silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Menurut saya yang dilakukan oleh guru sudah bagus yaitu dengan menggunakan berbagai media yang ada disekitar dan mudah didapat seperti menggunakan bola kecil, sedotan, dan spidol warna. Guru juga mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan atau reward kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Nama : Nur chasanah
Nim : 858180053
jurusan : Paud
materi : pengenalan konsep bilangan
menurut saya pengenalan konsep bilangan di video itu sangat menarik sekali anak tidak merasa bosan . di video tersebut ada sisi positif dan negatifnya .
dalam sisi positif nya anak tidak merasa tidak bosan dengan metode di video tersebut .merasakan suasana yang menyenangkan dengan menyanyi dan tepuk menurut angka yang disebutkan guru .
sisi negatifnya dalam video tersebut mengapa anak tidak melakukan ice breaking dulu dengan bernyanyi ataupun tepuk sesuai angka yang disebutkan , guru kebayakan duduk dalam video tersebut ,
yang harus guru lakukan pada video tersebut walaupun mengenalkan konsep bilangan dengan mengambil bola sebaiknya waktu pengambil bola guru menyediakan tempat keranjang untuk anak menaruh bola . dan di depan guru sebaiknya ada gambar angka lalu anak menuju angka 4 dan meberitahu temannya bahwa dalam keranjang tersebut ada 4 bola
NAMA : SUMARTIYANTI
NIM : 857845093
PG PAUD BI
SURAKARTA
Judul video : sulit mengenal konsep bilangan
Lokasi : didalam kelas oleh anak anak paud
Ringkasan video :
Video tersebut menceritakan tentang upaya seorang guru TK memperkenal konsep bilangan. Upaya itu antara lain mengajak anak dengan membuang, bernyanyi, bermain, tepuk dan membuat alat peraga konsep bilangan. Kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda dari bilangan tersebut mengerjakan tugas lembar kerja memasangkan jumlah angka dengan benda, atau melingkari benda sesuai jumlah bilangan.mengulas kembali hasil kegiatan belajar trsebut dan memberi reward berupa stempel bintang ditangannya.
Kelebihan metode tersebut :
1.guru menyampaikan konsep bilangan dengan metode yang menyenangkan, bermain, bertepuk dan bernyanyi
2. Guru memberikan hadiah atau reward kepada anak berupa tanda bintang agar anak lebih semangat lagi dalam belajar
Kekurangan metode tersebut antara lain :
1.Anak anak kurang fokus dan antusis mungkin karena bosan atau metodenya kurang menarik bagi anak
2. Guru tidak menggunakan APE saat mengenalkan konsep bilangan
3. Guru tidak menjelaskan diawal cara bermain dan konsep belajarnya
Saran perbaikan pembelajaran
1. Gunakan Ape atau kartu angka yang berwarna warni yang dapat menarik anak untuk belajar
2. Gunakan apersepsi di awal sebelum pembelajaran agar anak faham
Nama : Anis Maulidah
Nim : 858178279
Prodi : PG PAUD BI
Dari video yang saya amati, guru menjelaskan dan mengajak anak tentang mengenal konsep bilangan, anak-anak bermain bola di dalam kelas dan mengambil bola sesuai jumlah yang ditentukan oleh guru. lalu di hitung bersama-sama, anak-anak merasa senang dengan pembelajaran tersebut, tetapi ada anak yang berbicara dengan temannya tidak mendengarkan guru. sebelum mulai mengerjakan tugas pada anak, guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan lagu”dua mata saya” dan tepuk-tepuk. Guru juga memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya. Guru juga memberikan penguatan pada anak yang telah berhasil mengambil sepidol berwarna sejumlah yang diperintahkan tanpa salah, berupa pemberian setempel bintang agar anak bersemangat. Pentingnya mengenalkan konsep bilangan pada anak adalah anak dapat berfikir logis dan sistematis sejak dini melalui pengamatan terhadap benda-benda kongkrit, gambar-gambar atau angka-angka yang terdapat disekitar anak.
Nama : Zimamatud Diyanah
NIM : 857755723
Prodi : PGPAUD S1/semester 2
Judul video : sulit mengenal konsep bilangan
Lokasi : didalam kelas anak PAUD
Ringkasan video :
Video tersebut bercerita tentang upaya seorang guru TK memperkenalkan konsep bilangan.
Upaya itu adalah dengan mengajak anak dengan melemparkan bola ke tempat sampah, bernyanyi, bermain, tepuk dan membuat alat peraga konsep bilangan.
Kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda dari bilangan tersebut mengerjakan tugas lembar kerja melingkari angka sesuai dengan jumlah benda.mengulas kembali hasil kegiatan belajar trsebut dan memberi reward berupa stempel bintang ditangannya.
Dengan kegiatan bermain tersebut anak bisa mudah mengerti dengan konsep bilangan.
dalam vidio tersebut metode yang digunakan pada anak dalam memberikan pengenalan konsep bilangan sudah baik. dalam vidio tersebut guru menggunakan benda benda yang ada disekitarnya untuk mengenal jumlah yang diperintahkan, selain itu guru juga menggunakan nyanyian yang berkaitan dengan konsep bilangan. hanya saja menurut saya, untuk apresiasi yang diberikan kepada anak kurang tepat, sebab stempel yang diberikan kepada anak memberikan pemahaman kepada anak secara tidak langsung bahwa menggambar pada area badan (Tatto) diperbolehkan. alangkah baiknya jika apresiasi diberikan kepada anak berupa bintang yang terbuat dari kertas origami yang diberikan penyangga yang terbuat dari sedotan, atau hal lainya yang dapat anak simpan dalan jangka waktu yang lama
Nama : Rinif Dodik S
Nim : 857604857
SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
Apa yang dilakukan oleh guru dlm vidio tersebut sudah bagus dengan cara mengenalkan bilangan dengan lagu yg mudah diingat oleh ank2 ,dan juga sebelum pemberian tugas anak2 diajak menghitung terlebih dahulu sehingga anak mudah memahami sebuah bilangan dan guru juga memberikan reward terhadap anak yg berhasil mengerjakan tugas baik dlm permainan bola atau mengambil pulpen sesuai bilangan dg tepuk tangan dan tanda bintang yg akan berefek anak bahagia dn bisa memotifasi ank tersebut untuk belajar .
Nama: Pipin Apiyanti
Nim: 857164894
Pokjar : MIB Bekasi
setelah menyimak video di atas menurut saya, cara guru mengenalkan konsep bilangan sudah bagus. Guru tersebut mengenalkan bilangan melalui permainan media bola, tepuk dan bernyanyi. Kemudian anak diberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang diberikan guru seperti memberikan tugas berupa Lembar Kerja yaitu mengelompokan benda sesuai lambang bilangan, Terakhir Guru tersebut juga memberikan penguatan dengan memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar( anak yang mengambil benda sesuai jumlah bilangan.
Saran saya untuk penggunaan media lebih beragam dan memilih permainan yang menyenangkan, bisa mengajak anak keluar ruangan atau halaman disekitar / lingkungan sekolah ( medianya seperti: daun-daun,batu-batuyang terlihat d sekitar halaman sekolah dll)
Nama : Lesteria Br. Rumapea
NIM : 859879225
Menurut saya dari videp tersebut dalam mengatasi mengenal konsep bilangan sudah baik karena guru tidak memaksakan anak-anak untuk mengenal bilangan, namun guru menstimulasi anak untuk mengenal konsep bilangan seperti dengan menghitung bola, bertepuk tangan sambil berhitung, bernyanyi, dan menyelesaikkan lembar kegiatan konsep bilangan dengan mengerjakan lembar kegiatan dan jika anak mampu menyelesaikan kegiatan anak akan mendapatkan bintang. Namun menurut saya sebelum kita mengidentifikasi angka sebaiknya kita mengenal bentuk angka dengan cara membuat kegiatan menyamakan angka terlebih dahulu
Nama : Ida Farida
Nim : 857074187
Prodi : PGPAUD S1
1.Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu pada saat guru mengajarkan konsep bilangan dengan cara bermain mengambil bola semua anak tertib dalam mengikuti permainan dan anak mengikuti perintah ibu guru untuk berhitung bersama.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru tidak mengenalkan lambang bilangannya sesuai dengan jumlah bola yang diambil.
3. Kelebihan guru yaitu guru dapat menguasai kelas sehingga anak-anak dapat tertib, guru menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak yaitu bermain, bernyanyi, melakukan tepuk dan lembar kerja. Anak juga dikenalkan dengan benda yang konkrit.
4. Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran “anak sulit mengenal konsep bilangan” yaitu guru menggunakan bola yg berwarna-warni dan guru memberikan stempel ditangan bagi anak yang dapat menjawab dengan benar.
5. Saran saya yaitu ketika mengajarkan berhitung kita harus mengenalkan konsep angka dan lambang bilangannya terlebih dahulu setelah itu konsep berhitung. Gunakan media pembelajaran dan permainan yang menarik agar anak tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran