Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut.

  1. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar ruangan untuk melakukan observasi,
  2. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memberikan tugas yang berbeda pada setiap kelompok,
  3. Guru menetapkan batas area yang boleh ditempati siswa/kelompok dengan yang tidak boleh ditempati siswa/kelompok di taman agar tidak bergerak keluar area yang ditetapkan,
  4. Guru membatasi waktu pada setiap kelompok untuk melakukan observasi terhadap materi yang diamati,
  5. Guru mengatur rotasi setiap kelompok, sehingga keadaan siswa tidak bertumpuk pada satu area.

Cecep Kuatandi

Video ini menggambarkan pembelajaran observasi/Praktikum IPA diluar Kelas, pada awalnya dilaksanakan dengan tergesa-gesa tanpa perencanaan yang matang. Anak diperintahkan mengamati tumbuhan diluar kelas begitu saja tanpa arahan yang jelas dari sang guru, akibatnya pelaksannaan observasi tidak perjalan sesuai harapan karena anak tidak teratur, tidak terkendali oleh guru dengan baik.

Pada bagian kedua dibuat perencanaan sebagai solusi pengorganisasian kelas oleh guru dengan membuat kelompok-kelompok dan diberi arahan serta petunjuk dengan rinci, dilengkapai dengan lembar pengamatan dan akhirnya pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar serta pembelajaran menjadi sangat hidup, bergairah dan bermakna bagi siswa.

Tujuan Video ini adalah memberikan gambaran pada pemeriksa agar membuat perencanaan yang matang dan sesuai dengan materi serta tujuan pembelajaran terkait.

Proses Pembelajaran pada Video ini akan lebih bermakna jika peran serta anak didik dioptimalkan, sehingga anak akan lebih banyak mendapatkan pengalaman belajar yang berkesan dan mendalam.

Drs. Kamari, M.Pd.

Pada video tersebut tidak terdapat cara guru membuka dan menutup pembelajaran. Guru langsung melakukan kegiatan inti pembelajaran, Pada video tersebut guru menggunakan metode 5M (saintifik) walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Pada video tersebut tidak ada informasi mengenai tingkat kelas siswa yang melakukan observasi pratikum. Sebaiknya video tersebut memberikan informasi tingkat kelas siswa (kelas bawah atau atas) karena untuk kelas bawah mungkin solusi yang ada pada video ini kurang tepat jika diterapkan pada kelas bawah.

Video tersebut telah mengacu pada kurikulum nasional (kurikulum 2013).

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

291 Comments

  1. Nama : Sonbert Luswin Zebua
    NIM : 859870092

    Dari segi tanggpan pribadi tentang video di atas bahwa pembelajaran di luar kelas memiliki potensi besar untuk meningkatkan antusiasme dan pemahaman siswa, terutama dalam mata pelajaran IPA. Namun, untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu melakukan perencanaan yang detail dan pengelolaan kelas yang efektif. Ketidaksiapan dalam menyusun kegiatan, memberikan instruksi yang jelas, dan mengatur peran siswa dapat menghambat proses belajar dan membuat suasana menjadi tidak terkendali. Dengan persiapan yang baik, kegiatan belajar di luar kelas dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus bermakna bagi siswa.

  2. Nama : Mirawati
    NIM : 859560024
    UPBJJ-UT : Majene

    Setelah menyaksikan video tersebut, tampak bahwa siswa merasa sangat antusias karena mereka berkesempatan melakukan observasi atau praktikum di luar kelas selama pembelajaran IPA SD. Namun, suasana kelas menjadi kurang kondusif karena siswa terlalu ramai, sehingga guru terlihat kewalahan menghadapi situasi tersebut.

    Kelemahan pembelajaran dalam video:
    Guru kurang mempersiapkan pembelajaran dengan matang dan tidak memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar secara optimal. Akibatnya, proses pembelajaran menjadi tidak terorganisasi, penuh keributan, dan tujuan pembelajaran tidak tercapai sebagaimana mestinya. Kelebihan pembelajaran dalam video:
    Guru memiliki kemampuan untuk mengarahkan jalannya proses pembelajaran secara bertahap dan sistematis. Melalui kegiatan observasi atau praktikum, siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung yang membantu mereka lebih mudah memahami materi IPA yang diajarkan. Hal ini menunjukkan pentingnya perencanaan pembelajaran yang baik dan terstruktur.

  3. Nama: Cicillia Chyndy Avita
    Nim: 857030075
    Pokjar Sidomulyo

    Hasil analisa video diatas(Siswa tidak teratur pada saat melakukan observasi/pratikum diluar kelas pada mata pembelajaran IPA SD).
    Kelemahan kegiatan pembelajaran dalam video tersebut Menurut analisis saya terkait video tersebut.
    Dalam video tersebut tampak sekali bahwa siswa kurang memahami intruksi dari tugas tersebut, dapat dilihat pada saat guru memberikan tugas pratikum atau observasi diluar kelas pada mata pelajaran IPA seperti pada materi pengelompokan tumbuhan, siswa siswi nya tidak terkendali dan gaduh, sebagian dari mereka pun ada yang lari-larian dan sulit sekali diatur,hal ini terjadi karena dari awal pembelajaran guru kurang dalam memanajemen kelas sehingga kurang efektif yaitu dalam pengawasan guru yang kurang selain itu, dalam hal pengelolaan kelas juga guru kurang dalam mempersiapkan pembelajaran nya dengan matang diluar kelas, dan tidak memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar secara optimal mulai dari pembagian kelompok, peran, dan lokasi yang kurang mendukung.hal ini berdampak pada kurang nya siswa dalam berfokus pada tugas observasi nya, akibat dari hal ini tentunya proses dalam pembelajaran observasi diluar kelas pada mata pembelajaran IPA tidak tercapai sebagaimana mestinya karena tidak terorganisasi dengan baik maka dari itu tujual pembe;ajaran ini belum sepenuhnya tercapai dengan optimal. Kelebihan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran
    Dalam video tersebut guru melakukan kegiatan dengan membagi siswa kedalam beberapa kelompok belajar sehingga siswa tidak bertumpuk pada satu area, melainkan menempati lingkungan dengan beberapa jarak, selain itu dengan adanya struktur yang terperinci dan terdapat LKS yang diberikan kepada siswa untuk observasi, dengan hal ini akan membuat anak-anak lebih antusias lagi dalam melakukan pengamatan atau observasi diluar kelas.
    Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran video tersebut, dengan dilakukan nya kegiatan pembelajaran observasi ini, anak-anak tentu nya akan mendapat pengalaman langsung dari apa yang sudah mereka kerjakan, tentu nya guru akan membantu mereka untuk memperoleh pengalaman secara nyata.
    Upaya yang dapat dilakukan
    Dalam kegiatan pendahuluan sebaiknya guru membuka kegiatan pembelajaran ini dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tersebut terkait kegiatan observasi,kemudian disaat kegiatan berdiskusi dalam kelompok,guru sebaiknya melakukan pengawasan dengan cara berkeliling dan mendatangi tiap tiap kelompok yang sudah dibagi,untuk mengamati hasil kerja dari setiap kelompok tersebut.

  4. Nama: RATNA DEWI BR DUHA
    NIM: 825467835

    Setelah menonton video tersebut, terlihat bahwa para siswa sangat bersemangat karena diberi kesempatan untuk melakukan observasi atau praktikum di luar kelas dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar. Akan tetapi, suasana pembelajaran menjadi kurang kondusif karena siswa terlalu berisik, sehingga guru tampak kesulitan dalam mengendalikan keadaan.

    1. Kekurangan dalam pembelajaran yang ditampilkan di video:
    Guru terlihat kurang melakukan persiapan secara menyeluruh dan belum memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar secara maksimal. Akibatnya, kegiatan pembelajaran berlangsung tidak terarah, menimbulkan kegaduhan, dan tujuan pembelajaran tidak tercapai sebagaimana yang diharapkan.

    2. Kelebihan dalam pembelajaran yang ditampilkan di video:
    Guru memiliki kemampuan dalam mengarahkan proses pembelajaran secara bertahap dan sistematik. Melalui aktivitas observasi atau praktikum, siswa memperoleh pengalaman belajar secara langsung, yang memudahkan mereka dalam memahami konsep-konsep IPA. Hal ini memperlihatkan pentingnya sebuah perencanaan pembelajaran yang matang dan terstruktur.

    Kesimpulan:
    Pembelajaran ini sangat menarik bagi siswa karena memungkinkan mereka untuk belajar secara langsung melalui kegiatan di luar kelas. Meski demikian, guru perlu meningkatkan keterampilan dalam mengelola kelas agar suasana belajar tetap tertib dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.

  5. Nama: RATNA DEWI BR DUHA
    NIM: 855856646

    Setelah menonton video tersebut, terlihat bahwa para siswa sangat bersemangat karena diberi kesempatan untuk melakukan observasi atau praktikum di luar kelas dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar. Akan tetapi, suasana pembelajaran menjadi kurang kondusif karena siswa terlalu berisik, sehingga guru tampak kesulitan dalam mengendalikan keadaan.

    1. Kekurangan dalam pembelajaran yang ditampilkan di video:
    Guru terlihat kurang melakukan persiapan secara menyeluruh dan belum memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar secara maksimal. Akibatnya, kegiatan pembelajaran berlangsung tidak terarah, menimbulkan kegaduhan, dan tujuan pembelajaran tidak tercapai sebagaimana yang diharapkan.

    2. Kelebihan dalam pembelajaran yang ditampilkan di video:
    Guru memiliki kemampuan dalam mengarahkan proses pembelajaran secara bertahap dan sistematik. Melalui aktivitas observasi atau praktikum, siswa memperoleh pengalaman belajar secara langsung, yang memudahkan mereka dalam memahami konsep-konsep IPA. Hal ini memperlihatkan pentingnya sebuah perencanaan pembelajaran yang matang dan terstruktur.

    Kesimpulan:
    Pembelajaran ini sangat menarik bagi siswa karena memungkinkan mereka untuk belajar secara langsung melalui kegiatan di luar kelas. Meski demikian, guru perlu meningkatkan keterampilan dalam mengelola kelas agar suasana belajar tetap tertib dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.

  6. Nama : Kholifatun Kholillah Milenia S
    NIM : 859807683
    UPBJJ-UT : Langkat

    Setelah Mengamati Video di atas terdapat pada bagian pertama : Seorang guru yang sedang mengajar siswa/i pembelajaran IPA di SD. Tampak Guru tersebut melakukan pelaksanaan belajar mengajar di luar ruang kelas, guru mengadakan Observasi/Praktikum. Tanpa persiapan yang terstruktur, dan tidak adanya penjelasan dari guru sebelum melakukan kegiatan Observasi/praktikum tersebut. Yang mengakibatkan kegiatan tidak terlaksana secara maksimal. Siswa/i tampak bermain – main saat kegiatan Observasi/praktikum berlangsung.

    Sedangkan, dibagian kedua video tersebut : Guru tampak lebih mengarahkan siswa/i sebelum pelaksanaan kegiatan Observasi/praktikum di luar ruang kelasnya. Dengan cara guru menggunakan strategi membagi siswa/i menjadi beberapa kelompok, memberikan arahan, LKS terlebih dahulu. Dan memberikan jangka waktu, area yang mana saja untuk setiap kelompok belajar. Maka dengan begitu, siswa/i jauh lebih teratur dan kegiatan terlaksana dengan maksimal.

  7. Nama : Yusrina Rosa
    Nim : 855856843

    Setelah menyaksikan video tersebut, tampak bahwa siswa merasa sangat antusias karena mereka berkesempatan melakukan observasi atau praktikum di luar kelas selama pembelajaran IPA SD.
    Namun, suasana kelas menjadi kurang kondusif karena siswa terlalu ramai, sehingga guru terlihat kewalahan menghadapi situasi tersebut.

    Kelebihan pembelajaran dalam video:
    •Siswa terlihat antusias dan aktif mengikuti kegiatan.
    •Pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA karena siswa berinteraksi langsung dengan objek nyata.
    •Lingkungan luar kelas memberikan suasana belajar yang menyenangkan.

    Kelemahan Pembelajaran dalam video:
    •Siswa tidak teratur dan kurang terkontrol, sehingga berpotensi menimbulkan keributan atau bahaya.
    •Fokus siswa mudah teralihkan oleh hal-hal di luar materi pembelajaran.
    •Kurangnya arahan atau pengawasan dari guru menyebabkan tujuan praktikum tidak tercapai secara maksimal.

    Kesimpulan:
    Pembelajaran di luar kelas seperti observasi/praktikum sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman siswa, namun perlu perencanaan yang matang, pengawasan yang ketat, serta aturan yang jelas agar kegiatan tetap efektif dan aman.

  8. NAMA : Salsa Dilla Putri Pradita
    NIM : 859891752

    Setelah melihat video tersebut, terlihat para siswa sangat bersemangat untuk melakukan observasi/Praktikum Diluar kelas, suasana menjadi kurang kondusif, sehingga guru kesulitan dalam menghadapi situasi tersebut.
    Kelebihan :
    1. Praktek diluar kelas memberikan kepada kesempatan pada siswa untuk belajar secara langsung dari lingkungan sekitar mereka, yang dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep IPA.
    2. Kegiatan diluar kelas biasanya lebih menarik bagi siswa, sehingga dapat memotivasi mereka untuk lebih aktif .

    Kekurangan :
    1. Kurang kedisiplinan dan pengawasan pada pembelajaran tersebut. Ketidak aturan siswa menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dan pengawasan guru kurang optimal selama kegiatan berlangsung.
    2. Ketidak aturan dapat menghambat tercapainya tujuan praktek/observasi Karena siswa tidak fokus atau tidak mengikuti prosedur dengan benar.
    3. Aktivitas diluar kelas yang tidak ada pengawasan dengan baik, bisa beresiko terhadap keselamatan siswa.

    Kesimpulan:
    Ketidak aturan siswa saat Observasi/praktikum diluar kelas menandakan perlunya perbaikan dalam perencanaan, pengarahan, dan pengawasan kegiatan pembelajaran IPA. Guru perlu menyiapkan perencanaan yg jelas dikelas yang lebih efektif, memberikan instruksi yang jelas, serta menetapkan aturan sebelum kegiatan berlangsung.

  9. Nama : Devi Silaen
    NIM : 877522127
    UPBJJ Medan
    Pokjar Siantar-Simalungun

    Di dalam video tersebut, ketika melaksanakan pembelajaran praktikum atau observasi di luar kelas pada mata pelajaran IPA, peserta didiknya terlihat tidak terkendali dan gaduh, sebagian dari mereka malah bermain-main, berlari-larian bahkan ada yang usil terhadap siswa yang lain.
    Upaya yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
    a.Guru harus pintar merancang pembelajaran serta harus mempunyai kreativitas untuk mengolah lingkungan menjadi sumber belajar yang baik dengan cara memberikan pengarahan yang jelas serta memberikan lembar kerja siswa sebelum siswa keluar ruangan untuk melakukan observasi.
    b.Membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memberikan tugas yang berbeda-beda pada setiap kelompok.
    c.Menetapkan batas area yang boleh ditempati siswa dengan yang tidak boleh ditempati siswa dalam kelompok.
    d.Membatasi waktu pada setiap kelompok untuk melakukan observasi terhadap materi yang sedang diamati.
    e.Mengatur lokasi setiap kelompok sehingga keadaan siswa tidak bertumpuk pada satu area saja, sehingga pembelajaran di luar ruangan pada pembelajaran IPA akan semakin terkendali.
    Dari strategi yang dilaksanakan di dalam video tersebut, kita dapat mengetahui bahwa guru sudah memiliki keterampilan mengelola kelas, dimana guru tersebut dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal baik di dalam maupun di luar ruangan kelas.
    Tujuan Video ini adalah memberikan gambaran pada Guru agar membuat perencanaan yang matang dan sesuai dengan materi serta tujuan pembelajaran terkait.
    Proses Pembelajaran pada Video ini akan lebih bermakna jika peran serta anak didik dioptimalkan, sehingga anak akan lebih banyak mendapatkan pengalaman belajar yang berkesan dan mendalam.

  10. Nama : Vera Noviyanti
    NIM : 856479486
    UPBJJ UT : Pekanbaru
    Salut : Bono Bertuah Pangkalan Kerinci

    Menurut saya setelah menonton video melaksanakan observasi/praktikum diluar kelas pada saat pembelajaran IPA di Sd guru harus perencanaan yang matang dan terstruktur agar pembelajaran berjalan dengan lancar.
    Kelemahan dari vidio tersebut
    1. Guru pada video pertama kurang memberikan arahan kepada anak sebelum memulai pembelajaran di luar kelas sehingga anak banyak yang ribut dan tidak fokus pada observasi diluar kelas dan kebanyakan hanya bermain dan karna anak terlalu ramai sehingga tidak bisa mengkondusifkan anak .

    2. Kelebihan dari video kedua guru sudah mempersiapkan rancangan pembelajaran dan arahan yang matang sehingga anak bisa fokus untuk tujuan hasil dari observasi di luar kelas dan disamping itu juga anak-anak bisa mendapatkan pembelajaran dari pengalaman dan nyata di luar kelas.
    Kesimpulannya : demi kelancaran pembelajaran observasi/praktikum di luar kelas guru harus bisa mengarahkan anak apa yang harus di kerjakan dan perencanaan yang matang dan terstruktur supaya anak terkondusifkan dengan baik..

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777