silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Rani Prastyowati
NIM :
Prodi : PG-PAUD
Semester : 2
Dalam video yang berjudul ‘Sulit Mengenal Konsep Bilangan’. Hal ini sering terjadi pada anak dikelas dimana anak masih bingung dalam mengenal konsep bilangan. Tapi, dalam video tersebut dimana guru bisa memperkenalkan konsep bilangan menggunakan alat bantu seperti bola berwarna. Selain menggunakan alat bantu berupa benda, guru juga memperkenalkan konsep bilangan melalui nyanyian yang mudah dimengerti oleh anak sehingga anak bisa dengan cepat mengerti tentang konsep bilangan yang sedang mereka pelajari.
Nama : Septian Sukma Ningrum
NIM: 857599952
Prodi: PGPAUD
Dalam video pembelajaran “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”, penegnalan bilangan yang dilakukan guru cukup baik, melakukan pengenalan melalui bermain. Dengan metode bernyanyi juga akan memudahkan anak untuk mengenal konsep bilangan, dengan seperti itu saat anak diskusi dan diberi tugas mereka akan mengerjakannya dengan mudah.
Selain menggunakan lembar kerja bisa juga menambahkan media permainan yang menarik, seperti kartu angka, atau media lostpart atau pun media lainnya yang dapat menunjang konsep bilangan.
1. Menurut pendapat saya yang harus dilakukan seorang guru demi perbaikan pembelajaran yang dilakukan anak usia dini adalah guru harus mengerti dan memahami isi dari kurikulum. Setelah itu barulah kita menerapkannya kepada anak. Guru harus bisa menilai dengan berbekal pengetahuan dan tentang perihal yang akan dinilai. Tidak mudah juga bagi guru untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada pada kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Disamping itu yang perlu dideskripsikan adalah perubahan perkembangan anak pada semua aspek yaitu, aspek fisik, sosial-emosional dan kognkitif.
Salah satu contoh yang saya terapkan adalah dengan mengikuti pelatihan atau workshop demi mendapatkan tambahan pengetahuan sehingga nantinya bisa di terapkan pada lembaga. Berbagi pengalaman dengan guru-guru lain yang lebih senior sehingga apa yang menjadi nilai plus pada lembaga mereka bisa diterapkan pada lembaga tempa kitat mengajar. Adanya kerjasama yang saya lakukan dengan orang tua murid sehingga dapat membantu kita melihat perkembangan anak di rumah.
Nama:Pinata sari
Nim:856336277
Judul:Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Assalamualaikum wr.wb
Menurut saya pada tanyangan vidio ini guru tersebut sudah melakukan strategi,teknik,metode dan evaluasi sudah sangat bagus.Dari awal pembelajaran anak-anak sudah terkoordinasi dengan baik dan anak-anak sangat bersemangat.Pada kegiatan pembelajaran ini guru menggunakan teknik yang menarik untuk anak,yaitu menghitung bola sebagai media pembelajaran dan tepuk tangan untuk melatih konsentrasi anak dan pemberian reward dan penguatan agar menumbuhkan minat dan semangat belajar anak.
Terima kasih
Wassalamu’alaikum wr.wb
Nama: Nurhayati
Nim: 856336055
Prodi: PG PAUD
Menurut saya dalam video mengenai anak sulit mengenal bilangan itu memang sering terjadi pada saat anak pembelajaran awal masuk, dimana anak masih bingung mengenai bilangan jika tidak dijelaskan dan tidak di berikan gambar atau benda. Cara guru dalam video ini menurut saya sudah tepat karena anak diperkenalkan dengan bilangan tidak langsung berat tetapi dengan yang ringan saja. Cara guru disini juga sudah bagus karena guru mengenalkan angka dengan memberikan benda seperti bola yang dimasukan dalam keranjang satu persatu dan anak-anak di panggil satu persatu kedepan untuk menghitung jumlah benda yang ditunjukkan oleh guru.
Menurut saya dalam video tersebut kekurangannya Tidak ada karena anak-anak sudah memiliki kesempatan yang sama dan mendapatkan apresiasi yang sama.
Terimakasih 🙏
Nama: Siti Ulfa
Nim : 858740471
Prodi : PGPAUD-BI
Judul video :“Anak sulit mengenal konsep bilangan”
Menurut pendapat saya cara guru dalam menyampaikan atau mengenalkan konsep bilangan sudah bagus
namun masih ada kelebihan dan kekurangannya yaitu
Kelebihan :
– Guru dalam menyampaikan atau mengenalkan konsep bilangan melalui nyanyian, bertepuk tangan dalam pengenalkan konsep bilangan guru tidak lupa memberikan penguatan di dalam pembelajaran.
-Media yang digunakan guru dalam mengenalkan konsep bilangan cukup menarik untuk anak-anak karena merupakan benda konkrit
Kelamahan :
– Anak kurang fokus dalam kegiatan pembelajaran
– Guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran tersebut
Nama: Renita Argin Puspita Fiduri
Nim: 858844808
Pokjar: Bandung Tulungagung
Judul video: “sulit mengenal konsep bilangan”
Menurut saya pembelajaran diatas sudah bagus tapi menurut saya seharusnya guru bisa memberi tulisan angka agar anak bisa belajar lebih dalam bilangan berapakah tersebut, anak juga lebih bisa mengerti bentuk bilangan tersebut bagaimana. Terkadang anak yang belum bisa mengenal konsep bilangan akan sangat sulit membedakan bilangan satu dengan bilangan lainnya. Dalam pembelajaran anak juga harus fokus agar tetap teringat bentuk dan nama bilangnya. Dari segi media sudah bagus untuk membuat anak bisa lebih paham. Guru dalam penyampaian atau pengenalan konsep bilangan sudah bagus.
Nama: Lusiana Emma
NIM : 856051567
Pokjar: Medan
Menurut saya pada video tersebut cara bu guru dalam mengajar sudah cukup bagus dimana ibu guru meminta anak anak untuk menggambil benda/bola berdasarkan jumblah yang ibu guru sebutkan. Selain itu pengauatan materi yang dilakukan oleh ibu guru dengan cara mengerjakan lembar kerja juga cukup baik. Cara ibu guru dengan memberikan penghargaan berupa bintang kepada anak termasuk salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk memotivasi anak kedepannya agar semakin semangat dan mau mencoba disetiap pembelajaran yang kita lakukan dikelas. Namun ada juga kekurangan yang saya lihat pada video tersebut yaitu ibu guru mencampur 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ada baiknya ketika hendak mengajar kita sebaiknya menggunakan 1 bahasa saja yang sesuai dengan topik bahasan pada pertemuan tersebut. Misalkan apabila hari ini kita hendak menghitung benda atau mengenal angka dalam bahasa Indonesia ada baiknya kita menggunakan bahasa Indonesia saja, begitu juga dengan bahasa Inggris apabila kita hendak melakukan menghitung dan mengenal angka dalam bahasa Inggris ada baiknya gunakalah bahasa Inggris saja. Hal ini bertujuan agar anak tidak binggung pada saat pembelajaran berlangsung dikelas. Sekian dari saya terima kasih
Nama : Wiwin Siti Munaroh
Nim : 857366566
Jurusan PGPAUD semester 2
Pengembangan kognitif PAUD
Mengenalkan konsep bilangan.
Menurut pendapat saya tentang pengembangan bidang kognitif pengenalan konsep bilangan pada anak yang dilakukan oleh guru sudah bagus. Dalam strategi pembelajaran metode dan evaluasi yang diajarkan terlihat jelas.
Hal tersebut dapat dilihat
1. ketika guru mengajak setiap anak untuk mengambil jumlah bola yang sudah ditentukan bilangannya dan dihitung bersama-sama.
2. Anak diajak untuk bernyanyi dan tepuk yang bertujuan untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak.
3. Memberikan lembar kerja yang bertujuan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.Anak di ajak untuk menghitung jumlah benda dan melingkari angka yang sesuai dengan jumlah bilangan benda yang di hitungnya.
4. Memberikan reward kepada anak yang berhasil mengambil jumlah spidol sesuai dengan yang di perintahkan ibu guru.
Sebagai tambahan dalam pengenalan konsep bilangan guru bisa mengajak anak untuk bernyanyi menggukan simbol dalam setiap angkanya.
Karena lewat bernyanyi anak akan mudah ingat.
Contoh :
Satu seperti tongkat
Dua seperti bebek
Tiga sayap kupu-kupu
Empat kursi terbalik
Lima kuda laut
Enak gembok terbuka
Tujuh cangkul pak tani
Delapan telurnya dua
Sembilan seperti peluit
Sepuluh jarum dan balon
Selain itu juga untuk untuk meningkatkan pembelajaran kepada anak supaya anak tidak mudah bosan dalam setiap pembelajaran guru harus lebih kreatif dalam memberikan permainan atau kegiatan.
Nama : Rizky Wulan Dari
NIM : 859868888
Menurut pendapat saya,
1. Guru membuka kelas dengan semangat. Memberikan pertanyaan pemantik kepada anak didik.
2. Guru memanage kelas dengan baik. Ia mendudukkan anak berbentuk lingkaran sehingga semua anak dapat melihat dengan jelas apa yang diinstruksikan oleh guru
3. Guru mengajak siswa untuk terlibat aktif didalam pembelajaran mengenal angka dengan mengajak anak secara bersama-sama menghitung benda yang diambil oleh temannya.
4. Guru juga memberikan apresiasi ataupun pujian kepada anak yang berhasil mengikuti instruksi yang duberikan oleh guru
5. Guru tidak membeda-bedakan anak. Ia secara bergantian memanggil anak satu persatu dalam menggambil bola. Jika ada anak yang kurang mengambil bola tersebut, ia akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengambil lagi kekurangan bolanya
Kesimpulan dari video tersebut yaitu : dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak, guru hendaknya mengajak anak untuk membilang dengan permainan lagu dan tepuk. Kemudian guru bisa memberikan tugas berupa lembar kerja seperti memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya dan yang terakhir memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil benda sejumlah yanh diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stempel bintang