silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : JUMRIATI
Nim :859402328
Program Studi : PGPAUD
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarahkatu
Menurut saya pada video tersebut cara guru mengenalkan konsep bilangan keada anak sudah tepat dengan melakukan kegiatan bermain dan nyanyian yang berkaitan dengan konsep bilangan, dengan itu anak akan lebih mudah memahami konsep bilangan. dan mengajak anak mengenal konsep bilangan dengan memberikan anak lembar kegiatan agar anak melingkari lambangbilangan.
Nama : Anik
NIM : 858180544
prodi : PG PAUD
menutut pendapat saya pembelajaran di atas tentang mengenal konsep bilangan sudah bagus, anak dikenalkan konsep bilangan dengan bermain bola,dengan tepuk, dengan pemberian tugas dan juga reward bagi anak-anak yang berhasil mengerjakan tugas membuat anak lebih bersemangat dalam belajar.
sedikit masukan untuk mengenal konsep bilangan menggunakan bola pada keranjang bisa menggunakan wadah sebagai tempat bola untuk anak ketika mengambil bola, tadi saat anak disuruh mengambil bola sebanyak 7 tangannya tidak cukup. juga bisa di wadah itu di beri angka 4 , sehingga anak-anak juga bisa mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan
Nama: Nur Kholifah Ika Wulandari
NIM: 858180211
Program Studi: S1 PGPAUD
Judul: Sulit Mengenal Konsep Bilangan
1. Dari penjelasan isi video yang saya simak tersebut metode pembelajaran sambil bermain yang diterapkan oleh guru tentang seorang guru yang memberikan kegiatan belajar agar anak melakukannya dengan perasaan senang, Media dan alat peraga yang disediakan guru cukup baik sehingga anak-anak mampu melakukan kegiatan, bisa memahami dengan mudah mengenai konsep bilangan kepada anak didiknya dengan cara meminta salah satu siswa (boy and girl) bergantian mengambil bola di dalam keranjang dengan jumlah yang ditentukan secara bergantian sesuai dengan perintah guru, kemudian bernyanyi yang syairnya mengenai konsep bilangan yaitu lagu “Dua Mata Saya” menggunakan anggota tubuh secara nyata untuk berhitung. Selain itu guru juga memberikan lembar kegiatan siswa dan meminta siswa untuk memasangkan benda dengan lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya. Ada juga melakukan permainan tepuk bilangan. Pada akhir pelajaran guru melakukan penguatan kepada siswa yaitu jika siswa berhasil mengambil sejumlah spidol yang diperintahkan dapat hadiah berupa pemberian stempel bintang di tangan.
2. Guru tersebut sudah menerapkan prinsip asesmen dengan guru meminta anak menghitung gambar dan mencocokannya dengan simbol bilangan, dengan begitu guru dapat melakukan pencatatan perkembangan setiap anak dalam memahami konsep bilangan. Guru juga sudah memberikan penilaian berupa bintang yang distempel pada tangan anak dan mengajak tepuk tangan kepada teman-teman nya kepada anak yang maju di depan. Reward yang guru berikan kepada anak adalah sebagai bentuk bahwa anak telah berhasil melakukan kegiatan dengan baik.
3. Namun, sebaiknya guru memberikan contoh atau memberikan stimulus terlebih dahulu kepada anak agar kegiatan yang akan dilakukan dapat diterima dengan fokus oleh anak-anak. Selain itu kegiatan berhitung sambil bernyanyi dan tepuk sebaiknya dilakukan sambil berdiri agar anak dapat mengekspresikan gerakan sesuai dengan lagu dan tepuk dengan sangat antusias.
4. Dalam memberikan alat peraga boleh juga dengan menyusun mainan hingga membuat sendiri peralatan yang akan dipakai bermain, dengan diberi beberapa pilihan membuat kreasi akan meningkatkan daya imajinasi anak. Misalnya menggunakan balok untuk menyusun jumlah tingkat gedung. Anak yang terbiasa terlatih tumbuh kembangnya tentu memiliki daya imajinasi dan kreativitas yang baik.
5. Pada saat pembukaan pelajaran guru sangat disayangkan langung mengajak anak -anak masuk ke materi, lebih baik ajak anak-anak untuk bernyayi atau ice breaking yang mengarah pada materi tersebut. Namun pada saat kegiatan belajar, ketika guru sedang menerangkan banyak anak yang kurang fokus, sebagian anak masih asyik dengan dirinya sendiri. Ketika masuk pada materi pembelajaran guru belum bisa menguasai kelas ada anak -anak yang masih ngobrol sendiri sehingga mereka tidak memperhatikan teman yang maju untuk menghitung bola. Kemudian biarkan anak menyelesaikan tugasnya kemudian ditanyai sudah benar kah?sudah selesai mengambilnya?karena tampak ada satu anak yang mau mengambil bola ke 7 namun belum sempat ambil, guru tersebut sudah menyuruhnya berhenti dan melanjutkan kegiatan berikutnya. Hal tersebut membuat anak gagal paham dalam berhitung, sebaiknya guru lebih berhati – hati dan lebih sabar dalam mengenal kepribadian anak.
6. Media dan alat peraga sudah cukup baik dan mudah dikenali sehingga anak dapat mengerjakan dan mengisi angka atau bilangan dengan benar, sebaiknya pada saat mengambil bola dan menghitung pensil anak diberikan tempat (wadah) agar memudahkan anak untuk mengelompokan berapa bola yang harus diambil, supaya tidak kerepotan untuk menghitung jumlah benda yang diambil.
7. Ada baiknya guru pendamping tidak hanya diam, seharusnya membantu mengatur tempat duduk sehingga anak – anak yang senang ngobrol sendiri dapat dipindah duduknya dengan teman yang lain
nama : meril widya agustin
nim: 858949637
prodi:PGPUD
assalamualaikum wr.wb, menurut saya pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada anak dalam video tersebut sangat baik dan sangat mudah dimegerti atau dipahami oleh anak ,dalam kegiatan tersebut guru mengajak anak untuk mengenal konsep bilangan dengan beberapa cara contohnya dengan bermain bola, menyanyi ,bertepuk tangan dll. kegiatan pembelajaran tersebut juga dapat membuat anak lebih giat atau semangat untuk belajar karena pembelajarannya dengan cara bermain .kegiatan tersebut dapat mengatasi masalah anak sulit mengenal konsep bilangan.
Nama: Sri Muliyati
NIM: 858179184
PRODI: PGPAUD BI
Video: Sulit mengenal konsep bilangan
Dalam kegiatan pembelajaran yang diperlihatkan dalam video tersebut menurut saya guru sudah melakukan pembelajaran dengan berbagai metode yang menyenangkan dalam mengenalkan konsep bilangan. Mulai dari kegiatan awal berhitung 1-10, kemudian membilang dengan tepuk dan lagu, dan dilanjutkan dengan permainan mengambil bola sesuai jumlah yang diinstruksikan.
beberapa hal yang menjadi catatan saya adalah:
– Kelebihan :
1. metode pengenalan konsep yang guru gunakan sudah baik, yaitu dengan membilang benda yang ada di sekitar, bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri dan juga bermain tepuk.
2. guru mengajak anak menghitung jumlah bola yang telah diambil, dan mengajak anak-anak yang lainnya untuk mengevaluasi apakah sudah sesuai dengan instruksi yang sudah disampaikan guru.
3. sebelum memberikan lembar kerja kepada peserta didik, guru menjelaskan terlebih dahulu untuk memberikan pemahaman awal atas tugas yang akan dikerjakan.
4. guru menggunakan bahasa inggris di sela-sela pembelajaran, dan peserta didik memahami apa yang disampaikan.
5. guru memberikan apresiasi berupa stempel gambar bintang kepada peserta didik yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.
– hal-hal yang perlu menjadi perhatian untuk dilakukan perbaikan:
1. peserta didik kurang antusias, terlihat ada anak yang menguap dan menggosok-gosok matanya, ada pula yang berbincang dengan temannya. dan pada saat diajak bertepuk tangan untuk menyemangati teman yang mengambil bola, banyak yang tidak ikut bertepuk tangan.
2. guru tidak memperagakan terlebih dahulu ketika kegiatan mengambil bola
3. guru pendamping terlihat kurang ikut berperan serta dalam kegiatan pembelajaran
4. kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru:
– guru tidak memberikan kesempatan pada anak untuk memutuskan apakah ia sudah selesai mengambil bola atau belum. guru mengatakan “sudah, ayo dibawa kesini nayla” ketika anak masih mengambil bola.
– guru tidak memberikan kesempatan pada anak untuk menghitung secara mandiri jumlah bola yang sudah diambil.
5. media yang digunakan kurang variatif, hanya menggunakan bola. anak kesulitan memegang sejumlah bola yang diambil
6. contoh lembar kerja ditempelkan pada papan yang terdapat banyak tulisan, hal ini dapat mempengaruhi fokus anak. dan terlihat dalam video anak menulis tanpa meja dengan posisi tidur telungkup.
– Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran:
1. kegiatan bermain mengambil bola dilakukan di luar ruangan, agar anak lebih leluasa. ada 2 atau 3 anak yang mengambil bola bersamaan seperti perlombaan. agar anak lebih semangat, dan yang menonton lebih antusias dalam menyemangati.
2. guru memberikan pemahaman cara bermain terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan.
3. guru pendamping lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti mengkondisikan peserta didik yang fokusnya teralihkan dan memberikan pemahaman cara bermain
4. – guru menunggu anak selesai mengambil bola, dan menanyakan apakah ia sudah selesai.
– anak menghitung secara mandiri jumlah bola yang telah diambil
5. – media yang digunakan lebih bervariatif tidak hanya satu bentuk benda, bisa menggunakan mainan bentuk buah, bentuk geometri, atau bahan alam yang ada disekitar. anak diberi wadah untuk membawa sejumlah benda yang telah diambil.
– guru dapat menggunakan kartu angka untuk mengenalkan nama dan lambang bilangan, anak diminta mengambil kartu sesuai dengan jumlah benda yang ia bawa.
6. contoh lembar kerja ditempelkan pada papan yang bersih. sebaiknya anak dibiasakan menulis dengan duduk di kursi dan menggunakan meja.
Nama : Nur Fadillah S
NIM : 857030108
FKIP S1 PGPAUD Semester 2
UPBJJ bandar lampung
Menurut saya pengenalan konsep bilangan dan angka yang diterapkan pada video tersebut sudah baik. anak diajak bermain sembari belajar untuk mengenal konsep bilangan. dengan kegiatan yang menyenangkan tersebut, maka anak akan lebih mudah memahami konsep bilangan angka . cara lain sebagai tambahan yang biasa saya lakukan juga dalam mengenalkan angka pada anak adalah dengan menuliskan angka pada setiap bola yang akan dimainkan
Nama : Lely Widyanti
Nim : 858736188
Prodi : PG PAUD BI semester 2
Dari vidio micro teaching diatas terlihat bagaimana cara guru megenalkan konsep bilangan pada anak sudah sangat bagus. Guru mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan bola. Guru juga mengajak anak bernyanyi dan bertepuk tangan sebagai variasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan semangat anak dalam belajar. Kemudian guru juga mengajak anak untuk menghitung benda yang ada disekitar serta memberitakan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak didiknya paham tentang konsep bilangan. Guru juga memberikan reward kepada anak berupa stempel tanda bintang ditangan agar anak lebih semangat lagi belajarnya.
Mungkin sebagai tambahan, sebaiknya guru menambah lagi APE dalam pengenalan konsep bilangan. Misalnya dengan kartu angka atau puzlle angka.
Nama : April Widilestari
Nim : 857155903
Pokjar: Makasar
UPBJJ : Jakarta
Jurusan PGPAUD
Menurut pendapat saya dalam vidio tersebut pemebelajaran yang dilakukan sudah baik, dlam kegiatan pembelajaran mengenalkan konsep lambang bilangan kepada peserta didik menggunakan media bola dan spidol dengan aktif anak-anak mengelompokkan benda sesuai dengan lambang bilangan yang ibu guru ucapkan, dan ibu guru mengajarkan konsep lambang bilalngan menggunakan tepuk dan lagu, serta guru juga memberikan reward/ penghargaan stempel bintang kepada peserta didik yang mampu mengambil benda sesuai lambang bilangannya.
Nama :Tiyansi camelia novia sari
Nim : 858572176
Menurut saya pengajaran guru sudah benar, guru sudah mengenalkan angka dengan meminta anak untuk menghitung bola sesuai dengan permintaan guru. anak-anak juga sangat kondusif saat mengikuti pembelajaran, Kemudian guru juga memberikan tugas kepada anak untuk mengetahui kemampuan anak mengenal angka dan jumlahnya. Saran saya guru lebih baik menggunakan kartu angka juga ketika menghitung bola anak juga mengetahui simbol angkanya.
Nama : Siti Nurdiana
NIM : 858179453
Prodi : PG-PAUD B-1 Semester 1
Video : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Menurut saya cara guru mengenalkan konsep bilangan dan membilang jumlah benda sudah bagus guru tersebut suah mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; yang sesuai dengan konsep bilangan. membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya. Saran saya supaya anak lebih antusias belajar angka dan jumlah, jika Bunda mengenalkannya melalui permainan dan dengan cara menyenangkan dengan menggunakan berbagai media lainnya yang lebih menarik seperti pada waktu anak yang pertama Bermain lego, lego memang mainan yang paling disukai anak-anak. Bunda bisa menggunakan lego untuk mengajarkan anak konsep angka, jumlah, atau menghitung secara sederhana. Tuliskan angka di selembar kertas, bunda bisa mengajak anak belajar berhitung, misalnya 1 buah lego dengan 2 buah lego digabung menjadi 3 buah lego. Yang ke dua Bermain engklek ajak anak melakukan permainan tradisional engklek di luar atau di dalam kelas. Selain mengasah kemampuan motorik kasarnya, engklek juga bisa melatih anak belajar urutan bilangan. Gambarlah kotak-kotak engklek disertai angka-angkanya dengan spidol, ajak anak melompat ke kotak nomor 1, lalu nomor 2 dan seterusnya, sembari menyebutkan angka di dalam kotak yang ia pijak. Yang ke tiga Mencari jumlah benda di sekolah atau di rumah, benda-benda di sekolah atau di rumah juga bisa menjadi sarana belajar angka. Minta anak menghitung jumlah pintu disekolah, kursi, almari, meja dan lain sebagainya. Ia juga bisa menghitung banyak mainan yang ada di rumah Saat anak bermain atau membereskan mainan bersama lalu ajak ia menghitung jumlahnya,. Yang ke-empat Bermain dadu angka, kita sediakan 2 macam dadu yaitu dadu berupa titik dan dadu berupa tulisan angka 1- 6, cara memainkan dadu dalam pembelajaran berhitung atau mengenal angka yaitu pertama kita memperkenalkan angka 1-6, selanjutnya mengajak anak untuk berhitung dadu yang berupa titik, kemudian anak melakukan permainan dadu dengan cara di lempar sebanyak 2 kali. Pada lemparan pertama, anak menghitung jumlah yang muncul, kemudian lemparan kedua anak menyebutkan angka yang muncul.