silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. Nama : Mery Indah Sari
    NIM : 857005476
    Prodi: S1 PGSD
    Menurut pendapat saya terkait video “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika” ada beberapa faktor yaitu:
    1. Adanya kelemahan guru didalam pembelajaran tidak ada pembukaan awal pembelajaran, apersepsi, absen, serta ice breaking untuk membangkitkan minat belajar siswa.
    2. Siswa menganggap pelajaran matematika itu rumit, guru mampu memberikan inovasi dan pembelajaran yang interaktif dan variatif sehingga siswa lebih tertarik.
    3. Menggunakan alat peraga yang sesuai dengan kebutuhan, selain menarik perhatian siswa. Alat peraga membantu siswa dalam memahami konsep abstrak.
    4. Adanya narasumber dapat membantu siswa betapa pentingnya belajar matematika untuk kehidupan sehari-hari. Cara tersebut membantu guru untuk memberikan motivasi siswa untuk membangun semangat belajar.

  2. NAMA : RIFDAH AL ZAMORA SIMANJUNTAK
    NIM : 859884187
    KELAS :6C
    POKJAR : ASAHAN

    1. Masalah yang dihadapi siswa yaitu kurangnya semangat belajar dan antusias, terlihat guru kurang memberikan pembukaan pembelajaran dan hanya menggunakan metode ceramah saja.
    2. Hal yang dapat dilakukan untuk membangkitkan semangat belajar siswa pada pembelajaran matematika yaitu membuka pembelajaran dengan menyapa siswa, ice breaking, game singkat, atau pertanyaan pemantik seputar pembelajaran untuk membangkitkan semangat siswa. Selain itu hindari metode ceramah yang terus menerus, manfaatkan perlengkapan alat pembelajaran karena sangat membantu siswa untuk bersemangat dalam belajar dan memahami materi yang di ajarkan agar tidak jenuh.
    3. Mendatangkan arsitek adalah hal yang menarik perhatian siswa agar membangkitka motivasi siswa untuk bersemangat belajar matematika, karena memang nyatanya matematika adalah ilmu yang yangan peting di kehidupa sehari-hari.

  3. NAMA : ROSMIANTI
    NIM : 855714518
    Setelah melihat video tersebut,saya melihat bahwa guru yang mengajar bersifat monoton.Tidak ada sapaan kepada murid maupun refleksi awal pembelajaran.Apalagi ketika seorang guru membawakan pelajaran matematika dimana pelajaran tersebut sudah menjadi mata pelajaran yang ditakuti siswa ataupun kurang diminati siswa.Guru tidak melakukan pembukaan kelas dengan baik,seperti menyapa siswa atau memberi motivasi.Selain itu,cara mengajarnya juga terlihat kurang kreatif,sehingga siswa terlihat kurang semangat dan tidak tertarik pada pelajaran matematika.Seharusnya ,guru bisa menggunakan metode yang lebih menyenangkan,seperti permainan atau peraga,agar siswa lebih tertarik dan tidak takut pada pelajaran matematika.Namun saat guru tersebut mengundang narasumber,terlihat siswa sdh mulai semangat.Namun apakah setiap kali pelajaran matematika harus mengundang narasumber dari luar?Saran saya gurulah yang harus berpikir lebih kreatif lagi.Terimakasih

  4. Nama : Kiki Pustika Sari
    NIM :856854527
    UPBJJ : Bengkulu
    Pokjar : Rejang Lebong
    Prodi : PGSD-S1
    Dari video tersebut, maka berikut analisis saya tentang “Siswa sering tidak menyukai matematika” karena beberapa faktor, termasuk kesulitan memahami konsep, merasa materi terlalu sulit dan rumit, serta kurangnya motivasi belajar, Metode pengajaran yang kurang menarik dan kurangnya penerapan media pembelajaran juga bisa menjadi penyebab siswa tidak menyukai matematika. Setelah saya menonton video tersebut, pada pembelajaran hendaknya ada pembukaan awal pembelajaran, apersepsi, absens siswa, serta ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa dan menumbuhkan motivasi kepada siswa. jadi dari tumbuhnya motivasi pada siswa maka akan menumbuhkan rasa suka pada mata pelajaran Matematika.

  5. Nama: Nora Lisnawati
    Nim: 859891516
    UPBJJ UT: Medan
    Pokjar: Asahan
    Semeter: 6
    Banyak siswa tidak menyukai matematika bukan karena sulitnya materi, tetapi karena cara mengajarnya kurang menarik. Video ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang lebih kontekstual, seperti menghadirkan seorang ahli untuk menjelaskan manfaat matematika dalam dunia kerja, minat siswa bisa tumbuh. Pembelajaran akan lebih efektif jika guru menggunakan alat peraga, melibatkan siswa secara aktif, dan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata, dengan cara ini matematika bisa menjadi pelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

  6. Nama : Dwi Fatmasari Mirsan
    Nim : 859427637
    UPBJJ UT : Makassar
    Prodi : PGSD S-1
    Semester : 8

    Berdasarkan Video “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” , menurut saya langkah yang diambil oleh guru tersebut sangat tepat dengan menghadirkan seorang Insinyur disela-sela pelajaran untuk memberikan inspirasi kepada siswa untuk menjadi seorang yang profesioal dalam bidang yang membutuhkan keterampilan matematika sehingga siswa yang awalnya beranggapan bahwa matematika itu sulit dapat merubah persepsi mereka serta meningkatkan motivasi belajar.

  7. Nama : Dwi Fatmasari Mirsan
    Nim : 859427637
    UPBJJ UT : Makassar
    Prodi : PGSD S-1
    Semester : 8

    Berdasarkan Video “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” , menurut saya langkah yang diambil oleh guru tersebut sangat tepat dengan menghadirkan seorang Insinyur disela-sela pelajaran untuk memberikan inspirasi kepada siswa untuk menjadi seorang yang profesioal dalam bidang yang membutuhkan keterampilan matematika sehingga siswa yang awalnya beranggapan bahwa matematika itu sulit dapat merubah persepsi mereka serta meningkatkan motivasi belajar.

  8. Nama : Sri Mulyaningsih
    NIM : 857135901
    Matematika merupakan ilmu pokok yang mendasari berbagai bidang disiplin ilmu. Tanpa kita sadari kita sering menggunakan ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam kegiatan jual beli atau memasak, Hal ini menunjukkan bahwa matematika itu sangat penting dan wajib untuk dipelajari. Namun saat ini banyak anak yang tidak menyukai matematika atau bahkan takut pada pembelajaran matematika. Selain mendatangkan narasumber ke sekolah ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut diantaranya yaitu : mencari tau penyebab anak tidak menyukai pembelajaran matematika, jelaskan tujuan dan penting nya ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari,ciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan gunakan alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran, buatlah soal atau permasalahan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan tanamkan konsep bahwa matematika itu menyenangkan dan tidak perlu ditakuti.

  9. Assalamualaikum wr.wb, Perkenalkan saya Afifa Maulida Rizalni dengan Nim 856487089 dari UPBJJ Pekanbaru.
    Izin memberikan tanggapan Vidio di atas tentang siswa yang tidak menyukai pelajaran Matematika.
    Sudah tidak asing lagi tentang anak-anak yang tidak menyukai pelajaran matematika, Menurut saya pembelajaran matematika Sangat menyenangkan jika di aplikasikan di kehidupan nyata dan juga sangat menyenangkan jika banyak media yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran tersebut.
    Dalam Vidio di atas dapat kita lihat siswa-siswa tersebut kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini menunjukkan bahwa guru belum berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik.
    akan tetapi upaya guru tersebut juga sangatlah kreatif. Dengan mengundang arsitek untuk menjadi narasumber, guru tersebut dapat menunjukkan kepada siswa bahwa matematika tidak hanya sebuah pelajaran di sekolah, tetapi juga memiliki aplikasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. hal Ini dapat membantu siswa memahami pentingnya matematika dan membuat mereka lebih termotivasi untuk belajar. Selain itu, dengan menggunakan arsitek sebagai narasumber dapat menunjukkan bahwa matematika dapat digunakan dalam berbagai bidang dan profesi, sehingga dapat membantu siswa memahami bahwa matematika tidak hanya terbatas pada pelajaran di sekolah.

  10. Nama : Wahyuni
    Nim : 8856085503
    UPBJJ UT : Batam
    Pokjar : Batam
    Prodi : PGSD S-1
    Semester : 6
    dari judul vidio “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” di atas yang sudah saya lihat, maka berikut hasil Analisis saya terhadap video tersebut, menurut saya Bapak guru Mengundang Insinyur sebagai contoh pekerjaan dalam bidang arsitek yang dimana pekerjaan tersebut berhubungan dengan Matematika, secara tidak langsung siswa akan memahami betapa pentingnya belajar matematika di kehidupan mereka sehari-hari, cara seperti ini membantu guru untuk memotivasi pada diri siswa sehingga mereka semangat belajar matematika. cara seperti ini juga dibutuhkan dalam mengajar dibidang studi yang lain.

Leave a Reply