Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Nama: Nila Muis
    Nim : 856579206
    Prodi: S1 PGPAUD
    upaya yang dilakukan guru pada video sudah sangat bagus, guru menyiapkan strategi untuk anak – anak agar lebih mudah mengenal lambang bilangan dilanjutkan dengan pemberian tugas yang menyenagkan dan dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan.

  2. Nama : SITI RUSNA
    NIM : 858280589
    POKJA : BANJARMASIN

    Menurut saya metode yang digunakan pada pendidik sudah tepat dan baik. Berbagai media digunakan dan dilakukan sambil bermain membuat anak senang, mungkin kendalanya hanya di beberapa anak yang kurang fokus atau belum mengenal jumlah bilangan tanpa melihat lambang bilangannya. Karena daya ingat dan daya tangkap setiap anak berbeda, ada yang cepat dan ada yang lambat. Untuk beberapa anak pada video yang belum tepat saat berhitung bisa dilakukan dengan diberi kesempatan kembali, atau sebelum kegiatan praktek langsung mengambil bola dalam keranjang bisa mengajak anak menyanyi lagu angka terlebih dahulu atau anak yang mendapat giliran mengambil bola boleh menyebutkan dengan lantang angka sesuai dengan bola yang sudah diambil.

  3. Nama : FRANSISKA TEME
    Nim : 859283856
    Pokjar : Borong

    Menurut saya pengajaran guru sudah benar, guru sudah mengenalkan angka dengan meminta anak untuk menghitung bola sesuai dengan permintaan guru. Kemudian guru juga memberikan tugas kepada anak untuk mengetahui kemampuan anak mengenal angka dan jumlahnya. Saran saya guru lebih baik menggunakan kartu angka juga ketika menghitung bola anak juga mengetahui simbol angkanya.

  4. Nama: Binti Marlia Santi
    NIM: 858739699

    Baiklah saya akan memberi tanggapan pada video “anak sulit mengenal konsep”
    1. dalam video tersebut guru sudah bagus dalam penggunaan metode bermain yaitu melalui media bola yang dapat menarik anak
    2. guru memberi stimulasi sebelum melakukan pembelajaran dengan bernyayi dan tepuk
    3. guru memberi kesempatn kepada anak untuk maju ke depan
    4. kondisi kelas sekitar cukup rapi
    setelah saya melihat video tersebut ada beberapa kekurangan/ yang perlu diperbaiki guru:
    1. saya melihat ada beberapa anak yang mengantuk
    2. anak pasif/ kurang aktif
    saran saya agar pembelajaran lebih menarik anak dan anak bisa belajar lebih aktif lagi yaitu:
    guru menggunakan metode yang sama akan tetapi dibuat variasi misalnya bermain bola dengan dibuat kelompok. dengan cara:
    1. guru membagi anak menjadi dua kelompok
    2. guru memberi arahan permainan /peraturan mainan
    3. guru menyiapkan bola dan keranjang
    4. kemudian anak berbaris membujur kebelakang dan secara bergantian anak mengambil bola untuk dimasukkan ke dalam keranjang
    5. setelah bola habis/ selesai dimasukkan dalam keranjang, guru mengajak anak untuk menghitung bola bersama-sama
    dengan cara bermain bola secara bervariasi dapat melatih anak berbagai aspek perkembangan yaitu:
    1. aspek kognitif (memahami anturan permainan, menghitung bola)
    2. aspek sosial emosional (menghargai orang lain, sabar menunggu giliran, bekerjasama dengan teman, percaya diri)
    3. Fisik Motorik (ketangkasan, kecepatan, melatih otot tangan)
    terimakasih……

  5. NAMA : HASNAWIDAH
    NIM : 835172931
    prodi : PG PAUD
    Menurut hasil pengamatan saya tentang video tersebut sangatlah bagus.guru mengenalkan konsep bilangan degan metode yang menarik dan menyenangkan .konsep bilangan melalui permainan degan bola sangatlah di senangi oleh anak,melalui media permainan bola anak dapat berhitung jumlah angka sesuai degan jumlah bola yang di suru guru untuk mengambil bola di dalam keranjang.
    selain itu juga degan konsep mengenal angka juga dapat dilakukan degan metode bernyanyi,sehingga anak senang dalam melakukan tugas tersebut.

  6. Nama : Keny Kustiara Martha
    NIM : 857239406
    Prodi PGPAUD BI
    Judul : “sulit mengenal konsep bilangan”
    Proses pembelajaran yang guru lakukan sudah bagus, di mana guru mengajak anak belajar sambil bermain dengan media bola guru memberi perintah kepada anak satu persatu dalam mengambil bola sesuai dengan perintah guru kemudian guru menghitung kembali jumlah bola yang telah diambil anak dan dengan metode bernyanyi “dua mata saya” atau tepuk tangan. Guru memberikan tugas lembar kerja memasangkan benda dengan pasanganya dan tugas melingkari benda yang sesuai dengan jumlahnya.
    Kekurangan :
    – Guru memberikan tugas menghitung bola dengan cara berkelompok
    – Guru terlihat dominan dalam pembelajaran kerena guru menghitung benda yang sudah diambil oleh anak
    – Kurangnya antusias pada anak karena pada saat diajak tepuk tangan untuk menyemangati temannya
    banyak yang tidak ikut tepuk tangan
    Kelebihannya :
    – Dalam pembelajaran bermain guru penggunaan metode bermain yaitu melalui media bola yang dapat
    menarik anak
    – Guru sudah menggunakan alat peraga bola dalam kegiatan belajar mengenal konsep bilangan
    – Guru menyampaikan materi konsep bilangan dengan cara bermain
    – Metode yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan metode bermain,bernyanyi,bermain tepuk

  7. Assalamu’alaikum,
    Nama: Ummi Chabibah
    Nim: 857749515,
    Ijin menjawab pertanyaan diskusi ibu,
    menurut saya, pengembangan kognitif anak sudah bagus.( konsep bilangan) metode yang digunakan oleh guru tersebut sudah sangat bagus karena guru mengenalkan konsep bilangan dengan cara menyanyi sambil berhitung, kemudian menggunakan bola warna-warni untuk berhitung, akan tetapi alangkah bagus lagi apabila dikenalkan warna-warna pada bola tersebut.
    guru sudah sangat bagus dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak-anak karena guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian setelah anak selesai melakukan kegiatan, guru memberikan apresiasi berupa tepuk tangan kepada anak.
    Upaya guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, kemudian memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
    terima kasih.

  8. Nama :septari
    Nim: 856831845
    Prodi:pgpaud s1
    Izin menjawab diskusi pak. Berdasarkan video yang berjudul “sulit mengenal konsep bilangan” menurut saya guru mengajar konsep bilangan kepada anak sudah bagus dimana guru sudah mengunakan metode-metode yang dapat merangsang kemampuan kognitif anak diantaranya dengan metode bermain, guru mengajak anak bermain bola sambil berhitung, guru mengajak bertepuk tangan sambil berhitung, pemberian tugas dengan menghubungkan angka dengan benda dengan cara memberi lingkaran, dan diperkuat pemberian stempel kepada anak yang dapat berhitung dengan benar. Namun sayangnya pada video ini anak kurang aktif, dan guru yang dominan aktif selain itu pada video tidak terlihat kegiatan pembukaan dan guru langsung pada kegiatan inti. Pada video ini lebih menekankan pada pengembangan aspek kognitif yang mana menuntut anak untuk berpikir dan merangsang kecerdasan anak jadi kegiatan yang dikembangkan oleh guru sudah sesuai dengan aspek pengembangan yang ingin dicapai.

  9. Nama : Ayuning Imroatus Sholikhah
    NIM : 858733817
    Program Studi : PGPAUD

    Dalam video tersebut cara guru menangani anak sulit mengenal konsep bilangan sudah bagus dan dapat di terapkan di lembaga masing – masing. Dengan melalui bermain mengambil bola sesuai dengan jumlah yang di ucapkan guru kemudian mendapat reward dari guru itu membuat anak menjadi senang, semangat dan tidak bosan dalam belajar.

  10. NAMA : IKA MUTIA CAHYA PRIHATINI
    NIM : 857236701
    JURUSAN : S1 BI PGPAUD

     Pembelajaran pada anak TK pada dasarnya adalah bermain. Sesuai dengan karakteristik anak TK yang bersifat aktif dalam melakukan berbagai eksplorasi terhadap lingkungannya maka aktivitas bermain merupakan bagian dari proses pembelajaran. Anak Taman Kanak-kanak belajar dengan caranya sendiri. Kecerdasan kognitif berhitung anak adalah kemampuan menggunakan angka dengan baik dan melakukan penalaran yang benar. Kemampuan berhitung adalah kemampuan menggunakan angka perhitungan, pola pemikiran logis, dan ilmiah. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat kreatif, guru mencoba menggali potensi yang dimiliki anak untuk mengembangkan konsep bilangan. Pengenalan konsep bilangan harus menyenangkan sehingga anak tertarik untuk mengenal bilangan. Upaya yang dilakukan guru sudah sangat maksimal seperti mengajak anak untuk bermain bola sambil mengenal angka ketika anak diminta untuk menghitung jumlah bola dalam keranjang yang diambil, mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya. Anak sangat antusias dan semangat.

     Kekurangan dalam video tersebut yaitu metode permainan belum semua anak ikut serta dalam permainan, saran saya agar membuat metode permainan yang bervariasi agar anak tidak ada yang mengantuk menunggu giliran dibuat agar semua anak ikut serta. Pada saat anak sedang mengambil bola bu guru melakukan tepuk terlalu semangat membuat anak lupa dengan jumlah yang seharusnya anak ambil seharusnya 7 menjadi 6 bola saja dan menggunakan bahasa inggris, mungkin ada anak yang belum mengerti angka menggunakan bahasa inggris.

     Kelebihan dari video tersebut adalah guru menerangkan secara perlahan dan sabar menjelaskan bagaimana cara main dan pembelajaran yang lain, guru memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777