silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Feti Indri Lestari
Nim : 858161505
Prodi : PGPAUD
Assalamu’alaikum wr wb.
Dengan melihat video ini saya mendapatkan ilmu baru, dalam menangani anak yang mogok dalam belajar, biasanya ketika anak tidak mau belajar saya membujuknya agar mau belajar, namun apa bila tetap tidak mau maka biasanya saya ajak untuk melihat hasil karya yang anak lain buat, dengan ilmu baru ini semoga saya dapat menangani anak yang mogok belajar, seperti yang terlihat di video pendidik dengan sabar membujuk anak yang mogok belajar dan memiliki banyak cara agar anak tetap mau belajar, seperti teman- temannya. Dalam video dijelaskan pula mengapa anak mogok dalam belajar, salah satunya adalah anak sakit hati kepada guru atas ucapan dan perbuatan yang dilakukan guru kepada anak tersebut,sebagai guru hendaknya bertutur kata dan berperilaku baik terhadap semua anak didiknya. Agar dapat meminimalisir anak mogok belajar.
Nama = Edenia Emila Nurmalasari
NIM =857841469
Menurut tanggapan saya pada sebelum pembelajaran di mulai sebaiknya anak yang sedang mogok tidak mau belajar di tanya mau duduk sama anak/teman yang di senangi, dan harus di dekati juga di ajak bicara, di beri pujian saat melakukan belajar, dan harus di beri dukungan agar aku harus semangat dan harus bisa. Terimakasih
Nama : Lussy Andri Rachmawati
NIM : 858871955
Prodi : PG PAUD BI
Setelah melihat video di atas, saya merasa diberikan solusi dalam masalah saya di kelas. Saat ini, salah satu murid saya mengalamai hal tersebut seperti dalam video. Murid saya sering sekali tiba-tiba mogok karena sesuatu hal, yang sering ia mogok karena dijahili oleh teman-temannya. Jika sudah mogok, ia hanya akan berdiam diri tidak mau melakukan apapun.
Seperti halnya video di atas, saya selalu mencoba untuk membujuk murid saya yang mogok. Terkadang jika tidak sampai menangis, ia masih mudah untuk dibujuk. Hanya dengan kata-kata manis dan pujian, murid saya sudah mau kembali bergabung dengan teman-temannya. Namun jika sudah sampai menangis, bujukan dan pujian sudah tidak bisa lakukan. Hal yang saya coba lakukan adalah menenangkan dengan memeluk lalu mendudukkannya di sebelah saya.
Sampai sudah hampir semester 2 ini, murid saya masih suka mogok. Tapi saya juga akhirnya terbiasa untuk menanganinya. Yang terakhir terjadi, murid saya sampai tidak mau sama sekali berkegiatan apapun di dalam kelas. Akhirnya saya mengkonsultasikan (via WA) kepada kedua orang tuanya. Saya menanyakan hal-hal yang menurut saya perlu untuk mencari sebab kenapa murid saya sering mogok di kelas, dan ternyata jawabannya adalah ia memiliki adik baru. Murid saya kemungkinan merasa cemburu dengan adiknya dan membawa permasalahannya tersebut di sekolah. Kedua orang tuanya pun menyadari hal tersebut.
Video tersebut di atas sangat persis dengan yang saya alami, yang perlu saya terapkan lebih lanjut adalah mengunjungi wali murid dan murid saya ke rumah dan membujuknya Bersama-sama dengan orang tuanya di rumah. Mungkin saya juga bisa mengajaknya belajar lebih privasi jika ia sedang mogok yang berlebihan.
Demikian tanggapan saya, terima kasih.
Nama : ANIK SUJIYATI
NIM : 857841261
PGPUD SURAKARTA
Dari vidio diatas dengan judul ” ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR BERSAMA TEMAN”
yang disampaikan : DRA .SITI AISYAH .M.Pd
Saya lebih tambah pengetahuan saya dalam mengadapi murid ketika tidak mau belajar bersama teman, karean itu sering terjadi di beberapa anak didik dilembaga kami, seprti diviodio diatas ada beberapa poin yang biasnya nak mogok belajar karena takut sam temannya seperti ada dalam vidio tersebut, namun dari kesmpulan dari vidio tersebut dapat di simpulkan beberapa point penting kenapa anak mogok belajAr bersama tema-temannya diantara seprti yang dismapaikan oleh BUNDA SITI diatas
Pokok permasalahan :
– Seorang guru lebih menekankan kepada aspek kecerdasan anak dan melupakan sesungguhnya pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan menyenangkan. Tugas guru adalah memberikan motivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak, maka ketika anak bermain sesungguhnya anak sedang belajar . Selain itu Guru harus mengingat bahwa dunia anak usia dini adalah dunia bermain.
Kemungkinan yang terjadi ketika anak mogok tidak mau belajar bersama temannya
– Anak takut
– Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang belum mampu ia lakukan sementara anak yang lainnya sudah mampu melakukan.
– Anak bertengkar dengan teman sekelasnya
– Mungkin bisa saja anak sakit hati terhadap perbuatan atau ucapan guru terhadap dirinya
– Kadang kala anak merasa bosan belajar didalam kelas
Solusi ketika anak mogok tidak mau belajar bersama temannya
– Guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua dengan home visit atau kunjungan rumah dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
– Jika anak masih tidak mau belajar, maka anak diberi pilihan apakah mau belajar dengan teman dikelas atau diruang lainnya.
– Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain diluar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama antara guru dan anak. Kesepakatan perlu dilakukan karena bagi anak kesepakatan merupakan proses belajar.
sebagai guru perlu tambah wawasan dan pengetahuan dari vidio ini banyak belajar banyak hal yang bisa dipelajari yang sebelumnya ada beberapa yang masih belum dimengerti
nama : nanda maratul husna
nim : 858852647
saya memilih tentang materi ini adalah kaena saya sering mengalami permasalahan tentang anak yang mogok belajar karena beberapa hal..dengan melihat vdeo ini,,saya jadi tambah pengalaman bagaimana cara mengatasi anak yang mogok saat belajar,,
dalam video tersebut,,saya melihat ada anak yang mogok belajar,,,mungkin disebabkan karena anak tersebut dibuat menangis oleh temannya,shingga tidak mood dalam belajar, atau bisa jadi tidak cocok dengan perkataan guru nya atau temannya,atau bahkan Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang belum mampu ia lakukan sementara anak yang lainnya sudah mampu melakukan.
dalam video tersebut guru memberi beberapa penawaran agar anak tersebut tidak mogok belajar,seperti contoh memberi sesuatu pada anak tersebut,atau menawarkan atau mengajak belajar di ruang yang berbeda dengan teman nya..
.
namun dala video tersebut guru merayu anak agar mau belajar,walaupun dunia anak paud dan tk itu belajar sambil bermain.
Nama : Kurnia Ambarwati
Nim : 857605493
Judul video : anak mogok tidak mau belajar bersama teman
Oleh: Dra. Siti Aisyah,M.Pd
Dari video di atas menjelaskan tentang peristiwa anak di Paud yang mogok tidak mau belajar atau bermain bersama teman. Sebelum masuk ke kelas biasanya guru menyapa terlebih dahulu, tanya kabar atau tanya apa saja yg dilakukan sebelum berangkat ke sekolah.
Di sekolah saya juga ada anak yang seperti itu, anak selalu menyendiri, tidak mau bermain bersama temannya. Saat pelajaran dimulai biasanya guru memberikan tugas namun dia tidak mau mengerjakan, disuruh berkelompok juga tidak mau. Akhirnya guru memberikan nasihat – nasihat agar anak mau merubah sedikit emosionalnya. Guru juga bertanya alasan anak diam atau tidak mau dekat dengan teman. Biasanya ada beberapa alasan yang sudah dijelaskan divideo.
1. Anak malu kepada temannya
2. Anak takut mungkin ada teman yang nakal
3. Anak mungkin juga takut atau tersinggung atas perkataan guru atau teman
4. Anak mungkin marah ketika dirumah terus sampai disekolah dia masih marah.
Untuk itu guru harus memiliki strategi agar anak bisa mengurangi tingkat emosionalnya. Guru memberikan sedikit waktu untuk anak bermain lego, balok atau mainan yang ada didalam kelas. Guru juga memberikan perhatian kepada anak tersebut sambil anak dirayu agar mau belajar bersama teman.
Nama : Ela Maola
NIM : 857497082
PG PAUD
Dalam tayangan video anak mogok tidak mau belajar, kisahnya hampir sering saya melihat di sekolah. Entah mogok karena bosan dikelas,ada yang nakal,ada yang karena rebutan mainan ataupun karena sedang ada masalah dirumahnya jadi tidak semangat belajarnya. Setelah mengetahui penyebab atau alasan kenapa anak mogok belajar,saya menindaklanjuti dengan melakukan pendekatan atau komunikasi dengan anak dan orang tuanya.
cara yang dilakukan didalam video tersebut pernah saya praktekan dan Alhamdulillah ada kemajuan anak mau bergabung dengan teman yang lainnya untuk belajar bersama,meski membutuhkan waktu untuk memberikan pengertian terhadap anak yang mogok tersebut.
Nama : yanti
Nim : 858439391
Prodi : PGPAUD
Ijin berdiskusi sahabat sekalian, dari video yang telah kita saksikan ada anak yang tidak mau bergabung dengan temannya yang bnyak dialami disetiap sekolah, menurut saya mood anak kadang kala dapat berubah ubah karna beberapa faktor entah dari luar atau dari lingkungan sekolah, Menurut pengalaman saya disekolah ada beberapa anak yang saya temukan seperti ini karna faktir dilingkungan sekolah yaitu karna anak tidak tertarik dengan kegiatan yang telah disiapkan guru, anak kurang sehat, anak yang merasa kesal dengan gurunya, anak yang berkelahi dengan sesama teman.
Dan ada juga faktor dari luar seperti marah terhadap orang tuanya, dan dimarahi oleh salah satu dari keluarga
Yang pasti kita sebagai guru harus mencari tau penyebabnya , kemudian memcari solusi terhadap apa dari penyebab anak tersebut .
Nama/NIM : Arum Meilena/858733928
Prodi/smt : PGPAUD-BI/2
UPBJJ/Pokjar : Surabaya/Lamongan
Dalam tayangan video tersebut saya mengambil bebeberapa point, diantaranya :
1. Kesalahan pendidik yakni lebih menekankan aspek kecerdasan dan lupa bahwa dalam pembelajaran anak usia dini yang perlu ditekankan dalam pembelajaran yakni disampaikan atau dilakukan dengan cara yang menyenangkan karena ketika anak belajar dalam keadaan senang maka apa yang kita sampaikan dapat diterima dengan mudah oleh anak.
2. Tugas guru yakni meningkatkan rasa ingin tahu anak dan memberikan motivasi pada diri anak, supaya dalam meningkatkan berbagai aspek perkembangan pada anak dapat dilakukan dengan baik.
3. Ketika anak mogok belajar ataupun mogok untuk datang ke sekolah mungkin ada beberapa kemungkinan, diantaranya :
a. Anak merasa takut
b. Anak dipaksa untuk mengerjakan sesuatu yang dia rasa sulit untuk dipahami, dan merasa minder ketika teman-teman yang lain bisa mengerjakan hal tersebut
c. Anak bertengkar dengan teman sebayanya
d. Anak merasa sakit hati dengan ucapan ataupun perilaku kita baik disengaja atau tidak.
4. Solusi yang dapat kita lakukan ialah jika anak mogok untuk datang ke sekolah maka kita bisa melakukan homevisit atau mengunjungi rumah anak tersebut untuk menggali informasi dari anak ataupun orang tua anak “mengapa anak tidak datang ke sekolah?” Atau ketika anak mogok belajar di kelas guru dapat menanyakan dan memberikan pilihan anak ingin belajar di mana, terkadang anak hanya merasa bosan belajar dalam kelas maka guru dapat memberikan kesempatan bermain di luar kelas dengan menetapkan aturan bermain yang disepakati oleh guru dan anak.
Sekian jawaban dari saya, apabila ada salah kata atau kurang tepatnya jawaban mohon bantuannya. Terimakasih 🙏
Nama : Anisah Nurul Faiqoh
Nim : 858870527
Prodi : PGPAUD
Semester : 1
Dari video di atas tentang anak mogok belajar disebutkan beberapa alasan anak mogok belajar di antaranya karena anak merasa takut dirinya tidak mampu, anak dipaksa mengerjakan hal di luar kemampuannya, atau dapat juga karena anak merasa tidak nyaman dengan perkataan atau perbuatan guru. Solusi permasalahan ini adalah pertama dengan dengan mendekati anak untuk mengetahui alasan dia mogok belajar, memberikan pengertian kepada anak bahwa dalam belajar boleh melakukan kesalahan, kegiatan belajar dibuat menyenangkan melalui bermain, dan dapat melakukan home visit untuk mengetahui kondisi anak di rumah. Seorang guru juga hendaknya selalu menjaga tindakan dan perkataannya agar tidak melukai hati anak didik.
Mogok belajar memang hal yang kerap terjadi di sekolah. Salah satu pengalaman saya di lembaga terjadi pada satu siswi kelas TK A. Anak ini menolak untuk masuk ke dalam kelas dengan alasan takut pada salah satu teman di kelas. Anak ini pun diajak bermain dan belajar di ruang kantor selama beberapa hari sampai dia kembali mau ikut belajar di kelas kembali.