silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Uliah Fitriah
NIM : 857356802
PG PAUD
Guru memberikan pembelajaran untuk anak-anak yaitu mengenal konsep melalui bermain bola dan mengambil bola dalam keranjang. Sebelum memulai pembeljaaran guru mengajak anak bernyanyi yaitu Dua Mata Saya, dan bermain tepuk angka dan guru juga mempersiapkan lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangannya. Guru memebrikan penguatan berupa pemberian stempel bintang di tangan kepada anak yang berhasil mengambil sejumlah spidol yang diperintahkan tanpa salah
Assalamu’alaikum,, Perenalkan saya
Nama: Nurul Handayani
NIM: 857756789
PRODI: PG PAUD
POKJAR: Kendal
Baik,, perkenankan saya menanggapi tayangan video pembelajaran dengan judul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
Pada Video pembelajaran Mengenal konsep Bilangan di atas, dapat terlihat bahwa guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan, dengan melakukan berbagai upaya antara lain:
1. Mengajak anak untuk membilang dengan permainan mengambil bola sesuai perintah guru, lalu menghitungnya
2. Melalui menyanyi lagu dua mata saya
3. Mengajak anak untuk melakukan tepuk (1,2,3,4, dst);
4. Memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya;
5. Mengulas dan memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Dari beberapa upaya yang dilakukan guru tersebut, sejatinya sudah baik, guru juga sudah menggunakan kata dengan bahasa Inggris dalam pembelajarannya, namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak, yakni
1. Belum adanya media pembelajaran yang menarik bagi anak, sehingga anak terlihat jenuh saat pembelajaran mengenal konsep bilangan,
2. guru terlihat lebih dominan dalam pembelajaran,
3. tidak semua anak berkesempatan untuk menunjukkan kemampuannya dalam mengenal konsep bilangan saat bermain dengan bola.
Demikian tanggapan dari saya, mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Nama: Ratih Nurmawati
Nim: 857836854
Prodi :s1 pgpaud
Pokja :Surakarta
Dari analisis video yang berjudul kesulitan anak mengenal konsep bilangan
Kelebihannya dalam keiatannua guru menggunakan model bervariatif, konsepnya juga sudah bagus menggunakan benda konkrit yg dapat memudahkan anak untuk mengenal bilangan, dan guru memberikan reward kepada anak2
Kekurangannya dan ada lembar kerja lebih baik diberikan lembar kerja yang berwarna sehingga anak lebih senang,,kurangnya interaksi guru dan murid sehingga anak kurang antusias, seharusnya diberikan ice breking dlu sblm kekegiatan inti sehingga anak semangat dalam belajar, medianya ditambah lgi contohnya menggunakan kartu angka agar anak jg dpt mengenal konsep bilangan
Nama :Nur isma
Nim : 858167814
Pokjar : lamongan
Semester :II-PG PAUD BI
a.Identitas video
Judul :anak sulit mengenal konsep bilangan .
Nama pengembang :Netti Hermawati
Lokasi : di dalam kelas
Kelompok :TK
Ringkasa Materi :
Dalam video tersebut guru mengajarkan tentang konsep bilangan ,yaitu dengan cara anak -anak di minta untuk mengambil bola di keranjang dengan perintah guru .upaya lainya adalah mengajak anak -anak untuk bernyanyi dan bermain tepuk angka ,membuat alat peraga kemudian anak-anak bergiliran di panggil untuk menghitung gambar sesuai dengan lambang bilangan .anak anak di berikan tugas berupa lembar kerja berupa gambar untuk memasangkan benda sesuai dengan bilanganya,atau melingkari gambar tersebut,dan mengulas kembali hasil karya anak yang terbaik serta memberikan sebuah stempel bintang di tangannya.
Dari hasil video di atas saya akan memberikan pendapat saya tentang video tersebut.
a.Kekurangan dari video tersebut adalah
Pembukaan :
Alangkah baiknya jika waktu pembukaan anak -anak jangan langsung materi lebih baik ajak anak-anak untuk bernyayi atau ice breaking yang mengarah pada materi tersebut.dalam pembelajaran guru belum bisa menguasai kelas ada anak -anak yang masih ramai sendiri ,ada yang berbincang-bincang dengan temanya ,ada yang menguap sehingga anak-anak tidak memperhatikan teman Yang maju tadi untuk menghitung bola.
Dalam berhitung tadi guru mendominasi dalam kegiatan berhitung sehingga anak -anak belum bisa mandiri untuk menghitung bola tersebut.
Penutup
Sebelum mengakhiri pembelajaran alangkah baiknya guru menanyakan perasaan anak-anak hari ini apakah senang atau tidak dengan kegiatan hari ini ,dengan mereview pembelajaran kepada anak ,untuk tujuan apakah anak -anak sudah faham atau belum tentang konsep bilangan tersebut .
Kelebihan:konsep bilangan yang sudah di terangkan oleh guru sangat bagus yaitu dengan media bola yang berwarna warni ,dengan itu anak-anak sangat senang dan faham akan konsep bilangan,apalagi di padupadankan dengan bernyayi dan tepuk ,sehingga anak sangat faham dan mudah mengingatnya.
Nama : Dewi Nur Astuti
NIM : 857844916
UPBJJ : Surakarta
Semester : II-PG PAUD AKPMM
MK : Evaluasi Pembelajaran TK
a.Identitas video
Judul :Sulit Mengenal Konsep
Bilangan
Nama Pengembang video : Netti
Hernawati
Lokasi: Didalam Kelas
Kelompok anak :TK
Ringkasan materi: Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
b. Apakah Guru dalam Video yang Anda saksikan tersebut telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini?
dalam video tersebut guru menerapkan prinsip asesmen hal itu terlihat dari cara guru menjajagi unjuk kerja anak didik secara perseorangan atau kelompok kecil. lalu kemudian memberi bintang pada anak yang mampu menyelesaikan tugas
c. Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut.
menurut saya pembelajaran yang guru berikan pada siswa sudah baik, namun dalam video ini saya melihat guru masih terlalu mendominasi, sehingga anak masih terlihat pasif, misalnya saat menghitung banyaknya bola atau gambar di lembar kerja, guru bisa melempar pada anak saja untuk menghitung banyak bendanya,sehingga anak dapat mandiri,guru cukup menyimak dan jika ada kesalahan guru bisa memberi tahu
Nama : Sisca Widyasari
NIM : 857356748
Program Study : PGPAUD
UPBJJ : Bogor
Pokjar : Sawangan
a.Identitas video yang saya saksikan
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang video : Netti Hernawati
Lokasi: Didalam Kelas
Kelompok anak : TK
Ringkasan materi:
Video diatas menggambarkan proses pembelajaran di kelas tentang Mengenal Konsep Bilangan. Guru memberikan beberapa cara bagaimana anak dapat mengenal konsep bilangan yaitu yang terlihat dalam video ;
– Dengan meminta anak untuk mengambail jumlah bola sesuai intruksi guru
– Bernyanyi tentang anggota tubuh dan menghitung jumlahny
– Bertepuk dengan menggunakan konsep bilangan
– Menghitung jumlah benda pada gambar dan mencocokan dengan simbil bilangan yang tepat
Serta guru sudah memberikan apresiasi kepada anak berupa pemberian stamp
b. Apakah Guru dalam Video yang Anda saksikan tersebut telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini?
Video yang saya saksikan diatas sudah terlihat guru menerapkan prinsip asesmen, guru meminta anak satu persatu untuk mengambil bola dan juga menghitung jumlah benda pada gambar dan mencocokan dengan simbol bilangan yang tepat merupakan proses asesmen yang guru lakukan, dengan demikian guru dapat melakukan pencatatan bagaimana perkembangan setiap anak dalam memahami konsep bilangan.
c. Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut.
Pada dasarnya yang dilakukan guru pada video diatas sudah baik, memberikan cara yang berfariasi dalam mengajarkan konsep bilangan pada anak, namun ada beberapa hal yang mungkin dapat guru perbaiki , yaitu;
– Guru lebih ceria dan berekpresi ketika mengajar agar anak lebih antusias
– Anak dapat melakukan kegiatan bersama-sama pada awal pembelajaran dan melakukan secara mandiri untuk proses asesmen pada akhir pembelajaran agar lebih menarik
– anak dapat dibagi menjadi 2 kelompok dengan disi 2 kegiatan berbesda agar lebih bervariasi sehingga ke dua guru dalam kelas tersebut dapat terlihat aktif.
Terimakasih,
Salam,
Sisca Widyasari
NIM 857356748
nama : Hanunah
Nim : 858749288
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Putra Bangsa
Menurut saya tentang vidio “mengatasi anak yang susah mengenal konsep bilangan” sudah bagus, guru sudah menyampaikan pembelajaran dengan tenang dan guru pandai mengkondisikan kelas sehingga kelas terlihat kondusif,guru memberi pemahaman tentang konsep bilangan dengan bertepu dan bernyayi, berhitung dengan benda serta memberikan lembar kerja yaitu melingkari bilangan sesuai jumlah gambar.
namun pada kegiatan akhir guru tidak melakukan evaluasi dengan cara merecall tentang apa yg sudah dia pelajari hari ini.
Nama : Alif Munawaroh
NIM : 858171584
Program Study : PGPAUD-BI
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Lamongan
A. Identitas video yang saya saksikan
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang video : Netti Hernawati
Lokasi: Didalam Kelas
Kelompok anak : TK
a. Judul Video : “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
Nama Pengembang : Netti Hernawati
Lokasi : Didalam ruangan kelas
Kelompok Anak dalam video : Anak Taman Kanak-kanak
Ringkasan materi :
Dalam video terdapat upaya guru dalam mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Guru mengajak anak belajar sambil bermain yaitu dengan permainan anak mengambil bola sesuai dengan perintah ibu guru kemudian guru menghitung kembali jumlah bola yang telah diambil anak tersebut. Selanjutnya guru mengajak anak bernyanyi dan bertepuk yang berkaitan dengan bilangan. Anak diminta mengisi lembar kerja dengan memasangkan benda dan melingkari sesuai dengan lambang bilangan. Penguatan yang diberikan guru saat kegiatan tersebut anak diminta menghitung spidoldan memberikan reward berupa stempel bintang pada anak yang benar menghitung jumlah spidol tersebut.
b. Pinsip asesmen : guru sudah menerspkan prinsip asesmen dengan memberi LKA,dan guru memberikan reaward gambar bintang kepada anak-anak didik yang mengerjakan tugas sehingga anak merasa bangga dengan keberhasilannya.
Prinsip evaluasi : guru belum melakukan evaluasi. Disini guru hanya melakukan KBM, guru tidak mereview pembelajaran yang telah dilakukan sehingga guru tidak tahu anak yang sudah dapat mengenal konsep bilangan dengan anak yang belum mengenal konsep bilangan.
c. Hal-hal yg perlu diperbaiki
Pada saat awal pembelajaran sebaiknya guru menerapkan kegiatan pembukaan yakni ( senam, berdoa, bernyanyi, dan mengenalkan tema yang akan dibahas pada kegiatan hari itu.
Kegiatan yang dilakukan bersama anak-anak tidak harus didalam ruangan guru bisa mengajak anak untuk belajar diluar ruangan agar memudahkan gerak anak dalam permainan bola tersebut.
Kegiatan pembelajaran tidak terpusat pada perintah guru, guru hanya sebagai fasilitator anak (dalam hal ini anak yang berperan aktif, yaitu anak bisa bermain seraya belajar dengan bekerjasama dengan teman-temannya, sehingga anak tidak bosan menunggu giliran dan perintah dari guru).
Dalam proses asesmen dan evaluasi sebaiknya guru mempersiapkan instrumen yang dipakai sehingga guru bisa mengetahui anak yang paham atau yang masih belum memahami konsep bilangan.
Dalam proses mengakhiri kegiatan guru sebaiknya mengulas/memberikan review hal apa saja yang sudah dilakukan anak, menanyakan perasaan anak, dan menceritakan kegiatan yang akan dilakukan besok.
Assalamu’alaikum,, Perenalkan saya
Nama: Noviyanti zakiyatus sholehah
PRODI: PG PAUD
POKJAR: palembang
tanggapan saya mengenai isi vidio tersebut adalah penyampaian kepada anak untuk mengenlakan lambang bilangan itu sangat bagus , dengan melalui media bola yang berwarna warni dan media yang ada di lingkungan sekolah atau ala kadarnya ,dengan itu anak-anak sangat senang dan faham akan konsep bilangan,apalagi di padupadankan dengan bernyayi dan tepuk ,sehingga anak sangat faham dan mudah mengingatnya.namun alahgkah baiknya jika pengenalan bilnang itu di lakukan dengan permainan yang lebih menyenangkan yaitu dengan 2 orang anak sekaligus dengan cara lomba mengambil bola sesuai perintah pasti pengajaran kepada anak anak akan lebih menyenangkan dan tidak terkesan membosankan.serta diberikan rewed atau hadiah kecil.
mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf karna saya pribadi masih di tahap belajar belajar dan terus belajat .
terimaksih
wassalamuaaikum,wr.wb
Nama : Ratnawati
NIM :858746497
UPJJ : UT Surabaya
Menurut saya, pembelajaran dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini sudah menggambarkan pembelajaran yang mengacu pada perkembangan anak, yaitu mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan benda secara langsung atau menggunakan gambar, karena anak usia dini akan belajar melalui benda konkrit di sekitar mereka, anak-anak juga di beri kesempatan untuk mencoba mengambil benda secara langsung menyesuaikan angka yang di minta, dan ketika ada anak yang salah guru tidak langsung menyalahkan, namun memberi kesempatan kepada teman-teman yang lain untuk menghitung bersama-sama, dan mengambil kembali bola yg kurang dari angka yg sudah di sebutkan oleh guru