silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Renny Natalia
    NIM : 858814346
    Prodi : PGPAUD S1 Semester 8

    Menurut saya, upaya guru di Vidio tersebut sudah bagus, karena mengenalkan konsep bilangan dengan bermain menggunakan media bola, bermain tepuk dan lagu. Selanjutnya guru memberikan kegiatan kepada anak berupa lembar kerja menghitung gambar lalu melingkari angka sesuai dengan jumlah gambar . Selanjutnya memberi penguatan kepada anak yang karyanya baik berupa pemberian stempel bintang pada tangan.
    Kegiatan lain yang bisa meningkatkan kognitif anak yaitu bermain menggunakan kantong bilangan

  2. Nama: DESI SULISTINA
    Nim : 859170822
    Prodi : S1 PG PAUD
    Terkait permasalahan anak sulit mengenal konsep bilangan. Didalam vidio guru sudah cukup bagus mengenalkan konsep bilangan dengan benda yaitu bola. namun yang menjadi catatan penting bagi saya disini adalah sebelum guru mengenalkan konsep bilangan dengan bermain bola, sebaiknya guru dapat memberikan ransangan dan penguatan tersendiri baik dengan bermain tepuk maupun bernyanyi, sehingga anak akan lebih semangat dan antusias dalam belajar. selain itu ketika guru memilih anak yang akan bermain sebaiknya guru melemparkan pertanyaan kepada anak dengan menanyakan siapa yang mau bermain, sehingga semua anak memiliki kesempatan yang sama dalam belajar. dan ketika guru mengajarkan konsep bilangan dengan benda (bola) sebaiknya dibarengi dengan mengenalkan lambang bilangannya secara langsung sehingga anak tidak saja mengenal konsep bilangan saja namun mengenal lambang bilangannya juga. mengenal lambang bilangan dapat menggunakan media kartu angka maupun foster angka. dan ketika mengenalkan konsep bilangan dengan bermain bola sebaiknya guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menghitung secara langsung banyak bola sehingga anak yang lebih berperan aktif dalam belajar, dan memberikan pelajaran yang lebih bermakna.

  3. NAMA ; INDAH MUSTIKA
    NIM ; 857555478
    JURUSAN ; S1 PG PAUD
    POKJAR ; KETANGGUNGAN BREBES

    Setelah melihat tayangan vidio diatas tentang mengenal konsep bilangan ,menurut pendapat saya cara yang dilakukan guru sudah cukup baik, yaitu dengan menggunakan media bayangan dan media yang nyata yaitu bola yang berwarna warni dan pensil warna,sehingga anak-anak akan lebih mudah mengenal bilangan.penerapan metode dan pemilihan media yang digunakan harusnya lebih variatif lagi, sehingga anak akan lebih tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran yang melatih kognitif anak seperti menghitung anggota tubuh mereka, contohnya menghitung jumlah jari tangan dan fungsinya, membuat kantong bilangan ,menempel gambar bilangan sesuai yang diperintahkan guru,metode ini selain melatih kognitif anak,juga bisa melatih motorik anak sesuai dengan aspek perkembangan anak .yang dilakukan guru dalam .pemberian reward atau apresiasi kepada anak yang sudah bisa menghitung dengan benar sudah bagus.

  4. Nama : LU’AILIK
    NIM : 858775774
    Program Studi : S1 PG PAUD
    Semester 8

    Menurut pendapat saya secara keseluruhan cara Guru dalam memperkenalakan konsep bilangan kepeda peserta didik sudah sesuai dan sangat menarik, dengan berbagai media yang dipakai mulai dari bermain tepuk, bernyayi,mengenal bahasa inggris, dan juga menggunakan spidol,lembar kerja serta bola kecil. bahkan dalam pembukaan atau kegiatan awal pembelajaran Bu guru mengajak peserta didik untuk berhitung mulai dari angka satu sampai sepuluh.Dalam kegiatan tersebut kelihatan sekali kalau anak-anak merasa senang dan gembira.
    Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang ada pada video pengenalan konsep bilangan :
    a. Kelebihan :
    – Dalam menggunakan cara menghitung bola dalam keranjang membuat semua anak-anak
    bersemangat dan senang dalam mengerjakannya
    – memberi penguatan kepada anak berupa stempel gambar bintang untuk anak-anak yang dapat
    menyelesaikan tugasnya
    – Selain anak-anak menyukai tehnik yang diberikan Guru,cara ini juga membuat anak-anak dengan cepat
    memahami konsep bilangan dengan lebih mudah
    b. Kekurangan :
    – Lebih baik lagi jika pengenalan konsep bilangan yang diberikan pada anak-anak lebih bervariasi dan
    media yang digunakan lebih banyak
    – untuk contoh lembar kerja yang digunakan sebaiknya lebih diperbesar lagi dan ditempel papan yang
    kosong tanpa banyak tulisan karena akan mempengaruhi konsentrasi anak
    – untuk Guru pendamping seharusnya ikut berperan serta dalam kegiatan menghitung bola

  5. Nama : Ratih Purwaningsih
    NIM : 858780207
    Pokjar : Pagelaran

    Menurut pendapat saya reaksi anak terhadap proses pengembangan pembelajaran adalah anak-anak antusias meskipun ada yang masih kurang bersemangat ketika guru menyampaikan akan mengajak anak-anak bermain bola.

    Kelemahan Pembelajaran dalam Video :

    • Guru kelas maupun guru pendamping kurang baik dalam pengelolaan kelas, terbukti dari ketika anak-anak duduknya kurang rapi dibiarkan saja.
    • Ketika anak menerima spidol dengan tangan kiri, guru tidak menegur yang seharusnya menerima dengan tangan kanan.
    • Ketika menghitung gambar, guru menggunakan gambar yang kecil sehingga kurang jelas terlihat.

    Kelebihan pembelajaran dalam video :

    • Guru sangat menguasai materi dan sesekali melakukan tepuk sehingga anak-anak yang bosan dan mengantuk menjadi bersemangat.
    • Kegiatan yang disiapkan oleh guru bervariatif sehingga tidak menimbulkan kejenuhan pada anak.
    • Guru mengenalkan bilangan dengan benda yang sederhana dan mudah didapat.
    • Guru mengajarkan konsep bilangan secara sederhana sehingga anak-anak mudah mengerti.

    Hal unik yang dapat ditemui dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu guru dapat memanfaatkan benda dengan baik untuk mengenalkan konsep bilangan

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan pembelajaran tersebuta maka perbaikan yang diusulkan adalah :
    • Ketika anak-anak mengambil bola sebaiknya sediakan nampan/keranjang kecil karena Ketika mengambil bola lebih dari 5 sudah tidak terjangkau oleh tangan anak-anak.
    • Ketika mengenalkan gambar sebaiknya gambarnya berukuran lebih besar supaya dapat terlihat oleh semua anak.
    • Ketika mengenalkan gambar, yang kertasnya ditempel dipapan tulis, sebaiknya tulisan dipapan tulis dihapus terlebih dahulu supaya fokus anak tidak terganggu.
    • Ketika anak-anak menulis sebaiknya diberikan meja supaya dada anak tidak sakit dan menghindarkan mata terlalu dekat dengan tulisan.
    • Ketika kegiatan mengambil spidol sesuai bilangan, sebaiknya kegiatannya ditengah-tengah lingkaran supaya anak yang lain dapat melihat.

  6. Nama : ULFIATUN NUR
    NIM : 859164391
    Program studi : PGPAUD-S1
    UPBJJ : Mataram

    Menurut saya upaya guru untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sudah bagus, terlihat ketika anak-anak di suruh maju mengambil bola sesuai dengan angka yang di sebutkan oleh guru, kemudian anak-anak di ajak untuk bernyanyi dia mata saya, anak-anak bertepuk tangan sesuai dengan angka yang di sebutkan guru, terlihat juga ketika anak-anak menghitung jumlah gambar dan melingkari angka yang sesuai dengan jumlah gambar, menerut pendapat saya dari mengamatan vidio di atas sebaiknya sebelum memulai permainan terlebih dahulu anak- anak di kenalkan angka dengan bermain menggunakan kartu angka atau dengan cara mengenalkan konsep bilangan dengan benda-benda yang ada di sekitar supaya anak tidak bosan, terlihat di vidio di atas anak-anak di panggil satu-satu untuk mengambil bola.

  7. Nama : ULFIATUN NUR
    NIM : 859164391
    Program studi : PGPAUD-S1
    UPBJJ : Mataram

    Menurut saya upaya guru untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sudah bagus, terlihat ketika anak-anak di suruh maju mengambil bola sesuai dengan angka yang di sebutkan oleh guru, kemudian anak-anak di ajak untuk bernyanyi dia mata saya, anak-anak bertepuk tangan sesuai dengan angka yang di sebutkan guru, terlihat juga ketika anak-anak menghitung jumlah gambar dan melingkari angka yang sesuai dengan jumlah gambar, menerut pendapat saya dari mengamatan vidio di atas sebaiknya sebelum memulai permainan terlebih dahulu anak- anak di kenalkan angka dengan bermain menggunakan kartu angka atau dengan cara mengenalkan konsep bilangan dengan benda-benda yang ada di sekitar supaya anak tidak bosan, terlihat di vidio di atas anak-anak di panggil satu-satu untuk mengambil bola.

  8. Nama : ULFIATUN NUR
    NIM : 859164391
    Program studi : PGPAUD-S1
    UPBJJ : Mataram

    Menurut saya upaya guru untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sudah bagus, terlihat ketika anak-anak di suruh maju mengambil bola sesuai dengan angka yang di sebutkan oleh guru, kemudian anak-anak di ajak untuk bernyanyi dia mata saya, anak-anak bertepuk tangan sesuai dengan angka yang di sebutkan guru, terlihat juga ketika anak-anak menghitung jumlah gambar dan melingkari angka yang sesuai dengan jumlah gambar, menerut pendapat saya dari mengamatan vidio di atas sebaiknya sebelum memulai permainan terlebih dahulu anak- anak di kenalkan angka dengan bermain menggunakan kartu angka atau dengan cara mengenalkan konsep bilangan dengan benda-benda yang ada di sekitar supaya anak tidak bosan, terlihat di vidio di atas anak-anak di panggil satu-satu untuk mengambil bola.

  9. Nama: Dian Islamiati
    NIM: 859171627
    Jurusan: S1 PGPAUD
    Menurut saya proses pembelajaran dalam video tersebut sudah baik, guru mengenalkan konsep angka kepada siswa menggunakan bermacam metode seperti permainan, bermain tepuk, bernyanyi, serta menggunakan beberapa media seperti bola dengan bermacam warna sehingga anak akan lebih tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Namun, alangkah lebih baiknya guru juga mengenalkan bagaimana bentuk-bentuk angka pada awal pembelajaran, bisa menggunakan media gambar atau bentuk geometri yang berwarna-warni agar lebih menarik perhatian anak, sehingga pada saat guru memberikan lembar kerja kepada anak yang memuat gambar benda dan lambang bilangannya anak akan lebih mudah dalam mencocokkan jumlah gambar benda dengan lambang bilangannya.
    Di akhir pembelajaran guru memberikan penguatan kepada anak dan memberikan apresiasi berupa stempel bintang, hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak sehingga ia akan lebih semangat lagi dalam mengikuti proses pembelajaran.
    Pembelajaran pada anak TK pada dasarnya adalah bermain. Sesuai dengan karakteristik anak TK yang bersifat aktif dalam melakukan berbagai eksplorasi terhadap lingkungannya, maka aktivitas bermain merupakan bagian dari proses pembelajaran.

  10. Nama: Yasri M. Nenohaifeto
    Nim : 859268821
    Jurusan PGPAUD semester 8
    UPBJJ Kupang Pokjar Timor Tengah Utara

    Menurut saya, cara guru mengenalkan konsep bilangan sudah bagus. yakni, melalui permainan menggunakan media bola, bernyanyi dan bertepuk tangan.
    dan peserta didik juga diberi tugas untuk mengetahui pemahamannya setelah menerima materi, sehingga melatih daya ingat anak dalam menghitung atau membilang angka 1-10.
    guru juga memberikan reward agar anak semakin semangat dalam belajar.

    Saran saya, sebaiknya menggunakan kartu angka yang bervariasi atau berwarna-warni sambil menyebutkan warna dan mengenal simbol angka sehingga anak tidak cepat bosan dalam belajar.

Leave a Reply