silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan saya:
    Nama : Yahya
    Nim : 857238049
    Prodi : PGPAUD SI

    Anak Belum Mandiri Pada Awal Masuk Sekolah.
    Hasil pengamatan kami terhadap guru yang ada dalam vidieo sebagai berikut:
    • Guru telah menyiapkan kelas dengan baik.
    • Guru memahami dan tahu cara menangani anak baru dengan berbagai latar belakang.
    • Menciptakan rasa aman dan nyaman bagi anak
    • Guru berfungsi sebagai orang tua.
    • Guru memberikan toleransi kepada orang tua, selama anak belum dapat mandiri ketika awal masuk
    sekolah. Guru memberikan waktu kepada anak untuk menerima guru sehingga anak merasa dekat dan
    lekat.

  2. Bismillahirrahmanirrahim
    Aslllmualiku wr wb
    Nama Iis cahyati
    Nim 856612719
    Dari vidio yang saya amati dengan judul ” ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR BERSAMA TEMAN.

    yang disampaikan : DRA .SITI AISYAH .M.Pd

    Alhamdulillah untuk Vidio yang sudah dipaparkan diatas untuk mengadapi murid ketika tidak mau belajar bersama teman, karean itu sering terjadi di beberapa anak didik dilembaga kami mau dilembaga lainya seprti diviodio diatas ada beberapa poin yang biasnya anak mogok belajar karena takut sam dengan tman atau Belem beradaptasi dgn lingkungannya seperti dalam vidio tersebut, namun dari kesmpulan dari vidio tersebut dapat di simpulkan beberapa point penting kenapa anak mogok belajr bersama tema-temannya diantara seprti yang dismapaikan oleh BUNDA yang diatas
    Akan tetapi untuk menghadapi anak yg mogok beljar sebgai guru harus mengadakan metode pendekatan pada anak duduk bersama anak dan bercerita atau bertanya kepada anak tersebut

  3. Nama : Jayanti Dwi Kurniasari
    NIM: 858736235

    Menurut saya dalam video anak mogok tidak mau belajar bersama teman, dalam paparan video diatas sudah naik dengan guru mampu menciptakan suasana dalam pembelajaran yang menyenangkan, dengan persiapan guru yang sudah dicontohkan dalam video tersebut sehingga anak merasa nyaman berada disekolah baik bersama ibu guru maupun teman-teman

  4. Nama : Yulya Wulandari
    NIM : 857969249
    Prodi : PGPAUD

    Menurut saya solusi yang diberikan dalam video diatas sudah baik. Jika boleh menambahkan ketika masuk kelas , guru bisa menggunakan waktu circle time dengan menyapa muridnya, memberikan tanggapan pada pakaian atau tas dan sepatu yang dikenakan, memberikan pujian atas semangat dan sudah berani ditinggal sendiri di sekolah saat belajar, berikan stimulan tepuk dan bernyanyi supaya anak merasa senang, ramai dan nyaman di kelas. Setelah itu kita dapat mengenalkan pembelajaran pada hari itu disertai diskusi kecil dengan murid tentang kegiatan, saat kegiatan berlangsung anak selalu diperhatikan, diberikan dorongan dan pujian. Jika anak menyelesaikan kegiatan dengan baik bisa diberi reward tepuk atau bintang.
    Terimakasih.

  5. Nama : Kana nurfaizah
    Nim : 856086196
    Jurusan : PGPAUD semester 2

    Menurut saya dalam video tersebut dalam pemaparannya sudah baik dan berkat video tersebut saya menjadi tahu apa saja penyebab anak mogok belajar dan bagaimana solusinya. Kita sebaiknya sebagai guru harus kreatif, menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenagkan serta mengerti kemauan anak agar anak mampu mengikuti pembelajaran dengan baik dan tidak mogok belajar.

  6. Nama : Yanti Handini
    NIM : 858451034
    Prodi : PGPAUD

    Bismillah, dari vidio di atas jika ada anak yang tidak mau bergabung dengan temannya atau tidak mau ikut dalam kegiatan selain permasalahan yang di paparkan di vidio terkadang anak mogok belajar karna sejak dari rumah anak sudah marah, terkadang anak tidak mau sekolah tetapi orang tua memaksa sekolah, sehingga anak ketika disekolah tidak mau melakukan kegiatan bersama temannya.
    apa yang di lakukan guru dalam vidio tersebut sudah benar, karna sebagai pendidik kita harus memahami situasi atau perasaan anak didik kita sehingga permasalahan yang di hadapi anak didik bisa kita atasi

  7. Assalamualaikum izin mengomentari

    Nama : Kosmi Hartati
    Nim : 856834485
    Prodi : PGPAUD semester 2

    Dari Video tersebut dapat kita lihat,apa yang di lakukan seorang guru taman kanak – kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana seorang anak yang mogok tidak mau belajar,karena merasa tidak nyaman dengan tema-temanya.dalam video tersebut saya dapat menambah illmu cara mengatasi anak bermasalah dalam mengikuti belajar,dengan cara menghampiri anak yang bermasalah,memeluk anak tersebut bertanya dengan suara yang lembut dan bersahabat,berusaha mendamaikan anak dengan temanya yang bermasalah,guru jg memberi tahu anak yang mogok belajar tersebut agar menyatakan apa yang dia ingin ungkapkan dengan kata-kata,dan bukan dengan memukul/menangsis supaya temannya mengerti, dan guru juga meminta anak untuk melapor kepada guru atau menceritakan jika ada teman yang menggangu.dari vedio tersebut guru juga berkomunikasi dengan orang tua anak yang ada masalah untuk mendapatkan informasi prilaku anaknya di rumah.

  8. Nama : Sari Anggraeni
    NIM : 857843108
    Jurusan : PGPAUD Semester 2

    Dari video diatas, dijelaskan bahwa pembelajaran anak usia dini harus menyenangkan, membentuk motivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak. akan tetapi terkadang ada anak yang terlihat tidak mau bermain dengan teman yang lain, sebagai guru yang ada di video ini, tindakan guru dalam menghadapi sikap anak sudah bagus, dengan mengobservasi apa yang membuat anak tdak percaya diri atau takut, melakukan home visit dan bertanya kepada orangtua tentang bagaimana sikap di rumah, membuat anak merasa nyaman dengan menanyakan keinginannya, tidak memaksa anak apabila anak belum mau melakukan aktifitas, mengajak anak ke ruang perpustakaan untuk melakukan aktifitas agar anak merasa nyaman terlebih dahulu. dan yang terakhir, membuat aktifitas atas kesepakatan dengan anak.
    di akhir video juga dijelaskan, apabila anak merasa bosan, guru perlu untuk menyiapkan kegiatan cadangan untuk anak.

  9. Nama : Hamelia Gunawan
    NIM : 857166913
    Terimakasih atas videonya, saya dapat pembelajaran baru dalam mengenal anak jika mogok belajar.
    makna yang saya dapat dari video ini adalah bahwa guru sangat berperan penting dalam proses belajar anak, mengenal karakter anak dan kemampuan anak untuk meningkatkan perkembangan pada anak. komunikasi antar guru dan orang tua harus memiliki hubungan yang baik dan kerja sama yang baik dalam meningkatkan ketertarikkan anak dalam belajar dan proses pembelajaran pada anak.

    Sekian dari saya, Terimakasih

  10. Setelah menyimak video yang ditayangkan mengenai anak tidak mau belajar…kini tambah lagi ilmu saya untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar.dan pastinya semua sekolah mengalaminya,seperti dalam video tersebut kemungkinan anak mogok belajar yaitu takut, anak dipaksa untuk menyelesaikan tugasnya yang dia sendiri belum mampu mengerjakannya, dan juga karena di jahilin temannya atau bertengkar dengan temanya. Alhamdulillah dengan menonton video di atas saya bisa tau cara mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar.

Leave a Reply