silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Nur Afni Hidayah
    NIM :857766013
    Prodi : PGPAUD BI
    Semester : I
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Pengemban Video : Nety Hernawati

    Pada video yang saya lihat guru mengajarkan konsep bilangan pada anak dengan cara mengambil bola bergantian sesuai dengan arahan guru, kemudian bernyanyi dua mata saya dengan gerakan tubuh. Setelah itu guru memberikan arahan kepada anak-anak untuk mengerjakan lembar kerja anak dengan memasangkan benda dengan lambing bilangan dan melingkari benda yang sesuai dengan jumlah lambing bilangan. Setelah itu anak diarahkan untuk mengambil spidol sesuai dengan jumlah yang disebutkan guru dengan tepat dan diberikan reward berupa stampel bintang pada tangan anak.
    Menurut saya kelebihan dalam video ini adalah pada awal sebelum pembelajaran dimulai guru sudah menberikan/menginformasikan aturan dalam bermain, kemudian guru juga menggunakan berbagai media dalam pembelajaran yang menarik bagi anak, memberikan stampel bintang sebagai reward anak agar anak senantiasa semangat dalam belajar. Tetapi dalam video ini juga memiliki kekurangan yaitu dalam awal pembelajaran sebaiknya anak diajak bernyanyi atau olahraga kecil agar anak lebih rileks dan memberikan informasi/cara mengenal atau menghitung benda yang benar. Pada lembar kerja anak juga kurang menarik sebaiknya dalam lembar kerja anak diberikan warna agar anak anak lebih tertarik dalam belajar. Yang terakhir sebelum berakhirnya pembelajaran sebaiknya guru mengulang materi konsep bilangan agra anak tidak lupa dan bagi yang belum paham akan lebih paham.

  2. NAMA : NUNIK GAULISAH PANGAHULU
    NIM : 858172672
    PRODI : PG-PAUD BI
    POKJAR : PUTRA BANGSA JOMBANG

    Setelah melihat video tentang pembelajaran konsep bilangan pada anak usia dini adi atas, kamiakan menyampaikan beberapa pendapat. Metode pembelajaran pengenalan konsep bilangan dalam video di atas sudah cukup baik. Memang untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini agak sulit. hal ini berkaitan dengan kemampuan anak yang berbeda-beda, ada yang langsung bisa dan ada anak yang guru harus ekstra dalam menerangkan. Anak-anak tentunya akan lebih cepat mengerti jika mengenalkan konsep bilangan melalui bermain, bernyanyi dan tepuk serta lembar kerja. Untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak pertama kali, metode yang sebaiknya digunakan adalah bernyanyi agar anak mengerti dulu apa itu bilangan, bagaimana bilangan 1, 2 dan seterusnya sampai sepuluh. Jika anak sudah paham tentang bilangan 1 sampai sepuluh barulah kita gunakan metode bermain dan pemberian lembar kerja. Anak akan lebih bersemangat dan tertarik pada pembelajaran mengenal konsep bilangan jika guru juga memberikan reward kepada anak yang jawabannya betul atau sudah mampu untuk membilang. Terima kasih ……

  3. Nama : Wina Winanda Septiani
    NIM : 857294918
    UPBJJ : Bogor
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Dalam video pembelajaran di atas menampilkan pembelajaran cara mengenal konsep bilangan pada anak.

    Adapun kelebihan dari video pembelajaran tersebut adalah
    Guru telah mengenalkan konsep bilangan dengan baik melakukan berbagai teknik. Diawal video pembelajaran guru mengajak siswa bermain bola dengan mengambil bola sesuai dengan bilangan yang disebutkan guru. Mengajak siswa untuk membilang dengan permainan lagu dan tepuk, melingkari bilangan sesuai jumlah gambar pada lembar kerja.
    Pada kegiatan tersebut secara tidak langsung guru sudah menerapkan konsep asesmen dan evaluasi kepada siswa, hal tersebut dapat diamati pada saat guru mengajak semua siswa untuk menghitung jumlah bola yang telah diambil oleh temannya bersama-sama , dan ketika siswa tersebut salah atau kurang mengambil bola yang tidak sesuai dengan bilangan yang disebutkan guru mengajak siswa untuk menghitung kembali dan menyebutkan kekurangan bola yang diambil. Selain itu, guru memberikan reward kepada siswa dengan memberikan stempel sebagai bentuk penghargaan kepada siswa.

    Kelemahan dari Video pembelajaran tersebut adalah
    Diawal kegiatan Guru kurang memberikan Apersepsi pada siswa, sehingga terlihat ada beberapa siswa yang kurang berminat terhadap kegiatan tersebut beberapa siswa terlihat cuek dan tidak bersemangat mengikuti atau mengamati kegiatan bermain bola. Pada kegiatan bermain bola tersebut seharusnya guru tidak hanya menyediakan satu keranjang bola saja sebaiknya menyediakan dua atau tiga keranjang bola, sehingga permainan mengambil bola tersebut dapat dilakukan oleh dua atau tiga siswa secara bersamaan, hal tersebut dapat menambah minat dan semangat siswa.

    Beberapa metode yang digunakan dalam kegiatan tersebut adalah
    Metode bermain, metode bernyanyi, metode tanya jawab dan metode pemberian tugas

  4. nama : haeriah suardi
    nim : 859535117
    prodi : S1 PAUD

    setelah menyimak video diatas tentang konsep pengenalan lambang bilangan sudah bagus membuat anak-anak aktif untuk dapat mengambil bola sesuai yang dikatakan ibu guru tetapi alangkah lebih bagus apabila ibu guru memperlihatkan dulu lambang bilangan 1- 10 sehingga anak-anak tidak menghayal jumlah yang dikatakan ibu guru. ibu guru juga mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya

  5. NAMA : CHUSNIATUS ZAHROH
    NIM : 857753547
    PRODI : PGPAUD/BI
    SEMESTER : II

    A. Identitas video yang saya saksikan :
    Judul video : Sulit mengenal konsep bilangan
    Pengembang video : Neti Hernawati
    Lokasi : Kelas
    Kelompok anak : TK

    Pembelajaran di usia dini merupakan proses belajar dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan tahapan usia anak. Video tersebut menggambarkan teknik yang ditempuh guru dalam mengenalkan konsep bilangan. Dalam video ini metode dan stimulasi yang diberikan oleh guru sudah tepat. Seperti saat anak diajak mengenal bilangan menggunakan benda konkrit dengan cara mengambil bola didalam keranjang secara bergantian, menyanyikan lagu dengan syair mengenai konsep bilangan, melakukan tepuk bilangan, memberikan lembar kerja dan memberikan anak tugas untuk memasangkan atau melingkari jumlah benda sesuai lambang bilangannya, meminta anak mengambil spidol sesuai dengan angka yang disebutkan guru dan memberikan penguatan bagi anak dengan memberikan stempel bintang ditangannya. Proses belajar yang menyenangkan seperti inilah yang sangat disukai anak, anak pun dapat dengan mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru.

    B. Dalam video tersebut guru sudah melakukan asesemen dan evaluasi secara langsung seperti ketika anak diminta mengambil bola dan spidol sesuai jumlah yang disebutkan guru, serta memberikan lembar kerja bagi siswa untuk memasangkan atau melingkari jumlah benda sesuai dengan bilangannya, dengan begitu guru dapat melihat dan megukur perkembangan setiap anak dalam memahami konsep bilangan.

    C. Menurut pendapat saya ada beberapa kekurangan dalam video tersebut, diantaranya:

    1. Sebaiknya saat kegiatan pembukaan, anak diajak ice breaking dulu, bertepuk tangan dan bernyanyi, melompat, menari dll. Dengan begitu anak akan merasa lebih fresh dan semangat dalam pembelajaran.
    2. Mungkin lebih baik juga jika guru menyediakan flashcard bergambar angka, dan anak di ajak meyebutkan dan menebak angka berapa yang ada dalam flashcard tersebut.
    3. Dalam video tersebut guru juga menggunakan bola warna-warni dan spidol warna-warni. Selain bisa digunakan sebagai alat mengenalkan konsep bilangan, bola dan spidol tersebut juga bisa digunakan mengenalkan warna pada anak.
    4. Selain alat peraga yang digunakan dalam video tersebut, guru juga bisa menggunakan jari dan anak bisa menebak berapa jumlah jari yang diperlihatkan oleh guru.
    5. Pada kegiatan penutup guru dapat melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai konsep bilangan yang diajarkan, bagaimana perasaan anak hari itu, dll.

    Menurut saya kelebihan dari video tersebut diantaranya :

    1. Guru sudah baik dan kreatif dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak didiknya menggunakan alat peraga yang ada.
    2. Dalam menyikapi siswa yang salah dalam mengambil bola, guru meminta anak mengambil bola kembali dengan lembut sehingga anak pun mau belajar lagi dan tidak minder walaupun dia sempat melakukan kesalahan.
    3. Pemberian apresiasi pada hasil karya anak berupa kata-kata positif dan reward pada anak dengan memberikan stempel bergambar bintang

  6. Nama:RASMI
    NIM 85937553
    Judul :anak sulit mengenal konsep bilangan

    Lokasi :kelas
    Kelompok :TK
    Pengembangan Vidio: Neri Hernawati
    Cara guru dalam mengenalkan bilangan sudah bagus karena guru menunjukan salah satu murid mengambil bola-bola kecil sambil menghitung naman anak anak yang lain akan mengenalkan bilangan sambil berhitung tetapi seharusnya guru terlebih dahulu mengajak anak anak bernyanyi baru di mulai berhitung.

  7. Nama : Ayu Dwi Lia Andriani
    NIM : 858750694
    Program studi: PGPAUD/BI
    Dalam video pengenalan bilangan cukup menarik , karena anak di ajak bermain , dan bernyanyi, dengan begitu anak akan merasa senang untuk belajar karena tidak tegang saat pembelajaran di dalam kelas, dengan memberikan lembar kerja dan melingkari bilangan dengan sejumlah angka yang ada pada gambar maka dengan sendiri nya anak akan hafal dan mengenal atau pun ingat dengan bilangan tersebut, karena anak melakukan 2 hal yaitu menghitung dan melihat.

  8. Nama: HENDRA P.S. MASNIDAR ZALUKHU
    NIM: 859874652
    Prodi: PGPAUD S1

    A.
    Judul video: Sulit mengenal konsep bilangan
    Nama pengembang video: Neti Hernawati
    Lokasi: Di dalam kelas
    Kelompok anak dalam video: TK
    Ringkasan materi dalam video:

    Dalam video itu terlihat guru sedang mengadakan pembelajaran untuk pengembangan kognitif anak terutama pada konsep bilangan. Kegiatan itu dilakukan secara individual.
    Kegiatan yang dilakukan anak, yaitu: mengambil bola yang ada di keranjang sesuai petunjuk dari guru, menyanyikan lagu dua mata saya, melakukan tepuk bilangan, melingkari lambang bilangan sesuai jumlah gambar, membagikan lembar kegiatan pada anak, serta memberikan penguatan yang berhasil mengambil sejumlah spidol sesuai perintah tanpa salah.

    B.
    Menurut saya pada video di atas sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi pada pembelajaran tersebut, yag mana guru memina anak mengambil bola sesuai jumlah yang diperintakahkan, kegiatan menyanyikan lagu dua mata saya sembari menunjukkannya, membagikan lembar kegiatan pada anak, serta memberi umpan balik yang baik terhadap anak yang masih kurang berkembang begitu juga terhadap anak yang mulai berkembang bahkan terhadap anak yang sudah berkembang.

    C.
    Menurut filosofi saya, yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran tersebut adalah metode awal pembelajaran. Yang mana, saya lihat anak terlihat kaku dan bahkan bosan menunggu giliran sebab jumlah anak yang lumayan banyak. Saya beranggapan, ada baiknya sebelum pembelajaran dimulai, guru mengadakan berupa ice breaking dengan tujuan membuat anak aktif berpikir. Caranya, menyuruh semua anak berdiri lalu melompat sesuai perintah dari guru. Hal ini juga bisa dilakukan jika pembelajaran berlangsung mengingat situasi kelas. Pembelajarannya pasti seru sebab metode awal sudah berjalan dengan baik.
    dan ketika pembelajaran berakhir, sebaiknya guru mengulang kembali pembelajaran yang sudah diajarkan dengan cara tanya jawab, supaya anak kembali mengingatnya lagi.
    Terima kasih.

  9. Nama : Miftakhul Ma’rifah
    Nim : 858751481
    Prodi : S1 PGPAUD-BI kota Madiun
    Dalam vidio yang saya lihat.menurut saya vidio ini bermanfaat bagi guru yang mengalami kesulitan dalam mengenalkan pada anak.vidio tersebut menarik karena mengenalkan konsep bilangan melalui bermain.bertepuk dan bernyanyi

  10. Menurut saya video tentang sulit mengenal konsep bilangan yaitu :
    _sebaiknya sebelum melakukan kegiatan diawal guru mengajak anak untuk melakukan pembukaan seperti berdoa dan bernyanyi agar anak senang melakukan kegiatan, aktif didalam pembelajaran serta suasana di kelas pun terlihat menyenangkan.
    _sebelum melakukan kegiatan pembelajaran , sebaiknya guru memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada anak sehingga ketika anak maju anak mampu dan paham untuk melakukan kegiatan tersebu.
    _dalam kegiatan tersebut masih ada ank yang kurang tertarik dalam melakukan kegiatan, dimana ada anak yang lagi asik ngobrol dengan yannya dan tidak memperhatikan temannya yang sedang melakukan kegiatan berhitung dengan media bola.
    _didalam melakukan kegiatan guru sudah menerapkan berbagai metode pembelajaran seperti mengajak anak bernyanyi lagu anak yg berkaitan dengan konsep bilangan, bertepuk tangan,berhitung sambil menggunakan bahasa inggris,mengajak anak bermain mengambil bola dalam keranjang sesuai dengan bilangan yang dsebutkan guru, memberikan dan menjelaskan tugas berupa lembar kerja..
    _guru juga memberi penguatan kepada anak berupa reward dengan memberikan stempel bintang di tangan, agar anak merasa senang.

Leave a Reply