silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Salam Sehat dan Ceria
izin Mengisi Forum Diskusi,
Nama Saya : Putu Rina Ratna Yanti
NIM : 859029993
Prodi : PG PAUD
Setelah Mencermati Video Pembelajaran Anak Sulit mengenal bilangan, cara guru menyampaikan dan memilih metode pembelajaran sudah asik dan bagus. Hanya saja dalam pemilihan Alat peraga, seperti bola, bisa memilih bola atau benda yang lebih kecil sehingga anak-anak tidak mengalami kesulitan ketika memegang dan memindahkan bola. Atau apabila tidak ada bola yang lebih kecil bisa memberikan anak-anak wadah untuk mengambil dam membawa bola. Jadi mungkin dalam mempersiapkan Rencana Pembelajaran pemilihan media atau Alat Peraga juga lebih diperhatkan lagi. Ketika mengenalkan bilangan melalui lagu alangkah baiknya anak-anak diajak dulu untuk melakukan sesuatu agar perhatiannya tetap kepada guru, dan anak-anak diajak pelan-pelan untuk ikut serta bernyanyi, sehingga semuanya terlibat. Misalnya sebelum memulai lagu ajak anak-anak untuk menyentuh hidung, dan memberitahukan hidung itu satu, dan seterusnya. Saat pemberian tugas sebelum pemberian tugas berikan anak-anak kesempatan untuk mengenal bilangan dengan menghitung tangan terlebih dahulu. sehingga mereka terbiasa melakukan mulai dari hal yang sederhana. Penguatan dan pemberian Reward sudah sangat baik. suasana kelas juga sudah terlihat cukup menyenangkan. atensi anak tidak semuanya teralihkan.
Terima Kasih Semoga semua selalu dalam keadaan sehat. Tetap Semangat Semua Guru Paud 🙂
Nama : ISNA RONDHIA
NIM : 857673955
Jurusan : S1 PGPAUD
Menurut pendapat saya setelah menonton video yang dilakukan guru dalam pengembangan bidang kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak.
1. alat peraga yang digunakan oleh guru dalam mengenalkan konsep bilangan berupa yaitu, hal ini sudah tepat karena anak menghitung jumlah bola yang harus diambil sesuai perintah guru.
2. selain bola untuk meningkatkan anak untuk mengenal konsep bilangan adalah dengan cara memberikan kartu huruf secara acak, kemudian itu guru dapat menyebutkan angka sesuai urutan 1-20 dan anak yang mendapatkan kartu angka tersebut akan maju kedepan kelas sesuai angka yang ia dapatkan. kemudian, guru juga dapat menyuruh anak tersebut untukmengambik barang yang telah disediakan oleh guru sesuai angka didalam kartu yang ia dapatkan.
3. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut sudah cukup baik dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak, dan pemberian reward kepada anak dalam bentuk pemberian stempel bintang pada anak yang melalukan tugasnya dengan benar juga merupakan hal penting untuk memberikan semangat kepada anak dalam belajar mengenal konsep bilangan.
4. hambatan yang dialami oleh guru adalah disaat mengenalkan konsep bilangan masih ada beberapa anak yang kurang fokus, main sendiri. jadi guru dapat menambahkan dengan kegiatan bernyanyi tentang konsep bilangan, atau menggunakan media yang lebih menarik minat anak sehingga anak lebih dapat fokus dan semangat belajar mengenal konsep bilangan.
Sri Wahyuni 857231734
Ijin menanggapi video kognitif tentang pengenalan konsep bilangan. Dalam video tersebut guru sudah kreatif dalam menggunakan metode atau cara pembelajaran yang bervaeiasi dari mulai menggunakan teknik praktek langsung menghitung jumlah bola yang diambil, tehnik menyanyi lagu jumlah menghitung jumlah anggota tubuh dan melalui kegiatan bertepuk tangan sesuai intruksi dari guru dan yang terakhir melalui kegiatan mengerjakan lembar kerja peserta didik menebalkan dan menghitung jumlah gambar …saran dari saya untuk Guru dalam video tersebut adalah
1.Guru belum menggunakan tehnik permainan untyk mengenalkan konsep bilangan , kita bisa menggunakan permainan monopoli dan ular tangga.
2.Guru belum menggunakan contoh dalam kehidupan sehari-hari untuk pengenalan konsep bilangan misalnya Guru meminta anak- anak menghitung jumlah pensil yang dimiliki masing-masing anak .
3.Guru belum menggunakan alat peraga untuk pengenalan konsep bilangan misalnya menggunakan puzzle angka dan lain sebagainya.
Nama :Irma Nadiah
NIM : 858725232
Program :PG -PAUD
Menurut pendapat saya setelah melihat video yang ditayangkan, guru sudah membuat kegiatan yang menarik, menyiapkan bahan yang akan digunakan dalam pembelajaran membilang dengan benda, mengenalkan dengan menyanyi/lagu. Untuk lebih membuat siswa tertarik mengikuti kegiatan guru boleh mengembangkan dengan metode yang lebih menarik, misalnya:
1. anak diajak bermain/ game memindahkan bola sebanyak 5 dari nampan A ke nampan B,sehingga anak yang aktif dapat mengikuti dengan fokus,karena anak cenderung aktif bergerak(kinestetik).
2. Menyiapkan media yang lebih menarik yang melibatkan seluruh anggota badan anak seperti melintasi banner angka sambil melompat dll.
Banyak cara ataupun strategi yang dapat digunakan guru untuk memaksimalkan pembelajaran dengan melihat karakter siswa didalam kelas supaya tujuan pembelajaran tercapai sesuai harapan guru.
Nama : Ni Made Nining
NIM : 859010009
UPBJJ : 77/Denpasar
Pada video di atas, cara guru menjelaskan kepada anak sudah bagus dengan menyuruh anak mengambil bola, lalu anak disuruh menghitung bola sesuai dengan jumlah yang di perintah, secara langsung guru juga mengenalkan bermacam-macam warna pada bola tersebut dan guru juga mengajak anak bernyanyi dan bermain tepuk, setelah itu guru memberikan tugas yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anak tentang apa yang telah diberikan tadi oleh guru. Setelah itu guru memberikan reward kepada anak dengan memberi bintang kepada anak agar anak-anak lebih semangat lagi belajar.
Nama :Lia Rovika Br Hutabarat
Nim : 856087861
Prodi : BI PGPAUD _ S1
-Menurut pendapat saya setelah saya melihat vidio mengenai “anak sulit mengenal konsep bilangan ” cara guru dalam mengajarkan anak dalam mengenal konsep bilangan sudah baik, disini cara guru mengajar sudah kreatif, menarik dengan cara bernyanyi dan bertepuk tangan, guru memperkenalkan konsep bilangan kepada anak, dengan menggunakan benda seperti bola dan dengan memberikan peguatan konsep bilangan seperti mengerjakan tugas pada lembar kerja dengan cara melingkari angka sesuai jumlah benda, kemudian guru memberikan reward kepada anak dengan menggunakan stempel yang berbentuk bintang
pada tangan anak, sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan menyenangkan.
Nama : Hanna Larose
Nim : 856087854
Prodi : BI PG PAUD-S1
Menurut pendapat saya mengenai tanyangan video pada pembelajaran “sulit mengenal konsep bilangan” ialah bagus, dimana guru telah melakukan pengenalan konsep bilangan dengan menggunakan berbagai cara atau teknik, seperti:
1. Guru mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan bola, dimana anak di suruh mengambil bola sesuai angka yang sebutkan oleh guru, setelah itu bola tersebut dihitung bersama-sama, apakah jumlah bola sudah sesuai dengan angka yang ibu guru sebutkan.
2. Guru Mengenalkan konsep bilangan melalui bernyanyi, “Dua Mata Saya”
3. Guru mengenalkan konsep bilangan melalui “Tepuk-Tepuk”
4. Guru juga membuat afirmasi/penegasan mengenai konsep pengenalan angka dengan memberikan tugas kepada anak, yaitu melingkari angka sesuai jumlah gambar benda yang ada pada lembar kerja.
NAMA : ROSYIDA DWI MULYA
NIM : 858857542
Pada video diatas, tentang perkembangan kognitif “dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan”, Menurut saya cara atau upaya guru untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sudah bagus, guru mengajak anak melakukan pengenalan bilangan dengan cara bernyanyi, tepuk, dan bermain, sehingga anak tidak mudah jenuh dalam kegiatan. Media pembelajaran yang digunakan pun cukup disukai oleh anak-anak, selain dapat mengenalkan konsep bilangan pada anak, dapat juga mengenal macam-macam warna pada bola. Dalam memberikan tugas pun guru mencontohkan atau menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara mengerjakan tugas dengan baik dan benar.
Guru juga memberikan apresiasi atau reward pada anak yang berhasil mengambil bola atau spidol sesuai dengan bilangan yang disebutkan oleh guru, berupa pemberian stempel bintang ditangannya.
NAMA : Yosi Nur Pramita
NIM : 857847026
Menurut saya dalam vidio tersebut dengan judul sulit mengenal konsep bilangan guru dalam mengenalkan angka/bilangan pada anak sudah sangat baik dimana guru tersebut dalam mengenalkan angka sudah menggunakan berbagai metode seperti dengan bermain,juga dengan bernyanyi selain itu guru juga mengajak anak untuk tepuk dalam mengenal bilangan . Sehingga dengan begitu anak akan lebih mudah dalam menerima pelajaran dan juga anak tidak akan cepat merasa bosan dan lebih meneyenangkan selama belajar. Selain itu guru tersebut juga memberikan reward pada anak yang berhasil dalam mengambil pensil sesuai dengan jumlah yang diperintahkan guru dengan memeberikan stempel bintang,dengan reward tersebut anak akan lebih termotivasi dalam belajar.
nama : SEFTINA DWI RAHAYU
NIM: 858733208
Menurut pendapat saya dalam video sulit mengenal konsep bilangan memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. dalam tayangan tersebut guru menggunakan benda nyata bola , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat nyata dan menarik karena anak diajak untuk bernyanyi dan bertepuk sambil berhitung. selain itu guru juga menggunakan 2 bahasa yang bisa dimengerti anak dan membuat anak belajar dan guru memberikan tugas kepada anak untuk mengetahui sejauh mana pengenalan konsep bilangan yang diketahui anak dan dengan memberikan reward berupa bintang kepada anak akan membuat anak semakin giat lagi untuk belajar.