silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

469 Comments

  1. Nama: RIZKI AGUSTIYA
    NIM: 877683603

    Vidio ini bagus dan sangat membantu guru dalam pembelajaran, untuk meningkatkan motorik halus dan bahasa anak dengan pantomim.
    Contoh cara mengatasi masalah motorik dan bahasa anak yaitu dengan menyapanya terlebih dahulu setelah ini menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan. Lalu kita dapat menggunakan media gambar. anak anak dapat mengikutigerakan yang ada di gambar dan sambil bernyanyi.

  2. Nama : Nila Sahura
    NIM : 877803979

    Video ini memberikan ilustrasi yang sangat menarik dan bermanfaat tentang bagaimana kegiatan tebak pantomim dapat menjadi alternatif efektif dalam mengembangkan motorik kasar dan kemampuan bahasa anak TK. Melalui kegiatan ini, anak-anak tidak hanya diajak untuk bergerak secara aktif, melatih kelenturan dan keseimbangan tubuh, tetapi juga secara simultan diasah kemampuan bahasa mereka, seperti menyimak, mengekspresikan diri, dan memperkaya kosa kata.

    Saya sangat mengapresiasi pendekatan yang digunakan karena menggabungkan aspek fisik dan kognitif dalam satu aktivitas yang menyenangkan. Metode ini juga mendorong interaksi sosial antar anak, meningkatkan rasa percaya diri mereka saat mengekspresikan gerakan dan kata-kata, serta melatih konsentrasi melalui permainan tebak-tebakan.

  3. NAMA : PIPIN ERNAWATI
    NIM :858199068

    Tebak pantomim merupakan kegiatan yang sangat cocok untuk anak TK karena sifatnya menyenangkan, interaktif, dan merangsang berbagai aspek perkembangan secara bersamaan.

  4. NAMA : ALVIANA PUTRI AYU KARMILLA
    NIM :858711912

    Dalam kegiatan pantonim tersebut masih kurang menarik, sehingga masih ada anak yang asik main sendiri. sebaiknya dalam mengenalkan kegiatan tebak pantonim guru berperan aktiv dalam pelibatan anak untuk berperan dan mempunyai bagian-bagian tersendiri. aktiv dalam mengajukan pertanyaan pada anak.

  5. Assalamualaikum WR.WB.
    Nama : Jumriati
    Nim : 859371255

    video ini sangat bagus dan bermanfaat karena melalui video ini saya dapat ilmu pengetahuan dan wawasan bagaimana cara mengembangkan kemampuan motorik dan bahasa anak usia TK melalui kegiatan tebak pantomim.

    Sekian dan Terimakasih
    Wassalamualaikum WR.WB.

  6. Setelah memperhatikan tayangan video ini, saya semakin yakin bahwa pengembangan motorik anak usia dini dapat dilakukan secara optimal melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dan bermakna. Salah satu kegiatan yang sangat menarik adalah permainan memperagakan gerakan hewan. Melalui permainan ini, anak-anak tidak hanya bergerak aktif-seperti melompat seperti katak, merangkak seperti ular, atau mengepakkan tangan seperti burung-tetapi mereka juga mengembangkan koordinasi motorik kasar dan halus secara alami.
    Selain itu, permainan ini memberikan manfaat kognitif karena anak-anak mulai mengenal berbagai jenis hewan, memahami karakteristik gerakannya, dan menambah kosakata baru.Dari sisi sosial-emosional, kegiatan ini menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Anak-anak belajar berkolaborasi, menghargai perbedaan, dan mengelola emosinya selama bermain bersama teman-temannya. Ini sesuai dengan prinsip pembelajaran pada PAUD, yaitu pembelajaran berbasis bermain dan pengalaman langsung.

    Dengan demikian, saya semakin memahami bahwa sebagai guru PAUD, penting bagi saya untuk merancang kegiatan pembelajaran yang holistik, yang tidak hanya mengembangkan aspek fisik motorik anak, tetapi juga mendukung tumbuh kembang mereka secara menyeluruh melalui pendekatan yang kreatif dan menyenangkan.

  7. NAMA : ERIKA YULIANA ANGDOYO
    NIM : 858987493

    Menurut saya kegiatan yang ada di video sangat bermanfaat, bagi anak usia dini bermain adalah salah satu fasilitas mereka dalam belajar. Dengan bermain tebak pantomim, anak dapat mengasah imajinasi dan kemampuan motorik mereka dengan memperagakan gerakan-gerakan pada gambar yang diberikan oleh guru. Selain itu dengan membuat kelompok-kelompok kecil dalam permainan membuat anak mengenal interaksi sosial dengan sesama.

  8. Nama : Nila Rahmawati M. Saleh
    Nim : 856106692
    Upbjj : Batam

    Tebak pantomim adalah kegiatan yang sangat baik untuk anak usia dini. Kegiatan ini melatih kemampuan komunikasi nonverbal, imajinasi, dan kemampuan berpikir anak. Anak belajar megekspresikan diri dengan Gerakan tubuh tanpa bicara, sambil teman-temannya belajar menebak dan memahami maksud Gerakan tersebut.
    Selain menyenangkan tebak pantomime juga meningkatkan interaksi sosial, rasa pecaya diri, dan kemampuan anak untuk mengamati dan menafsirkan gerakan. Sangat cocok sebagai kegiatan bermain sambil belajar di PAUD.

  9. NAMA: SITI SURIYANNI
    NIM : 855902127

    Assalamu’alaikum
    Izin menanggapi
    Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya karena dengan adanya video ini saya dapat belajar untuk melatih kemampuan komunikasi saya terhadap anak anak video ini juga memberikan pemahaman tentang cara berbahasa dan motorik anak TK.
    Terimakasih

Leave a Reply