silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

889 Comments

  1. Terima kasih sudah membagikan video pembelajaran ini. Secara umum, materi disampaikan dengan cukup jelas dan guru terlihat menguasai topik yang diajarkan. Namun, ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Kegiatan pembuka sebaiknya diawali dengan apersepsi atau pemantik untuk menarik minat siswa sejak awal. Di bagian inti, pembelajaran masih terpusat pada guru akan lebih baik jika siswa lebih dilibatkan secara aktif. Untuk bagian penutup, refleksi dan tindak lanjut bisa ditambahkan agar pembelajaran terasa lebih utuh dan terarah. Semoga video ini bisa menjadi bahan refleksi bersama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

  2. Video siswa tidak menyukai pelajaran MTK.

    Dari video tersebut terdapat suatu permasalahan yaitu kurang ketertarikannya siswa terhadap mata pelajaran matematika.
    Hal ini disebabkan karena adanya anggapan siswa bahwa belajar Matematika itu sangat sulit dan tidak penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa menjadi gaduh dan tidak memperhatikan pelajaran saat di awal. Angga guru memiliki alternatif dalam penyelesaian permasalahan tersebut yaitu dengan mendatangkan narasumber baru atau guru dari luar yang memiliki berbagai profesi. Pada video guru mendatangkan seorang arsitek yang menceritakan bahwa hasil yang bagus dan megah merupakan hasil karya rancangan bangunannya sendiri yang kini sudah jadi dan terealisasi. Dari cerita narasumber atau guru dari lintas profesi tersebut maka dapat memotivasi pembelajaran matematika siswa di kelas hal ini tampak ditunjukkan adanya semangat siswa yang kembali setelah disuruh untuk melakukan atau mengerjakan bangun ruang. Untuk ke depannya perbaikan yang mungkin bisa dilakukan guru yaitu selain mendatangkan narasumber dari lintas profesi bisa dengan memberikan pembelajaran praktek yang melibatkan siswa membuat karya konkrit sesuai atau relevan dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Nama : suci praba wanti
    NIM : 858961659
    Pokjar : Giri

    Video siswa tidak menyukai pelajaran Matematika.

    Dari video siswa tidak menyukai pelajaran matematika dapat dianalisa bahwa :
    1. Identifikasi masalah :
    Permasalahan yang ada pada video tersebut yaitu siswa tidak menyukai pelajaran matematika hal ini ditunjukkan di awal pembelajaran matematika kelas gaduh dan kurang memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi.

    2. Penyebab siswa tidak menyukai pelajaran matematika dikarenakan adanya anggapan bahwa belajar matematika itu susah dan tidak penting dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya ini sangat tidak baik karena tidak memotivasi siswa belajar.

    3. Alternatif yang dilakukan oleh guru pada video tersebut yaitu dengan mendatangkan narasumber atau guru dari luar atau lintas profesi. Dalam video yaitu mendatangkan seorang arsitek yang menunjukkan bahwa hasil karya rancangan bangunan yang besar adalah hasil karya tangannya sendiri. Dan dari rancangan hasil karya tangannya itu sudah dibangun dengan hasil yang sangat indah. Arsitek menjelaskan bahwa untuk membuat bangunan yang indah ini maka harus bisa belajar matematika.

    Dengan alternatif pemecahan masalah dengan mendatangkan guru lintas profesi yaitu arsitek mampu membangkitkan motivasi siswa dalam pelajaran matematika. Hal itu ditunjukkan pada video siswa menjadi semangat kembali untuk belajar matematika yaitu siswa langsung bergegas menerima tugas dengan menggambar bangun ruang dengan sangat antusias.

  4. Video pembelajaran siswa yang tidak menyukai pelajaran Matematika.

    Dari video pembelajaran tersebut dapat dianalisis sebagai berikut :
    1. Mengidentifikasi Masalah :
    Permasalahan yang dapat dilihat dari video pembelajaran tersebut, Siswa yang mana siswa kurang menyukai pelajaran Matematika yaitu Pada awal video ketika guru sudah masuk kedalam kelas dan akan melaksanakan kegiatan pembelajaran tetapi banyak siswa yang tidak mendengarkan, sibuk sendiri dan tidak memperhatikan guru.
    2. Menganalisis penyebab masalah :
    Penyebab mengapa anak tidak suka dengan pelajaran Matematika yaitu Siswa menganggap bahwa pelajaran Matematika adalah pelajaran yang sulit dan tidak penting dalam kehidupannya.
    3. Menentukan alternatif pemecahan masalah :
    Alternatif yang ditentukan oleh guru pada video pembelajaran tersebut dengan mendatangkan narasumber lain yaitu seorang Arsitek. Arsitek menunjukan hasil karna yang dia buat sendiri dan memberikan penjelasan kepada siswa bahwa jika untuk membuat karya yang indah itu mereka harus belajar matematika.
    4. Menentukan tujuan perbaikan :
    Tujuan perbaikan lternatif pembelajaran tersebut menjadi motivasi bagi siswa agar mau dan semangat belajar matematika dan menghilangkan pemikiran bahwa pelajaran matematika juga penting seperti pelajaran lainnya.

  5. Nama : SINDY WAHYUNI
    NIM : 857002692
    POKJAR : Bandar Lampung

    Video pembelajaran siswa yang tidak menyukai pelajaran Matematika.

    Dari video pembelajaran tersebut dapat dianalisis sebagai berikut :
    1. Mengidentifikasi Masalah :
    Permasalahan yang dapat dilihat dari video pembelajaran tersebut, Siswa yang mana siswa kurang menyukai pelajaran Matematika yaitu Pada awal video ketika guru sudah masuk kedalam kelas dan akan melaksanakan kegiatan pembelajaran tetapi banyak siswa yang tidak mendengarkan, sibuk sendiri dan tidak memperhatikan guru.
    2. Menganalisis penyebab masalah :
    Penyebab mengapa anak tidak suka dengan pelajaran Matematika yaitu Siswa menganggap bahwa pelajaran Matematika adalah pelajaran yang sulit dan tidak penting dalam kehidupannya.
    3. Menentukan alternatif pemecahan masalah :
    Alternatif yang ditentukan oleh guru pada video pembelajaran tersebut dengan mendatangkan narasumber lain yaitu seorang Arsitek. Arsitek menunjukan hasil karna yang dia buat sendiri dan memberikan penjelasan kepada siswa bahwa jika untuk membuat karya yang indah itu mereka harus belajar matematika.
    4. Menentukan tujuan perbaikan :
    Tujuan perbaikan lternatif pembelajaran tersebut menjadi motivasi bagi siswa agar mau dan semangat belajar matematika dan menghilangkan pemikiran bahwa pelajaran matematika juga penting seperti pelajaran lainnya.

  6. Nama: Reni Nurvitasari
    Nim: 858948531
    Kelas: 6C Salut Genteng A
    Judul vidio: Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika

    Setelah saya mengamati video, saya menemukan permasalahan berupa banyaknya siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika , Salah satu penyebab nya adalah cara mengajar guru dan juga siswa yang selalu menganggap pelajaran matematika itu susah. Didalam video, guru tidak membuat siswa bersemangat, tidak melakukan ice breaking dan tidak mengabsen serta tidak memberikan pertanyaan pemantik. Metode guru tersebut masih menggunakan metode ceramah sehingga anak-anak terlihat bosan dengan pembelajaran. Upaya pemecahan masalah dalam video untuk membangkitkan semangat siswa dengan mengundang narasumber sebagai motivator. Metode ini cukup membangkitkan semangat siswa untuk mengukuti pembelajaran matematika. Namun, beberapa sekolah mungkin kesulitan dalam mengundang narasumber.

  7. Nama : Nafis Melinda
    NIM: 877325042

    Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut mungkin dapat kita lihat bahwa siswa tidak menyukai pelajaran matematika karena mereka menganggap bahwa matematika itu pelajaran yang sulit dan menakutkan, padahal pembelajaran matematika itu sangat penting dan berguna dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Dalam video tersebut terlihat jelas siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Mungkin strategi pembelajaran yang dapat dilakukan yaitu dengan mendatangkan seorang narasumber atau tokoh yang dapat memotivasi siswa bahwa belajar matematika itu tidak sulit dan tidak semenyeramkan yang difikirkan. Serta dengan mendatangkan seorang narasumber (arsitek) dapat membuat siswa terinspirasi bahwa matematika mudah dan sangat penting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Dengan kita menyukai pelajaran matematika itu akan membuat hidup kita lebih mudah.

  8. 1. Identifikasi masalah :
    Permasalahan yang ada pada video tersebut yaitu siswa tidak menyukai pelajaran matematika hal ini ditunjukkan di awal pembelajaran matematika kelas gaduh dan kurang memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi.

    2. Penyebab siswa tidak menyukai pelajaran matematika dikarenakan adanya anggapan bahwa belajar matematika itu susah dan tidak penting dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya ini sangat tidak baik karena tidak memotivasi siswa belajar.

    3. Alternatif yang dilakukan oleh guru pada video tersebut yaitu dengan mendatangkan narasumber atau guru dari luar atau lintas profesi. Dalam video yaitu mendatangkan seorang arsitek yang menunjukkan bahwa hasil karya rancangan bangunan yang besar adalah hasil karya tangannya sendiri. Dan dari rancangan hasil karya tangannya itu sudah dibangun dengan hasil yang sangat indah. Arsitek menjelaskan bahwa untuk membuat bangunan yang indah ini maka harus bisa belajar matematika.

    Dengan alternatif pemecahan masalah dengan mendatangkan guru lintas profesi yaitu arsitek mampu membangkitkan motivasi siswa dalam pelajaran matematika. Hal itu ditunjukkan pada video siswa menjadi semangat kembali untuk belajar matematika yaitu siswa langsung bergegas menerima tugas dengan menggambar bangun ruang dengan sangat antusias.

  9. 1. Identifikasi masalah : Masalah yang terjadi yaitu siswa tidak menyukai pelajaran matematika dimana terlihat di awal pembelajaran matematika kelas ribut dan siswa tidak mendengarkan penjelasan guru.

    2. Penyebab siswa tidak menyukai pelajaran matematika dikarenakan adanya anggapan bahwa belajar matematika itu susah dan tidak penting dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya ini sangat tidak baik karena tidak memotivasi siswa belajar.

    3. Alternatif yang dilakukan oleh guru pada video tersebut yaitu dengan mendatangkan narasumber atau guru dari luar atau lintas profesi. Dalam video yaitu mendatangkan seorang arsitek yang menunjukkan bahwa hasil karya rancangan bangunan yang besar adalah hasil karya tangannya sendiri. Dan dari rancangan hasil karya tangannya itu sudah dibangun dengan hasil yang sangat indah. Arsitek menjelaskan bahwa untuk membuat bangunan yang indah ini maka harus bisa belajar matematika.

    Dengan alternatif pemecahan masalah dengan mendatangkan guru lintas profesi yaitu arsitek mampu membangkitkan motivasi siswa dalam pelajaran matematika. Hal itu ditunjukkan pada video siswa menjadi semangat kembali untuk belajar matematika yaitu siswa langsung bergegas menerima tugas dengan menggambar bangun ruang dengan sangat antusias.

  10. Permasalahan yang ada pada video tersebut yaitu siswa tidak menyukai pelajaran matematika hal ini ditunjukkan di awal pembelajaran matematika kelas gaduh dan kurang memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi. Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa belajar matematika itu susah. Alternatif yang dilakukan oleh guru pada video tersebut yaitu dengan mendatangkan narasumber atau guru dari luar atau lintas profesi. Dalam video yaitu mendatangkan seorang arsitek yang menunjukkan bahwa hasil karya rancangan bangunan yang besar adalah hasil karya tangannya sendiri. Dan dari rancangan hasil karya tangannya itu sudah dibangun dengan hasil yang sangat indah. Arsitek menjelaskan bahwa untuk membuat bangunan yang indah ini maka harus bisa belajar matematika.

Leave a Reply