Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. NAMA : SALMA AGUSTIN
    NIM : 877967153
    Video ini sangat inspiratif dan memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana guru bisa mengatasi tantangan dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Penggunaan media konkret seperti benda nyata sangat membantu anak dalam memahami konsep angka dengan cara yang menyenangkan. Saya mengapresiasi bagaimana guru memanfaatkan lagu dan permainan untuk membuat pembelajaran lebih interaktif.
    Namun, saya juga melihat ada potensi yang lebih besar dalam pembelajaran ini. Penggunaan variasi media yang lebih beragam, seperti alat peraga dengan bentuk atau warna yang menarik, akan lebih memfasilitasi eksplorasi anak dalam memahami konsep bilangan. Selain itu, memberikan lebih banyak kesempatan kepada anak untuk aktif mencoba dan berbagi hasil akan sangat membantu meningkatkan fokus dan kepercayaan diri mereka.
    Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh yang sangat baik tentang pembelajaran yang menyenangkan dan penuh kreativitas. Teruskan untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan bagi anak-anak, dan semoga ke depan kita bisa melihat lebih banyak variasi kegiatan yang melibatkan seluruh anak dengan lebih maksimal.

  2. Saya Dinda pebriana putri, dengan NIM : 858876338. Dari UPBJJ Malang.
    Menurut saya vidio ini sangat membantu guru dalam mengatasi anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan. Dengan berbagai cara yang bisa dilakukan sangat bervariasi dan juga menyenangkan, serta sangat mudah untuk ditirukan dan diterapkan di kelas.

  3. NAMA : NUR WAHYU NINGSIH
    NIM : 860140141
    MATKUL : PKP
    SEEMESTER :8
    PRODI : PGPAUD
    Assalamualaikum Wr.Wb.. Menurut pendapat saya cara mengenal angka bilangan dalam kegiatan berhitung didalam video anak-anak masih membutuhkan bimbingan dalam berhitung sebuah benda 1-10, tetapi saat dalam bermain atau menggunakan media ajar lebih mudah memahami konsep jumlah dibanding dengan simbol angka. Menurut saya perlu ditambah dengan media pembelajaran mengenal angka seperti puzzle angka dll..
    Wassalamualaikum Wr.Wb..

  4. assalamualiakum
    Nama saya Nia Deniyati
    Nim 877655682
    Menurut saya video diatas membantu guru untuk memberikan pembelajaran untuk anak usia dini yang kesulitan dalam mengenal dan menghafal huruf dan angka dalam pembelajran di PAUD.
    terima kasih

  5. Assalamualaikum W.r W.b
    Izin menanggapi
    Nama : EVA DEVIKA RAMADHANI
    NIM : 858830548
    Semester : 8
    Prodi : S1 PG PAUD AKPMM
    Matkul : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Menurut pendapat saya tenaga pendidik dalam video tersebut mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan kepada para peserta didik dengan tepat. Langkah yang diterapkan diantaranya:
    a. Mengenalkan kepada anak dengan menggunakan model pembelajaran circle time, hal ini membuat anak lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh tenaga pendidik.
    b. Menjelaskan kepada anak dengan suara yang lantang, tegas dan menyenangkan sehingga membuat anak lebih fokus dalam mendengarkannya
    c. Memberikan contoh konkret kepada anak dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan kegiatan pengembangan. Hal itu nampak ketika tenaga pendidik meminta kepada beberapa anak untuk mengambil bola.
    d. Kegiatan mengenal angka dalam video dilakukan dengan berbagai jenis kegiatan yang menarik seperti mengajak anak membilang dengan permainan, melakukan tepuk dan menyanyi dengan menggunakan bahasa Inggris. Hal ini akan membuat anak lebih tertarik karenaa kegiatan tidak monoton.
    e. Guru juga memberikan penguatan berupa pemberian stempel kepada anak yang dapat melakukan kegiatan tersebut dengan baik dan benar, hal ini akan membuat mereka termotivasi untuk melakukan kegiatan pengembangan dengan baik dan benar
    Demikian yang dapat saya sampaikan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

  6. Assalamu’alaikum…
    Tuti sri mulyati 856282215…
    Teknik pembelajaran dalam video ini sangat kreatif selain bisa meningkatkan pemahaman anak tentang bilangan juga bisa meningkatkan keaktifan anak.. Saya merasa sangat terbantu setiap kali menonton video pembelajaran dalam guru pintar online ini

  7. Bismillah,
    Perkenalkan,
    Nama : Wiji maryati
    NIM : 857885144
    Menurut saya vidio di atas mengenai anak sulit mengenal konsep bilangan. dalam penggunaan metode pembelajarannya sudah yang interaktif,menarik, dengan mengunakan bahan yang konkret. Dengan kurangnya mengenal konsep bilangan, guru dapat memberikan dukungan dan motivasi kepada anak untuk membantu dan memahami konsep bilangan dengan baik.
    Anak anak terlahir dengan kemampuan yang beragam, bukan untuk dibandingkan. tapi, untuk dipahami dan didukung sesuai kebutuhannya.

  8. Nama Anisa Wulan Romadhona
    NIM 858830469
    Semester 8
    Prodi S1 PGPAUD AKPMM
    Matkul Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Judul Vidio Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Mengatasi Kesulitan Konsep Bilangan: Narasi di tengah video sangat relevan, menyoroti tantangan anak dalam mengenal konsep bilangan dan pentingnya strategi kreatif guru.
    Manfaat ketika saya sebagai guru setelah menonton video ini:
    • Mendapatkan Ide Kreatif: Guru dapat terinspirasi untuk menggunakan permainan sederhana seperti bermain bola di dalam kelas sebagai cara yang menyenangkan untuk mengenalkan konsep bilangan.
    • Memahami Pentingnya Media Konkret: Video ini mengingatkan guru akan pentingnya menggunakan media pembelajaran yang nyata dan bisa dimanipulasi oleh anak-anak untuk membangun pemahaman yang lebih mendalam.
    • Melihat Contoh Penerapan Penguatan Positif: Guru dapat belajar bagaimana memberikan pujian dan penghargaan yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar anak.
    • Menyadari Variasi Metode Pengajaran: Video ini memberikan contoh konkret tentang bagaimana mengombinasikan berbagai metode (bermain, bernyanyi, lembar kerja) untuk mengajarkan konsep bilangan secara lebih komprehensif.
    • Mendapatkan Inspirasi untuk Mengatasi Kesulitan Belajar: Guru dapat belajar bahwa kesulitan anak dalam memahami konsep bilangan adalah hal yang wajar dan memerlukan kreativitas guru dalam mencari solusinya.
    • Meningkatkan Keterampilan Diferensiasi: Meskipun sederhana, contoh dalam video dapat memicu guru untuk lebih mempertimbangkan perbedaan individual anak dalam memberikan tugas atau pertanyaan.
    • Menegaskan Pentingnya Pembelajaran yang Menyenangkan: Video ini menjadi pengingat bahwa pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan akan membuat anak lebih antusias dan mudah menyerap materi.

  9. Bissmillah…
    Nama : Yuli wulandari
    Nim : 857469298
    prodi: PDPAUD
    Menurut saya dalam vidio diatas menujukan guru yang sedang mengenalkan konsep berhitung pada anak,guru sangat interkatif dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar.mengenalkan berhitung dan mengenalkan angka bisa dengan hal-hal yang sederhana yang dilakukan oleh guru dan orang tua dirumah.seperti nyanyian,tepukan dan berbagai aktivitas lain yang menarik untuk membuat proses belajar berhitung menjadi menyenangkan.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://sipil.teknik.untan.ac.id/