silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Nyimas Siti Nirmalasari
    NIM : 857419412
    Semester 9
    Prodi : S1 PGPAUD ( AKPMM )
    Pokjar Gambir kota Bandung
    Judul video: Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Menurut saya dalam video tersebut pembelajaran yang dilakukan sudah baik dan mencakup aspek perkembangan
    1. Anak mau melakukan kegiatan yang diperintahkan oleh guru
    2. Anak berani tampil di depan kelas
    3. Anak diajarkan mengenal konsep bilangan dengan menghitung jumlah bola
    4. Anak diperkenalkan konsep bilangan melalui tepuk dan lagu
    5. Anak mampu menjawab pertanyaan dari guru
    6. Anak bersabar menunggu giliran
    7. Anak mampu menyebutkan bilangan dari 1-10

  2. Nama : Rokhati
    NIM : 857744738
    Prodi/Smstr : BI PGPAUD/3

    a. Identitas video
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang video : Netti Hernawati
    Lokasi : Di dalam Kelas
    Kelompok anak : TK

    Ringkasan Materi
    Dalam video tersebut menayangkan upaya seorang guru TK untuk mengajarkan anak tentang Konsep Bilangan. Diantaranya dengan cara : meminta anak mengambil bola sesuai jumlah yang diucapkan guru, mengajak anak untuk membilang melalui lagu dan tepuk, memberikan Lembar kerja (anak melingkari angka sesuai jumlah gambar), mengambil spidol sesuai jumlah yang diperintahkan guru, dan memberikan penguatan terhadap jumlah spidol yang diambil, dan memberi apresiasi berupa pemberian cap bintang kepada anak-anak.

    b. pendapat saya dari tayangan video di atas yaitu :
    – Kelebihan :
    1. Kegiatan untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak bagus dan bervariasi sehingga anak memperoleh pengalaman belajar yang bermacam-macam.
    2. guru menyampaikan pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan dengan mengajak anak bernyanyi, bertepuk-tepuk terlebih dahulu dan memberikan penguatan.

    – Kelemahan :
    1. Guru yang mendominasi kegiatan, sebaiknya ketika mengambil bola dan dihitung, sebaiknya biarkan anak-anak yang menghitungnya bukan guru.
    2. Saat guru menjelaskan anak masih belum antusias masih ada anak yang menggoyan-goyangkan tubuhnya dan ada anak duduknya belum tertib. Kegiatan kurang membuat anak bersemangat karena ada anak yang terlihat menguap dan berbicara dengan temannya ketika guru menjelaskan.

  3. nama : nanda maratul husna
    nim : 858852647
    judul : sulit mengenal lambaang bilangan
    Nama Pengembang video : Netti Hernawati
    Lokasi : Didalam Kelas
    Kelompok anak : TK

    Ringkasa Materi :
    Dalam video diatas guru mengajarkan tentang konsep bilangan ,dengan cara
    1) ibu guru memberi contoh jumlah bola sesuai bola yang di sebut,
    2) anak -anak di minta untuk mengambil bola di keranjang dengan perintah guru
    3)guru bertanya tentang angka dan jumlah
    4).guru juga mengajak anak -anak untuk bernyanyi dan bermain tepuk angka ,
    5) guru memmbuat alat peraga kemudian mengajak berhitung bersama-sama,,
    6) anak-anak bergiliran di maju untuk menghitung gambar sesuai dengan lambang bilangan .
    7) anak di berikan tugas berupa lembar kerja berupa gambar untuk memasangkan benda sesuai dengan bilanganya,atau melingkari gambar tersebut,
    setelah kegiatan selesai, anak-anak di beri sebuah stempel bintang di tangannya.

    b. Apakah Guru dalam Video yang Anda saksikan tersebut telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini?
    – Penerapan assessment atau penilaian
    Guru sudah memberikan penilaian berupa bintang yang distempel pada tangan anak dan mengajak tepuk tangan kepada teman-teman nya kepada anak yang maju di depan.
    – guru melalukan evaluasi tambahan dengan menyanyikan lagu 2 mata saya,,
    c. Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut.
    guru sebaiknya membawa alat peraga /kartu angka ketika mengambil bola,,jadi anak dapat melihat,, bagaimana angka yang sebernarnya,, tidak hanya jumlah jari..

  4. nama : Erna Nurwijayanti toyota vitri
    NIM : 858162403
    judul : sulit mengenal konsep bilangan
    lokasi : di dalam kelas

    dalam vidio diatas guru mengajarkan konsep bilangan dengan mengambil bola di keranjang sesuai dengan perintah guru. guru mengajak anak anak untuk bernyanyi dan bertepuk. media yang diberikan oleh guru sangat menarik bola yang berwarna warni.
    akan tetapi dari vidio di atas tidak ada penguatan dari guru setelah pembelajaran selesai. guru sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru memberikan contoh kepada anak anak.

  5. Assalamualaikum,wr,wb
    Salam sehat semua…
    Nama : Octaviyana
    Nim: 857446043
    Smtr: 3
    Prodi: PGPAUD BI
    Pokjar: Buaran Pekalongan
    UPBJJ: Semarang
    Judul video sulit mengenal konsep bilangan
    Menurut saya bahwa video pembelajaran ini sudah cukup baik dari berbagai Asep
    Karena dalam video ini mengajarkan tentang:
    1. Berani percaya diri
    2. Mampu mengikuti perintah tentang bilangan
    Dan guru sangatlah berpengaruh bagi anak seperti:
    1. Memberi reward bintang di tangan
    2. Sebelum mulai kegiatan anak diajak mengenal bilangan dengan cara bertepuk dan bernyanyi
    3. Mengenalkan anak dari angka 1-10

  6. Guru Pintar Online

    FKIP – Universitas Terbuka

    Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar

    Sinopsis
    Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

    Netti Hernawati

    Pakar Dosen
    Pakar Guru
    February 6, 2023 Seri Pembelajaran PAUDAdmin GPO391 Comments
    Post navigation
    Previous Post
    Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip
    Next Post
    Anak Sulit Menceritakan Kembali Isi Cerita yang Telah di Dengarnya
    391 thoughts on “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
    Nyimas Siti Nirmalasari says:
    April 27, 2023 at 9:32 am
    Nama : Nyimas Siti Nirmalasari
    NIM : 857419412
    Semester 9
    Prodi : S1 PGPAUD ( AKPMM )
    Pokjar Gambir kota Bandung
    Judul video: Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Menurut saya dalam video tersebut pembelajaran yang dilakukan sudah baik dan mencakup aspek perkembangan
    1. Anak mau melakukan kegiatan yang diperintahkan oleh guru
    2. Anak berani tampil di depan kelas
    3. Anak diajarkan mengenal konsep bilangan dengan menghitung jumlah bola
    4. Anak diperkenalkan konsep bilangan melalui tepuk dan lagu
    5. Anak mampu menjawab pertanyaan dari guru
    6. Anak bersabar menunggu giliran
    7. Anak mampu menyebutkan bilangan dari 1
    Assalamualaikum,wr,wb Salam sehat semua…
    Nama : Octaviyana
    Nim: 857446043 Smtr: 3
    Prodi: PGPAUD BI
    Pokjar: Buaran Pekalongan
    UPBJJ: Semarang
    Judul video sulit mengenal konsep bilangan Menurut saya bahwa video pembelajaran ini sudah cukup baik dari berbagai Asep Karena dalam video ini mengajarkan tentang:
    1. Berani percaya diri
    2. Mampu mengikuti perintah tentang bilangan Dan guru sangatlah berpengaruh bagi anak seperti:
    1. Memberi reward bintang di tangan
    2. Sebelum mulai kegiatan anak diajak mengenal bilangan dengan cara bertepuk dan bernyanyi
    3. Mengenalkan anak dari angka 1

  7. Nama:Niluh Sri Susanti
    Nim:859651242
    Tanggapan dari saya selaku mahasiswa untuk Vidio seri pengembangan kognitif anak khususnya yang berjudul Sulit Mengenal Konsep Bilangan.Menurut saya cara yang dilakukan guru untuk mengatasi anak yang mengalami hambatan untuk mengenal konsep bilangan sudah baik sekali,ibu guru dalam Vidio tersebut sudah melakukan berbagai cara agar anaknya dapat memahami apa yang dijelaskan oleh ibuguru. Namun ada sedikit masukan dari saya alangkah baiknya apabila sebelum melakukan pembelajaran guru melakukan SOP pembukaan atau gerakan gerakan yang dapat membuat anak menjadi semangat belajar dan juga melakukan tehnik tehnik agar anak tidak mengalami ngantuk dan tidak fokus dalam menerima pembelajaran. Dalam Vidio masih ada anak yang nampak ngantuk dan tidak semangat saat ibu guru melakukan pembelajaran maka dari itu alangkah baiknya apabila diisi atau diselingi kegiatan yang dapat menghilangkan rasa ngantuk dan lemas agar anak bisa lebih semangat saat proses belajar berlangsung.
    Demikian tanggapan dari saya apabila ada salah kata saya mohon maaf🙏🙏

  8. NAMA : Selvi Alviana Rafida
    NIM : 857841136
    Program studi: PG PAUD-S1
    identifikasi video
    Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Naskah : Neti Hernawati
    Penelaah Materi : Siti Aisyah
    Peneaah Media : Trini Prastati
    Sutradara : Donny Harsabudhi
    Lokasi : Ruang Kelas
    Kelompok Anak : Anak usia dini (TK)
    Ringkasan materi dalam video:
    Pada proses pembelajaran video guru sudah sangat baik dalam mengenalkan konsep bilangan yakni mengenalkan konsep bilangan dengan benda kongkrit, setelah itu guru menyuruh anak untuk mengambi bola sesuai dengan bilangan yang disebutkan oleh guru, dan pada saat ditemui anak yang bum benar dalam membilang guru tidak langsung menilai bahwa itu salah melainkan mengoreksi bersama anak-anak lain, hal itu selain memperkuat konsep bilangan pada anak lain, juga tidak membuat anak yang keliru itu menjadi minder. setelah mengenalkan konsep bilangan dengan bola, guru memperkuat lagi konsep bilangan kepada anak dengan mengajak bernyanyi, bertepuk sesuai bilangan dan mengerjakan lembar jawab, selain itu guru juga memberi penguatan materi dengan menghitung benda (spidol) dan memberi reward bagi anak yang sudah mampu menghitung dengan benar sebagai penguatan. kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam video sudah sangat baik. tetapi alangkah lebih baik jika reward yang diberikan oleh guru tidak berupa stempel tangan, melainkan tepuk tangan, bintang, kata kata positif lainnya yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anak.
    demikian terimakasih

  9. Nama : Mia Kurniasandi
    NIM : 858752064
    Program Study : PGPAUD
    UPBJJ : Surabaya

    a.Identitas video yang saya saksikan yaitu:
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang video : Netti Hernawati
    Lokasi: Di dalam Kelas
    Kelompok anak : TK
    Ringkasan materi :
    Video di atas menggambarkan proses belajar di kelas tentang mengenal konsep bilangan. Guru mengenalkan anak beberapa cara dalam berhitung seperti mengambil bola sesuai perintah guru, bernyanyi anggota tubuh dan menghitung jumlahnya, bertepuk tangan dengan konsep bilangan, menghitung jumlah gambar dan mencocokan dengan simbol bilangan. Di video tsb tampak guru memberikan apresiasi terhadap murid dengan stamp.

    b. apakah guru dalam video telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk AUD?
    Ya, guru tsb sudah menerapkan prinsip asesmen dengan guru meminta anak menghitung gambar dan mencocokannya dengan simbol bilangan, dengan begitu guru dapat melakukan pencatatan perkembangan setiap anak dalam memahami konsep bilangan.

    c. Jelaskan pendapat anda, hal apa yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang guru lakukan dlm video tsb!
    Menurut saya sudah bagus apa yang dilakukan guru tsb. Hanya saja secara ekspresi kurang menyenangkan, bisa dibuat yang lebih happy lagi. Untuk permainan ambil bola, agar lebih menarik, guru bisa menyediakan kartu flashcard simbol bilangan yang dikocok kemudian anak sulit pilih, setelah itu anak akan mengambil bola sesuai simbol bilangan flashcard nya, untuk memindahkan bola pun bisa dibuat menarik dengan memindahkannya ke wadah keranjang/piring yang lain agar anak bisa tetap konsentrasi menghitung bolanya (karena nampak pada video tangan anak penuh dengan bola). Kemudian bisa dibuat 3 anak sekaligus mengambil, jadi seru bisa bermain bersama-sama, dan perintahnya bisa beberapa kali (anak diberi kesempatan lebih untuk mengenal bilangan). Saat bernyanyi kalau bisa guru dan anak anak berdiri dan tangannya bergerak memegang apa yang dinyanyikan misal “hidung saya satu” bisa memegang hidung masing-masing, agar suasana tidak flat guru juga bisa bergerak yang energik misal pada lirik lagu “dua kaki saya pake sepatu”, guru bisa mengajak anak untuk menghentakkan kakinya. Untuk proses asesmen dengan menghitung gambar, menurut saja akan lebih baik jika gambarnya disesuaikan dengan kesukaan anak, misalnya gambar unicorn, dll dan bisa diwarnai juga supaya tampilannya menarik, tidak hanya hitam putih.
    Terimakasih 🙏

  10. Nama : Nurul Khoiriyah
    Nim : 858941933
    Prodi : BI PGPAUD
    Menurut pendapat saya pada video pembelajaran pengembangan kognitif PAUD yang berjudul “ Sulit Mengenal konsep Bilangan ”. Guru sudah memberikan stimulsi kepada anak untuk dapat mengenal konsep bilangan, ada beberapa hal yang sudah dilakukan oleh guru yaitu :
    1. Mengajak anak untuk membilang dengan permainan.
    2. Guru mengajak anak untuk melakukan tepuk dan juga nyanyian.
    3. Membuat alat peraga permaianan konsep bilangan anak.
    4. Guru memberikan tugas berupa lembar kerja dengan memasangkan gambar benda sesuai dengan lambang bilangannya.
    5. Membahas kembali hasil karya anak didepan kelas kemudian memberikan evaluasi terhadap hasil karyanya , dan memberikan apresiasi kepada hasil karya yang terbaik.

    Dari kelima hal yang dilakukan oleh guru sudah memberikan suatu stimulus kepada anak yang sulit untuk mengenal konsep bilangan. Namun menurut pendapat saya alangkah baiknya jika apresiasi tidak hanya diberikan kepada anak dengan hasil terbaik saja, mungkin untuk anak yang lain bisa diberikan apresiasi juga. Untuk membedakannya jika anak dengan hasil karya terbaik diberikan dua stempel di dua tangan, untuk anak yang lain hanya diberikan satu stempel di satu tangan saja. Hal ini dimaksudkan untuk memberi semangat anak untuk meningkatkan hasil karyanya agar lebih baik lagi.

Leave a Reply