silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. assalamualaikum wr.wb
    izin,nama:Andina putri
    nim:855899717
    UPBJJ:BANDA ACEH
    Video memperlihatkan upaya guru yang sangat baik dalam memberikan toleransi kepada orangtua selama masa orientasi anak di kelas. Guru memberikan kesempatan kepada orangtua untuk melepas anak secara bertahap sehingga anak merasa nyaman dan tidak takut ditinggal orangtuanya. Hal ini sangat penting untuk membangun rasa aman dan kepercayaan anak di lingkungan baru.

    Guru menggunakan pendekatan lembut dengan sentuhan, belaian, dan pelukan yang membuat anak merasa dekat dan nyaman dengan guru, sehingga anak lebih mudah beradaptasi dan mulai belajar mandiri tanpa menangis. Ini juga merupakan strategi efektif dalam pengembangan bahasa karena anak yang merasa nyaman cenderung lebih mudah berkomunikasi dan berekspresi.

    Guru mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan dan mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi, yang dapat merangsang interaksi verbal dan sosial anak, aspek penting dalam pengembangan bahasa.

    Pemberian reward kepada anak yang sudah bisa belajar mandiri sangat memotivasi anak lain untuk berusaha dan tidak menangis lagi, sehingga suasana kelas menjadi kondusif untuk pembelajaran bahasa.

  2. NAMA : SITI MAMNU”AH
    NIM : 877961414
    vidio diatas menjelaskan cara mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar. Jika anak mogok untuk belajar atau tidak mau bergabung dengan teman-temannya terdapat beberapa kemungkinan yang bisa terjadi pertama anak takut yang kedua anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu untuk mengerjakannya sementara anak-anak lainnya sudah bisa melakukan yang ketiga mungkin anak bertengkar dengan teman-temannya dan yang terakhir adalah mungkin saja anak sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru terhadap dirinya. jika guru sudah tau alasannya, guru menyampaikan baha ibu guru dan teman-teman sangat kangen, Jika anak masih belum berani masuk sekolah anak dapat diberi pilihan Apakah mau belajar dengan teman di kelas atau di ruang lainnya. jika permasalahan tersebut disebabkan karena anak merasa bosan maka guru atau pendidik anak usia dini dapat melakukan kegiatan pengaman atau pengayaan selama Anak tertarik walaupun materi dan cara belajar yang dilakukan oleh anak berbeda dengan anak lainnya..
    vidio tersebut sangat membantu, saya menjadi tau bagaimana cara mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar…
    terima kasih….

  3. nama: siti humairoh
    NIM: 860187646
    video sangat bermanfaat dan inofatif memberi gambaran bagaimana guru mengembangkan bahasa anak melalui pendekatan dengan bermain.
    masukan dan saran:
    video harus nya di lengkapi dengan subtitle supaya guru dapat lebih jelas memahami apa yang di sampai kan.

  4. Nama : Sekolastika Dew
    Nim : 858424051
    Memahami Berbagai Penyebab: Video ini dapat memberikan wawasan lebih luas tentang berbagai faktor yang menyebabkan anak mogok belajar, yang mungkin tidak hanya terbatas pada kesulitan akademik, tetapi juga masalah emosional, sosial, dan lingkungan keluarga. Ini membantu pendidik untuk lebih memahami konteks individu setiap siswa.

    – Mengembangkan Strategi Pembelajaran yang Lebih Efektif: Video ini dapat menyajikan berbagai strategi dan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mengatasi anak yang mogok belajar. Pendidik dapat mengadaptasi strategi-strategi tersebut sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa mereka.

    – Meningkatkan Keterampilan Manajemen Kelas: Video mungkin membahas teknik-teknik manajemen kelas yang efektif untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi siswa. Pendidik dapat mempelajari cara mengelola perilaku siswa yang menunjukkan tanda-tanda mogok belajar.

    – Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dengan Siswa dan Orang Tua: Video ini dapat memberikan tips dan teknik komunikasi yang efektif untuk berinteraksi dengan siswa yang mengalami kesulitan belajar dan orang tua mereka. Ini penting untuk membangun hubungan yang positif dan kolaboratif.

    – Mengenali Tanda-Tanda Awal: Video ini dapat membantu pendidik mengenali tanda-tanda awal siswa yang mengalami kesulitan belajar atau menunjukkan tanda-tanda mogok belajar. Deteksi dini memungkinkan intervensi yang cepat dan tepat.

    – Berbagi Informasi dan Pengalaman: Video ini bisa menjadi alat untuk berbagi praktik baik dan pengalaman dalam menangani siswa yang mogok belajar, baik dari sesama pendidik.

  5. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu
    Nama : NURUL FALAH
    Nim. : 859179044
    Judul video: Anak Mogok Dalam
    Belajar

    Menurut saya sebagai guru, pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan cara menyenangkan, guru harus pintar dalam merencanakan pembelajaran. Harus kreatif, setiap pembelajaran harus berbeda- beda agar anak tidak mudah bosan saat pembelajaran berlangsung, guru juga harus bisa bernyanyi, membuat permainan yang disukai anak agar anak tidak merasa bosan atau terbebani dalam belajar, guru harus bisa mengambil hati/perhatian anak dengan cara berbicara dengan lembut, memeluk anak agar anak merasa nyaman dan ingin belajar bersama teman-teman, guru juga harus menanyakan apakah anak itu habis bertengkar sama teman atau ada masalah sama orang tua, maka guru harus menanyakan kepada anak apakah sedang berkelahi atau tidak, dan guru harus menanyakan kepada orang tua penyebab anak mogok belajar, guru harus bekerja sama ibu agar anak tidak mogok belajar, dan agar ibu lebih bisa menjaga perasaan anak juga supaya tidak merasa sedih saat sekolah.
    Saat pembelajaran berlangsung guru harus mendampingi atau membimbing anak dengan sabar, dan saya biasanya kalo anak mogok belajar saya mengajarnya terakhir saat anak-anak yang lain sudah istirahat, pada saat itu saya menanyakan kepada anak mau belajar sendiri, dan masalah yang dia hadapi.

    Menurut saya guru pintar online ini sangat penting.

  6. Assalamu’alaikum
    Nama :Hernawati
    Nim : 857268761
    Prodi:PG PAUD/sem 2
    Ijin mengomentari video tersebut
    Menurut saya apa yang dilakukan guru tersebut sudah sangat bagus, karena seorang guru harus peka dan paham apa yang dibutuhkan oleh siswanya, seorang guru juga harus kreatif dan bisa membaca suasana hati seorang anak didiknya, sehingga anak akan merasa aman dan nyaman serta happy dalam belajar dan bermain dengan teman2 dan gurunya.Terima kasih🙏

  7. menurut saya sebagai seorang guru, Cara ini sangat efektif dilakukan pada anak PAUD, dengan memberikan perhatian saat melakukan kesalahan

  8. Nama : Anwargani Saputra
    NIM : 836860408

    Guru harus bisa membuat situasi yang menyenangkan, menantang dan membuat semakin bersekolah untuk bersekolah. terdapat beberapa kemungkinan ketika anak tidak mau sekolah antara lain: takut, merasa bosan dan tidak menyenangkan karena ada paksaan atau ada kemungkinan ada pertengkaran dengan temannya. selain itu ada alasan bawah anak merasa sakit hati karena perkataan guru.
    Solusinya antara lain: guru melakukan Home Visit atau mengajak anak bermain di ruangan lain atau di halaman. Guru juga bisa merubah tema tetapi tetap mengacu pada tujuan pembelajaran.

    Saran: Mohon Video diupdate sesuai dengan perkembangan zaman. terima kasih

  9. Nama : Ni luh sri utami dama yanti
    Nim : 859045547
    Alamat : UT Denpasar

    Anak yang mogok tidak mau belajar :
    1. Menghadapi anak yang mogok belajar.
    2. Bicara dari hati ke hati : ajukan pertanyaan seperti, “kenapa kamu tidak mau sekolah?” dan dengarkan jawaban anak dengan sabar. Jika ada masalah di sekolah, bantu anak untuk mengatasinya.
    3. Buat lingkungan yang mendukung untuk memotivasi anak.
    4. Konsultasi dengan gurunya.

  10. Assalamu’alaikum wr.wb
    Nama : RISMAYANTI
    Nim : 858328963
    Prodi: PG PAUD/sem 8
    Ijin mengomentari video di atas :
    Menurut saya apa yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah sangat bagus, karena seorang guru harus peka dan paham apa yang dibutuhkan oleh siswanya, seorang guru juga harus kreatif , inovatif dan membaca gerak gerik anak sehingga ia merasa diperhatikan dan nyaman untuk belajar dengan guru. terima kasih

Leave a Reply