silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama: Desi Maroatul Nafi’ah
Nim: 858850485
Program Studi: PGPAUD BI
a. judul: Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang : Netty Hernawati
Lokasi : dalam Kelas
Ringkasan: dalam vidio tersebut menceritakan tentang upaya seorang guru dalam mengenalkan konsep bilangan dengan permainan mengambil bola, tepuk dan unjuk kerja
b. dalam vidio tersebut sudah melakukan asessment, terlihat ketika guru meminta anak untuk mengambil bola sesuai dengan angka yang disebutkan guru dan dengan memberi lembar kerja. guru juga memberikan reward pada hasil kerja anak berupa stempel bintang dan tepuk tangan. dari sini guru dapat mengetahui apakah anak tersebut sudah mengetahui konsep bilangan atau belum
c. menurut saya vidio tersebut sudahlah bagus dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak didik, namun alangkah lebih baiknya jika ketika guru meminta anak mengambil bola selain menyebutkan angkanya guru juga menunjukkan lambang bilangan, mungkin bisa dengan guru menyebutkan angka sambil menunjukkan kartu angka bilangan tersebut.
nama: KHANIFATURROHMAH
NIM: 858732206
Jurusan : PG PAUD- SURABAYA
Identitas video:
Judul : Sulit Mengenal Konsep Angka
Nama Pengembang video : Neti Hernawati
Lokasi anak: dikelas PAUD
Ringkasan Materi :
1. Guru mengajak anak berhitung dengan cara mengambil sejumlah bola di dalam keranjang
2. Guru mengajak anak-anak untuk bernyanyi 2 mata saya dan bermain tepuk angka
3. Guru memberi lembar kerja kepada anak-anak agar bisa melihat sejauh mana kemampuan anak-anak
4. Guru memberi penghargaan kepada anak yang sudah mampu berhitung dengan baik dengan memberi stempel
Menurut saya guru tersebut sudah melakukan asesmen dengan memberi quiz sederhana kepada anak untuk mengetahui kemampuan setiap anak.
Dan evaluasi juga sudah dilakukan oleh guru dengan memberi lembar kerja kepada anak untuk mengukur kemampuan anak didiknya.
untuk proses pembelajaran tersebut menurut saya sudah baik dan perlu dipertahankan
Nama: Nafidatul Zuhro
Nim: 858162173
Pokjar: Tulangan
Prodi: S1 PGPAUD BI
A. Judul: Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Pengembang Video: Neti Hernawati
Lokasi: Ruang kelas
Kelompok: Anak Usia Dini
Ringkasan materi:
Dalam video tersebut seorang gurunyang mengenalkan konsep bilangan:
1. Pertama dengan mengajak anak-anak bermain mengambil bola sesuai dengan jumlah yang diperintahkan oleh guru
2. Guru mengajak anak-anak bernyanyi “Dua mata saya”
3. Bertepuk sesuai dengan angka yang diuacapkan oleh guru.
Kegiatan tersebut merupakan kegiatan awal yang menarik bagi anak-anak sebelum belajar tentang konsep bilangan, karena dengan bermain dan bernyanyi anak-anak akan merasa senang.
B. Guru pada video tersebut sudah melakukan asesmen dan evaluasi yaitu pada kegiatan anak-anak diajak berhitung dan mencocokkan bilangan pada lembar kerja.
Kemudian anak-anak juga diajak menghitung banyak spidol.
C. Menurut saya, hal yang perlu diperbaiki dalam video tersebut yaitu pada saat guru mengucapkan jumlah bola yang akan diambil oleh siswa sebaiknya jangan menggunakan bahasa inggris atau indonesia, lebih baik kita gunakan 1 bahasa terlebih dahulu supaya anak-anak tidak bingung.
Ketika bermain bola, sebaiknya dibuat bentuk kelompok agar semua anak ikut dalam kegiatan tersebut.
Terima kasih
a.judul : anak tidak dapat membedakan huruf yg sama
Lokasi: di dalam kelas
Kelompok anak : 4 tahun
Ringkasan materi : anak yg menulis huruf terbalik dan memiliki kesulitan membedakan beberapa huruf b,d dan p karena memiliki kemiripan dalam bentuk .di dalam video tersebut diberikan beberapa cara mengatasi anak menulis huruf terbalik .
b. Dalam video tersebut guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini .contohnya: guru mengajak anak untuk menuliskan huruf diudara,mengajak anak satu persatu untuk menuliskan huruf – huruf yg memiliki kemiripan seperti huruf b, huruf d,huruf p,
C. Menurut saya ada sedikit yg harus diperbaiki guru adalah cara guru memberikan pembelajaran masih kurang aktif ,belum memberikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan
Pendapatannya tentang pembelajaran.
Amanda Asri Istaniyah
858738292
PGPAUD BI
Pokjar Waru
Identitas Video
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang Video : Netti Hernawati
Lokasi : di dalam kelas
Kelompok Anak : TK B
Ringkasan Materi :
1. sebelum memulai tugas pada anak, guru dapat :
– mengajak anak membilang dengan permainan lagu dan tepuk
– guru memberikan tugas berupa lembar kerja, yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan
melingkari benda sesuai lambang bilangan
2. memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil benda sesuai dengan jumlah tanpa
salah berupa stampel atau bintang
Guru dalam video sudah menerapkan prinsip evaluasi dan asesmen yaitu komprehensif, kesahihan, obyektif dan bermakna.
Yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang guru lakukan pada video tersebut adalah :
menambah kegiatan yang bisa menarik daya minat anak untuk mau belajar mengenal bilangan, semisal dengan kegiatan yang anak sukai (menggunakan gambar atau gerak dan lagu yang berkaitan dengan konsep bilangan)
Nama : Christanty Tamasoleng
NIM : 859010086
Prodi : PGPAUD
Judul : PAUD5 Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Ringkasan:
Video ini menceritakan seorang guru yang sedang mengajarkan muridnya tentang konsep bilangan dengan cara meminta anak didiknya mengambil bola di dalam keranjang secara bergantian sesuai dengan arahan dan perintah dari guru sambil bernyanyi yang berkaitan dengan konsep bilangan yaitu lagu “Dua mata saya”
pada akhir kegiatan guru memberikan penguatan dengan memberikan reward berupa stempel bintang bagi anak yang berhasil mengambil sejumlah spidol sesuai dengan jumlah yang diminta oleh guru.
– guru tersebut sudah menerapkan asesmen dengan meminta anak untuk menghitung jumlah gambar dan mencocokkannya dengan simbol bilangan, dan guru sudah dengan cepat mencatat setiap perkembangan dari anak didik.
Nama :Indah Haryanti
NIM : 857155509
PG PAUD-Jakarta
a. Judul : sulit mengenal konsep lambang bilangan
pengembang : Netty Hernawati
tempat : di dalam kelas
kelompok anak : 5-6 tahun
Ringkasan materi dalam video ini: guru melakukan beberapa kegiatan untuk materi mengenal konsep bilangan:
1. bermain bola sesuai jumlah
guru memberi kesempatan kepada anak secara bergantian untuk mengambil bola dalam keranjang sesuai dengan dengan jumlah yang disebutkan oleh guru. lalu memberi kesempatan untuk sama-sama menghitung jumlahnya.
2. bernyanyi lagu jumlah anggota tubuh
3. melakukan tepuk angka
4. lembar kegiatan (menghitung gambar benda, lalu melingkari angka yang sesuai dengan jumlah gambar tersebut)
b. dalam video ini, guru telah melakukan asesmen yaitu memberi kesempatan kepada masing-masing anak untuk melakukan sesuai perintah mengenai konsep bilangan. lalu guru menjelaskan apabila ada jumlah bola yang belum sesuai.
guru juga telah memberi apresiasi berupa stempel bintang bagi anak yang telah menguasai konsep bilangan.
c. menurut pendapat saya, sudah banyak variasi kegiatan yang diberikan untuk anak dalam mengenal konsep bilangan, tetapi akan lebih menarik lagi apabila di lakukan secara interaktif, tanya jawab dan secara bermain langsung di luar kelas, karena anak akan lebih berkompetisi dan lebih menyenangkan.
dan bisa lebih menarik apabila mengunakan media gambar atau bilangan yang berwarna sehingga anak akan lebih menarik kepada konsep bilangan.
Nama : Sri Mardiasih
Nim : 856792822
Menurut saya apa yang sudah dilakukan oleh guru dalam video di atas sudah cukup bagus. Sebelum pemberian tugas Guru terlebih dahulu mengajak anak membilang dengan melakukan berbagai permainan lagu dan tepuk. Namun pada kegiatan pembelajaran kegiatan masih berfokus di guru bukan di anak. Penilaian dan asesment sudah dilakukan. Guru memberikan penguatan kepada anak yang sudah berhasil mengerjakan tugas dengan pemberian reward berupa stempel Bintang.
Nama : Chalilatul Ulya
Nim : 859505368
Prodi : PG PAUD
Ringkasan materi video :
Dalam video yang saya lihat guru sudah bagus dalam mengenalkan konsep bilangan. Dalam permainan pengambilan bola guru tidak memberikan bentuk angka yang diperintahkan kepada anak, kemudian dalam video ada satu anak yang bingung dengan perintah guru untuk mengambil 7 bola tetapi disaat anak belom selesai sudah dipanggil untuk mengumpulkan kedepan. Terlihat si anak sebenarnya dia hanya bingung untuk membawanya jika 7 bola yang diambil.
Selanjutnya guru menggunakan lembar kegiatan yang dikerjakan anak agar dapat menambah peningkatan pemahaman mengenal bilangan.
Guru pun memberikan reward agar anak termotivasi untuk bisa dan percaya diri dalam menyelesaikan perintah dari guru.
Nama : RIFDA WAHYUNI
NIM : 858162879
PRODI : PGPAUD BI
JUDUL VIDEO : ” Sulit mengenal konsep angka ”
Dalam video yang saya amati bagaimana mengatasi anak yang sulit mengenal konsep angka yaitu :
1. Guru memberikan motivasi belajar dengan menyanyi “dua mata saya ” untuk mengenal konsep angka di awal pembelajaran.
2. Guru mengajak anak untuk melatih kosentrasi dalam belajar dengan memberi macam2 tepuk angka sehingga melatih anak dalam berkonsentrasi serta melatih motorik kasar anak dalam menggerakkan jari2 tanganya.
3. Guru menggunakan media yang ada disekitar antara lain bola, gambar bintang, gambar pensil, dan spidol.
4. Guru memberi kesempatan untuk anak lebih berani tampil dengan mengambil bola yg sesuai dengan intruksi dari guru meskipun dengan sedikit bantuan guru.
5. Guru memberikan lembar kerja sehingga anak mampu lebih memahami konsep angka dengan cara menghitung jumlah benda dan melingkari jumlah angkanya.
6. Guru juga memberikan reward / penilaian kepada anak yang sudah antusias dan mampu memahami konsep angka dan tidak memgalami kesulitan lagi dengan memberikan stempel bintang pada tangannya.
7. Guru juga bisa melakukan asesmen terhadap masing- masing anak melalui kegiatan pembelajaran yaitu mau menunggu giliran, mau bertanya, mengerjakan tugas tepat waktu.
Jadi menurut saya apa yang sudah diberikan oleh guru didalam video sudah mengatasi masalah sulit memgenal angka namun alangkah baiknya juga dikenalkan macam – macam bilangan 1-10 terlebih dahulu melalui gambar, kartu angka atau pun nyanyian dan anak juga di berikan pemahaman cara menghitung menggunakan jari tangan.