silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Assalamu’alaikum. Wr. Wb
Nama : Luthfatun Hasanah
NIM : 858446286
UPPBJJ : Samarinda
Video tersebut menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya;
Menurut saya apa yang diajarkan guru dalam video tersebut sangat bagus karena pada awal kegiatan guru mengajak anak-anak bermain permainan mengambil bola sesuai dengan instruksi angka yang diucapkan guru, selain itu guru tersebut juga mengajak anak bernyanyi lagu-lagu yang berkaitan dengan angka dan bilangan sehingga anak-anak merasa senang dalam belajar. Tentu kegiatan ini pas dengan karakteristik anak usia dini karena membuat kegiatan yang sesuai dengan karakter mereka. Kegiatan pada video tersebut bisa menjadi inspirasi bagi saya dalam menerapkan metode-metode yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini.
Terima kasih
Wassalamu’alaikum. Wr. Wb
Alifa Rudia Ningrum-858758531
Video yang saya ambil tentang Sulit Mengenal Konsep Bilangan, guru sudah memakai objek di kelas, mengajak anak-anak menghitung bersama juga memberikan kesempatan pada beda gender. Guru juga bisa mengajak bernyanyi serta bertepuk sebelum mengerjakan lembar tugas dan mengajak bermain bersama. Namun, pada awal guru mengajar seharusnya di beri tau dahulu mana simbol angka 1-10, setelah itu di tanyakan ke anak angka berapa yang di ambil ibu, misal 4 baik jadi ambil 4 bola.. Tidak bisa langsung dengan kalimat perintah ambil 4 bola.
Nama Eka maryanti
NIM 859812449
UPBJJ:PALEMBANG
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Beberapa upaya yang dilakukan guru tersebut antara lain:
– Mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu, atau tepuk.
– Membuat alat peraga permainan konsep bilangan dan meminta anak untuk meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut.
– Memberikan tugas berupa lembar kerja untuk memasangkan benda sesuai lambang bilangan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan.
– Mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik dan memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik, misalnya dengan memberikan stempel bintang di tangannya.
Assalamu’alaikum wrwb,
Nama : Yuliyanti
NIM : 858288798
menanggapi dari video di atas,bagaimana cara seorang guru mengatasi anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan melalui berbagai macam media.Mengajak anak membilang melalui lagu,tepuk tangan dan membuat alat peraga konsep bilangan.Melalui kegiatan tersebut anak akan terstimulasi dalam mengenal konsep bilangan.Serta mengulas kembali hasil karya anak dengan penguatan dan pemberian penghargaan kepada anak.
Wassalam…
Nama
Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit
Nama : Resti Fitriyani Effendi
NIM : 857425423
Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit
Nama : Widianingsih
NIM : 857249897
UPBJJ : Serang
Video di atas menggambarkan upaya guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini melalui berbagai media. Beberapa upaya yang telah dilakukan guru tersebut adalah mengajak anak membilang dengan beberapa media, membilang dengan lagu maupun bermain tepuk, dan memberikan lembar kerja yaitu memasangkan benda dengan gambar.
Upaya yang dilakukan guru tersebut dalam mengenalkan konsep bilangan sudah sesuai karena menggunakan benda-benda konkrit . Alangkah baiknya, di awal kegiatan selain membilang, anak juga dikenalkan dengan simbol bilangan. Kegiatan membilang juga bisa dijadikan perlombaan, misalnya berlari mengambil bola sebanyak 5. Mungkin itu akan lebih menarik minat anak dalam bermain dan belajar mengenal konsep bilangan.
Nama : Aisyah Magdalena Putri
NIM : 858880678
Prodi : PGPAU
Dalam video diatas menjelaskan mengenai bagaimana cara guru memperkenalkan angka pada anak dengan cara yang menyenangkan. Pada dasarnya anak usia dini hanya mengerti bermain dan belum paham konsep belajar, menurut saya kegitan seperti ini sangat efektif digunakan untuk pengenalan angka kepada anak.
Nama : Risna Maya sari
Nim:856789437
Upbjj : palembang
Dari video diatas kita dapat cara bagaimana mengenalkan konsep bilangan kepada anak menggunakan berbagai media. Yang pertama sebelum belajar kita dapat mengajak anak untuk menghitung menggunakan bola,melalui lagi, tepung tangan dan masih banyak lagi.guru juga memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik, misalnya dengan memberikan stempel bintang di tangannya.
Risna Aminudin
NIM 857382048
Dari video ini saya mendapatkan manfaat pengajaran untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif lagi, saya dapat belajar lagi tentang pengembangan kognitif terhadap anak usia dini, agar pengembangan kognitif anak berkembang secara optimal. Dengan menggunakan media pembelajaran yang sederhana menjadikan pembelajaran pada anak dapat lebih memahami konsep bilangan secara kongkrit, serta menambahkan lagu pembelajaran yang sesuai sehingga anak dapat lebih bersemangat dalam belajar sehingga pembelajarn bermakna bagi anak dapat tercipta dengan baik.
Dalam mengatasi hal ini ada beberapa cara yang bisa guru upayakan terhadap anak, yaitu :
1. Guru mengenalkan konsep bilangan melalui permainan, gerak tepuk, atau lagu sebagai permulaan pembelajaran. Atau guru menyediakan lembar kerja untuk anak tentang mengenal konsep bilangan. Contohnya, menghitung benda sesuai dengan jumlah bilangannya.
2. Memberikan penguatan terhadap anak serta memberikan reward sebagai apresiasi terhadap pencapaian anak