silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

96 Comments

  1. NAMA:Anggun Glidis Anggraini Putri
    NIM:856080812
    PRODI:S1-PGSD

    -Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    (dalam vdio tersebut reaksi anak-anak ada yang mengobrol dengan teman dan juga ada yang sibuk sendiri, dalam vido tersebut anak-anak kurang fokus dan kurang menyimak apa yang di sampikan guru)

    -Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    (kelemahan dalam vidio tersebut adalah dalam mmebuka pembelajaran guru kurang memberikan semnagat ,guru juga tidak memberikan salam kepada anak-anak,tidak berdoa terlebih dahulu serta guru tidak membrikan ice breaking agar anak-anak bisa semangat dan fokus dengan pembelajaran sehingga anak-anak tidak sibuk sndiri.

    -Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    (kelebihan dalam vidio tersebut guru membawa media pembelajaran dengan cara menyuruh anak-anak memperaktiknya langsung dan juga guru memberi arahan kepada anak-anak untuk mengamati keslaahan yang terjadi ketika anak-anak yang lain mempraktikan menggunakan media pembelajaran tersebut, dengan begitu anak-anak akan bisa menggali informasi dn menambah pengetahuan dengan cara mengamati,tidak hanya itu sebelum mengamati anak-anak juga di suruh membaca terlebih dahulu agar anak-anak bisa mendapatkan informasi lebih dengan car membaca)

    -Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    (hal unik dalam vidio tersebut yaitu guru memberikan arahan kepada anak untuk mempraktikan menggunakan media pembelajaran yaitu bakiak.)

    -Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    (hal yang bisa di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran pada viido tersebut adalah guru harus membuka pembelajaran denga berdoa terlebih dahulu setelah berdoa guru bisa menanyakan kabar dan melakukan ice breaking agar anak bisa lebih semnagat lagi serta agar anak-anak tetap fokus mendengr penejlasan yang di sampaikan,anak-anak juga harus di berikan penejlasan tentang membaca bisa mendapatkan informasi agar anak-anak bisa memahami setiap suku kata yang di baca.)

  2. NAMA:Anggun Glidis Anggraini Putri
    NIM:856080812
    PRODI:S1-PGSD

    -Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? (dalam vdio tersebut reaksi anak-anak ada yang mengobrol dengan teman dan juga ada yang sibuk sendiri, dalam vido tersebut anak-anak kurang fokus dan kurang menyimak apa yang di sampikan guru)

    -Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? (kelemahan dalam vidio tersebut adalah dalam mmebuka pembelajaran guru kurang memberikan semnagat ,guru juga tidak memberikan salam kepada anak-anak,tidak berdoa terlebih dahulu serta guru tidak membrikan ice breaking agar anak-anak bisa semangat dan fokus dengan pembelajaran sehingga anak-anak tidak sibuk sndiri.
    -Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? (kelebihan dalam vidio tersebut guru membawa media pembelajaran dengan cara menyuruh anak-anak memperaktiknya langsung dan juga guru memberi arahan kepada anak-anak untuk mengamati keslaahan yang terjadi ketika anak-anak yang lain mempraktikan menggunakan media pembelajaran tersebut, dengan begitu anak-anak akan bisa menggali informasi dn menambah pengetahuan dengan cara mengamati,tidak hanya itu sebelum mengamati anak-anak juga di suruh membaca terlebih dahulu agar anak-anak bisa mendapatkan informasi lebih dengan car membaca)

    -Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? (hal unik dalam vidio tersebut yaitu guru memberikan arahan kepada anak untuk mempraktikan menggunakan media pembelajaran yaitu bakiak.)

    -Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? (hal yang bisa di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran pada viido tersebut adalah guru harus membuka pembelajaran denga berdoa terlebih dahulu setelah berdoa guru bisa menanyakan kabar dan melakukan ice breaking agar anak bisa lebih semnagat lagi serta agar anak-anak tetap fokus mendengr penejlasan yang di sampaikan,anak-anak juga harus di berikan penejlasan tentang membaca bisa mendapatkan informasi agar anak-anak bisa memahami setiap suku kata yang di baca.)

  3. Nama : Reni Purwati
    NIM : 858957405
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Mangli

    assalamualaikum ijin menanggapi video.
    menurut saya di dalam video ini masih perlu beberapa perbaikan misalnya saat awal pembelajaran dimulai guru belum memulai pembelajaran dengan salam dan doa, tetapi hanya mengucapkan selamat pagi dan langsung memulai pelajaran. di akhir pembelajaranpun guru tidak memberikan kesimpulan dan salam penutup, tetapi didalam video juga memiliki beberapa kelebihan yang guru berikan kepada siswa. misalnya saat pembelajaran berlangsung guru memberikan media pembelajaran nyata sehingga siswa tidak hanya berimajinasi, guru juga mengajak siswa untuk bermain sambil belajar di luar kelas sehingga siswa menjadi lebih bersemangat mengikuti pembelajaran. disana juga guru memberikan contoh yang baik sesuai dengan informasi yang telah dibaca oleh guru.

  4. Nama:SRI FESISKA PUTRI DAWOLO
    NIM : 856023149
    Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran tersebut yaitu:
    Video tersebut sudah bagus akan tetapi video pembelajaran tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan:
    Kelebihannya yaitu:
    a. Guru memberikan gambaran kepada siswa tentang pelajaran yang akan dilakukan sehingga siswa dapat memahami apa yang akan dipelajari.
    b. Guru langsung memperlihatkan contoh kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
    c. Siswa terlihat mendengarkan penjelasan guru tentang materi yang dipelajari.
    d. Guru juga memanfaatkan lingkungan sekitar untuk belajar agar siswa senang.

    Kelemahannya yaitu:
    a. Guru belum mengajak siswa untuk berdoa saat memulai pelajaran dan saat mengakhiri pelajaran.
    b. Guru belum mengucapkan salam pembuka.
    c. Guru belum memeriksa kehadiran siswa, sehingga tidak terlihat berapa siswa yang hadir dan tidak hadir.
    d. Guru belum memberikan tugas untuk siswa untuk dikerjakan di rumah.

    Terimakasih.

  5. NAMA : Nindia Laili Prameswari
    NIM : 855737705
    PRODI : PGSD
    POKJAR : Tanjung Bintang
    UPBJJ : Bandar Lampung

    1. Reaksi anak/siswa terhadap pembelajaran yang dilakukab guru tersebut yaitu :
    Siswa sangat antusias dalam belajar tetapi masih ada beberapa anak yang kurang fokus dalam belajar.

    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
    1. Saat melakukan kegiatan awal pembelajaran :
    -Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan memeriksa kehadiran siswa.
    2. Saat melakukan kegiatan inti :
    -Guru tidak melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa.
    3. Saat melakukan kegiatan penutup :
    -Guru tidak menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan atau belum.
    -Guru tidak melakukan evaluasi pembelajaran
    -Guru tidak mengajak siswa berdoa

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
    -Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
    -Guru melakukan apersepsi
    -Guru menggunakan media pembelajaran
    -Guru melakukan inovasi pembelajaran dengan bermain sambil belajar sehingga siswa tidak bosan saat belajar.

    4. Hal unik yang saya temukan dalam proses pembelajaran tersebut yaitu :
    -Guru menggunakan media pembelajaran berupa bakiak untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

    5. Upaya yang akan dilakukan setelah melihat kelemahan dan kelebihan dari tayangan vidio tersebut untuk meningkatkan kualitas kegiatan berikutnya yaitu :
    1. Saat melakukan kegiatan awal pembelajaran :
    -Guru melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional dan memeriksa kehadiran siswa.
    2. Saat melakukan kegiatan inti :
    -Guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa.
    3. Saat melakukan kegiatan penutup :
    -Guru menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan atau belum.
    -Guru melakukan evaluasi pembelajaran
    -Guru mengajak siswa berdoa
    4. Guru membuat pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan bantuan media pembelajaran.

  6. Nama : Tri Advent Satria Putra Hulu
    Nim : 855855368
    Pokjar : Idanogawo
    UPBJJ : Medan

    Dari video pembelajaran tersebut sudah bagus di mana guru memperkenalkan materi pelajaran serta membawa alat ajar yaitu bakiak. Dari video pembelajaran tersebut bukan hanya saja guru yang aktif namun guru berhasil membuat semua peserta didik aktif untuk menjawab dan memberikan tanggapan tentang apa yang disampaikan guru tersebut. Guru tersebut juga mengajak peserta didik untuk membaca dan guru tersebut juga menjelaskan materi yang dibaca oleh peserta didik. Cari video tersebut guru membuat kelompok kecil, lalu guru tersebut mengajak peserta didik untuk mempraktekkan cara penggunaan bakiak kepada peserta didik. Setelah mempraktekkan dan mengajak peserta didik untuk mempraktekkannya juga setelah itu guru meminta pendapat sesuatu tentang penggunaan Bakiak. Nah, ini merupakan pembelajaran yang efektif dan baik serta memenuhi unsur.

    Ada beberapa kelemahan yang harus diperbaiki dari video pembelajaran tersebut :
    1. Di awal masuk kelas guru sebenarnya menyampaikan salam pembukaan.
    2. Guru tidak mengabsen peserta didik.
    3. Tidak ada dua pembuka.
    4. Tidak ada ice breaking.
    5. Tidak adanya motivasi kepada peserta didik.
    6. Tidak ada tugas yang diberikan di akhir pembelajaran.
    7. Tidak ada kesimpulan.

    Di video pembelajaran tersebut banyak kelebihan dan kekurangannya.
    Terimakasih 🙏

Leave a Reply