silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

3,350 Comments

  1. Nama : Jumiyati
    NIM : 858320786
    Dari vedio yang saya lihat diatas dapat disimpulkan bahwa dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak sangat penitng dimulai saat anak usia dini ini. Penamanan nilai kejujuran dapat dilakukan dengan metode bercerita. Didalam vedio guru sudah menggunakan metode bercerita dengan baik. Pada saat guru membacakan cerita guru membacanya dengan intonasi yang pelan dan tidak terburu-buru supaya anak mudah dalam memahami apa isi dari cerita tersebut. Di akhir kegiatan guru melakukan refleksi kepada anak mengenai isi dari cerita yang bertujuan untuk menganalisis apakah anak-anak memahami apa isi dari cerita tersebut Lalu anak-anak dengan sangat antusias menjawab pertanyaan dari yang ibu guru berikan. Bagi saya seorang guru PAUD seri pembelajaran seperti ini bisa memberikan saya pengetahuan tentang metode yang dapat saya gunakan dalam mengajarkan nilai kejujuran pada anak-anak usia dini.

  2. NAMA : PURWANTI
    NIM : 858711599
    UPJJ : SURABAYA
    Mohon izin menanggapi : Video tersebut menampilkan bagaimana nilai kejujuran dapat ditanamkan kepada anak-anak melalui cerita moral yang inspiratif. Metode yang digunakan adalah membacakan buku cerita, di mana guru membacakan dan anak-anak menyimak dengan penuh perhatian. Setelah itu, guru mengajukan pertanyaan untuk menguji pemahaman mereka. Terlihat anak-anak sangat antusias, mendengarkan dengan saksama, dan mampu menjawab pertanyaan dengan baik. Metode bercerita ini memiliki banyak manfaat, antara lain merangsang imajinasi dan kreativitas, melatih berpikir kritis, menambah wawasan, serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Buku cerita berjudul Aku Anak Jujur menjadi sarana yang efektif untuk menanamkan nilai kejujuran yang akan tertanam dalam diri anak hingga dewasa. Di sekolah tempat saya mengajar, metode serupa juga telah diterapkan, meskipun jumlah buku cerita yang tersedia masih terbatas.
    Demikian dan terimakasih

  3. Nana : Eri Fitriana DEWI
    NIM : 857654425

    Dari video pembelajaran tentang Menanamkan Kejujuran melalui cerita moral sangat bermanfaat bagi anak” TK atau PAUD. Karena pada usia dinilah penananan moral kejujuran harus dimulai. Kejujuran bs berupa apa saja dan salah satu nya spt di video yaitu hal ringan seperti jujur telah menjatuhkan gelas. Dengan metode bercerita akan mudah diterima anak karena lebih menariknya dan pesan bisa cepat sampai. Dan semogaa dengan metode bercerita anak” sudah paham tentang kejujuran sedini mungkin dan akan berbekas di memori mereka sampai dewasa kelak, sehingga semakin baik sikap perilaku anak didik kita.
    Dengan rutin bercerita tentang dan teratur dilakukan guru semoga akan meningkatkan nilai kejujuran pada anak.
    Terima kasih video nya,sangat inspiratif dan bermanfaat

  4. Video ini menampilkan cara menanamkan nilai-nilai kejujuran melalui cerita. Guru membawakan cerita dengan penuh penghayatan dan ekspresif sehingga membantu anak mengimajinasikan isi cerita dengan lebih baik. Pembacaan cerita juga disampaikan dengan intonasi yang jelas, interaktif dan melibatkan anak melalui tanya jawab tentang isi cerita. selain itu anak juga terbiasa berpikir kritis, mau terlibat dan berani mengungkapkan pendapat. Diharapkan melalui cerita ini, guru dapat penanaman karakter baik kepada anak.

  5. Video ini menggambarkan bagaimana cara menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini,ketika guru membacakan cerita anak-anak mulai memperhatikan dengan penuh perhatian,anak-anak tampak senang dan gembira bahkan ketika menjawab pertanyaan dari ibu guru.Manfaat dari bercerita adalah anak-anak memiliki keterhubungan secara emosional dengan cerita yang sudah didengar,dapat meningkatkan kreatifitas dan imajinasi anak dalam berpikir kritis terhadap cerita yang di dengar.

  6. Nama : Nana Andriyani
    NIM : 858321606
    Alhamdulillah.. Dalam pembelajaran ibu guru bercerita secara pelan dan santai..anak anak juga tertib dan mau mendengarkan cerita dengan baik..Ibu guru menggunakan buku cerita bergambar yang membuat anak tertarik untuk melihat. Melalui cerita tentang aku anak yang jujur, disini anak anak dapat memetik hikmah yang diambil dari berkata jujur..Ibu tidak akan marah jika kita berkata jujur telah melakukan kesalahan seperti yang dilakukan Saliha yaitu memecahkan gelas dan mau mengakui kesalahannya dengan jujur.Pada akhir cerita Ibu guru juga menanyakan kepada anak siapa saja tokoh yang ada dalam cerita..ini dapat melatih perkembangan anak dalam menerima informasi dan menyampaikan informasi.
    Video pembelajaran ini sangat bagus sekali..nanti akan saya praktekkan di kelas saya melalui metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar.

  7. Nama : Rahmi Ftri Juniarti
    NIM : 856272111
    izin menanggapi video ini
    Video ini sangat menarik dan bermanfaat karena menunjukkan bagaimana cerita bergambar dapat menjadi media efektif untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Pendekatan yang digunakan guru, yaitu bercerita dan mengajak siswa berinteraksi melalui pertanyaan, mampu meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai moral secara tidak langsung. Kegiatan seperti ini sangat penting dalam pembelajaran karakter sejak dini, karena melalui cerita anak dapat belajar tentang kejujuran secara menyenangkan dan alami.
    Selian terimakasih

  8. Nama : Rahmi Fitri Juniarti
    NIM : 856282111
    izin menanggapi video ini
    Video ini sangat menarik dan bermanfaat karena menunjukkan bagaimana cerita bergambar dapat menjadi media efektif untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Pendekatan yang digunakan guru, yaitu bercerita dan mengajak siswa berinteraksi melalui pertanyaan, mampu meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai moral secara tidak langsung. Kegiatan seperti ini sangat penting dalam pembelajaran karakter sejak dini, karena melalui cerita anak dapat belajar tentang kejujuran secara menyenangkan dan alami.
    terimakasih

  9. NAMA : SRI UTAMI
    NIM : 858566925

    Ijin menanggapi video:
    Video tersebut sangat menarik, dengan guru bercerita tentang kejujuran disini saya melihat suasana yang kondusif, anak-anak bisa duduk anteng memperhatikan serta menyimak cerita yang di sampaikan guru, karena guru dalam bercerita dengan ekspresi dan mimik wajah yang menarik serta intonasi yang pelan jadi anak-anak dapat menikmati cerita tersebut, dan dengan metode bercerita tersebut sangat efektif untuk anak usia dini di banding dengan metode yang lain karena di sini anak-anak dapat berimajinasi langsung, dengan perlahan anak akan terbawa seolah olah mereka masuk terlibat langsung sebagai tokoh dalam cerita tersebut, jadi anak akan mudah mencerna apa yang di sampaikan oleh guru dengan menyimak cerita mereka juga akan selalu mengingat isi cerita tersebut. Suatu saat mereka pasti akan mempraktekkan seperti apa yang terkandung dalam isi cerita tentang kejujuran yang di sampaikan oleh guru. Jadi kesimpulannya menurut saya, dengan menggunakan metode bercerita di sekolah paud ini sangat efektif untuk perkembangan anak-anak, karena dengan metode ini anak-anak akan mudah menyerap apa yang di sampaikan guru.

  10. Maria Ulfa
    877317045

    Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral

    Penanaman kejujuran pada anak usia dini dengan kegiatan positif dengan menanamkan kecintaan atau kebaikan melalui kegiatan bercerita. Misalkan dengan cerita bertema kejujuran. Penyampaian yang menarik, ekspresif serta kalimat yang positif secara tidak langsung menanamkan nilai-nilai kejujuran secara keseluruhan.

    Menurut saya teknik story telling cukup efektif dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak.

Leave a Reply