silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Prima Ruspita
    NIM : 858787414
    Prodi : PG PAUD AKPMM ( UT SALUT BLITAR RAYA )

    Judul video Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Menurut pendapat saya, teknik guru dalam mengenalkan konsep bilangan sudah bagus dan menarik . Tehnik yang digunakan untuk mengenalkan anak dengan konsep bilangan dalam video tersebut antara lain :
    – Guru membuat game / permainan dengan bola sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan
    – Guru mengajak anak membilang dengan bernyanyi dan tepuk.
    – Guru memberikan lembar kerja berupa memasangkan / melingkari benda dengan lambang bilangannya.

     Kelebihan pembelajaran dalam video tersebut
    – Guru sudah menggunakan teknik dan alat peraga yang menarik untuk anak yaitu bola dan spidol warna.
    – Pembelajarannya sesuai dengan materi yang disampaikan.
    – Pengenalan konsep bilangan dengan bernyanyi dan bertepuk.
    – Memberikan lembar kerja untuk mengetahui tercapai atau belum metode yang digunakan guru untuk mengenalkan konsep bilangan.
    – Pemberian penguatan berupa stempel bintang untuk anak yang berhasil menyelesaikan game dari guru

    Kelemahan pembelajaran dalam video
    – Guru belum memberi kesempatan anak untuk menghitung sendiri
    – Anak pasif / hanya mendengarkan saja

  2. Nama : Azzah Liana Anggraeni
    NIM : 857588175
    Prodi : PGPAUD
    Mata Kuliah : PKM

    menurut saya guru dalam menjelaskan konsep bilangan pada anak anak sudah bagus , dengan menggunakan media belajar menggunakan bola dan sepidol . guru juga menstimulasi pembelajaran dengan metode bertepuk dan bernyanyi . didalam video juga guru memberi kan reword untuk anak yang bisa menjawab dengan benar sehingga memunculkan rasa semangat belajar kepada anak .

  3. Nama: DARMI
    NIM: 857795963
    JURUSAN: SI PG PAUD
    Semester :8
    Menurut saya video sulit mengenal bilangan, kegiatannya sangat bagus sebab guru mengenalkan bilangan melalui bermain.akan tetapi kegiatan mengenal bilangan akan mudah di pahami anak ketika sebelum kegiatan anak di ajak bernyanyi dan tepuk serta membilang gambar, dan ketika kegiatan mengenal bilangan lagi anak yang mampu mengenal bilangan dengan benar di kasih reward berupa tepuk tangan, stempel binatang, dan jempol.

  4. Nama: FITRI AYUNINGTIAS
    NIM: 858725121
    *ANAK SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
    -Anak kesulitan mengenal konsep bilangan sering kali terjadi,guru memerlukan kepiawian sendiri untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak.
    -Tehnik guru dalam mengenalkan konsep bilangan ini sudah bagus antara lain:
    1.Guru mengajak anak bernyanyi dengan konsep bilangan. (dua mata saya,hidung saya satu,….)
    2.Guru mengajak bermain tepuk satu,tepuk dua,…..
    3.Guru memberikan penguatan kepada anak yang dapat menjawab dengan benar diberikan stempel.
    4.Guru memberikan lembar kerja berupa memsangkan dengan melingkari benda dengan lambang bilangannya.
    *Kelebihan dalam pembelajaran tersebut adalah:
    1.Guru menggunakan alat dan tehnik peraga yang menarik untuk anak yaitu bola dan spidol.
    2.pengenalan konsep dengan cara bernyanyi dan tepuk tangan.
    3.pembelajrannya sesuai dengan materi.
    4.guru memberikan lembar kerja untuk mengetahui tercapai atau tidaknya metode dari guru untuk mengenalkan kosepnya.
    *Kelemahan dalam pembelajaran tersebut adalah:
    1.Disini anak hanya sebagai pendengar.
    2.guru tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk menghitung sendiri didepan kelas.
    3.guru hanya berpusat pada anak saat proses pembelajaran.

  5. Nama : INDRASMI
    NIM : 857796055
    Pogram Study : PGPAUD-S1
    Semester 8
    UPBJJ : Surakarta

    1.Menurut pendapat saya, cara guru mengenalkan angka pada anak didik sudah bagus dan tepat, dengan melibatkan anak secara langsung untuk praktek mengambil bola dari keranjang,kemudian di hitung bersama_sama.
    2. Anak yang berhasil menghitung dengan benar, diberikan reward agar anak merasa bangga dan senang, juga bisa memicu semangatnya untuk lebih semangat.
    3. Menurut saya jika kegiatan tersebut di laksanakan di luar kelas dan dengan media alam yang ada di sekitar,mungkin akan lebih menyenangkan bagi anak.
    4. Untuk lembar tugas, mungkin akan lebih menyenangkan / anak akan lebih tertarik jika lembar tugasnya berwarna.

  6. Nama : Sri Ulandari
    NIM : 859159913
    Prodi : PGPAUD

    menurut saya, cara guru mengenalkan jumlah bilangan kepada siswa sudah bagus, dengan menggunakan bola dan juga pensil..
    namun guru juga perlu sebelum memberikan tugas pada anak, memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara bermainnya, atau bisa juga sebelum anak di tugaskan mengambil bola atau pensil dengan jumlah angka yang diminta, guru meminta anak untuk menghitung dulu jumlah angka tersebut dengan jari-jari, maka anak akan llebih mudah memahami konsep bilangan dimaksud.

  7. Nama : Warni
    Nim:859160892
    Jurusan:PGPAUD
    Menurut saya setelah menonton vidio di atas mengenai anak yang sulit mengenal konsep Bilangan adapun kekurangan dan kelebihan dari vidio tersebut adalah:
    1.KeKurangannya dari vidio pembelajaran di atas adalah guru belum melakukan kegiatan pembukaan untuk menstimulus anak-anak biar lebih mengenal konsep bilangan seperti bertepuk tangan,menghitung jari,bernyanyi dan tidak menggunakan media gambar tapi lasung ke inti pembelajaran.
    2.Kelebihan dari vidio pembelajaran di atas adalah guru membuat aturan main sehingga anak tidak berebutan, guru memberikan apresiasi/pujian kepada setiap anak didiknya dan Guru menggunakan media bola untuk mempermudah anaknya mengenal konsep bilangan.

  8. Nama : Dewi Nur Chasanah
    Nim : 857795773
    Prodi : SI PG PAUD
    menurut saya upaya pengenalan konsepbialngan dan membilang angka sudah bagus. dengan cara menggunakan media bola, bernyanyi dan tepuk. dengan cara itu anak akan lebih memahami konsep berhitung dan anak tidak mudah jenuh. terlihat dari tayangan tadi bahwa anak sangat antusias . guru juga mampu memberikan motifasi pada anak terlihat guru memberikan reward pada anak yang mampu berhitung. saran dalam vidio pembejatran di atas yaitu lebih ditingkatkan lagi dalam kreatifitas guru dalam maemakai media pembelajaran.

  9. NAMA : JUSLIANA
    NIM : 859397161
    PG PAUD SEMESTER 8

    1. KELEMAHAN
    menurut saya, sebelum melakukan kegiatan tersebut terlebih dahulu dilakukan kegiatan ice breaking yang berhubungan dengan pengenalan konsep bilangan sehingga anak-anak dapat mudah mengerti tujuan yg akan mereka capai dalam kegiatan tersebut..

    2. KELEBIHAN
    Didalam video tersebut guru sudah mampu mengarahkan anak-anaknya untuk bisa sabar dalam menunggu giliran dan memperkenalkan konsep angka dengan cara yang menyenangkan bagi anak.

    3. HAL UNIK
    Anak-anak didalam video sangat antusias, mereka juga mampu belajar konsentrasi dan belajar angka diselingi dengan tambahan pengetahuan bahasa Inggris.

    4. RENCANA PEMBELAJARAN YANG AKAN DI LAKUKAN
    Melalui video tersebut rencana pembelajaran yang akan di lakukan yaitu sebagai referensi kegiatan yang menarik bagi anak selain bisa dilakukan didalam kelas bisa juga dilakukan diluar kelas sebagai kegiatan fisik motorik anak yaitu dengan kegiatan berjalan mengambil jumlah bola sesuai dengan perintah ibu guru.

    Terima kasih

  10. Nama :Lestari Sri Rahayu
    NIM : 857466292
    Program Studi : S1 PGPAUD

    Setelah mengamati video tersebut terdapat kelebihan dan kelemahan yang dilakukan guru tersebut.
    Kelebihan : menggunakan metode belajar dengan bermain permainan mengambil bola, bernyanyi dan bertepuk. Dalam pengenalan bilangan pun sudah cukup baik dan sesuai dengan perkembangan anak.
    Kelemahan :
    – tidak memberikan keranjang pada anak saat mengambil bola sehingga anak kesulitan mengambil bola dengan jumlah yang cukup banyak
    – kurang memberikan warna pada lembar kerja anak
    – melakukan permainan di dalam kelas sehingga anak-anak terlihat kurang antusias

    Alangkah lebih baiknya guru memperhatikan kelemahan-kelemahan tersebut dan menggunakan alat peraga yang menarik penuh dengan warna dan memvariasikan kegiatan bermain dalam mengenal bilangan yang menyenangkan bagi anak.

Leave a Reply