silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
NAMA : NURUL HIDAYATI
NIM/PRODI : 858747435 / S1-PGPAUD(BI)
UPBJJ/POKJAR : UT-SURABAYA / AL-KHODIJAH MOJOKERTO
Judul-Nama Pengembang : Sulit Mengenal Konsep Bilangan – Netti Hernawati
Lokasi : di dalam Ruang Kelompok TK
Kelompok Anak dalam Video : Taman Kanak-Kanak
Ringkasan Materi :
Mengenal konsep bilangan merupakan materi awal bagi anak yang berkaitan dengan angka. Tidak mudah mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia Taman Kanak-Kanak yang merupakan awal permulaan materi baginya sehingga berbagai cara dilakukan oleh guru dengan tujuan agar anak lebih mudah untuk mengenal dan memahaminya. Berbagai upaya guru yang dilakukan untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak dalam video tersebut antara lain mengajak anak untuk membilang melalui permainan, bernyanyi lagu “dua mata saya” dan bertepuk, menggunakan alat peraga permainan konsep bilangan dimana anak diminta untuk meletakkan sejumlah bola sesuai lambang bilangan yang disebut, memberikan tugas berupa lembar kerja yang isinya memasangkan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan yang ada, mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik, serta memberi penguatan dengan memberi stempel bintang di tangan anak.
Guru dalam video tersebut telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini tampak jelas anak berperan aktif dan antusias dalam proses pembelajaran dengan metode atau cara yang diterapkan oleh guru. Sesuai dengan prinsip yang tertera di modul, guru telah menerapkannya mulai dari keobyektifan sampai bermakna tampak pada proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode dan media yang terlihat memudahkan anak dalam mengenal konsep bilangan seperti bertepuk tangan, bernyanyi, bermain bola, dll sampai dengan penguatan supaya anak mudah dalam mengenal konsep bilangan.
Terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki oleh guru dalam video tersebut antara lain:
• Dalam penggunaan bahasa sebaiknya fokus pada satu bahasa saja supaya anak tidak merasa kebingungan dan bisa tanggap cepat dalam melaksanakan perintah
• Ketika guru menunjuk salah satu anak untuk maju di depan ada beberapa anak kurang fokus dan antusias dalam mengikuti pembelajaran sebaiknya diberi jeda untuk icebreaking
• Ketika meminta Nayla untuk mengambil bola sesuai lambang bilangan yang disebutkan sebaiknya guru tidak perlu tergesa-gesa memberhentikannya karena Nayla belum selesai dalam mengambil dan menghitung bola sesuai perintah
Terima kasih.
NAMA : NURUL HIDAYATI
NIM/PRODI : 858747435 / S1-PGPAUD(BI)
UPBJJ/POKJAR : UT-SURABAYA / AL-KHODIJAH MOJOKERTO
Judul-Nama Pengembang : Sulit Mengenal Konsep Bilangan – Netti Hernawati
Lokasi : di dalam Ruang Kelompok TK
Kelompok Anak dalam Video : Taman Kanak-Kanak
Ringkasan Materi_Analisis :
Mengenal konsep bilangan merupakan materi awal bagi anak yang berkaitan dengan angka. Tidak mudah mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia Taman Kanak-Kanak yang merupakan awal permulaan materi baginya sehingga berbagai cara dilakukan oleh guru dengan tujuan agar anak lebih mudah untuk mengenal dan memahaminya. Berbagai upaya guru yang dilakukan untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak dalam video tersebut antara lain mengajak anak untuk membilang melalui permainan, bernyanyi lagu “dua mata saya” dan bertepuk, menggunakan alat peraga permainan konsep bilangan dimana anak diminta untuk meletakkan sejumlah bola sesuai lambang bilangan yang disebut, memberikan tugas berupa lembar kerja yang isinya memasangkan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan yang ada, mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik, serta memberi penguatan dengan memberi stempel bintang di tangan anak.
Dalam video tersebut guru telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini tampak jelas anak berperan aktif dan antusias dalam proses pembelajaran dengan metode atau cara yang diterapkan oleh guru. Sesuai dengan prinsip yang tertera di modul, guru telah menerapkannya mulai dari keobyektifan sampai bermakna tampak pada proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode dan media yang terlihat memudahkan anak dalam mengenal konsep bilangan seperti bertepuk tangan, bernyanyi, bermain bola, dll sampai dengan penguatan supaya anak mudah dalam mengenal konsep bilangan.
Terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut antara lain:
• Dalam penggunaan bahasa sebaiknya fokus pada satu bahasa saja supaya anak tidak merasa kebingungan dan bisa tanggap cepat dalam melaksanakan perintah
• Ketika guru menunjuk salah satu anak untuk maju di depan ada beberapa anak kurang fokus dan antusias dalam mengikuti pembelajaran sebaiknya diberi jeda untuk icebreaking
• Ketika meminta Nayla untuk mengambil bola sesuai lambang bilangan yang disebutkan sebaiknya guru tidak perlu tergesa-gesa memberhentikannya karena Nayla belum selesai dalam mengambil dan menghitung bola sesuai perintah
Terima kasih.
Nama : SRI YUMIATI
NIM : 857236883
Ringkasan Materi :
Dalam Vidio ini guru mengenalkan konsep bilangan sederhana dengan baik karena menggunakan media yang ada disekitar anak. Anak juga praktek langsung untuk pengenalannya sehingga kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan akan sangat menyenangkan untuk anak.
Guru mengajak anak untuk melakukan kegiatan bermain yaitu dengan menghitung jumlah bola yang berwarna-warni. Guru memanggil salah satu anak untuk mengambil bola sebanyak yang ibu guru sebutkan angkanya. anak mengambil bola sesuai dengan angka yang disebutkan ibu guru. Kemudian ibu guru memberikan Lembar kerja berupa gambar, anak-anak melingkari angka sesuai jumlah gambar yang ada. Kegiatan juga dengan cara bernyanyi dan bertepuk. dan guru juga melakukan menguatan kepada anak-anak sebagai hadiah/ reward.
Menurut saya kekurangan dalam vidio pembelajaran ini guru belum melihat kondisi anak apakah sudah siap untuk bermain sambil belajar atau belum, karena masih ada anak yang belum antusias untuk melakukan kegiatan baru sebagian anak saja. Kegiatan sudah langsung di isi dengan menghitung bola tanpa ada nyanyian atau ice breaking sebagai awal penyemangat anak dalam melakukan kegiatan.
Nama : Ni Nyoman Rai Suarmini
NIM : 859028192
Judul : Sulit Mengenal Konsep Angka
Nama Pengembang video : Netti Hermawati
Lokasi : Didalam kelas
Kelompok anak dalam video : TK
Ringkasan materi dalam video:
Guru mengawali pembelajaran dengan permainan mengambil bola dengan jumlah tertentu. Guru menunjuk anak yang sudah duduk rapi dan meminta mengambil 4 bola. Si anak mengambil dengan jumlah yang benar dan guru memberikan pujian berupa tepuk tangan.
Selain permainan mengambil bola, guru juga mengenalkan kosep bilangan melalui nyanyian yang dinyanyikan bersama-sama dengan anak-anak.
Kemudian guru melakukan permainan tepuk tangan dengan menyebutkan beberapa angka.
Di sesi terakhir, guru melakukan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol seperti yang diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stempel.
Menurut saya dari video ini, guru telah mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik. Guru menggunakan media bola dan permainan lain untuk memperkenalkan konsep bilangan. Namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat kegiatannya lebih menarik seperti,
1. memakai bilangan kartu untuk permainan bola, contoh guru menunjukan bilangan kartu dan anak mengambil objek sesuai bilangan kartu.
2. Menambah properti seperti menggunakan keranjang kecil, karena semakin besar bilangan semakin banyak pula objek yang harus diambil, menggunakan keranjang akan memudahkan anak untuk mengambil dan,menghitung objek yang diperintahkan.
nama : DEWI SUKMAWATI
NIM : 856032424
Pokjar : ASAHAN
dalam vidio anak sulit mengenal kosep bilangan,
yang dilakukan guru sudah bagus, anak diajari mengenal dan membilang konsep bilangan. guru tersebut menggunakan beberapa cara dalam mempermudah anak untuk mengenal konsep bilangan, diantaranya :
1.anak diajak bermain dengan mengambil bola sesuai dengan perintah guru
2. anak di ajak tepuk dan menyanyikan lagu untuk mempermudah mengenal konsep bilangan.
3. anak juga diberi kegiatan menghitung jumlah benda dan menyocokan angka.
namun dalam vidio tersebut juga terdapat kekurangan, dalam kegiatan belajar, tidak ada pembuka dan penutup
Nama : SITI ASRUROH
NIM : 858739176
UPBJJ : SURABAYA
Menurut saya, pembelajaran yang diterapkan di video, tentang pengenalan konsep bilangan, sudah sangat baik.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan cukup menarik dan variatif.
Anak diajak mengambil bola sesuai jumlah yang disebutkan, bernyanyi, bertepuk, melingkari lambang bilangan sesuai jumlah gambar.
Guru juga memberikan reward stempel bagi anak yang mengambil spidol dengan benar.
Sebagai masukan, alangkah baiknya jika guru terlebih dahulu mengulang kembali/menyebutkan bersama-sama berbagai lambang bilangan melalui media kartu angka atau puzzle angka, sehingga anak akan lebih mudah mengingatnya saat melingkari lambang bilangan pada lembar kerja.
Nama : Lailiyatul Fitriyah
Nim : 858735154
UPBJJ : Surabaya
Semester : 2
Setelah saya melihat video tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa : pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah Bagus. Guru dapat menyampaikan materi mengenal konsep bilangan dengan baik,
guru mulai dengan mengajak anak-anak untuk bermain sambil belajar dengan menyuruh anak-anak mengambil bola sesuai angka yang disebutkan guru, kemudian menyanyi 2 mata saya, kemudian bertepuk-tepuk supaya anak-anak tidak bosan, setelah itu materi pengenalan konsep bilangan dengan menghitung jumlah pensil, terakhir guru memberikan reward berupa Bintang dan pujian kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan benar.
Nama : Eka Budi Lestari
NIM : 857841372
Pokjar : Grobogan
Prodi : S1 PAUD AKPMM
Judul video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang : Neti Hernawati
Lokasi : di ruang kelas
Kelompok anak-anak dalam video : TK/Taman Kanak-Kanak
Dari video yang telah saya saksikan dan amati, proses pembelajaran yang dilaksanakan sudah bagus, sikap guru sudah baik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Akan tetapi sebaiknya guru tersenyum dan ceria saat melakukan pembelajaran, karena dapat menarik respon positif dari anak-anak. Selain itu sebelum mengenalkan bilangan, hendaknya dimulai dengan tepuk dan bernyanyi tentang bilangan agar anak semangat mengikuti pembelajaran.
NAMA : SRI WULANDARI
NIM : 858738823
UPBJJ : UT SURABAYA
JURUSAN : PGPAUD BI
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang Video : Netti Hernawati
Lokasi : Di Dalam Kelas
Kelompok Anak : Taman Kanak-Kanak (TK)
Ringkasan Materi :
– Guru mengenalkan konsep bilangan dengan mengajak anak bermain bola sambil berhitung
– Guru menyuruh anak untuk mengambil bola sambil dihitung secara bergiliran
– Guru mengajak bernyanyi “dua mata saya” sambil bertepuk tangan
– Guru meminta anak mengerjakan lembar kerja anak tentang jumlah benda
– Guru memberikan penilaian berupa stempel bintang pada anak yang sudah berani maju.
jika dilihat dari video diatas, guru sudah melakukan asesmen dibuktikan dengan menyuruh anak mengerjakan Lembar Kerja Anak (LKA) tentang membilang benda dan guru juga memberikan penguatan dengan memberikan stempel bintang pada anak yang sudah mau maju dan menghitung secara benar. Selain itu adanya observasi guru pada anak yang belum mahir berhitung dengan mengoreksi jika anak tersebut salah dan tidak lupa diberikan penguatan dan apresiasi pada anak baik berupa pujian, tepuk tangan, dan tanda bintang di tangan. Dengan adanya hasil “unjuk kerja”siswa ini untuk mengukur kemampuan anak dalam memahami konsep bilangan. Dan guru dapat melakukan evaluasi terkait pembelajaran mengenal konsep bilangan dengan permainan bola efektif atau tidak sayangnya di dalam video ini tidak tampak adanya evaluasi lebih lanjut.
Kelebihan dari video pembelajaran :
Guru sudah melakukan pengenalan konsep bilangan dengan cara yang asyik yakni diawali dengan permainan bola, nyanyian serta, diiringi tepuk tangan sehingga suasana jadi lebih ceria,hidup dan berwarna. Selanjutnya guru juga melakukan asesmen (penilaian) untuk mengukur sejauh mana kemampuan anak dalam memahami konsep bilangan dengan menyuruh anak untuk mengerjakan LKA dengan adanya hasil unjuk kerja siswa ini, guru akan tahu anak yang sudah maupun yang belum memahami konsep bilangan tersebut.
Kekurangan dari video pembelajaran :
Menurut saya, guru tidak perlu memberikan perintah kata dengan dua bahasa yaitu Indonesia atau Inggris cukup satu saja dulu yakni bahasa Indonesia misalnya cukup menyebutkan tujuh saja dulu jangan langsung bhs,Inggris dulu seperti seven karena tidak semua anak mudah hafal bilangan dengan versi Inggris (one, two. Three…) sebab tujuan utama pembelajaran ini untuk mengenalkan konsep bilangan dari yang sederhana dulu jadi anak tidak bingung dan salah pengertian atau rancu.
Kedua, media lembar contoh pengerjaan LKA yang ditempel kurang besar ukurannya karena siswanya cukup banyak.
Ketiga, saat mengerjakan LKA anak tidak dikondisikan dengan rapi bahkan ada anak mengerjakannya sambil tidur.
Ani Kurniah
NIM : 858172411
Setelah saya melihat vidio ini , menurut saya bahwa pembelajaran yang di sampaikan oleh guru tersebut sudah baik, anak anak semangat mengikuti pelajaran, mulai dari mengambil bola, berhitung di papan tulis mereka mengikuti dengan baik, dan di akhir pembelajaran Bu guru memberi reward berupa stempel di tangan anak. Kekurangan nya mungkin saat kegiatan mengambil bola bisa di lakukan di luar kelas, atau mungkin sambil berdiri sehingga anak anak bisa berlari saat mengambil bola dan kebutuhan fisik mereka terpenuhi.