silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Ijin menangapi
Dengan memahami bahwa kesulitan ini dapat menjadi bagian dari perkembangan individu dan tidak berarti ada masalah serius.penting untuk kita memberikan dukungan kepada anak,kesabaran dan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak.
Dari Video tersebut dapat kita lihat beragam tehnik pembelajaran mengenalkan konsep bilangaan pda anak. Tehnik yang dilakukan sudah sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Guru pun memotivasi anak dengan menghargai hasil kerja anak. Keberagaman kegiatan dapat memotivasi anak supaya tidak bosan dan memudahkaan anak untuk mengenal konsep bilangan.
Nani Maulani
877795857
Izin menanggapi video tentang sulit mengenal konsep bilangan
Guru harus memiliki cara sendiri untuk mengenalkan konsep bilangan ke anak.
Sebelum mengajarkan anak tentang angka, guru mengajak anak untuk mengenal angka yang diawali dengan membilang dengan lagu, permainan atau tepuk
Boleh juga memakai lembar kerja seperti memasangkan gambar dengan lambang bilangan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan. Bila anak dapat membilang sesuai dengan arahan guru bisa mendapatkan reward bisa berupa stempel bintang atau stiker bintang.
Cara-cara ini juga yang diterapkan di sekolah saya.
Video ini sangat bermanfaat untuk kita, terutama kita yang sebagai guru atau calon guru. Video ini mengajarkan kita dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Video ini memberikan contoh seperti anak diajak berhitung menggunakan benda, anak diajak untuk membilang dengan lagu atau tepuk, anak diberi lembar kerja dan diminta memasangkan benda sesuai lambang bilangan, dan setelah itu hasil karya anak itu yang dikatakan baik diberikan stempel bintang di tangannya anak. Ini dapat kita contoh dan kita lakukan di sekolah kita. Video ini terlihat bagus dan juga menarik.
Nama : Eka Andriyani
NIM : 858526154
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Bahwa dengan adanya video tersebut dapat membantu guru untuk memecahkan masalah yang terdapat di kelasnya dan video tersebut dapat menjadi inovasi guru untuk diajarkan kepada peserta didiknya. pada video tersebut, bahwa mengenal konsep bilangan dapat dilakukan dengan kreatifitas guru supaya anak menyenangkan dalam proses pembelajaran seperti di video, guru mengenalkan konsep bilangan melalui bermain bola (1 anak disuruh mengambil bola sesuai arahan guru kemudian di hitung bersama-sama), mengajak anak membilang dengan bernyanyi dan tepuk, memberikan lembar kerja untuk berhitung, memberikan reword (penghargaan) pada anak yang sudah berani tampil di depan dan mengambil benda dengan benar sesuai arahan dari guru. Video-video dari Guru Pintar Online adalah sumber belajar yang sangat bermanfaat bagi guru PAUD karena dapat membantu dalam berinovasi, kreatifitas, meningkatkan kualitas belajar dan mendukung pengembangan profesional mereka. Sekian dan Terima kasih.
Nama: Estri Prasetyaningtyas
NIM: 857988249
Video di atas sangat menarik dan menginspirasi. Video tersebut menggambarkan langkah-langkah konkret dan kreatif dari seorang guru TK dalam membantu anak yang mengalami kesulitan mengenal konsep bilangan. Pendekatan yang digunakan sangat tepat karena memadukan pembelajaran yang menyenangkan, konkret, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini.
Pertama, mengajak anak membilang melalui permainan, lagu, dan tepuk merupakan strategi yang efektif untuk membangun suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Anak-anak usia TK cenderung lebih mudah menyerap informasi melalui gerakan, ritme, dan pengulangan.
Kedua, penggunaan alat peraga permainan bilangan dan kegiatan meletakkan benda sesuai lambang bilangan sangat membantu anak memahami bilangan secara konkret. Ini sejalan dengan prinsip belajar anak usia dini yang membutuhkan benda nyata untuk memahami konsep abstrak.
Ketiga, pemberian lembar kerja memasangkan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan mendukung penguatan pemahaman anak melalui latihan visual dan motorik halus. Kegiatan ini juga membiasakan anak untuk bekerja mandiri dan fokus.
Terakhir, mengulas hasil karya anak yang baik dan memberi penguatan positif seperti stempel bintang merupakan bentuk apresiasi yang membangun rasa percaya diri anak. Ini mendorong motivasi belajar anak tanpa membuat anak lain merasa tertinggal, karena penguatan dilakukan secara positif dan menyenangkan.
Secara keseluruhan, upaya guru dalam video tersebut mencerminkan pendekatan yang holistik dan sesuai dengan prinsip pembelajaran di PAUD: bermain sambil belajar, konkret, tematik, dan memberi penguatan positif. Upaya seperti ini layak dijadikan contoh bagi para pendidik TK lainnya.
Nama : Ariani Arifin
NIM : 878166981
Terimakasih untuk video yang menginspirasi ini. Sesudah melihat video tersebut cara mengajarkan anak tentang konsep bilangan adalah dengan cara anak belajar menggunakan semua indera mereka. Melakukan pembelajaran langsung kepada anak dapat membuat naka lebih paham akan konsep bilanagan yang sedang dipelajari. Melalui pembelajaran akitif yang melibatkan anak maka anak kan lebih senang dan minat belajar anak pun akan bertambah.
Nama : Nuur Rini Suryaningsih
NIM : 857866556
Assalamu’alaikum,
Mohon ijin menanggapi video di atas yang berjudul ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan ”
Dari video diatas sangat membantu khusunya para guru PAUD/TK dalam memberikan metode pembelajaran untuk mengatasi anak-anak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. Saya sendiri di TK saya juga alhamdulillah sudah menerapkan hal yang sama seperti video di atas,dalam setiap kegiatan yang dilakukan dalam pembelaajaran di TK harus selalu menanampan prinsip bermain sambil belajar agar anak merasa senang dan termotivasi untuk terus belajar terutama dalam mengenal konsep bilangan. Bisa dilakukan melalui permainan,lagu,tepuk,dan juga media laian seperti lembar kerja anak daam bentuk gambar agar anak tertarik. Karena pada dasarnya di TK anak akan lebih cepat belajar melalui lagu maupun tepuk,dan dibiasakan untuk diulang-ulang setiap hari agar anak cepat hafal dan paham. Dimana setiap anak pasti mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif masing-masing anak. Mungkin ada anak yang dengan bernyanyi atau tepuk sudah bisa memahami konsep bilangan,namun ada juga yang belum paham dan harus menggunakan metode lain seperti harus menulis. Jadi sebagai seorang guru di tuntut harus lebih kreatif dalam memberikan metode pembelajaran khususnya dalam mengenal kosep bilangan dengan berbagai macam tingkat perkembangan anak yang berbeda-beda.
Secara keseluruhan video diatas sudah sangat menginspirasi bagi para guru TK/PAUD yang mungkin saat ini juga mengalami masalah yang sama dan belum menemui metode yang tepat bagi anak didiknya,bisa menggunakan metode yang di sampaikana dalam video diatas.
Demikian tanggapan dari saya,terima kasih.
Wassalamu’alaikum
Setelah saya melihat vidio tentang sulit mengenal konsep bilangan,bagi saya hal ini sangat bermanfaat bagi kita sebagai guru untuk memberikan suatu contoh yang menarik dalam kegiatan mengenal konsep bilangan dengan cara seperti bertepuk tangan dengan mengucapkan lambang bilangan secara sederhana,guru juga memberikan permainan bola dan dihitung secara bersamaan.hal ini sangat baik bagi siswa agar mau belajar lebih semangat melalui bermain sambil belajar terimakasih
Nama:Ni Wayan Winiasih
NIM. :859044133
Setelah saya melihat atau menonton vidio dengan judul sulit mengenal konsep bilangan menurut saya vidio ini sangat bagus untuk memotivasi guru atau calon guru paud agar mampu mengajak anak anak belajar dengan baik dan bersemangat seperti vidio diatas mengajak anak anak bermain sambil belajar contohnya bermain tepuk tangan sambil berhitung,dan lainnya hal ini akan mampu menarik minat belajar anak anak tersendiri dengan baik.