silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Nama : Hindun
    NIM : 859681009
    UPBJJ :Surabaya
    Dalam video tersebut mencerminkan pendekatan pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini, khususnya dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan. Upaya guru yang melibatkan permainan, lagu, tepuk, serta penggunaan alat peraga konkret sangat efektif karena sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini yang bersifat aktif, konkret, dan menyenangkan.

    Selain itu, pemberian tugas melalui lembar kerja yang disesuaikan dengan kemampuan anak menunjukkan adanya diferensiasi pembelajaran yang baik. Penguatan positif berupa stempel bintang juga merupakan bentuk apresiasi yang tepat untuk memotivasi anak dan meningkatkan rasa percaya diri mereka.

    menurut saya Secara keseluruhan, strategi guru dalam video tersebut sudah mencerminkan pendekatan yang holistik dan berpusat pada anak. Namun, akan lebih baik jika kegiatan ini dilengkapi dengan observasi berkala untuk memantau kemajuan setiap anak secara individual, serta memberikan pendampingan lebih lanjut bagi anak yang masih mengalami kesulitan.

    Terima Kasih

  2. Video pembelajaran yang ditayangkan dapat memberikan pengetahuan kepada saya tentang cara mengatasi kesulitan-kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan.Pengetahuan ini sangat bermanfaat untuk dipraktekkan disekolah.
    Guru dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan permainan, lagu, dan tepuk tangan.Selain itu, guru juga memberikan penguatan positif kepada anak dengan tujuan agar mereka lebih semangat dalam mempelajari konsep bilangan.Keberhasilan anak dalam mengikuti pembelajaran sangat bergantung pada guru itu sendiri, khususnya sejauh mana guru mampu menyajikan pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi anak.

  3. Video tersebut mengajar anak-anak PAUD dalam mengenalkan konsep bilangan melalui media benda konkret. Ia menggunakan potongan kancing warna-warni, alat peraga angka, dan nyanyian interaktif. Fokus video adalah bagaimana guru menghadapi anak yang mengalami kesulitan memahami jumlah benda dengan angka yang sesuai. Guru mencoba berbagai pendekatan, seperti mengulang instruksi, memberikan contoh langsung, dan mendampingi anak satu per satu.

  4. Dari vidio sulit mengenal konsep bilangan,saya bisa belajar untuk menerapkan kepada anak dengan cara bernyanyi dan bertepuk tangan dan juga bermain bola dan di dalamnya sambil berhitung dan anak anak lebih antusias dan terlihat aktif

  5. Nama : Umi Rahayu
    NIM
    Video ini memberikan gambaran tentang pengembangan kognitif anak khususnya dalam mengenal bilangan. Guru membuat kegiatan yang kreatif agar anak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Penggunaan benda konkret seperti bola akan membantu anak untuk belajar mengenal lambang bilangan karena sesuai dengan perkembangan usia anak yaitu berhitung dengan benda konkret. Pembelajaran dalam video ini dapat dijadikan acuan untuk diterapkan sebagai pembelajaran di sekolah

  6. Nama : Umi Rahayu
    NIM : 858000946
    UPBJJ : Yogyakarta
    Video ini memberikan gambaran tentang pengembangan kognitif anak khususnya dalam mengenal bilangan. Guru membuat kegiatan yang kreatif agar anak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Penggunaan benda konkret seperti bola akan membantu anak untuk belajar mengenal lambang bilangan karena sesuai dengan perkembangan usia anak yaitu berhitung dengan benda konkret. Pembelajaran dalam video ini dapat dijadikan acuan untuk diterapkan sebagai pembelajaran di sekolah

  7. Guru membuat kegiatan yang kreatif supaya anak mengikuti kegiatan dan mengenalkan bilangan. Upaya guru dalam Penggunaan benda yang kongkret , tepuk, nyanyi, sangat efektif memudahkan anak-anak untuk lebih mengenal konsep bilangan. karena karakteristik anak usia dini adalah belajar sambil bermain. Penguatan positif dengan pemberian stembel bintang merupakan bentuk apresiasi untuk memotivasi dan meningkatkan percaya diri anak.

  8. Nama : Nora Santika Sembiring
    NIM : 859809569
    UPBJJ : Medan

    Program yang diterapkan oleh guru dalam video tersebut menunjukkan upaya yang komprehensif dan terencana dalam membantu anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Guru telah menggabungkan berbagai strategi pengajaran yang efektif untuk anak usia dini, yang patut diapresiasi. Salah satu aspek yang paling menonjol adalah pendekatan multisensori yang digunakan. Dengan melibatkan indra pendengaran (lagu), kinestetik (gerakan dan tepuk), serta visual dan sentuhan (alat peraga dan benda konkret), guru menciptakan pengalaman belajar yang kaya dan beragam. Ini sangat krusial bagi anak usia PAUD, di mana belajar melalui pengalaman langsung dan berbagai stimulasi akan lebih melekat dibandingkan hanya dengan metode ceramah atau menghafal. Penggunaan alat peraga dan benda konkret secara langsung membantu anak menjembatani pemahaman abstrak konsep bilangan ke dalam bentuk yang lebih nyata, seperti meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangannya. Ini adalah fondasi penting dalam pembelajaran matematika awal.
    Selain itu, variasi dalam pemberian tugas juga merupakan kekuatan. Guru tidak hanya menggunakan satu jenis kegiatan, melainkan memberikan lembar kerja berupa memasangkan atau melingkari benda. Variasi ini menjaga minat anak, melatih keterampilan yang berbeda, dan memberikan kesempatan bagi anak untuk berlatih dan menginternalisasi konsep melalui berbagai bentuk aplikasi. Aspek penguatan positif yang diterapkan guru dengan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik dan memberikan stempel bintang adalah langkah yang sangat cerdas. Ini menumbuhkan motivasi intrinsik pada anak untuk terus belajar dan berproses, membangun rasa percaya diri, dan menciptakan lingkungan belajar yang suportif di mana usaha anak dihargai. Apresiasi semacam ini sangat penting untuk perkembangan emosional dan sosial anak usia dini.

  9. Nama : Nurhayati
    NIM : 855895315
    UPBJJ Langsa

    Video ini sangat membantu dalam memahami tantangan yang dihadapi anak-anak. Metode yang digunakan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang bilangan dengan cara yang menyenangkan! Saya sangat terbantu dengan contoh-contoh konkret yang ditampilkan, karena itu membuat konsep lebih mudah dipahami.

  10. Video terkait “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” ini menarik perhatian saya. Karena Video ini menyajikan tentang upaya guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Jika memahami pengenalan konsep bilangan dengan baik maka akan mudah memahami operasi bilangan yang lebih rumit di pembelajaran matematika selanjutnya.
    Manfaat mengenal konsep bilangan sejak usia dini yaitu dapat berpikir logis dan sistematis melalui pengamatan terhadap benda-benda, gambar-gambar ataupun angka-angka yang ada di sekitar anak.

Leave a Reply