silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

647 Comments

  1. Nama: Septianty Dwi Cendana Rizki
    NIM: 837580334
    Judul: Memelihara konsentrasi
    Dari video tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa dengan melakukan pembelajaran menggunakan alat peraga konkret dapat meningkatkan konsentrasi anak karena. Siswa akan terfokuskan pada media yang dibawa oleh guru sebagai media pembelajaran. Itu berarti guru harus lebih inovatif lagi dalam menggunakan media pembelajaran.

  2. Ernawati
    856979627
    Dari vidio diatas bisa kita simpulkan balasannya seseorang guru harus menggunakan alat peraga kepada siswa agar siswa lebih bisa mengetahui dan memahami yang di pelajari sehingga siswa bisa langsung mempraktikkan secara langsung untuk maju ke depan.

  3. Nama Nurbiah
    Nim 838056771

    Mereka terlihat antusias dan senang saat meraba dan memegang langsung alat peraga yang diberikan oleh guru. Mereka bersemangat untuk mengamati mencoba dan mengerti konsep ekspor dengan langsung berinteraksi dengan alat peraga tersebut. Senyum Dan Ryu rendah terdengar di kelas ketika mereka menemukan sendiri cara untuk mengekspor dengan bantuan alat peraga yang menarik. Ekspresi wajah mereka penuh dengan kekaguman dan kegembiraan ketika mereka berhasil menggunakan alat peraga tersebut untuk memahami konsep ekspor dengan baik.

  4. Nama : Yusuf Heriadi
    Nim : 857002875
    Analisis saya dalam vidio kali ini untuk membangun konsentrasi anak dalam pembelajaran di kelas emang sungguh perlu dengan kita menggunakan alat media sebagai bahan ajaran sehingga anak lebih berinteraksi langsung dengan apa yg di sampaikan atau diterapkan oleh gurunya di depan kelas,dan sebagai guru kita harus berinteraksi langsung dengan siswa tersebut dengan mengajak siswa bergerak di depan kelas dengan kita didalam kelas agar pembelajaran lebih interaktif.

  5. Nama: dela santika
    Nim: 857001257
    Pokjar: salut waytuba

    Dari video diatas bisa kita simpulkan balasannya seseorang guru harus menggunakan alat peraga kepada siswa agar siswa lebih bisa mengetahui dan memahami yang di pelajari sehingga siswa bisa langsung mempraktekkan secara langsung untuk maju ke depan.pembelajaran menggunakan alat peraga konkret dapat meningkatkan konsentrasi anak karena. Siswa akan fokuskan pada media yang dibawa oleh guru sebagai media pembelajaran. Itu berarti guru harus lebih inovatif lagi dalam menggunakan media pembelajaran.

  6. Nama : Maulana Ihwanul Yakin
    Nim : 857002259
    Mata Kuliah : PDGK4209/PANDUAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
    Semester : 6 B
    Pokjar : Way Tuba
    UPJJ : Bandar Lampung

    1. pada reaksi pembelajaran, masih banyak siswa yang kurang fokus, ada yang asyik berbicara sendiri dengan temannya, sehingga membuat kegiatan pembelajaran kurang kondusif,guru tidak membuka salam dan tidak melakukan absensi kelas.
    2.kelemahan pada pembelajaran ini proses kegiatan mengajar dilakukan pada siang hari dimana siswa kurang fokus untuk memperhatikan apa yang dissampaikan gurunya, penyampaian materi terlalu monoton, guru tidak menerangkan materinya langsung menuju ke inti pembelajaran
    3.kelebihan dari pembelajaran ini guru berusaha membuat siswa fokus dengan memberikan media gambar agar siswa dapat lebih paharn dan jelas dalam proses pembelajaran,guru suaranya sangat lantang sehingga dapat mudah didengarkan oleh siswa, adanya sesi tanya jawab membuat siswa dapat fokus kembali dalam pembelajaran.
    4. hal unik dalam video ini terdapat aktivitas siswa yang masih terlihat mengantuk, berjalan jalan, dan asyik ngobrol dengan temannya akan tetapai proses kegiatan mengajar masih dapat berjalan kondusif meskipun di siang hari.
    5.menurut saya upaya yang harus dilakukan, sebelum pembelajaran dimulai guru harus memberikan motivasi dan menyampaikan materi terlebih dahulu, guru harus lebih kreatif dan inovatif lagi dengan cara membawakan alat peraga atau media gambar yang lebih menarik perhatian dan konsentrasi siswa, perlu evaluasi pemindahan jam pelajaran agar siswa lebih segar dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa lebih aktif dan pembelajaran berjalan dengan baik.

  7. Dalam cuplikan video tersebut guru masuk ke dalam kelas mengucapkan salam sementara murit yang didalam kelas masih asik bermain .Dengan cara guru memberikan sesuatu hal yang menarik seputar mata pelajaran.Kemudian dalam proses pembelajaran guru mengajar siswa melakukan apresiasi seperti tebak tebaan untuk menarik siswa kemudian guru bisa menggunakan berbagai metode untuk pembelajaran upayakan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tujuan yang di harapkan

Leave a Reply