silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Roida Silaban
NIM : 856062781
Mata Kuliah : Pematapan Kemampuan Proofesional
Tugas Partisipasi 2
1. Bagaimana reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Jawaban : Anak – anak merasa senang, karena mereka belajar mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media bola.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban : kelemahan guru tersebut adalah kurang memperhatikan semua anak sehingga ada anak yang saling bercerita dengan temannya sehingga tidak mendengarkan dan memperhatikan gurunya Ketika mengajar.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Jawaban : Kelebihan guru tersebut adalah Ketika guru mengajar, sudah menggunakan media belajar agar mudah dipahami oleh anak – anak. Guru mengajarkan anak bernyanyi dan bertepuk untuk mengenal konsep bilangan, dan guru memberi Latihan kepada anak – anak agar anak tersebut dapat memahaminya langsung.
4. Hal – hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
– Guru membuat media belajarnya.
– Guru melakukan kegiatan bermain, bernyanyi dan bertepuk untuk mengenal konsep bilangan.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
– Lebih banyak menggunakan media belajarnya dalam mengenal konsep bilangan seperti media kantong Ajaib.
– Memberi tambahan pelajaran bagi anak yang sulit mengenal konsep bilangan.
Nama : Roida Silaban
NIM : 856062781
Mata Kuliah : Pematapan Kemampuan Profesional
Tugas Partisipasi 1
Video pembelajaran dalam mengenal konsep bilangan didalam video tersebut adalah anak – anak merasa senang karena mereka belajar mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media bola. Ketika guru mengajar, sudah menggunakan media belajar agar mudah dipahami oleh anak – anak. Guru mengajarkan anak bernyanyi dan bertepuk untuk mengenal konsep bilangan, dan guru memberi Latihan kepada anak – anak agar anak tersebut dapat memahaminya langsung. Dan guru pun memberikan reward kepada anak – anak untuk memberikan semangat kepada mereka.
Nama : Nailal Husni
NIM : 857351598
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : Bogor
Menurut pendapat saya video yang dilakukan guru dalam pengembangan bidang kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak, cukup baik dan menarik.
Agar lebih tepat dan lebih menarik lagi sebaiknya guru melakukan kegiatan membilang terlebih dahulu.
Setelah itu anak dikenalkan bentuk atau simbol lambang bilangannya.
Setelah anak melalui proses itu semua, maka dilanjutkan dengan kegiatan mengenal konsep bilangan.
Sebaiknya guru mencontohkan terlebih dahulu caranya, yaitu ketika guru menyebut angka 3 berarti bola yang diambil guru 3 atau ketika guru menyebut angka 4 berarti bola yang diambil guru 4.
Setelah guru memberikan contoh kegiatan bermain bola untuk mengenal konsep bilangan ini, barulah guru meminta anak untuk mengambil bola sesuai angka yang disebutkan guru. Ketika guru menyebutkan angka 4 maka bola yang diambil anak adalkah 4 dan untuk angka 7 maka bola yang diambil adalah 7
Guru dalam video tersebut sudah melakukan kegiatan mengenal konsep bilangan dengan cara yang menarik dan menyenangkan yaitu melalui permainan (permainan bola), sehingga anak antusias dalam melakukannya.
Dan media yang digunakanpun sudah baik dan konkret sehingga anak tertarik dan terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.
Menurut pendapat saya dalam video pembelajaran tersebut guru sudah melaksanakan pembelajaran secara terurut.Guru memulai pembelajaran dengan apersepsi dan menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan di laksanakan.Metode yang di gunakan dalam pembelajaran tentang mengenal bilangan sudah tepat,guru memulai dari sebuah permasalahan yang kemudian menuju pada solusi atau pemecahan masalah dan menemukan permasalahan anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal bilangan.Dari hal tersebut guru bisa menganalisis penyebab anak mengalami kesulitan mengenal bilangan dan sekaligus menemukan teknik atau solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Saya Elsy Aprita Pratiwi NIM : 857724363 Prodi : FKIP PG PAUD.
Disini saya akan memberikan komentar untuk video diatas.
Pada video diatas terdapat kelebihan dan kelemahan nya sebagai berikut :
untuk KELEBIHANnya yaitu 1. Seorang Pendidik yang mengenalkan konsep bilangan kepada Anak Usia Dini cara nya sudah sesuai yaitu dengan mengajaknya Bernyanyi dahulu,mengajak ice breaking tepuk. 2. Pendidiknya sudah bagus dengan mengajak anak didiknya untuk belajar berhitung dengan bermain ambil bola, sehingga anak secara kognitif akan mengambil bola sekaligus menghitungnya. 3. Pendidik cara nya mengenalkan konsep bilangan , angka dan berhitung dengan gambar dan juga dengan melatih kepercayaan diri anak untuk maju ke depan mengambil jumlah spidol dengan bilangan yang di maksud guru.
Dengan begitu, anak akan berfikir secara kritis dan mengasah kemampuan mengingatnya.
KELEMAHANNYA yaitu Pendidik mengajarkan anak hanya dengan duduk, anak tidak diajak berdiri bersama sama saat pembukaan menyanyi,ice breaking. Karena dengan anak-anak semua berdiri melakukan ice breaking dan bernyanyi bersama, maka akan menambah semangat anak dalam belajar konsep bilangan. Pendidik juga seharusnya mengenalkan anak dengan mengajak membentuk angka dengan bahan alam, misalnya dengan bermain Plastisin,dengan kancing baju yang dibentuk membentuk angka,dll
Menurut saya penyampaian guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak sudah bagus, dengan cara bernyanyi dan tepuk-tepuk, juga menggunakan alat peraga berupa bola dengan cara menyuruh anak untuk mengambil bola sesuai dengan jumlah yang diperintahkan guru. Secara teknik guru juga Sudah baik, yaitu dengan cara membilang, bertepuk, bernyanyi.
Guru juga memberi penguatan dengan cara memberi stempel bintang pada anak yang berhasil.
Nama : SITI NUR HIDAYATIN
NIM : 858169929
Prodi : BI PG PAUD
Judul : Sulit Menegenal Konsep Bilangan
Lokasi : Sekolah TK
Pengembang Naskah : Netti Hernawati
Menurut saya dalam video tersebut guru sudah melakukan kegiatan pengenalan konsep bilangan sudah bagus. guru melakukan kegiatan tersebut dengan cara
– Mengajak anak bermain bola dengan konsep meminta anak untuk mengambil bola sesuai perintah
– Mengajak anak untuk bernyanyi dan bertepuk sesuai dengan bilangan.
– Guru juga mengajak anak untuk menghubungkan atau memasangkan jumlah gambar sesuai dengan bilangannya
– Memberi Reward pada anak yang bisa menyelesaikan tugas dengan benar dan baik
Namun ketika guru meminta anak untuk mengambil bola dengan bahasa inggris saya rasa anak belum memahami dan masih terlihat bingung sehingga anak masih kurang saat mengambil bola. karena bahasanya dicampur antara bahasa indonesia dan inggris alangkah baiknya jika memang anak masih belum memahami perintah kita menggunakan bahasa yang dipahami anak saja, meskipun dalam video guru juga menyebutkan kalau seven itu tujuh. Namun selebihnya guru sudah cukup bagus dalam menstimulasi anak-anak sehingga anak-anak dapat belajar dengan menyenangkan
Nama : elok alwiyah
Nim : 858170654
Dalam Vidio tersebut metode yang di gunakan guru sudah sesuai dengan metode ana paud yaitu belajar sambil bermain serta anak di ajak bernyanyi beterpuk tangan . anak anak jadi lebih tertarik dan berkesan serta mudah untuk menangkap pembelajaran tersebut . Bisa juga di tambahi dengan menggunakan kartu huruf di berikan kepada anak .
Assalamualaikum.wr.wb
Nama: Migatilo Nena Sekanda
NIM: 858849394
Prodi: PG PAUD BI
Semester : 2
Pokjar: Amanah Blitar
Mohon ijin berpendapat, masalah konsep bilangan memang sering saya temui di kelas saya. Saya sangat setuju dengan cara yang di praktekkan dalam video tersebut karena cara tersebut dapat membantu anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan akan sangat membantu anak dalam proses mengenal konsep bilangan. Cara tersebut sangat menyenangkan bagi anak dan menjadikan anak semangat belajar melalui bermain. Dan akan mendorong anak untuk maju dan mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.
Terima kasih.
NAMA : HELMINA
NIM : 858450064
PRODI : 121 / PGPAUD-S1 BI SMT 2
POKJAR : GROGOT SUKSES
UPBJJ : SAMARINDA
Assalamu’alaikum.wr.wb
Saya akan menanggapi video mengenai “anak sulit mengenal konsep bilangan”
Metode yang dilakukan guru untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak didik menurut saya sudah tepat. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru agar anak dapat mengenal konsep bilangan.
1. Diawali dengan guru mengajak anak bermain bola. Guru meminta anak untuk mengambil bola sesuai jumlah yang diperintahkannya, setelah berhasil mendapatkan bola,guru bersama anak-anak menghitung bola tersebut.
2. Kegiatan kedua, guru mengajak anak bernyanyi yang mengandung konsep mengenal bilangan yaitu lagu “dua mata saya”. Cara ini juga bagus untuk melatih anak mengenal bilangan. Anak akan mengikuti perintah lagu,seperti memegang kedua mata.
3. Kegiatan ketiga, guru mengajak anak melakukan tepuk sesuai ucapan guru. Jika guru berkata “tepuk satu”, maka anak-anak akan bertepuk 1 kali,begitu seterusnya. Hal ini juga dapat melatih daya konsentrasi anak saat mendengar perkataan guru.
4. Guru menggunakan lembar kerja dalam mengenalkan konsep bilangan. Terlebih dahulu guru mengajak anak untuk menghitung jumlah gambar yang ada pada lembar kerja. Tugas anak adalah memilih dan melingkari angka yg tepat dan sesuai jumlah gambar yang telah dihitung.
Semua kegiatan yg dilakukan guru pada video sudah tepat. Dan diakhir kegiatan guru memberikan penguatan kepada anak yg bisa melakukan kegiatan yg diperintahkan guru dengan baik. Hal ini sangat bagus, karena anak merasa dihargai kerja kerasnya dalam belajar, serta menjadi motivasi bagi anak-anak lain untuk belajar dengan tekun.
Akan tetapi, menurut saya ada beberapa kekurangan dari kegiatan diatas:
1. Pada saat anak mengambil bola,sebaiknya guru menyediakan wadah agar anak lebih mudah menaruh bola-bolanya.
2. Saat anak perempuan menerima spidol dari guru,anak itu menggunakan tangan kiri. Sebaiknya guru menanamkan karakter kepada anak, jika sikap itu tidak sopan.
demikian pendapat saya tentang video tersebut diatas..
terimakasih
Wassalamu’alaikum.wr.wb