silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. Nama : Amaliazahra Rukman
    NIM : 857364523
    Pendapat saya mengenai video pembelajaran matematika tersebut adalah. Jelas sekali terlihat kurang antusiasnya peserta didik dalam menghadapi pembelajaran Matematika, hal ini dikarenakan konsep matematika yang tergolong dengan banyaknya angka, rumus, dan disertai hitungan membuat mereka merasa kesulitan untuk menghadapinya. Tidak hanya itu, pembelajaran yang interaktif perlu didasari dengan langkah-langkah pembelajaran yang benar, terlihat pada saat pembukaan pembelajaran, bapak tesebut langsung memerintahkan siswa untuk mengeluarkan buku dan alat tulis, padahal, hal ini justru membuat siswa terkesan malas dan enggan untuk belajar matematika. Kira-kira apa yang harus dilakukan? Seharusnya guru memberikan motivasi atau ice breaking terlebih dahulu agar mengembalikan mood siswa, atau bisa juga memberikan pertanyaan pemantik terkait materi yang akan diulas. Contohnya : “anak-anak, bagaimana cara seseorang membangun suatu bangunan? Apakah dalam membangun suatu bangunan perlu adanya alat ukur, bagaimana caranya?. Kemungkinan hal ini dapat membangkitkan pola pikir siswa dalam menyelesaikan masalah”.
    Sebetulnya kesulitan-kesulitan tersebut dapat diatasi dengan cara yang benar dan efektif, jikalau seorang guru tersebut mau dan kreatif dalam memberikan pembelajaran yang lebih menyenangkan.

  2. Nama : BOB MAHENRA
    NIM. : 856570407
    Pokjar : Jambi

    Ketika Di awal pembelajaran, siswa merasa tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran matematika, tetapi setelah guru menyampaikan bahwa kelas akan kedatangan narasumber yang terkenal dan sukses, karena suka mempelajari matematika dan menggunakan ilmu matematika yang telah dipelajarinya , siswa menjadi termotivasi untuk belajar matematika dengan sungguh-sungguh.
    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru masih belum bisa menggunakan media pembelajaran yang bervariasi untuk menjaga minat dan fokus belajar siswa, sehingga guru masih ketergantungan kepada sumber belajar dari tokoh masyarakat tertentu.
    Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru mampu menghadirkan narasumber yang sesuai dengan yang dibutuhkan untuk membangkitkan kembali motivasi siswa, agar kembali menyukai pelajaran matetamtika.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran, terlihat perubahan sikap siswa yang awalnya tidak berminat untuk belajara matematika berubah drastis menjadi antusias untuk mempelajari pelajaran matematika, ketika siswa mengetahui pentingnya pelajaran matematika untuk masa depan mereka, Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya
    Untuk kedepannya guru harus memberi motivasi dan ungkap fakta-fakta menarik dari pelajaran matematika dan Gunakan teknologi sebagai media agar anak menyukai matematika.

  3. Setelah saya menonton video, saya menyadari bahwa banyak siswa merasa kesulitan dan kurang tertarik dengan pelajaran matematika, sehingga siswa terlihat sibuk dengan teman-temanya dan tidak tertarik dengan pembelajaran yang akan di berikan. Guru kurang memberikan sambutan yang menyenangkan untuk pembukaan pembelajaran di kelas. Namun, guru menunjukkan upaya dengan menghadirkan seorang arsitek sebagai narasumber untuk menunjukkan kepada siswa bagaimana matematika diterapkan dalam profesi tersebut. Hal ini berhasil menarik perhatian siswa dan membuat mereka menyadari bahwa matematika memiliki manfaat langsung dalam kehidupan mereka.
    Selain itu, guru belum sepenuhnya memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Penggunaan alat peraga menjadi salah satu solusi efektif. Dengan alat peraga, konsep-konsep abstrak dalam matematika menjadi lebih konkret dan mudah dipahami oleh siswa. Guru juga harus pandai-pandai dalam memilih metode dan media belajar yang sesuai untuk siswa karena media dan metode belajar yang sesuai akan mampu mempermudah siswa dalam merespon pengetahuan dari guru.

  4. Nama : Endah Sari Utami
    NIM : 859544528
    Prodi : PGSD
    UT-Daerah : Lampung

    Mohon izin berpendapat.
    Vidiopembelajaran ini membahas masalah umum yang dihadapi banyak siswa dan menawarkan solusi inovatif untuk mengatasi kebosanan dan ketidakminatan terhadap pelajaran ini. Dalam video tersebut, salah satu langkah kunci yang diambil adalah mendatangkan narasumber dari berbagai profesi, termasuk seorang insinyur yang merupakan salah satu wali murid. Pendekatan ini bertujuan untuk menunjukkan kepada siswa bagaimana matematika digunakan dalam kehidupan nyata. Dengan menghadirkan seorang insinyur arsitek, video ini berhasil memberikan contoh konkret tentang penerapan matematika dalam dunia profesional. Insinyur tersebut menjelaskan bagaimana konsep-konsep matematika yang mungkin terlihat abstrak di kelas dapat diterapkan dalam proyek-proyek teknik yang nyata. Hal ini membantu siswa memahami relevansi pelajaran matematika dan mengapa mereka perlu mempelajarinya. Saat siswa memahami hubungan antara teori dan praktik, mereka biasanya lebih termotivasi untuk belajar.
    Selain itu, keterlibatan siswa dalam sesi tanya jawab juga sangat penting. Siswa diberikan kesempatan untuk aktif bertanya, yang menunjukkan bahwa mereka tidak hanya menjadi pendengar pasif. Interaksi ini menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan. Ketika siswa merasa didengar dan dihargai, mereka lebih mungkin untuk terlibat dan menunjukkan minat yang lebih besar terhadap materi pelajaran. Umpan balik positif dari siswa juga menunjukkan bahwa metode ini efektif. Ketika siswa memberikan tanggapan positif, hal itu mencerminkan bahwa mereka merasa nyaman dan terinspirasi untuk belajar lebih lanjut. Keterlibatan orang tua, seperti wali murid yang berprofesi sebagai insinyur, juga menambah dimensi baru dalam proses belajar, memperkuat hubungan antara sekolah dan keluarga, serta memberikan dukungan tambahan bagi siswa dalam belajar.

  5. Nama : Fitri Dwi Handayani
    NIM : 859540703

    Assalamualaikum wr.wb
    Selamat Malam
    Mohon izin berkomentar untuk link vidio diatas 🙏

    Dalam video, guru menghadirkan seorang arsitek sebagai narasumber untuk menunjukkan pentingnya matematika dalam pekerjaan nyata, terutama terkait bangun ruang. Meskipun ini adalah langkah yang baik, ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Penggunaan alat peraga dan media pembelajaran masih sederhana, sehingga kurang menarik perhatian siswa. Selain itu, guru sebaiknya memulai pelajaran dengan cara yang dapat membangkitkan semangat, misalnya dengan menyapa atau memberikan pengantar yang menarik.

    Kelebihan video ini adalah upaya menghubungkan pelajaran matematika dengan dunia nyata, sehingga siswa dapat melihat manfaat nyata dari teori yang diajarkan. Ini merupakan langkah positif untuk meningkatkan minat siswa.

    Dari video ini, kita belajar bahwa untuk membuat siswa menyukai matematika, guru perlu menggunakan metode yang lebih kreatif dan menyenangkan, serta alat peraga yang menarik. Memulai pelajaran dengan cara yang menginspirasi juga penting. Dengan melakukan hal-hal tersebut, pelajaran matematika akan lebih mudah diterima dan disukai oleh siswa.

    Terimakasih 🙏

  6. Nama : Risna Wati
    Nim : 859538531
    Pokjar : Menggala

    Menurut saya, Dalam cuplikan video tersebut siswa banyak yang kurang suka pelajaran matematika karena Banyak siswa kurang menyukai pelajaran matematika karena menganggap mata pelajaran tersebut sangat sulit. Selain itu, guru dalam membuka pembelajaran kurang memberikan motivasi yang dapat membangkitkan semangat siswa. Akibatnya, saat pembelajaran dimulai, banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal ini semakin memperburuk semangat belajar siswa dan membuat mereka semakin enggan mengikuti pelajaran.

  7. Nama : Risna Wati
    Nim : 859538531
    Salut : Menggala

    Dalam cuplikan video tersebut siswa banyak yang kurang suka pelajaran matematika karena Banyak siswa kurang menyukai pelajaran matematika karena menganggap mata pelajaran tersebut sangat sulit. Selain itu, guru dalam membuka pembelajaran kurang memberikan motivasi yang dapat membangkitkan semangat siswa. Akibatnya, saat pembelajaran dimulai, banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal ini semakin memperburuk semangat belajar siswa dan membuat mereka semakin enggan mengikuti pelajaran.

  8. Dalam cuplikan video tersebut siswa banyak yang kurang suka pelajaran matematika karena Banyak siswa kurang menyukai pelajaran matematika karena menganggap mata pelajaran tersebut sangat sulit. Selain itu, guru dalam membuka pembelajaran kurang memberikan motivasi yang dapat membangkitkan semangat siswa. Akibatnya, saat pembelajaran dimulai, banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal ini semakin memperburuk semangat belajar siswa dan membuat mereka semakin enggan mengikuti pelajaran.

  9. Nama: Chairun Nisa
    Nim: 855854413
    Setelah saya melihat video tersebut saya menemukan beberapa Kelemahan, kelebihan, serta perbaikan yang bisa digunakan oleh guru:
    1. Kelebihan:
    – Guru menghadirkan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan manfaat nyata dan serunya belajar matematika, sehingga siswa lebih tertarik dan termotivasi.
    – Guru menggunakan pendekatan yang lebih menarik dan kontekstual untuk membuat siswa memahami konsep matematika.
    – Guru membangun hubungan yang baik dengan siswa sehingga mereka merasa nyaman dan termotivasi untuk belajar matematika.

    2. Kelemahan:
    – Pada awalnya, reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kurang kondusif karena siswa tidak menyukai pembelajaran matematika.
    – Pembelajaran matematika yang dilakukan sebelumnya mungkin terlalu monoton dan tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

    *Perbaikan yang bisa dilakukan guru:*

    – Menggunakan icebreaking untuk membuat siswa tidak bosan dan lebih antusias dalam belajar.
    – Menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menarik dan kontekstual, seperti pembelajaran berbasis proyek, permainan, atau teknologi digital.
    – Membangun hubungan yang baik dengan siswa dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan aman.
    – Memberikan dorongan positif, mengapresiasi usaha siswa, dan memberikan ruang bagi mereka untuk bertanya tanpa rasa takut salah.
    – Menggunakan pendekatan yang bersifat kolaboratif dan berpusat pada siswa untuk membuat matematika terasa lebih hidup.

    Dengan melakukan perbaikan-perbaikan tersebut, diharapkan pembelajaran matematika dapat menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa. Guru dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membantu mereka memahami konsep matematika dengan lebih baik.

  10. Nama: Chairun Nisa
    Nim: 855854413
    Setelah saya melihat video tersebut saya menemukan beberapa kelebihan,serta kelemahan dan member kan saran perbaikan yang bisa di lakukan oleh guru:

    1. Kelebihan:
    – Guru menghadirkan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan manfaat nyata dan serunya belajar matematika, sehingga siswa lebih tertarik dan termotivasi.
    – Guru menggunakan pendekatan yang lebih menarik dan kontekstual untuk membuat siswa memahami konsep matematika.
    – Guru membangun hubungan yang baik dengan siswa sehingga mereka merasa nyaman dan termotivasi untuk belajar matematika.

    2. Kelemahan:
    – Pada awalnya, reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kurang kondusif karena siswa tidak menyukai pembelajaran matematika.
    – Pembelajaran matematika yang dilakukan sebelumnya mungkin terlalu monoton dan tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

    3.Perbaikan yang bisa dilakukan guru:
    – Menggunakan icebreaking untuk membuat siswa tidak bosan dan lebih antusias dalam belajar.
    – Menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menarik dan kontekstual, seperti pembelajaran berbasis proyek, permainan, atau teknologi digital.
    – Membangun hubungan yang baik dengan siswa dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan aman.
    – Memberikan dorongan positif, mengapresiasi usaha siswa, dan memberikan ruang bagi mereka untuk bertanya tanpa rasa takut salah.
    – Menggunakan pendekatan yang bersifat kolaboratif dan berpusat pada siswa untuk membuat matematika terasa lebih hidup.

Leave a Reply