bukankah lebih baik jika siswa diberikan pengalaman langsung melihat hasil karya dari narasumber tersebut?. hal inilah yang menjadi tantangan besar bagi seorang guru untuk bisa memupuk ketertarikannya terhadap matematika. yaitu dengan metode dan model pembelajaran yang lebih bervariasi dan seru. terlebih lagi di era digital sekarang ini, banyak sekali metode dan model pembelajaran yang dapat diakses dan diterapkan di sekolah masing-masing. contohnya: mengawali pembelajaran matematika dengan video yang menarik, game yang seru terkait materi yang akan dipelajari. mengajak siswa belajar diluar (tidak harus selalu didalam kelas), memanfaatkan media sekitar sebagai media pembelajaran. sehingga terciptanya suasana kelas yang interaktif dan siswa mempunyai pengalaman menyenangkan selama pembelajaran disekolah terlebih lagi dalam pelajaran matematika.
terima kasih.
Menurut pendapat saya tentang video tersebut.Menurut pendapat saya ketika di awal pembelajaran siswa tidak merasa tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran matematika, tetapi setelah guru menyampaikan bahwa kelas akan kedatangan narasumber yang sukses karena menggunakan ilmu matematika siswa termotivasi untuk semangat untuk belajar matematika Dalam menyampaikan pembelajarannya guru masih belum bisa menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan masih bergantung kepada sumber belajar Dan kelebihannya guru mampu menghadirkan narasumber yang sesuai dengan kebutuhan siswa untuk membangkitkan motivasi siswa supaya menyukai pembelajaran matematika.
nama: sindy indriani
nim: 856063855
prodi: S1-PGSD
menurut pendapat saya cara guru untuk membangkitkan motivasi siswa untuk belajar matematika sudah bagus, karena siswa dapat termotivasi untuk belajar matematika. matematika adalah materi yang menyenangkan, karna matematika melekat didalam kehidupan kita sehari-hari. sebagai seorang guru kita dapat menerapkan pembelajaran yang ada di kehidupan sehari-hari, contohnya seperti menghitung uang saku ketika mau berangkat ke sekolah berapa jumlahnya, dsb. selain itu guru dapat memberikan media pembelajaran yang menarik untuk dilihat dan di baca agar anak-anak tertarik. dengan begitu siswa akan suka terhadap pelajaran matematika yang menyenangkan.
Nama : Febri Marwansyah
NIM : 856464834
Pokjar : Bagan Batu
UPBJJ-UT : Pekanbaru
Cara guru menghadirkan narasumber merupakan tindakan yang sangat bagus. terlihat dari video anak-anak yang semula bosan dengan pelajaran matematika menjadi sangat bersemangat. hal tersebut karena narasumber membagikan pengalamannya tentang pekerjaannya yaitu arsitek dengan menunjukan gambar bangunan dan cara membangunnya. hal ini memancing keingintahuan siswa tentang pekerjaan narasumber. terbukti salah seorang siswa bertanya dan mengatakan “berarti harus pintar matematika ya pak?” yang menandakan siswa sangat berantusias. sehingga terlihat pejaran matematika menjadi menyenangkan dan anak-anak terlihat sangat menikmati pelajaran.
Nama : Sevita Ainun Nadya
NIM : 859689526
UPBJJ-UT : Surabaya
menurut saya upaya yang dilakukan guru dalam video tersebut dalam menarik minat siswa untuk menyukai matematika cukup bagus. akan tetapi, guru juga perlu memiliki strategi lain dalam menarik minat siswa untuk menyukai matematika. misalnya dengan membuat media pembelajaran yang inovatif dan menarik dalam pembelajaran serta menjelaskan kepada siswa manfaat belajar matematika untuk kehidupan sehari-hari. sebagai contoh ketika melakukan transaksi jual-beli, siswa memerlukan ilmu matematika (operasi hitung, nilai mata uang) agar transaksi tersebut berjalan dengan lancar. atau dalam video tersebut dijelaskan bahwasannya untuk menjadi seorang insinyur, membangun gedung yang bagus juga memerlukan matematika.
Nama : Anggi Malahayati Sihombing
UPBJJ : UT MEDAN
Setelah menonton video pembelajaran diatas, menurut saya upaya guru dalam meningkatkan semangat belajar matematika peserta didiknya sudah bagus. Namun hal tersebut tidak akan bertahan lama sebab peserta didik pasti akan merasa bosan.
Ada baiknya seorang guru harus mampu merancang dan menciptakan pembelajaran yang menarik dan kreatif.
Guru bisa menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga peserta didik semangat dalam belajar dan tidak menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan rumit. Dengan begitu peserta didik akan lebih bersemangat untuk belajar matematika.