silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. Nama : Teti Fuji Astuti
    NIM : 857139084
    UPBJJ : Jakarta
    Di awal pembelajaran, siswa tampak tidak antusias saat guru memberikan instruksi untuk menyiapkan alat tulis dan buku matematika. Mereka sedikit riuh saat mendengar kata matematika. Memang bukan hal baru jika pelajaran matematika tidak menyenangkan dan dianggap sulit oleh siswa.
    Guru tidak bertanya kabar dan ketidakhadiran siswa, selain itu tidak ada review materi sebelumnya dan penjelasan untuk materi yang akan dipelajari. Guru langsung memberikan materi tanpa memberikan informasi tujuan dari pembelajaran yang akan dipelajari. Metode yang digunakan adalah metoge ceramah, yaitu pemebalajaran berpusat pada guru bukan pada siswa sehingga siswa menjadi pasif.
    Hal baik dari video di atas adalah dengan menghadirkan narasumber ,yaitu seorang arsitek yang langsung memberikan contoh penerapan pelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari. Di mana arsitek tersebut menunjukkan beberapa karyanya pada siswa dan menjelaskan pentingnya belajar matematika. Beberapa siswa merespon dengan baik dengan cara bertanya pada arsitek tersebut.
    Ada beberapa saran yang akan saya sampaikan, yaitu :
    1. Hendaknya membiasakan kebiasaan baik, seperti berdoa sebelum belajar, bertanya kabar siswa, dan mereview materi sebelumnya.
    2. Guru memberikan ice breaking atau brain storming yang menarik.
    3. Menjelaskan terlebih dahulu materi dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari siswa.
    4. Menggunakan alat peraga yang lebih bervariasi agar siswa tertarik untuk belajar.
    5. Memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan.
    6. Gunakan metode yang lain, seperti metode Project Based Learning sehngga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran.
    7. Memberikan lembar kerja untuk mengukur kemampuan siswa secara tertulis.
    Terima kasih.

  2. Nama : Nadilah Yuliani
    NIM : 857153702

    Video ini menggambarkan upaya seorang guru untuk membuat siswa menyukai pelajaran matematika dengan mengundang narasumber dari berbagai profesi.
    Tujuan Program:
    Video ini bertujuan untuk mengubah pandangan siswa terhadap pelajaran matematika. Dengan mengatasi sikap malas dan ketidakminatan siswa, guru berusaha menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan menarik.
    Pendekatan yang Digunakan:
    Penggunaan Narasumber: Menghadirkan narasumber dari berbagai profesi adalah strategi yang efektif. Ini menunjukkan bahwa matematika memiliki aplikasi nyata dalam kehidupan sehari-hari dan berbagai bidang pekerjaan. Misalnya, seorang insinyur, arsitek, atau ilmuwan dapat menjelaskan bagaimana matematika berperan penting dalam pekerjaan mereka.
    Interaktivitas: Jika video melibatkan interaksi antara guru, narasumber, dan siswa, ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar.
    Manfaat Belajar Matematika:
    Video ini kemungkinan menyoroti berbagai manfaat belajar matematika, seperti kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Ini dapat membantu siswa memahami pentingnya matematika di luar ruang kelas.
    Dampak Emosional:
    Dengan menampilkan narasumber yang antusias dan berbagi pengalaman positif, video ini dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa. Emosi positif yang ditransmisikan melalui cerita nyata dapat menginspirasi siswa untuk lebih menghargai pelajaran matematika.
    Kesimpulan:
    Program ini berpotensi memberikan dampak yang signifikan terhadap cara siswa memandang matematika. Dengan pendekatan yang kreatif dan relevan, diharapkan siswa tidak hanya belajar matematika, tetapi juga menikmati proses belajar tersebut.

  3. NAMA: DESWITA APRILIANTI
    NIM: 857510436
    PRODI: PGSD
    UPBJJ: BANDUNG
    Video ini menampilkan upaya inovatif guru dalam mengatasi permasalahan rendahnya minat dan motivasi siswa terhadap pelajaran matematika, guru tersebut mengambil pendekatan inspiratif dengan menghadirkan narasumber arsitek yang menggunakan matematika dalam pekerjaan mereka sehari-hari, yang bertujuan untuk memberikan gambaran nyata tentang manfaat belajar matematika dalam kehidupan dan dunia kerja, ini membuat pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan seperti matematika dapat disulap menjadi menarik dan bermakna bagi siswa.
    Dalam mengajarkan matematika guru juga sebaiknya memuali pembelajaran dengan ice breaking yang membuat siswa semangat dan antusias jangan langsung ke materi, itu membuat siswa merasa jenuh. Gunakan media yang menarik, banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran seperti belajar sambil bermain agar siswa tidak bosan

  4. Nama : Rinda Januarika
    NIM : 858436554

    Setelah melihat video di atas, mnurut saya:
    Reaksi Siswa: Sangat positif dan antusias dengan hadirnya narasumber profesional yang menciptakan pengalaman belajar berbeda.
    Kelemahan: Fokus siswa beralih dari konsep matematika ke cerita personal, struktur kurang jelas, tidak ada evaluasi pemahaman, intervensi guru minimal, dan kurangnya alat bantu visual.
    Kelebihan: Berhasil menghubungkan matematika dengan dunia nyata, menciptakan lingkungan belajar menarik, membangun persepsi positif tentang matematika, dan memotivasi siswa.
    Keunikan: Penggabungan aspek vokasional-akademik, apresiasi nilai praktis, interaksi satu arah, dan kesenjangan pemahaman antara aplikasi kompleks dengan level siswa.
    Usulan: Tingkatkan interaksi siswa, sederhanakan materi narasumber, manfaatkan teknologi pembelajaran, variasikan pemilihan narasumber, dan kembangkan kompetensi guru.

  5. NAMA : SITI SUHAIMAH
    NIM : 858080785
    UPBJJ UT : PONTIANAK
    Pada video tersebut tampak siswa tidak menyukai pembelajaran matematika. Anak tidak bersemangat untuk belajar dan kurang tertarik untuk belajar matematika. Hal ini dikarenakan guru mengajar tanpa melihat kesiapan siswa untuk belajar. Apalagi untuk pelajaran matematika, hendaknya guru sebelum memulai pembelajaran untuk menyiapkan media pembelajaran yang menarik agar siswa tertarik untuk belajar. Guru juga hendaknya memberikan motivasi agar anak menjadi bersemangat dan menyukai pelajaran tersebut. Guru juga bisa memberikan pertanyaan pemantik yang relevan dengan kehidupan nyata yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sehingga siswa merasa matematika itu pelajaran yang asyik dan bermanfaat dalam kehidupan. Namun, pada video selanjutnya tampak seorang guru melakukan upaya yaitu mengundang narasumber. Tampak siswa menjadi tertarik dan antusias serta bersemangat untuk belajar matematika. Hal ini dikarenakan siswa melihat secara langsung manfaat dari belajar matematika dari narasumber tersebut. Sehingga anak menjadi termotivasi untuk mengikuti jejak dari narasumber tersebut.
    Jadi dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan variasi mengajar yang menarik, maka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

    Menurut saya, ada beberapa upaya yang harus dilakukan oleh guru dalam mengajar yaitu sebaiknya guru dalam membuka pembelajaran memulainya dengan membuat suasana yang menyenangkan seperti menanyakan kesiapan siswa untuk belajar, menanyakan kabar, mengabsen siswa, atau memberikan motivasi belajar kepada siswa agar mereka bersemangat untuk belajar. Guru juga dapat membuka pelajaran dengan mengajukan pertanyaan pemantik yang relevan dengan kehidupan nyata siswa yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, sehingga siswa merasa matematika itu pelajaran yang asyik dan bermanfaat dalam kehidupan. Guru juga dapat memulai pembelajaran dengan memberikan pertanyaan beserta reward kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Hal itu akan membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga mereka akan bersemangat untuk belajar. Selain itu, guru juga harus kreatif untuk menggunakan alat peraga yang dapat membantu siswa untuk belajar matematika. Dengan begitu siswa akan merasa terbantu dalam memahami materi pembelajaran matematika sehingga membuat siswa menjadi senang dan bersemangat untuk belajar matematika.

  6. Nama : Ahmad Willy Armando
    Nim : 858081526
    UPBJJ : UT PONTIANAK
    Berdasarkan video tersebut, anak tidak bersemangat untuk belajar matematika. Hal ini dikarenakan guru mengajar tanpa melihat kesiapan siswa untuk belajar. Apalagi untuk pelajaran matematika, hendaknya guru sebelum memulai pembelajaran untuk menyiapkan media pembelajaran yang menarik agar siswa tertarik untuk belajar. Guru juga hendaknya memberikan motivasi agar anak menjadi bersemangat dan menyukai pelajaran tersebut. Namun setelah guru mengundang narasumber. Tampak siswa menjadi tertarik dan antusias serta bersemangat untuk belajar matematika. Hal ini dikarenakan siswa melihat secara langsung manfaat dari belajar matematika dari narasumber tersebut. Sehingga anak menjadi termotivasi untuk mengikuti jejak dari narasumber tersebut.

  7. nama:Winda Agustin Banding
    nim :858127297
    ijinkan saya memyimpulkan video di atas
    menurut saya siswa tidak menyukai pelajaran matematika alasannya tertuju pada siswa tersebut,menurut mereka pelajaran matematika tidak menarik hanya karena berhitung dan rumus yang sedikit mereka anggap membingungkan.
    adapun kelemahan guru seperti tidak ada nya pembukaan awal,kurangnya memberi motivasi pada murid sehingga mereka takut akan memulai pelajaran matematika dan kurangnya pemberian latihan dan bantuan dari guru.
    di sini mau saran kan agar siswa menyukai pelajaran matematika yaitu dengan pendekatan pada siswa yaitu dengan membuat games yang bertuju pada pelajaran,agar antara guru dan siswa tidak ada kesenjangan yang membuat siswa takut untuk bertanya atau malas .
    adapun tambahan lainya, sebelum mengajar alangkah baiknya ajari anak didik dengan iklas dan penuh kesabaran
    terima kasih maaf jika ada kesalahan

  8. nama winda agustin banding
    nim 858127297
    adapun saya ingin menambah pentingnya peran guru dalam mengajar dan memberikan motivasi lebih kepada siswa agar tidak ada jarak yang membuat siswa takut untuk bertanya
    dan guru pun dengan iklas membantu

  9. Nama : Hasana Nur Insani
    Nim : 855861085

    Kekurangan
    Dari video yang telah saya tonton anak-anak tidak menyukai pembelajaran dipengaruhi oleh guru yang kurang menampilkan pembelajaran yang menarik, sehingga anak-anak menganggap pembelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit, rumit dan membosankan karena berhubungan dengan angka rumus dan hitung-hitungan, untuk itu guru juga perlu memberi pengertian kepada siswa manfaat dan tujuan belajar matematika untuk kehidupan dan cita-cita di masa depan, dari video tersebut juga terlihat guru mengajar dengan cara kaku, seharusnya guru bisa membuka pelajaran dengan IC breaking atau yel-yel terlebih dahulu, Selain itu guru juga harus menyediakan media yang menarik dan konkrit sehingga anak yang sulit memahami materi bisa berpikir secara logik dan Nalar.

    Kelebihan
    Dari video tersebut solusi yang diambil guru untuk menyelesaikan masalah anak yang tidak menyukai pembelajaran matematika cukup bagus dengan mendatangkan seorang tokoh atau narasumber yang membangun lagi semangat dan menarik perhatian anak, dengan mendatangkan narasumber seperti video tersebut siswa menjadi termotivasi untuk belajar matematika.

    kesimpulan
    siswa tidak menyukai pembelajaran matematika karena sejak awal mereka menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, rumit dan membosankan karena berhubungan dengan angka- angka, kita sebagai guru hendaknya memiliki strategi belajara yang menarik seperti penggunaan media yang kongkret untuk menunjang pemikiran anak secara nalar

Leave a Reply