Similar Posts
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
NAMA : ELLA KUSUMAWATI
NIM : 858876829
Menurut saya pada awal pembelajaran guru tidak memulai pembelajaran dengan doa dan absensi kelas, guru tidak melakukan apresiasi, boleh tidak memberikan kesimpulan dan umpan balik pada akhir pembelajaran, guru tidak menutup pembelajaran dengan salam, tetapi terdapat juga kelebihan pada video tersebut yaitu:
Guru sudah mengucapkan salam pembuka dengan menyampaikan “selamat pagi”, siswa diajak langsung praktik bermain bakiak dan tidak hanya membaca wacana dalam menjelaskan sesuatu informasi yang dibacanya, guru sudah menyampaikan materi dan menggunakan media secara nyata, guru sedang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca, guru mengawasi kegiatan siswa dan memberikan contoh yang baik Sesuai dengan informasi yang telah dibaca.
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa dalam menerima pelajaran sangat kurang. Siswa terlihat masih bercanda dan tidak fokus pada proses pembelajaran
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru tidak memberikan salam pembuka dan sapaan-sapaan pembuka dan tidak mengajak para siswa untuk berdo’a sebelum memulai proses pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru sangat kreatif untuk membuka pembelajaran dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu yang berkaitan dengan pelajaran yang sedang berlangsung
Guru sangat komunikatif, terlihat guru dan siswa terlibat aktif dalam Tanya jawab
Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar untuk mempermudah siswa memahami cara menulis huruf.
Guru menjelaskan cara-cara menulis huruf.
Guru melatih anak untuk menulis huruf dengan membimbing langsung.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Tidak ada hal-hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Pada kegiatan pembelajaran tersebut seharusnya guru memberikan salam pembuka, menanyakan kabar, dan berdo’a disusul dengan mengarahkan siswa untuk menuliskan huruf, suku kata, kata, dan kalimat dengan bantuan media pembelajaran.
Nama : Lestari Maijuita
Nim: 856813632
Program Studi: PGSD S1
Menurut saya guru tidak memberikan salam pada awal pembukaan pelajaran,Dan guru hanya menyiapkan media pembelajaran akan tetapi guru tidak menjelaskan materi dengan benar.Guru hanya membiarkan siswa membaca dan latihan tanpa adanya penjelasan.Akan lebih baiknya jika guru Mengawali pembelajaran dengan salam dan doa agar siswa kita bisa memahami dan mengerti materi yang kita ajarkan.
Nama : Sri kartini
NIM : 858071184
Prodi : PGSD S1
Upbjj pontianak
pokjar Mempawah
Dalam video tersebut guru membuka pelajaran dengan mengucapkan “selamat pagi”. Guru menyampaikan materi tentang mencari informasi dengan membaca wacana , siswa juga diberi tahu tujuan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. tidak hanya membaca wacana dalam menjelaskan sesuatu informasi yang dibacanya, guru sudah menyiapkan media secara nyata dan juga memvariasikan belajar siswa dengan mengajak mereka melakukan kegiatan diluar kelas untuk mempraktekkan secara langsung cara bermain bakiak . guru juga mengawasi kegiatan siswa dan memberikan contoh yang baik Sesuai dengan informasi yang telah dibaca. siswa terlihat senang saat melakukan kegiatan tersebut.
NAMA : TOMMY CAHYA PRAMBUDI
NIM : 858825435
UPBJJ : MALANG
Menurut saya pada awal pembelajaran guru tidak memulai pembelajaran dengan doa dan absensi kelas, guru tidak melakukan apresiasi, boleh tidak memberikan kesimpulan dan umpan balik pada akhir pembelajaran, guru tidak menutup pembelajaran dengan salam, tetapi terdapat juga kelebihan pada video tersebut yaitu:
Guru sudah mengucapkan salam pembuka dengan menyampaikan “selamat pagi”, siswa diajak langsung praktik bermain bakiak dan tidak hanya membaca wacana dalam menjelaskan sesuatu informasi yang dibacanya, guru sudah menyampaikan materi dan menggunakan media secara nyata, guru sedang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca, guru mengawasi kegiatan siswa dan memberikan contoh yang baik Sesuai dengan informasi yang telah dibaca.
Nama: Dinia Eka Nur Anggraini
Nim: 856081086
UPBJJ-UT: Kota Batam
Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah adanya keterlibatan siswa secara langsung dalam praktek bermain bakiak, yang membantu mereka untuk lebih memahami dan mengingat materi yang dipelajari. Ini menunjukkan pendekatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.
Kelebihan:
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca. Guru menerapkan pembelajaran dengan suasana kelas yang berbeda, yaitu belajar di luar kelas (di taman). Guru sudah memberikan timbal balik dengan menanggapi pertanyaan siswa. Guru mengawasi kegiatan siswa dan memberikan contoh yang baik sesuai dengan informasi yang telah dibaca.
Interaktif dan Praktis: Penggunaan bakiak sebagai alat peraga membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan praktis. Siswa dapat langsung terlibat dalam prakteknya, yang dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka. bukan hanya sekedar informasi bacaan.
Pengalaman Sensorik: Menggunakan bakiak melibatkan pengalaman sensorik siswa, seperti sentuhan dan pendengaran, yang dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran.
Kreativitas: Siswa dapat mengembangkan kreativitas mereka dalam menggunakan bakiak.. Mereka dapat menciptakan variasi dalam teknik membaca, seperti mengatur bakiak dengan pola yang berbeda-beda, yang dapat memperkaya pengalaman belajar mereka.
Kelemahan:
1. Penggunaan bakiak mungkin memerlukan waktu tambahan dalam proses pembelajaran, terutama dalam persiapan dan distribusi alat kepada siswa. Ini bisa membatasi waktu efektif yang dialokasikan untuk pembelajaran sebenarnya. Pastikan bahwa seluruh siswa mendapat kesempatan yg sama.
2. Berikan sedikit ice breaking kepada siswa, agar menghidupkan suasana belajar saat didalam kelas
3. Guru tidak memberikan teguran/nasehat pada siswa yang belum memperhatikan pembelajaran
4. Seharusnya guru memberikan pengarahan membaca secara estafet agar konsentrasi siswa semakin meningkat terhadap suatu informasi
Simbol Budaya: Bakiak merupakan simbol budaya yang khas bagi beberapa masyarakat, terutama di Indonesia. Penggunaan bakiak dalam pembelajaran membaca tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang unik, tetapi juga menghubungkan siswa dengan warisan budaya mereka, membrikan informasi kepada siswa terkait dengan bakiak sebagai alat permainan tradisional indonesia. belajar langsung diluar ruangan juga meningkatkan antusis siswa dalam belajar.
Nama : Sindy Masrupah
NIM : 858071532
UPBJJ : Pontianak
Reaksi anak terhadap kegiatan Pembelajaran dalam video tersebut cukup baik, meskipun ada beberapa murid yang bercanda. Guru sudah membuat variasi yang sesuai dengan topik Pembelajaran dengan melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas. Anak-anak juga antusias sehingga menghilangkan kebosanan saat belajar di kelas. Media yang digunakan guru dalam video tersebut juga sudah sesuai yaitu menggunakan bakiak dan guru terlebih dahulu memberikan contoh dalam permainan bakiak.
Tetapi, saat kegiatan awal Pembelajaran pada video tersebut guru tidak berdoa, menanyakan kabar, dan mengecek kesiapan belakar anak guru hanya mengucapkan Selamat pagi.
Guru juga dalam menyampaikan materi kurang ceria dan kurang menarik sehingga terlihat monoton.
Dalam kegiatan Pembelajaran diluar kelas guru membentuk kelompok dalam permainan bakiak sehingga melatih kekompakan anak.
Terimakasih
Nama: Yoga Arwanda
Nim: 859811565
Upbjj: Medan
Prodi: PGSD S-1
Ijin menanggapi video diatas, dari penjelasan video tersebut ada beberapa hal kekurangan maupun kelebihan yang dijelaskan oleh ibu guru tersebut.
Kekurangan
Tidak adanya kegiatan pembuka seperti doa maupun absen
Tidak adanya ice breaking
Kurang dalam hal memberi kesimpulan
Kelebihan
Guru mampu mengajak siswanya aktif di ruang kelas atau diluar kelas
Guru mampu membuat suasana kelas tenang dan tertib saat belajar
Guru sudah bagus menjelaskan materi pelajaran
Murid antusias dalam mengikuti pelajaran
Pelajaran menyenangkan karena adanya praktek langsung di luar kelas
NAMA : HIKMA SUSANTI
NIM : 855784388
UPJJ : PALEMANG
POKJAR : INDRALAYA
PRODI : S1 PGSD
Berdasarkan video yang saya Tonton, menurut pendapat saya guru tersebut sudah melakukan pembelajaran dengan baik, guru melakukan berbagai teknik dan variasi dalam pembelajaran ,
1. Teknik Membaca
Dengan mengajak siswa membaca dapat membantu memperkuat pemahaman siswa terhadap materi dan meningkatkan informasi ,
2 .Mengunakan alat peraga
guru menggunakan alat peraga dengan menggunakan alat peraga membuat seluruh siswa fokus terhadap sumber belajar
3.Memuat Kelompok
Membuat kelompok dapat meningkatkan kejasama yang baik bagi siswa
4.Belajar diluar Kelas
Dengan belajar diluar kelas, dapat menciptakan suasana berbeda yg menyenangkan bagi siswa tentunya tetap pada topik pembelajaran
5. Belajar sambil bermain
Dengan belajar sambil bermain, dapat menghilangkan rasa jenuh dan menambah semangat dalam belajar
Nama: Hidayan Handayana
Nim : 856023987
Upbjj : Medan
Pokjar : Asahan
Menurut pendapat saya dalam video tersebut bahwa guru sudah melakukan kegiatan awal untuk membuka pelajaran dengan mengucapkan selamat pagi dan di ikuti dengan siswa menjawab selamat pagi juga.
Kemudian guru tersebut langsung memberikan informasi dan tujuan tentang membaca wacana permainan lomba bakyak. Menurut saya guru tersebut sudah berhasil membuat umpan balik antara guru dan siswa dengan menggunakan metode demonstrasi, dimana cara penyajian pelajarannya dengan memeragakan suatu proses kejadian dengan mengaplikasikan menggunakan alat-alat bantu permainan yang membuat para siswa tertarik dan paham akan pelajaran yang sedang berlangsung sehingga para siswa senang dan giat untuk membaca buku sebagai pedomannya.
Nama: Hidayan Handayana
Nim : 856023987
Upbjj : Medan
Pokjar : Asahan
Semester : 8
Program studi : S1 PGSD
Menurut pendapat saya dalam video tersebut bahwa guru sudah melakukan kegiatan awal untuk membuka pelajaran dengan mengucapkan selamat pagi dan di ikuti dengan siswa menjawab selamat pagi juga.
Kemudian guru tersebut langsung memberikan informasi dan tujuan tentang membaca wacana permainan lomba bakyak. Menurut saya guru tersebut sudah berhasil membuat umpan balik antara guru dan siswa dengan menggunakan metode demonstrasi, dimana cara penyajian pelajarannya dengan memeragakan suatu proses kejadian dengan mengaplikasikan menggunakan alat-alat bantu permainan yang membuat para siswa tertarik dan paham akan pelajaran yang sedang berlangsung sehingga para siswa senang dan giat untuk membaca buku sebagai pedomannya.