silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Nanik Hidayati
Nim : 856828711
PRODI : PGPAUD- S1 BI
UPBJJ : Kota Bengkulu
Menurut saya upaya guru dalam mengenalkan konsep bilangan sudah bagus, terlihat guru tersebut menggunakan berbagai cara seperti melakukan permainan,bernyanyi, bertepuk tangan serta menggunakan alat peraga dan terlihat pada video tersebut anak begitu antusias dan aktif dalam proses belajar mengajar. guru juga memberikan tugas sesaui materi yang disampaiakan, serta meberikan reward kepada anak yang telah menyelesaiakan tugas dengan begitu anak merasa dihargai dan termotivasi untuk giat belajar.
Nama : Dian Tri Utami
NIm : 858814987
Prodi : PG PAUD
Menurut saya, dari video di atas tentang pengenalan konsep bilangan sudah cukup baik. Memang untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sedikit sulit, karena karakteristik anak berbeda-beda. Ada yang cepat mengerti dan ada yang tidak. Anak-anak tentunya akan lebih cepat mengerti jika mengenalkan konsep bilangan melalui bermain. Bisa dengan bernyanyi, bermain bola seperti video diatas juga sangat membantu anak untuk lebih memahami tentang konsep bilangan. Jadi anak akan tertarik jika kita sebagai pendidik menyediakan beberapa media yang bisa digunakan untuk mengenal konsep bilangan. Untuk video diatas saat menghitung menggunakan bola, sebaiknya anak di beri kerencang atau wadah lain untuk menaruh bola yang sesuai dengan angka yang diperintahkan guru, agar anak lebih mudah membawanya. Selain itu untuk menghitung dan melingkari gambar, lebih baik jika gambarnya berwarna jadi anak bisa lebih tertarik lagi.
Secara umum untuk pengenalan konsep bilangan pada video sudah cukup baik, dan sangat membantu saya khususnya sebagai pendidik dalam memberikan pembelajaran kepada anak.
Nama : Murdiani
NIM. : 858400726
Menurut saya cara guru memberikan pembelajaran sudah bagus melalui metode bernyanyi dan tepuk juga menggunakan media bola untuk mengenal konsep bilangan sehingga menarik minat anak untuk belajar namun alangkah baiknnya jika guru mengenalkan konsep angka melalu media gambar dan kartu angka sehinnga anak bisa menyebukan dan mengenal angka
Nama. : Murdiani
NIM. : 858400726
Prodi. : PG PAUD
Menurut saya guru sudah menggunakan metode yang tepat mengenalkan konsep bilangan melalu bernyanyi dan tepuk juga menggunakan media bola sehingga menarik minat anak namu lebih baik guru juga menggunakan media kartu angka atau gambar angka sehingga anak tidak hanya bisa menyebutkan bilangan tetapi mengenal angka bikangan
NAMA : Zinnia Marinda
NIM : 858837533
KELAS-PROGRAM STUDI: 3B- PGPAUD BI
UPBJJ : Malang
Menurut pendapat saya dalam tayang video tersebut guru mengajar anak – anak untuk membilang bilangan sangat menarik. Karena pada awal pembelajaran guru memberikan kegiatan membilang bilangan dengan benda yang konkret. Ini membuat anak – anak lebih tertarik untuk terus memperhatikan apa yang disampaikan guru. Selain adanya pembelajaran bilangan dengan benda konkret ibu guru juga mengajak anak untuk bernyanyi dan tepuk. Disini terlihat guru setelah memberikan stimulus kepada anak – anak berupa kegiatan yang menarik. Guru menambah pengetahuan mereka mengenal bilangan dengan cara memberikan tugas. Serangkaian kegiatan yang telah diberikan guru kepada anak -anak untuk melatih membilang bilangan sudah tepat. Kegiatan membilang bilangan bisa berkesan baik dan menyenangkan pada anak – anak karena guru memberikan variasi kegiatan yang tidak membuat anak – anak bosan dan terbebani.
Nama : Lilik Intan Herawati
Nim : 598171168
Jurusan : S1 PGPAUD BI
Setelah mengamati vidio tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa.
1. Secara keseluruhan, pengenalan konsep bilangan yang menggunakan media berupa bola sudah baik karena dengan menggunakan media anak-anak mampu lebih mudah untuk memahami.
2. Sebaiknya pembukaan dalam pembelajaran tersebut menggunakan sedikit gerakan dan juga bahasa dan intonasi yang sedikit menarik perhatian anak.
3. Dalam pembelajaran inti pengenalan bilangan, sebaiknya anak-anak diarahkan untuk bergerak agar aspek motorik kasar dan beberapa aspek perkembangan anak dapat digunakan. Seperti misalnya anak-anak diarahkan untuk berjalan membawa beberapa bola dan memasukkannya ke dalam keranjang kemudian setelah bola yg dimasukkan habis, nanti anak-anak diminta untuk menghitung bola yg dimasukkan tersebut. Dimana di dalam kegiatan ini, aspek motorik kasar anak berupa gerakan terpakai, aspek kognitif anak untuk menghitung terpakai, dan aspek tata bahasa anak dalam intonasi menghitung bola juga terpakai.
Nama : Titin Intyas Sari
NIM : 858840176
PAUD Linier BI
Judul vidio : Sulit Mengenal Konsep bilangan
Menurut saya terdapat vidio pembelajaran yang mempunyai tujuan yang sama yaitu mengenalkan konsep bilangan pada murid.
Vidio 1. Menurut saya guru menggunakan bola untuk mengenalkan konsep bilangan kepada murid sesuai keinginan guru tanpa adanya negosiasi atau tawaran kepada murid permainan apa yang ingin mereka mainkan?. Guru lebih aktif berbicara dan menguasai kelas. Guru menentukan berapa bola yang harus diambil murid dan menghitung sendìri dengan mengajak murid untuk mengikuti saja. Menurut saya seharusnya guru menawarkan permainan atau benda apa yang disukai murid sehingga jika itu adalah pilihan dari murid sendiri pasti murid lebih tertarik untuk aktif dalam pembelajaran. Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk menghitung sendiri jumlah bola yang sudah diambilnya dan bisa memberi tantangan murid untuk bisa menuliskan konsep bilangan banyaknya bola yang telah ia kumpulkan pada bak pasir.
Vidio 2. Menurut saya pembelajaran guru sudah baik membilang dengan permainan tepuk dan lagu, Guru mengajak murid menghitung sendiri guru hanya sebagai pendamping, guru membuat alat peraga permainan konsep bilangan, memberikan apresiasi kepada murid yang berhasil dengan hasil karyanya meskipun hanya pemberian stempel pada tangan. Hanya sedikit kekurangan guru dalam pembelajaran seharusnya guru membersihkan papan tulis sebelum kegiatan dimulai sehingga anak lebih jelas untuk melihat apa yang akan dipelajarinya.
NAMA : Nurlaeni Fitriah
NIM : 857484971
Prodi : PG-PAUD Masukan Sarjana
Pokjar : Gambir
Menurut saya setelah melihat tayangan video “sulit mengenal konsep bilangan” langkah langkah yang dilakukan oleh guru tersebut sudah tepat. Guru menstimulasi anak terlebih dahulu agar tertarik belajar berhitung menggunakan alat peraga dengan media bola, sehingga anak dapat membilang dengan mudah yaitu saat mengambil bola sesuai jumlah yang diucapkan guru dan melalui lagu dan tepuk. Alangkah baiknya, agar anak lebih tertarik belajar berhitung, guru tidak selalu menggunakan LK. Guru dapat mengenalkan melalui permainan matematika sederhana, contohnya seperti bermain number puzzle yaitu anak memasangkan jumlah dadu dengan angka yang sesuai, finger print yaitu anak mencap dengan jari telunjuk sesuai angka dan menjepit kartu angka. Hambatan guru dalam mengenalkan konsep bilangan yaitu pengondisian kelas yang kurang karena terlihat banyak anak yang asyik sendiri tidak memperhatikan dan mendengarkan teman dan gurunya. Cara mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan memusatkan perhatian anak kembali dengan bernyanyi atau melakukan tepuk-tepuk di tengah-tengah kegiatan.
Nama: Restia Rahmadayanti Ali
Nim : 857464686
UPBJJ : Bandung
Menurut saya video pembelajaran di atas sudahh baguss,, karena anak dapat mengenal bilangan melalui berbagai cara yaitu di video dapat kita lihat pembelajaran dapat di lakukan dengan alat/media yaitu menggunakan bola, spidol, dan lembar kerja. Sertaa di selangi dengan mengenalkan berbagai lagu dan tepuk tentang mengenal bilangan kepada anak, lalu setelah nyaa guru tersebut memberikan reward kepada anak dengan memberikan sebuah cap bintang kepada anak supaya anak merasa senang dan bangga dengan hasil yg dia peroleh. Mungkin kita juga dapat mencobanya dengan berbagai media yg lebihh menyenangkan lgii untuk anak.
Nama : Qonie’ Atuz Zauharoh
NIM : 858814719
Prodi : S1 PGPAUD
UPBJJ : Kab. Kediri
Setelah saya mengamati isi dari video. Dapat saya simpulkan bahwa pengenalan konsep bilangan pada anak sangatlah penting. Untuk membantu anak memecahkan masalah. Dari video tersebut ada beberapa kelebihan. Diantaranya :
1. Mengajak anak mengenal kosep bilangan dengan nyanyian, tepuk dapat menambah daya ingat anak
2. Pemberian reward sederhana kepada anak dapat menambah semangat belajar anak
3. Media bola dapat dijadikan sarana pengenalan konsep bilangan.
4. LKA dapat dijadikan tambahan pembelajaran dalam mengenal konsep bilangan.
Terimakasih