silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik.

Vera Maya Santi, M,Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga cepot.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang bilangan bulat pada garis bilangan sudah benar, yaitu bilangan positip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kanan, sedangkan bilangan negatip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kiri.

Guru dalam memberikan contoh pengurangan bilangan 5 – 9 = … dengan peraga cepot dan garis bilangan bulat sudah benar dan bagus, sehingga anak-anak cepat paham.

Selanjutnya guru menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan pengurangan bilangan 3 – (-5) = …. dengan peraga cepot dapat melakukan dengan langkah yang cepat dan benar.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa akan lebih mudah memahami konsep pengurangan pada bilangan bulat, sehingga siswa dapat membuktikan konsep tersebut melalui garis bilangan dengan benar.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup pembelajaran sudah terlihat jelas.

Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media/alat evaluasi pembelajaran sudah sesuai.

Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

44 Comments

  1. Nama : Yuyun trisnawati
    Nim : 856982736
    Pokjar: Bumiratunuban
    Upbjj : Bandar Lampung

    Setelah melihat video di atas menurut saya menggunakan metode alat pembelajaran di atas sangat bagus membuat siswa jadi lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika, dan adanya metode pembelajaran membuat lebih di mengerti oleh siswa. Menjadikan siswa jadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran interaksi antara guru dan siswa sangat baik

  2. Nama : Ati Hartati
    NIM : 857384446
    Pokjar : Bogor Selatan
    Dalam Video tersebut sudah bagus menggunakan media, sehingga membuat anak tertarik dan antusias juga menyenangkan bagi siswa, dan tidak membosankan, tetapi pada waktu mulai pembelajaran mungkin tidak langsung kemateri melainkan anak diberi penyegaran dulu seperti ice breaking dan mereview pembelajaran yang sudah dipelajari.

  3. Nama Okeh Kristina Noviyanti
    Nim 856472365
    Pokjar Dumai
    Prodi S1 – PGSD

    Izin menjawab, dalam video tersebut pembukaannya tidak diawali dengan doa.
    kekurangan dalam video:
    kurangnya memberi kesempatan kepada semua siswa untuk mencoba alat peraga supaya masing-masing siswa lebih faham dan cepat ingat jika memperagakan sendiri-sendiri.
    Tidak terlihat persepsi serta motivasi belajarnya.

  4. Nama. : Lastria Elisabet tamba
    Nim. : 856058079
    Alamat. : Labuhan batu
    Setelah saya melihat vidio sicepot membantu menanamkan konsep pengurangan bilangan bulat sangat bagus dan sangat membantu sekali sehingga terlihat anak2 memperhatikan dengan baik dan muda menangkap sehingga mereka memahami dan mengerti cara mengerjakan dengan benar.sehingga terlihat sangat membantu anak2.trimakasih sekian menurut tanggapan saya.

Leave a Reply