silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : SANTI SITI SOLIHAH
Nim : 857502675
Prodi : PGPAUD
UPBJJ UT BANDUNG
Assalamualaikum
Izin menanggapi video di atas sebenarnya video atau metode yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat baik sekali selain mengajarkan konsep bilangan di sana juga dapat membuat anak lebih percaya diri karena anak diminta satu persatu untuk ke depan dan kita bisa juga memberi pengertian ketika anak melakukan kesalahan bahwa segala kesalahan bisa diperbaiki konsep tadi sangat-sangat bagus terus sudah dibuka dengan hal-hal yang menyenangkan bagi anak seperti tepuk-tepuk lalu memberikan semangat kepada anak jadi anak tidak akan merasa bahwa dirinya sedang dituntut untuk menghafal angka atau mengenal konsep bilangan karena tetap sejatinya Hal terbaik untuk menstimulasi anak adalah dengan cara bermain agar mereka tidak terlalu merasa terpaksa.
Apalagi pemberian Applause dan stempel sebagai wujud reward yang bisa membuat anak semakin semangat belajar.
NAMA : NUR VAIZAH
NIM : 858737846
PRODI : PG PAUD BI TUBAN
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Pengembang : Netti Hernawati
Lokasi : di dalam ruan kelas
Kelompok anak : A (4-5 tahun)
upaya guru dallam vidio pembelajaran diatas sudah sangat bagus dalam menstimulus anak untuk mengenal konsep bilangan . di dalam video pembelajaran ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
jika dilihat dari video diatas, guru sudah melakukan asesmen dibuktikan dengan menyuruh anak mengerjakan Lembar Kerja Anak (LKA) tentang membilang benda dan guru juga memberikan penguatan dengan memberikan stempel bintang pada anak yang sudah mau maju dan menghitung secara benar. Selain itu adanya observasi guru pada anak yang belum mahir berhitung dengan mengoreksi jika anak tersebut salah dan tidak lupa diberikan penguatan dan apresiasi pada anak baik berupa pujian, tepuk tangan, dan tanda bintang di tangan. Dengan adanya hasil “unjuk kerja”siswa ini untuk mengukur kemampuan anak dalam memahami konsep bilangan..
Dalam video tersebut guru belum tampak mengadakan evaluasi. Namun terlihat bahwa guru telah berupaya mengadakan pembelajaran yang menyenangkan dengan melakukan beberapa metode pembelajaran agar anak mengenal konsep bilangan dengan baik. Namun pada saat video sedang berlangsung, guru belum terlihat mengadakan evaluasi. Selain itu, evaluasi juga dilakukan secara berkala untuk efektivitas proses pembelajaran.
hal yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut.
1. guru jangan dulu memberikan perintah dengan menggunakan bahasa inggris jika selama ini bahasa inggris tidak diajarkan dalam kegiatan seharii-hari karn akan membuat anak mudh bingung.
2. Guru dapat mengajak anak untuk menuliskan lambang bilangan dari benda yang dihitung, sehingga guru juga dapat melatih anak dalam mengenal cara menulis lambang bilangan
3. Guru dapat memberikan anak kesempatan untuk bercerita maupun bereksplorasi dengan bilangan, sehingga kegiatan tidak hanya berpusat pada guru.
4. Guru dapat menggunakan lembar kerja yang besar untuk ditempelkan pada papan tulis untuk memperjelas gambar dan angka pada lembar kerja.
5. Guru perlu memperhatikan metode lain apabila terdapat anak tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan permainan.
Assalammualaikum wr. wb
Nama : Hermin Romadona
NIM : 858748293
Jurusan : PGPAUD
BIlangan selalu kita gunakan sehari-hari. Mengenal angka adalah suatu kemampuan kognitif anak, dalam pengembangan kognitif ini bertujuan mengembangkan kemampuan di bidang berfikir anak, membantu mengembangkan kemampuan logika matematika.
Dalam video pembelajaran diatas sangatlah menyenangkan diajarkan tentang konsep bilangan. Guru sangat antusias dan bersemangat mengenalkan konsep bilangan. Dari menyanyi, menghitung bola, dan mengerjakan lembar tugas. Tidak hanya diwaktu pembelajaran yang fokusnya belajar tentang angka tetapi pembelajaran tentang konsep bilangan dapat dilakukan disemua kegiatan.
Agar tercapainya kegiatan yang maksimal anak juga harus dikondisikan, contohnya untuk tidak ramai sendiri atau bermain sendiri waktu pembelajaran. Dengan adanya guru pendamping sangatlah membantu. Sehingga anak didik bisa memahami benar-benar pembelajaran yang diajarkan.
Selain itu evaluasi di dalam pembelajaran sangatlah penting, sebagai guru harus mengetahui apakah anak sudah mampu apa belum. Evaluasi bisa dilakukan di akhir pembelajaran.
Selamat sore,
saya Nur Azizah Fillaili Hasanah dari pokjar Tarakan
saya melihat dalam video guru melakukan kegiatan belajar mengajar bersama murid namun belum melakukan evaluasi di awal sehingga di awal video masih ada murid yang belum bisa menghitung bola dengan benar. setelah guru melakukan evaluasi, guru mengubah cara mengajar juga tugas yang diberikan yaitu dengan mengajarkan bernyanyi sebelum belajar dan memberikan LK (Lembar Kerja) kepada siswa. guru juga menjelaskan cara mengerjakan tugas dengan sangat jelas dan mudah dimengerti anak sehingga, murid memahami perintah guru dan dapat melakukan kegiatan dengan benar
Nama : Wigianti
NIM : 857168189
Dalam video tersebut, saya melihat tenaga pendidik memiliki cara yang menarik dalam mengenalkan konsep bilangan kepada para peserta didiknya. Alih-alih menggunakan pensil dan kertas saja, tenaga pendidik menggunakan cara/alat lain yang menarik dan konkret seperti bola dan spidol serta nyanyian dan tepuk tangan, dengan tujuan agar para peserta didik tertarik untuk ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, dengan cara/alat tersebut, diharapkan tujuan tenaga pendidik untuk mengenalkan konsep bilangan kepada peserta didik dapat berhasil.
Tetapi ada hal yang menurut saya masih perlu diperbaiki, yaitu dominasi tenaga pendidik yang menurut saya masih dominan di dalam video ini. Hal ini terlihat saat menghitung bola/spidol yang diambil oleh peserta didik, tenaga pendidik terlihat menghitung dengan lantang alih-alih membiarkan peserta didik menghitung sendiri. Selain itu penggunaan dua bahasa dalam satu kalimat sering terdengar dari tenaga pendidik. Menurut pendapat saya, penggunaan dua bahasa dalam pengenalan konsep matematika sebaiknya tidak dilakukan agar peserta didik tidak kesulitan dalam memahami konsep matematika dalam satu bahasa. Terima kasih.
Nama : Ni Putu Ayu Indra Yuliantari, S. Pd
NIM : 859028139
UPBJJ : Denpasar
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang : Netti Hernawati
Lokasi : Ruangan Kelas
Kelompok anak : TK
Dalam video tersebut, guru telah melakukan pembelajaran tehadap konsep bilangan dengan cara yang menarik dan menyenangkan dengan melibatkan anak secara langsung. Dimana guru meminta anak untuk mengambil dan menghitung jumlah bola/spidol, jadi pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tapi anaj-anak juga ikut serta berperan aktif.
Guru dalam video tersebut sudah menerapkan asesmen dengan meminta anak untuk maju ke depan dan melakukan apa yang diinstruksikan oleh guru. Dimana setelahnya guru akan membantu mengoreksi jika anak salah dan memberikan penguatan dengan memberikan stempel bintang apabila anak berhasil menghitung dengan tepat. Selain itu, guru juga memberikan lembar kerja yang sudah sesuai dengan usia anak. Yang mana setelahnya guru akan menilai dan mengevaluasi hasil kerja anak.
Tidak banyak yang harus guru tersebut perbaiki. Yang pertama, anak terlihat bingung ketika guru menyebutkan bilangan dengan Bahasa Inggris. Guru bisa membantu anak untuk mengartikan bilangan tersebut ke dalam Bahasa mereka sehari-hari, yaitu Bahasa Indonesia. Karena disini yang terpenting anak mengerti konsep dulu. Selain itu, guru juga bisa menyediakan media yang lebih mendukung prosen belajar mengajar agar lebih efektif, seperti penyediaan LCD proyektor. Dimana guru bisa menunjukkan lembar kerja dengan media tersebut sehingga terihat lebih besar dan jelas untuk anak-anak. Terima kasih.
Nama : Melyana Puspitadewi
Nim : 857611171
Pokjar : Kebumen
TUGAS PARTISIPASI 1
Judul : Anak sulit mengenal bilangan
Dalam tayangan video tersebut terlihat saat pembelajaran, metode yang digunakan oleh guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini sudah baik. Guru menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak melalui permainan, menyanyikan lagu, berhitung menggunakan objek benda di sekitar seperti bola dan spidol. Dalam permainan bola, anak terlihat senang karena mendapat kesempatan berhitung dan mengambil bola sesuai dengan bilangan yang disebutkan oleh guru, guru juga menyelipkan penjumlahan melalui pertanyaan berapakah total bola yang ada. Guru mengajak anak membilang dengan menyanyikan lagu dan bermain tepuk sesuai dengan angka yang disebutkan. Setelah anak mengetahui jumlah bilangan, guru memberikan anak tugas berupa lembar kerja dengan memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya. Selain melalui lagu, permainan, tepuk dan lembar kerja, guru tersebut juga menggunakan alat peraga permainan konsep bilangan dengan meminta anak meletakkan spidol sesuai lambang bilangan. Pada akhir kegiatan guru memberikan apresiasi kepada anak berupa tepuk tangan dan pemberian stempel bintang di tangannya.
Hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut?
Jawaban :
1. Guru dapat mengajak anak untuk menuliskan lambang bilangan dari benda yang dihitung, sehingga guru juga dapat melatih anak dalam mengenal cara menulis lambang bilangan
2. Guru dapat memberikan anak kesempatan untuk bercerita maupun bereksplorasi dengan bilangan, sehingga kegiatan tidak hanya berpusat pada guru.
3. Guru perlu melakukan metode lain saat anak anak mulai tertarik pada permainan tersebut.
Nama : Eko Wahyuningsih
Nim : 857490248
Pokjar : Cimahi
Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
Nama pengembang vidio : Netty Hernawati
Lokasi : Di dalam Kelas
Kelompok Anak : 5-6 tahun
Ringkasan Materi :
” Anak yang sulit mengenal konsep bilangan, Guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan tepuk dan lagu, membuat alat peraga konsep bilangan, memberikan tugas berupa lembar kerja dan mengulas kembali hasil karya serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik, berupa stempel bintang pada tangannya”.
Pada Vidio yang saya saksikan Guru dapat memberikan permainan konsep bilangan dengan menstimulasi anak dengan cara bermain bola, mengambil spidol warna dan lembar kerja yang menyenangkan bagi anak.
Guru memberikan penguatan pada anak berupa reword atau point berupa stempel bintang atau stiker, yang membuat anak lebih semangat lagi.
Namun dalam permainan akan lebih baik jika permainan dilakukan diluar kelas dengan menggunakan media yang ada diluar, misalnya dengan daun, ranting, batu-batuan / kerikil , dan lain-lain yang sesuai dengan konsep bilangan.
Terimakasih
Nama : YULI WARTATIK
NIM : 858847881
UPBJJ : MALANG
POKJAR : AMANAH BLITAR RAYA
Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
Nama pengembang : Netti Hernawati
Lokasi : dalam kelas
Kelompok anak : Taman kanak-kanak(TK)
RINGKASAN MATERI
Dalam vido ini anak sulit mengenal konsep bilangan.
Upaya yang di lakukan guru dalam mengenalkan bilangan kepada anak usia dini sudah bagus. Guru sudag bagus dalam menggunakan metode pembelajaran yang membuat anak menyenangkan melalui bermain dan menyayikan lagu sambil bertepuk. Dalam vidio tersebut guru telah menenerapkan prinsip asesmen dan evaluasi anak usia dini. Guru memberikan bintang sebagai opresiasi pada anak yang mampu menyeleseikan tugas dengan baik.
Nama: Tuhfatul izzah M.
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Pengembang Vidio : Netty Hernawati
Lokasi : Ruang kelas
Kelompok: A (usia 5-6 tahun)
Ringkasan materi dalam vidio:
Bismillahirrahmanirrahim disini sya akan mencoba meringkas materi dalam vidio pembelajaran di atas. Materi pembelajaran dalam vidio di atas berisi tentang mengenalkan konsep bilangan ke peserta didik dengan berbagai cara diantaranya dengan cara bermain, unjuk kerja, lembar tugas seeta dengan cara bernyanyi. Terlihat guru sudah cukup bagus dalam memberikan materi mengenal konsep bilangan pada peseeta didik seperti memanfaatkan benda-benda yang ada disekitar untuk mengenalkan konsep bilangan, namun alangkah lebih baik lagi apabila seorang guru menyampaikan materi dengan intonasi suara yang bervariasi serta mimik wajah yang lebih ceria.
1.Apakah Guru dalam Video yang Anda saksikan tersebut telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini?
Jawaban: menurut saya dalam vidio pembelajan di atas guru telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini, dimana guru mempersilahkan anak-anak untuk menghitung jumlah bola satu persatu sesuai dengan instruksi guru , cara ini termasuk prinsip evaluasi yaitu objektif dimana dalam evaluasi harus apa adanya, sesuai kenyataan. Guru juga memberikan stempel pada tangan anak yang telah bisa melakukan unjuk kerja berupa menghitung jumlah spidol yang disediakan oleh guru dan lembar kerja
2. Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut.
Jawaban:
Menurut saya hal yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran yang guru lakukan dalam vidio tersebut yaitu hendaknya sebelum melakukan pembelajaran guru melakukan ice breaking bisa dengan jalan ditempat sambil berhitung, atau dengan cara bernyanyi sehingga anak lebih bersemangat dalam proses pembelajaran. Seorang guru hendaknya mengatur intonasi suaranya serta mimik wajahnya disarankan agar lebih ceria, karena intonasi suara sangat berpengaruh terhadap anak. Guru dalam vidio tersebut hanya bersuara lantang tidak berintonasi.