silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Nur Aini
Nim : 857745761
Prodi : S1 PGPAUD BI
Smstr : 3
Pokjar : Kedungwuni
Bismiillahirrohmanirrohim,
Di sini saya akan sedikit akan menganalisis video yang saya lihat
a. Identifikasi video
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Sutradara : Donny Harsabudhi
Naskah : Neti Hernawati
Presenter : Paramitha Purnama
b. Ringkasan dari video :
Dalam video yang saya lihat di sini kegiatan anak berada di dalam kelas, anak diajak dengan mengenal
lambang bilangan, diantaranya dengan cara mengambil bola dari keranjang sesuia bilangan yang di
bilang oleh guru, dan anak diajak dengan mengenal lambang bilangan dengan cara memasangkan benda
dan melingkari benda dengan yang sesuia dengan lambang bilangan, dan anak di kasih reward dengan
memberi tanda bintang di tangannya dan di beri uplous berupa tepuk tangan.
c. Pendapat saya tentang video yang saya lihat
a. kelebihan, sebelum di ajak berhitung anak diajak dengan pengenalan bernyanyi lambang bilangan dan
tepuk, sehingga ketika anak mengambil bola yang disuruh guru sesui dengan jumlah yang diambilnya.
b. Kekurangan, masih ada anak yang bermain sendiri, dan ngantuk serta bermain sendiri karena masih
kurangnya pengawasan guru
Nama : Noviyanti
NIM :857355065
Program Studi :S1 PGPAUD
Judul Video : Sulit mengenal konsep bilangan
Dalam video tersebut, nampak guru sudah mempersiapkan dengan baik kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan seperti alat dan bahan yang menarik (bola warna warni, spidol, keranjang bola, dan lembar kerja yang sesuai dengan kegiatan inti). Dalam pelaksanaan pembelajaran pun, guru mampu menarik minat anak dengan menggunakan nyanyian/lagu/tepuk. Namun ada beberapa hal yang perlu saya utarakan untuk perbaikan antara lain :
1. Usahakan merangsang anak untuk berani mengajukan dirinya ke depan untuk menghitung, bukan ditunjuk oleh guru
2. Usahakan anaklah yang menghitung jumlah bola, guru hanya memantau saja. Jadi bukan guru yang menghitung jumlah bolanya. Guru bisa ajak anak yang lain untuk memeriksa apakah jumlah bola yang diambil oleh anak tsb sudah tepat atau belum
3. untuk pemberian reward, bisa divariasikan tidak hanya pemberian stempel, bisa juga dengan tepukan hebat atau kata-kata positif yang dapat membangkitkan minat anak untuk melakukan yang lebih baik lagi
Nama : RAHMIYATUN
NIM : 859172145
Prodi: PG PAUD
Menurut saya tentang vidio “mengatasi anak yang susah mengenal konsep bilangan” sudah cukup baik dimana guru telah menggunakan berbagai media dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak-anak, selain itu guru juga memberikan reward yang membuat anak-anak menjadi semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan berhitung, namun di awal pembelajaran guru terlihat lebih mendominasi kegiatan dan kurang memperhatikan anak-anak yang masih pasif dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : SRI SUNARNI
NIM : 858739058
UPBJJ : SURABAYA
JURUSAN : PG PAUD BI
vidio seri pengembangan kognitif anak sulit mengenal kosep bilangan ini sangat bagus, dalam vidio ini apa yang dilakukan guru sudah sangat tepat, Semua kegiatan yang diberikan guru kepada anak sudah sangat bisa menstimulasi anak untuk lebih mudah mengenal konsep bilangan. guru menggunakan beberapa cara belajar sambil bermain didalam ruangan dengan berbagai macam kegiatan diantaranya, anak di ajak untuk bermain tepuk sesuai dengan jumlah bilangan, anak diajak bermain mengambil bola sesuai dengan bilangan yang disebut oleh guru, dan anak diajak menghubungkan benda yang jumlahnya sesuai dengan angka.
Pembelajaran berlangsung kondusif dan anak anak senang dalam mengikuti setiap kegiatan. Perencanaan kegiatan maupun pemilihan alat dan bahan pendukung pembelajaran sudah tepat dan baik. Metode yang dipilih dalam pengenalan konsep bilangan juga bervariatif dan menyenangkan. Guru juga sangat tepat memberikan penguatan kepada anak, baik dengan pujian maupun reward yaitu dengan pemberian stempel bintang bagi anak yang melakukannya dengan benar. sehingga reward tersebut dapat memacu anak untuk lebih bersemangat lagi dalam belajar mengenal konsep bilangan.
Nama: Siti Nurul Rohmah
NIM: 858860035
Prodi: PGPAUD
Pada video tersebut, dalam pengenalan konsep angka guru telah menggunakan pendekatan yang konkrit dan visual dalam penyampaian materi. Sehingga anak dapat memahami materi dengan lebih baik. Anak juga diberikan kesempatan untuk bermain dengan bola sambil belajar berhitung. untuk pemantapan pembelajaran, anak diberikan tugas untuk menghitung jumlah benda pada LKA.
Pengembangan kognitif PAUD
Konsep bilangan
Pengembang video: Netti hernawati
Lokasi: ruang kelas anak tk/PAUD
Pada video diatas menanyangkan pembelajaran konsep bilangan dengan bola namun ada salah satu murid yang belum bisa menghafal konsep bilangan.
Cara mengatasinya yaitu mengajak anak bernyanyi sebelum kegiatan inti,ice breaking dapat meningkatkan semangat anak,recalling menginggat pelajaran hari kemarin.
Dalam video tersebut kurangnya ice breaking di awal pembukaan,jadi anak masih terlihat bingung dan kaku.
Pengembangan kognitif PAUD
Konsep bilangan
Pengembang video: Netti hernawati
Lokasi: ruang kelas anak tk/PAUD
Pada video diatas menanyangkan pembelajaran konsep bilangan dengan bola namun ada salah satu murid yang belum bisa menghafal konsep bilangan.
Cara mengatasinya yaitu mengajak anak bernyanyi sebelum kegiatan inti,ice breaking dapat meningkatkan semangat anak,recalling menginggat pelajaran hari kemarin.
Dalam video tersebut kurangnya ice breaking di awal pembukaan,jadi anak masih terlihat bingung dan kaku.
Assalamualaikum izin menanggapi menurut dalam Vidio anak sulit mengenal konsep bilangan sudah cukup baik, diawal guru sudah dapat memberikan nyanyian dan tepuk-tepuk serta menggunakan berbagai media, namun dalam kegiatan awal sebaiknya guru memperhatikan anak yang diam dan mendekati anak tersebut pada selama kegiatan belajar berlangsung.
Nama : Ai Sopianti
Nim : 857353545
Judul : anak sulit mengenal konsep bilangan
setelah saya menonton vidio dengan kasus anak sulit mengenal konsep bilangan dalam vidio tersebut guru sudah baik mengenalkan konsep bilangan dengan media bola berwarna dan media gambar, dalam penerapan kegiatan memang alangkah baiknya menggunakan media atau alat peraga yang menarik bagi anak agar anak merasa antusias dan senag melaksanakan kegiatan begitupun dengan penerapan dengan tekhnik tepukan atau lagu lagu yang dapat menstimulus anak secara tidak langsung, dan dalam vidio ini sudah baik ketika memberikan pujian dan penghargaan memberikan bintang di tangan pada anak yg sudah melaksanakan kegiatan yang di perintahkan, guru juga sudah baik dalam memberikan aturan permainan agar anak dapat duduk tertib dan melakukan kegiatan secara bergantian, akan tetapi memang ada beberapa kelemahan dalam tekhnik pembelajaran yang di berikan diantaranya adalah
masih banyak anak yang duduk tertib tapi tidak fokus memperhatikan guru ketika melaksanakan kegiatan
guru tidak mengawali kegiatan dengan kegiatan awal seperti nyanyian atau tepukan, kegiatan juga alangkah baiknya mengenalkan bilangan sekaligur dengan pengenalan warna seperti contohnya anak di perintahkan mengambil bola warna biru dengan jumlah 5 dengan tekhnik ini guru dapat menerapkan beberapa pengenalan bukan hanya mengenalkan konsep bilangan tetapi juga mengenalkan warna pada anak.
Video tersebut menggambarkan teknik yang ditempuh oleh seorang guru untuk mengatasi permasalahan kesulitan dalam konsep bilangan pada anak didiknya. Cara yang dilakukan oleh guru tersebut sudah efektif. Pengenalan konsep bilangan dengan lagu dan tepuk adalah cara yang menyenangkan bagi anak, sesuai dengan karakteristik anak yakni mudah menyerap pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. Penggunaan LK merupakan salah satu teknik evaluasi untuk mengetahui apakah anak sudah mampu menyerap apa yang disampaikan oleh guru ataukah belum.
Upaya yang dilakukan guru untuk mengenalkan konsep bilangan sebenarnya tidak hanya itu, namun seharusnya bisa ditambah dengan cara lain yang menyenangkan untuk anak, misalnya dengan cara bermain, di mana melalui permainan yang dilakukannya, anak bisa sambil belajar tentang konsep bilangan tersebut.