silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama: Anis husnul khotimah
Nim : 877319103
Pokjar : Kediri
Mohon izin menanggapi video diatas
Dalam video tersebut diperlihatkan berbagai cara guru untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak dengan masalah anak sulit mengenal konsep bilangan. Guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bernyanyi memberi tugas sambil bermain.
Kelebihan metode ini:
– anak bersemangat mengikuti kegiatan karena cara pembelajaran yang menyenangkan
– guru memberikan penguatan kepada anak( reward ) untuk anak yg berhasil melakukan
– guru menggunakan benda langsung untuk belajar
Kekurangan:
-Pembelajaran yang dilakukan bagus,tetapi guru masih menggunakan lembar kegiatan untuk memberikan tugas pada anak.
Setiap model pembelajaran pasti ada kelebihan dan kekurangannya, yang terpenting sebagai guru kita harus kreatif dan inovatif agar anak tidak bosan dan semangat terus untuk belajar
Anak yang sulit memahami konsep bilangan bisa dilakukan dengn cara yang lebih bervariasi melalui langkah atau cara yang dapat meningkatkan minat anak dalam mengenal konsep bilangan seperti yang terdapat dalam video merupakan salah satu langkah tepat dalam membelajarkan konsep bilangan
Nama : Novi Lailatul zanah
Nim : 858827177
Dari vidio di atas terlihat banyak cara guru dalam menstimulus kemampuan kognitif anak melalui permainan bola , berhitung dengan menggunakan gambar , menggunakan spidol dan guru juga menyisipkan lagu supaya anak terlihat senang dan tidak ngantuk.
Kelemahan dari vidio tersebut : kurangnya contoh dari guru terlihat masih ada anak yang bingung , kurangnya menarik dalam permainan bisa dilihat masih ada anak yang mengobrol sendiri dan masih ada anak yang mengantuk, untuk lembar kerja sebaiknya di pegang supaya anak lebih fokus dan terlihat oleh semua murid
Tetapi usaha guru dalam vidio tersebut sudah luar biasa , setiap pembelajaran selalu ada kelemahan dan tidak sesuai dengan ekspetasi guru , tetap semangat lagi ibu guru
assalamualaikum wr wb
umi kalsum
856651663
upbjj : ut jambi
video di atas memberikan gambaran kepada guru bagaiman cara untuk mengatasi anak yang sulit dalam mengenal konsep bialangan.melalui bernyanyi dan tepuk serta membuat alat peraga edukatif maka akan mempermudah guru untuk mengatasi anak yang sulit dalam mengenal konsep bilangan.
ENTIN FUJI RAHAYU 858879974
S1 PGPAUD/ UPBJJ UT Malang Pokjar Kab Kediri
Terimakasih banyak telah memberikan video yang sangat menarik, disertai dengan contoh pengaplikasian yang lengkap dan mudah untuk difahami.
Saya sebagai mahasiswa merasa sangat terbantu dengan video ini
Saya sangat setuju sekali dengan yang sudah disampaikan dalam video bahwa ketika ada anak yang kesulitan membilang kita bisa bantu dengan kegiatan bernyanyi dan tepuk dulu, dijelaskan dulu, diuji coba menggunakan media tertentu seperti di video pakai spidol dan bola, serta diberikan cap stempel bintang untuk mengapresiasi siswa yang sudah mampu.
Untuk membantu siswa guru sebaiknya juga mengidentifikasi dulu siswa yang belum mampu karena faktor apa, misal ternyata ada faktor pendengaran yang kurang, atau kurang fokus dan lainnya,, jadi perlu diperhatikan juga faktor apa yang menjadikan anak ini kurang dalam mengenal konsep bilangan.
Terimakasih
Nama : Sri Wahyuni
Nim : 856102663
S1 PGPAUD UPBJJ Batam
Assalamualaikum wr wb
Menurut pendapat saya tehnik pembelajaran yang di terapkan pada video diatas sangat sesuai denga karakteristi anak usia dini, Anak-anak pada tahap usia dini belajar paling efektif melalui pengalaman konkret, aktivitas yang menyenangkan, dan keterlibatan multisensorik. Dengan menggunakan lagu dan tepuk tangan, anak-anak dapat belajar menghitung sambil bergerak dan bernyanyi, yang memperkuat daya ingat dan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak menegangkan.penggunaan lembar kerja yang sesuai dengan jumlah bilangan yang sedang dipelajari memberikan kesempatan bagi anak untuk memperkuat pemahaman mereka secara visual dan motorik. Hal ini membantu mengembangkan koordinasi tangan-mata serta keterampilan kognitif dasar, seperti mencocokkan jumlah benda dengan angka
Kelebihan tehnik ini menurut saya antara lain :
-Anak-anak lebih antusias belajar karena merasa seperti sedang bermain, bukan belajar dalam arti yang formal.
-Lagu dan gerakan membantu mengikat konsep dalam memori anak secara lebih kuat karena melibatkan lebih banyak indera.
-Anak kinestetik, auditori, dan visual semua mendapatkan manfaat dari metode ini.
-Aktivitas kelompok seperti menyanyi dan tepuk tangan merangsang kerja sama dan interaksi sosial antar anak.
Kelemahannya antara lain :
-Guru harus kreatif dan konsisten dalam membuat lagu, permainan, dan lembar kerja yang sesuai dengan materi.
-Jika tidak dikelola dengan baik, kegiatan yang melibatkan gerakan dan suara bisa membuat suasana kelas menjadi terlalu gaduh.
-Ada anak yang mungkin lebih cepat atau lebih lambat menangkap konsep, dan metode ini bisa kurang fleksibel dalam menyesuaikan kebutuhan individu.
Sekian dari saya,Terima kasih.
Wassalam.
Nama : Elida Sebti L
NIM : 877318932
Ijin menanggapi,
Dalam video tersebut menampilkan berbagai upaya guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak yaitu mengenalkan konsep bilangan seperti melalui bernyanyi “dua mata saya”, tepuk-tepuk, bermain bola sambil berhitung, melingkari gambar benda sesuai lambang bilangan, menghitung spidol sesuai jumlah yang disebutkan. pemberian reward dalam video oleh guru saat anak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan juga sangat baik untuk memotivasi anak agar lebih semangat dalam menyelesaikan tugasnya.
Kelemahan dari video tersebut guru belum menggunakan media pembelajaran seperti kartu angka, pohon angka, puzzle angka, permainan ular tangga. alat peraga konkret yang digunakan untuk berhitung juga belum bervariasi (hanya bola & spidol) baiknya lebih bervariasi lagi dengan menggunakan kerikil, kancing baju, manik-manik, stik es krim, papan flanel dengan gambar angka.
Dalam setiap proses pembelajaran pasti ada kelebihan dan kekurangannya, namun dalam perkembangannya guru harus lebih kreatif dan inovatif agar anak selalu semangat mengikuti setiap proses pembelajaran dan berkembang sesuai dengan harapan.
ENTIN FUJI RAHAYU
858879974
Pokjar Kab. Kediri
Terimakasih atas videonya yang bagus
Saya sangat setuju dengan apa yang guru lakukan dalam video ini, guru mengajak anak mengenal konsep bilangan dengan tepuk dan menyanyi, guru mengajak dengan bermain bola, mengajak anak menghitung spidol, serta mengerjakan lembar kerja. Disini guru sudah sangat kreatif, kegiatan juga melibatkan anak secara aktif, anak juga terlihat bis amengikuti dengan baik
Yang perlu saya tambahkan sebagai saran mungkin dalam pelaksanaan semua kegiatan itu tidak dilakukan dalam waktu yang bersamaan, dikhawatirkan tugas yang begitu banyak dalam sekali waktu akan membuat anak mrasa bosan dan capek
Perlu diperhatikan juga tentang waktu penyelenggaraan kegiatan, mungkin beberapa kegiatan tersebut bisa dilakukan untuk 2 kali pertemuan sehingga 1 kegiatan tuntas untuk anak
Terakhir guru bisa menggunakan bahan sekitar seperti tutup botol, kerikil, menghitung ruang kelas di sekolah, menghitung jumlah mainan dan lainnya, sehingga selain memberikan pengalaman belajar anak juga bisa mengenal lingkungan sekolah dengan memanfaakan benda yang ada di sekolah
Terimakasih
Assalamaualaikum
Nama : Wiwin Windaningsih
Nim : 859526917
UPBJJ Jakarta
Video yang sangat menginspirasi buat guru, dengan adanya video pembelajaran tersebut dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. dalam video tersebut guru sudah melakukan pembelajaran yang komunikatif mengajak anak untuk bersemangat dan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak, dan tekhnik pembelajaran yang sangat kreatif sehingga bisa meningkatkan pemahaman anak tentang bilangan.
guru memberikan reward pada anak yamg mampu menjawab sebagai motivasi dan melatih percaya diri anak
saran :
– Sebaiknya guru menggunakan bahasa indonesia dalam mengenalkan angka pada anak, walaiupun bahasa inggris juga perlu di perkenalkan sama anak tetapi anak akan lebih memahami dengan pengenalan angka menggunakan bahasa indonesia.
– Mengenalkan angka dengan media pembelajaran seperti kartu angka yang menarik.
Terima kasih
vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya pribadi dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan, didalam vidio pembelajaran tersebut memberikan/menyajikan teknik agar anak mudah mengenal konsep bilangan dengan menyenangkan seperti bermain menghitung bola, sebelum kegiatan belajar anak diajak untuk membilang dengan bernyayi dan bertepuk serta memberikan motivasi / semangat kepada anak dengan memberikan stempel bintang
kegiatan tersebut sanagat menyenangkan untuk anak sehinga anak tidak akan merasa kesusahan/kesulitan dalam mengenal konsep bilangan