silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Erna Rahayu
    NIM : 858825424
    Program studi: PG PAUD S-1
    Semester: 4
    UPBJJ : malang

    Menurut saya cara pengenalan angka pada anak seperti yang terdapat pada video diatas sudah bagus, menggunakan metode bernyanyi bermain tepuk serta menggunakan media bola, namun akan lebih bagus lagi jika ditambah sedikit, misalnya anak – anak di sediakan wadah saat anak mengambil bola pada keranjang, sehingga anak tidak kesulitan membawa bola. kemudian tadi saya lihat bola nya kan berwarna warni ya, seharusnya itu juga bisa di gunakan sekaligus untuk mengenalkan warna pada anak, misalnya : ” ayo Roza, ayo coba ambil bola yang berwarna merah 5″ setelah itu bisa ditambahkan dengan media angka ( stik angka) yang berwarna, kemudian anak disuruh mengambil angka sesuai banyak bola yang di ambil, ” ayo Roza sekarang cari angka lima seperti apa ?”seperti itu, kemudian untuk penugasan tadi saya lihat gambar pada kertas hanya berwarna hitam putih, karena kita mengajar di PAUD yang identik dengan warna warni, seharusnya gambarnya bisa di buat berwarna warni agar menarik untuk anak-anak.

  2. NAMA : SEPTIA SUNARSIH
    NIM : 858785435
    PROGRAM STUDI : S1 PGPAUD

    pada vidio tersebut menurut saya ada kelemahan dan kelebihannya , untuk kelemahannya yaitu kurang menariknya minat anak terhadap media yang ada , sehingga ada kurang antusias dalam kegiatan sehingga anak sulit mengenal konsep bilangan , menurut saya untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sebaiknya menggunakan kartu angka terlebih dahulu atau menggunakan media yang ada dilingkugan sekolah seperti batu kerikil , daun atau bunga agar lebih bervariasi dan anak tidak mudah bosan dan lebih antusias mengenal konsep bilangan .. dan untuk kelebihannya yaitu guru tetap mengapresiasi anak dengan bertepuk tangan sehingga anak yang belum bisa mengenal konsep bilangan tetap memiliki rasa percaya diri

  3. NAMA : SEPTIA SUNARSIH
    NIM : 858785435
    PROGRAM STUDI : S1 PGPAUD

    pada vidio tersebut menurut saya ada kelemahan dan kelebihannya , untuk kelemahannya yaitu kurang menariknya minat anak terhadap media yang ada , sehingga ada kurang antusias dalam kegiatan sehingga anak sulit mengenal konsep bilangan , menurut saya untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sebaiknya menggunakan kartu angka terlebih dahulu atau menggunakan media yang ada dilingkugan sekolah seperti batu kerikil , daun atau bunga agar lebih bervariasi dan anak tidak mudah bosan dan lebih antusias mengenal konsep bilangan .. dan untuk kelebihannya yaitu guru tetap mengapresiasi anak dengan bertepuk tangan sehingga anak yang belum bisa mengenal konsep bilangan tetap memiliki rasa percaya diri

  4. Nama : Indri Nurmala Sari
    NIM : 857585692
    UPBJJ : Puwokerto
    Pokjar : kramat
    Menurut saya, setelah melihat video tersebut, bisa disimpulkan bahwa Upaya yang harus dilakukan oleh guru yaitu dengan cara mengenalkan konsep bilangan dari angka satuan, belasan, dan puluhan. Setiap anak-anak pasti memiliki kemampuan yang berbeda dari cara menghitung, menyebutkan, menulis angka-angka bilangan. Adanya media pembelajaran untuk mengenalkan konsep bilangan contohnya menggunakan batu-batuan, bola kecil, kayu lidi, kartu angka, dadu, dll. Diperbanyak kegiatan yang bervariasi untuk mengenalkan konsep bilangan, tujuannya supaya anak tidak jenuh atau bosan, Misalnya yaitu mencari pasangan dari jumlah benda dengan bilangan angka.

  5. Nama : Yeni Widiastuti
    NIM : 858723207
    PG PAUD (BI) semester 3 (Pokjar Kab.Madiun)

    Pengenalan konsep bilangan
    Metode yang digunakan guru sudah tepat dalam menstimulasi anak untuk mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media yang beragam dan menyediakan kegiatan yang menarik minat anak.
    Ketika kegiatan dirancang dengan menggunakan media yang beragam dan menarik serta sesuai dengan usia perkembangan anak dengan maka tujuan dari pada pembelajaran akan bisa dicapai dengan maksimal.
    Contohnya dari vidio itu untuk mengenal konsep bilangan melalui lagu permainan menghitung bola, menghitung gambar bintang, menghitung spidol dan lainnya lebih maksimal hasilnya daripada hanya mengenalkan konsep bilangan dengan metode berhitung tanpa menggunakan permainan dan media yang beragam.
    selain menyediakan kegiatan yang beragam dengan media yang menarik guru juag tidak lupa memberikan reward sehingga anak lebih antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan main.

  6. Nama : Yeni Widiastuti
    NIM : 858723207
    PG PAUD (BI) semester 3 (Pokjar Kab.Madiun)

    Pengenalan konsep bilangan
    Metode yang digunakan guru sudah tepat dalam menstimulasi anak untuk mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media yang beragam dan menyediakan kegiatan yang menarik minat anak.
    Ketika kegiatan dirancang dengan menggunakan media yang beragam dan menarik serta sesuai dengan usia perkembangan anak dengan maka tujuan dari pada pembelajaran akan bisa dicapai dengan maksimal.
    Contohnya dari vidio itu untuk mengenal konsep bilangan melalui lagu permainan menghitung bola, menghitung gambar bintang, menghitung spidol dan lainnya lebih maksimal hasilnya daripada hanya mengenalkan konsep bilangan dengan metode berhitung tanpa menggunakan permainan dan media yang beragam.
    selain menyediakan kegiatan yang beragam dengan media yang menarik guru juga tidak lupa memberikan reward sehingga anak lebih antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan main.

  7. Nama: Sri Astutik
    NIM: 858814242
    UPBJJ: Malang
    Pokjar : Kediri Kota
    Menurut saya, pembelajaran yang disampaikan guru dalam video tersebut sudah bagus dalam konsep pengenalan belajar berhitung angka dengan media bola, tapi alangkah lebih baiknya anak sendiri yang mencoba berhitung jumlah bola yang diambil. serta, belajar angka melalui media gambar, sebaiknya sebelum memasuki kegiatan intinya, guru harus mengenalkan konsep angka dan berhitung melalui media yang menarik bagi anak dengan flash card atau mainan berbentuk angka, agar anak sudah mendapat stimulus lebih awal, bentuk angka seperti ini terus berhitungnya seperti ini. untuk lainnya sudah bagus.

  8. NAMA : ALI SAIKHU
    NIM : 858448351
    PROGRAM STUDI : S1 PAUD

    Pengenalan Konsep Bilangan,
    Pada video pembelajaran yang tersebut, metode pembelajaran yang digunakan memang tepat untuk menstimulus anak untuk mengenal konsep bilangan dengan media yang beragam seperti bola, pensil dan lembar kerja. Tapi, kami lihat pada video pembelajaran tersebut masih kurangnya minat anak dalam kegiatan pembelajaran tersebut, sehingga kurangnya antusias anak dalam kegiatan belajar tersebut sehingga anak sukar mengenal konsep bilangan. Ada baiknya pengenalan konsep bilangan menggunakan kartu angka dengan main tebak-tenbak, bisa juga menggunakan kelereng dengan permaianan sehingga anak lebih menyukai metober belajar sambal bermainnya.
    Untuk kelebihannya, guru tetap mengapresiasi anak dengan berteput tangan, meskipun ada yang salah, tapi guru tersebut memanggil Kembali untuk melanjutkan perhitungan yang masih belum tepat, sehingga anak memiliki rasa percaya diri.

  9. Nama : ELOH
    NIM: 857481027
    Prodi : PG PAUD masukan Sarjana
    pokjar : Gambir UPBJJ UT Bandung
    Berdasarkan vidio yang saya amati tentang konsep bilangan terhadap anak anak usia dini melalui media pembelajarana bermain bola menamplkan permaina yang sangat di minati anak anak , bagus sekaliyang di tampilkan nya emua nya intiny saja , perkembangan kognitipnya dapat, dan perkembangan fisik motorik nya juga dapat . sebelum belajar gurunya juga bisa menyampaikan dulu untuk cara permainan nya , untuk mengambil bola . dan berhitung anak anak juga sudah bisa mengikuti perintahnya , untuk motorik halusny anak- anak , bisa memegang pensil dan bisa melingkari angka -anga esuai petunjuk gurunya , untuk tepuk nya juga sudah bisa mengikuti nya sesuai hitungan . untuk keseluruhan anak -anak sudah bisa mengikuti pembelajran .

  10. Nama : Syamsuriani
    Nim : 859409495
    Ubjj: Makassar
    Jurusan : Pg Paud
    *Sulit mengenal konsep bilangan*
    Setelah menonton vidio tentang sulit mengenal konsep bilangan menurut saya pembelajaran yang dilakukan ibu guru sudah sangat tepat dalam mengajarkan bilangan pada peserta didiknya. Ibu guru sudah menggunakan benda kongkrit kepadA peserta didik sehingga anak mudah untuk memahami, ibu guru juga langsung meminta anak menghitung bola dan memberikkan riword untuk anak yang tepat dalam mengerjakan semua kegiatan.
    Saran saya ibu guru dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih bervariasi lg agar anak bersemangat dan tertarik dalam belajar mengenal konsep bilangan.

Leave a Reply