silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Ratna Kamila
NIM 859656528
Video diatas menunjukkan cara guru mengenalkan teknik pengenalan nama dan angka bilangan bagi anak yan gmasih bingung dengan konsep angka dan bilangan. Guru juga memberikan penguatan bagi murid yang mampu menyelesaikan tantangan meskipun anak tersebut belum berhasil melaksanakannya dengan baik. teknik pengenalan konsep bilangan dan nama bilangan bisa dilakukan dalam berbagai macam permainan ketangkasan, seperti lomba menghitung bola, menghitung lego, menghitung mainan lainnya dan memasangkannya dengan lambang bilangan.
Nama: Suwesti Akbar
NIM: 859422233
Sebelum memulai memberikan tugas pada anak, guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu, dan tepuk. Dapat juga guru memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai dengan lambing bilangnnya dan melingkari benda sesuai dengan lambing bilangannya. Teknik lain yang dapat diberikan guru adalah memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stemple Bintang ditangannya.
Metode meminta anak mengambil benda sebanyak yang disebutkan oleh guru adalah pendekatan yang sangat efektif dan mendidik untuk membantu anak-anak yang kesulitan memahami konsep bilangan. Dengan pengalaman konkret dan interaktif, anak-anak dapat membangun pemahaman yang lebih baik dan lebih kuat tentang bilangan. Guru yang kreatif dan penuh perhatian dapat memainkan peran besar dalam mengembangkan keterampilan ini melalui aktivitas yang menyenangkan dan mendidik. Pendekatan ini tidak hanya membantu dalam pembelajaran konsep bilangan, tetapi juga dalam mengembangkan keterampilan motorik, keterampilan sosial, dan meningkatkan motivasi belajar anak.
Nama : Kurnia Lila Sari
NIM : 856337627
Judul : Anak Mengenal Konsep Bilangan
Dalam video diatas, secara tidak langsung guru telah mengenalkan konsep bilangan pada anak melalui kegiatan bermain.
Hal ini dapat saya terapkan dikelas saya.
Terima kasih.
Nama : Anisatul Qoniah
Nim : 857936803
UPBJJ : YOGYAKARTA
Pokjar : Temanggung
Assalamualaikum…..
Dalam penayangan video di atas menunjukkan bahwa metode bermain yang di gunakan dalam menunjang pengenalan konsep bilangan sudah efektif yaitu dengan media bola,konsep menghitung dan mengambil bola itu sudah mencakup aspek kognitif dan motorik kasar anak,kegiatan tersebut juga dapat di lakukan di luar kelas semisal di halaman sekolah.Guru yang kreatif akan menunjang ketertarikan anak didik dalam bermain dan belajar.pembelajaran yang menyenangkan akan membuat anak anak aktiv dalam mengikuti kegiatan.anak usia dini lebih memahami dengan contoh yang konkrit atau nyata dalam artian bisa terlihat nyata dan terwujud.reward yang digunakan juga tepat yaitu memberikan cp atau bintang di tangan anak anak bukti dari pencapaian anak yang telah menyelesaikan dengan baik.
Pada video tersebut guru sudah sangat baik dalam memperkenalkan konsep bilangan pada anak usia dini dengan kegiatan bermain/ melakukan permainan lagu dan tepuk karena dengan kegiatan bermain anak merasa senang, Nyaman dan anak akan belajar tentang kehidupan, melatih keberanian sehingga menumbuhkan rasa kepercayaan diri, serta belajar menghargai teman sesamanya. Selain itu anak juga merasa senang karena mendapatkan reward stempel bintang.
Nama: Wahyuni
NIM : 859678261
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Tulangan sidoarjo
Vidio ini sangat bangus dan dapat membantu guru dalam mengatasi permasalahan anak yg sulit menceritakan kembali cerita yg telah di dengarnya.
Adapun upaya yg dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu:
1. Mengatur posisi duduk anak agar anak dapat menyimak dan mendengarkan guru pada saat bercerita dg jelas dan nyaman.
2. Guru memberikan apresiasi kepada anak yg dapat menjawab pertanyaan yg di lontarkan guru tentang isi cerita yg disampaikan. Misalnya: memberikan stempel bintang ke tangan anak yg dapat menjawab pertanyaan yg diberikan guru.
3. Guru memilih cerita yg menarik.
4. Guru bercerita dg intonasi, mimik wajah dan gerak tubuh yg ekpresif.
5. Guru menggunakan alat peraga saat bercerita supaya anak lebih tertarik dan antusias untuk mendengarkan cerita yg disampaikan guru.
6. Guru memeberikan pertanyaan tentang isi cerita.
7. Guru memeberikan kesempatan kepada siswa secara individual untuk menceritakan kembali cerita yg telah di dengarnya.
Dengan demikian permalahan anak yg sulit menceritakan kembali cerita yg telah di dengarnya dapat terasi dg baik.
Saya mendapatkan ilmu baru tentang bagaimana mengajari anak tentang berhitung bisa menggunakan lagu,permainan dan tepuk tangan
Teknik lain yang dapat diberikan guru adalah memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stemple Bintang ditangannya.
nama Rina Fatmawati
nim 858741703
Dari vidio diatas saya mendapat pembelajaran bahwa dalam mengajari anak berhitung kita bisa berkreasi misal dengan tepuk,lagu,dan permainan.Dimana anak akan merasa senang bukan dengan menghafal.selain itu juga kita perlu memberikan anak reward seperti stempel bintang bagi anak yang bisa menyelesaikan tugas dengan baik
Nama:yaumul fadilah
Nim:858732127
Pada anak, guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu, dan tepuk. Dapat juga guru memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai dengan lambing bilangnnya dan melingkari benda sesuai dengan lambing bilangannya. Teknik lain yang dapat diberikan guru adalah memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stemple Bintang ditangannya.
guru sudah sangat baik dalam memperkenalkan konsep bilangan pada anak usia dini dengan kegiatan bermain/ melakukan permainan lagu dan tepuk karena dengan kegiatan bermain anak merasa senang, Nyaman dan anak akan belajar tentang kehidupan, melatih keberanian sehingga menumbuhkan rasa kepercayaan diri, serta belajar menghargai teman sesamanya. Selain itu anak juga merasa senang karena mendapatkan reward stempel bintang.