silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut.

  1. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar ruangan untuk melakukan observasi,
  2. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memberikan tugas yang berbeda pada setiap kelompok,
  3. Guru menetapkan batas area yang boleh ditempati siswa/kelompok dengan yang tidak boleh ditempati siswa/kelompok di taman agar tidak bergerak keluar area yang ditetapkan,
  4. Guru membatasi waktu pada setiap kelompok untuk melakukan observasi terhadap materi yang diamati,
  5. Guru mengatur rotasi setiap kelompok, sehingga keadaan siswa tidak bertumpuk pada satu area.

Cecep Kuatandi

Video ini menggambarkan pembelajaran observasi/Praktikum IPA diluar Kelas, pada awalnya dilaksanakan dengan tergesa-gesa tanpa perencanaan yang matang. Anak diperintahkan mengamati tumbuhan diluar kelas begitu saja tanpa arahan yang jelas dari sang guru, akibatnya pelaksannaan observasi tidak perjalan sesuai harapan karena anak tidak teratur, tidak terkendali oleh guru dengan baik.

Pada bagian kedua dibuat perencanaan sebagai solusi pengorganisasian kelas oleh guru dengan membuat kelompok-kelompok dan diberi arahan serta petunjuk dengan rinci, dilengkapai dengan lembar pengamatan dan akhirnya pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar serta pembelajaran menjadi sangat hidup, bergairah dan bermakna bagi siswa.

Tujuan Video ini adalah memberikan gambaran pada pemeriksa agar membuat perencanaan yang matang dan sesuai dengan materi serta tujuan pembelajaran terkait.

Proses Pembelajaran pada Video ini akan lebih bermakna jika peran serta anak didik dioptimalkan, sehingga anak akan lebih banyak mendapatkan pengalaman belajar yang berkesan dan mendalam.

Drs. Kamari, M.Pd.

Pada video tersebut tidak terdapat cara guru membuka dan menutup pembelajaran. Guru langsung melakukan kegiatan inti pembelajaran, Pada video tersebut guru menggunakan metode 5M (saintifik) walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Pada video tersebut tidak ada informasi mengenai tingkat kelas siswa yang melakukan observasi pratikum. Sebaiknya video tersebut memberikan informasi tingkat kelas siswa (kelas bawah atau atas) karena untuk kelas bawah mungkin solusi yang ada pada video ini kurang tepat jika diterapkan pada kelas bawah.

Video tersebut telah mengacu pada kurikulum nasional (kurikulum 2013).

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

291 Comments

  1. Nama : Annisa Rizki Utami
    NIM : 857037662
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Sukadana
    Setelah menyaksikan dan mengamati video tentang “Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD” terdapat beberapa aspek yang membuat kondisi di awal video pembelajaran tidak kondusif, diantaranya:
    1. Kegiatan awal pembelajaran berupa pengkodisian di dalam kelas dan penjelasan tentang tujuan pembelajaran pada hari itu.
    2. Kurangnya persiapan dan pengalaman di awal video pembelajaran, sebab belum adanya lembar kerja dan pembagian kelompok, sehingga praktik di luar kelas menjadi kurang kondusif
    3. Diperlukan kesiapan dari guru dan murid. Mulai dari di dalam kelas, selain pengkodisian, guru dan murid harus paham apa kegiatan yang akan di lakukan saat praktikum berlangsung, sehingga bisa tercipta fokus dan praktikum dapat berjalan dengan tertib

  2. Pada video tersebut terlihat seorang guru memberikan tugas praktikum IPA kepada anak didiknya,ternyata ketika proses dalam belajar keadaan tidak kondusif seperti anak yang bermain ketika belajar, kemudian guru mengubah sistem belajar dengan cara anak dibuat kelompok & di bagi tugas setiap masing-masing kelompok,anak juga diberikan batas waktu untuk menyelesaikan tugasnya dengan cara demikian anak belajar jauh lebih kondusif

  3. Nama : Ridwan
    NIM : 857038625
    Pokjar : Sukadana

    Setelah menonton video pembelajaran diatas, diketahui bahwa sebagai seorang pendidik (guru), hendaknya menguasai materi dan kondisi kelas. Terlihat bahwa guru merasa kuwalahan menghadapi siswa ketika melakukan kegiatan praktikum diluar kelas.

    Beberapa hal yang harus diperhatikan supaya siswa tidak gaduh saat melakukan praktikum IPA diluar kelas adalah :

    1. Sebelum melakukan pembelajaran diluar kelas, siswa harus dibekali dengan materi dan capaiam apa yang harus siswa dapatkan.

    2. Guru memberikan arahan yang jelas tentang tugas yang harus dilaksanakan siswa

    3. Guru memberikan batasan, baik waktu dan tempatnya, sehingga siswa tidak memiliki kesempatan untuk bermain

    4. Guru hendaknya turut mendampingi selama siswa melakukan kegiatan tersebut. Sehingga siswa merasa diawasi dan tidak bingung ketika ada hal yang belum paham yang ingin ditanyakan.

    Dari beberapa opsi diatas dan dari video yang tawarkan kepada kita sebagai seorang pendidik, yakni solusi untuk mengkondisikan siswa saat pembelajaran diluar kelas, pastinya tidak dapat serta merta diterapkan oleh bapak ibu guru disekolah masing-masing. Mengingat tidak semua sekolah memiliki karakter siswa yang demikian.

  4. Nama : Kurniati
    NIM : 857037924
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Sukadana

    Setelah melihat vidio ternyata peserta didik jika tidak diberi penjelasan secara spesifik dan kemudian di lepaskan begitu saja maka akan terjadi ketidak teraturan. Sehingga perlunya guru menjelaskan apa saja yang akan dilakukan peserta didik sebelum melakukan praktik atau mengamati lingkukan sekitar.

  5. Nama : Richa Rozalia
    Nim : 856959847
    Pokjar : Sukadana
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Setelah menyimak dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa :
    1. Sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru sudah menyiapkan RPP atau rancangan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan teratur.
    2. Dalam mengawali pembelajaran guru tersebut kurang nya komunikasi dengan siswa sehingga siswa belum memahami apa yang menjadi tugas mereka.
    3. Penting nya media pembelajaran yang dapat membuat anak semakin lebih kreatif sehingga anak lebih mudah memahami dalam belajar.
    4. Dalam pembelajaran diluar kelas, seharusnya guru lebih bisa membuat anak lebih kreatif dan inovatif, anak dapat di arahkan untuk mencari apa yang menjadi tugas mereka, sehingga anak tidak lebih banya bermain dari pada belajar nya.

  6. Nama : Ardi Firanata
    Nim : 857037948
    Setelah Melihat tayangan vidio pembelajaran, terkait gambaran tentang pembelajaran dalam proses pembelajaran praktikum Mata Pelajaran IPA di luar kelas, Guru di dalam pembelajaran tampaknya masih kurang dalam mempersiapkan di dalam proses langkah-langkah di dalam prosedur proses kegiatan praktikum pembelajaran.
    Terdapat identifikasi masalah :
    A. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran.
    B. Siswa ramai sendiri tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi ajar.
    Contoh: Guru ketika melakukan pembelajaran harus merancang pembelajaran efektif dalam sebuah pembelajaran yang inovatif dan kreativitas, untuk mencapai pembelajaran didalam mendidik siswanya menjadi bagus di dalam pembelajaran praktikum IPA di luar ruangan tersebut. Bahan yang digunakan buku sebagai sumber belajar siswa. Tidak lupa sebelum melakukan pembelajaran praktikum IPA guru juga harus meberikan pejelasannya dan arahan bagi siswa terlebih dahulu sampai siswa tersebut paham dalam pembelajaran, sehingga menjadi pembelajaran baik dan benar sesuai dengan yang di inginkan seorang guru. Guru juga harus ikut serta di dalam pembelajaran diluar kelas, contohnya: Guru memperhatikan dan mengikuti jalanya praktikum IPA siswa di luar ruangan yang berlangsung. Jadi tidak ada siswa yang tidak melakukan pembelajaran dengan main sendiri candaan dengan teman keluar dari jalur pembelajaran nya, Menjadikan suasana Praktikum IPA yang berjalan kondusif dan Tertib. Disela pembelajaran guru juga menyampaikan penjelasan manfaat dan tujuan pembelajarannya.

  7. Nama : KANDI HALIANSYAH
    Nim : 856029505
    pokjar : RANTAU PRAPAT

    Pada awal video siswa tidak teratur dikarenakan guru tidak memberikan arahan bagaimana melakukan praktik diluar ruangan sehingga siswa tersebut sulit untuk di kendalikan.
    Pada video selanjutnya siswa mudah diatur karena guru telah memberikan arahan tentang bagaimana melakukan praktik diluar ruangan dan selanjutnya guru memberikan lembaran untuk diobservasi dan mengarahkan setiap kelompok untuk bergantian melakukan praktik nya sehingga siswa tersebut lebih teratur dan mudah melakukan praktiknya

  8. Nama : Kiki Lindawati
    Nim : 859894758
    Assalammualaikum Wr.Wb…
    Setelah Melihat Video ” Siswa tidak teratur pada saat melaksanakan observasi/Praktikum diluar kelas pada saat pembelajaran IPA di SD.
    Menurut pendapat saya ” Anak kutang berpartisipasi dalam pembelajaran di luar kelas karna banyak yang main dan kurang disiplin.
    Sebelum praktikum sebaiknya guru harus menyiapkan beberapa hal :
    Pertama, Guru menjelaskan materi dan tujuan praktikum.
    Kedua, Guru membagi kelompok untuk mempermudah jalannya praktikum dan menyelesaikan tugas kelompok.
    Ketiga, Guru membuat lembar kerja praktikum yang bertujuan mempermudah siswa dalam kerja kelompok IPA di SD.
    Setelah melihat video ” Menambah pengetahuan saya dan banyak manfaat yang bisa diambil dari video pembelajaran IPA di SD sehingga jika kita menemukan masalah yang sama saya harus mendapatkan cara untuk mengatasinya sehingga pembelajran praktikum IPA di SD dapat berjalan dengan baik dan lancar dalam pembelajaran .
    Terima Kasih🙏.

  9. Nama : Istiwinarni
    Nim : 858733405
    Pokjar : Kalijogo Tuban
    Prodi : PGSD BI
    Setelah menyimak video pembelajaran, menurut saya pada proses pembelajaran ini saat siswa tidak kondusif karena guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu berupa memberikan sapan dan apersepsi, guru juga tidak menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran serta langkah langkah yang harus dilakukan siswa pada saat pembelajaran berlangsung.

    Namun pada proses pembelajaran yang selanjutnya terlihat jelas perbedaan, ketika siswa sudah diberikan arahkan dan tugas yang harus dilakukan maka pembelajaran belangsung dengan baik serta tercapainya tujuan dalam pembelajaran yang disampaikan.
    Kelebihan dalam pembelajaran ini guru menggunakan media yang kongkrit secara langsung dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sehingga siswa dapat mengetahui jenis jenis daun. ini artinya media juga dapat digunakan untuk merangsang stimulus dan rasa keingintahuan siswa terhadap materi yang disampaikan tersebut.
    oleh karena itu media pembelajaran berperan penting dalam proses belajar mengajar dan guru harus bisa menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran untuk membantu peserta didik menerima pemahaman materi yang disampaikan.

  10. Nama: PUTRI NAULI
    Nim: 856577313
    Prodi: PGSD

    Pada Vidio terlihat siswa dalam melakukan praktikum diluar kelas tidak bisa dikendalikan oleh guru sehingga siswa sangat sulit untuk diatur akibatnya pembelajaran tidak dapat dicapai sesuai harapan dan tujuan pembelajaran.
    Yang harus diperhatikan dalam pembelajar tersebut
-Memberikan materi disertai dengan lembar kerja atau gambar sehingga membuat ketertarikan siswa dalam melaksanakan kegiatan praktikum dengan tema pengelompokan akar suatu pohon
– Membentuk suatu kelompok belajar yang disesuaikan dengan jumlah siswa.
-Mengunakan metode pembelajaran yang tepat

Leave a Reply