Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,401 Comments

  1. NAMA : ARI DWI SUSWANTI
    NIM : 857610718
    PRODI : S1 BI PAUD SEMESTER 2
    POJKAR : UPJJ PURWOKERTO

    Identitas Video :
    Judul : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    Penulis Naskah : Megawati Simanjuntak, SP., M. Si.
    Narasumber : Dr. Ir. Dwi Hastuti, M. Sc (Bidang Keahlian Perkembangan Anak)
    Lokasi : Di dalam Kelas
    Kelompok : Anak TK

    Dalam video tersebut, guru kurang adanya persiapan sebelum cerita dimulai. Seharusnya guru bisa memberikan arahan kepada anak-anak terlebih dahulu untuk duduk rapih dan memberikan ice breaking seperti nyanyi dan tebak-tebakan yang berhubungan dengan tema yang akan di ceritakan nantinya. Buatlah anak untuk penasaran, sehingga anak akan mengikuti apa arahan guru, sehingga tidak asik ngobrol sendiri saat guru sedang bercerita.

    Keunggulannya guru bisa mengatasi anak-anak yang sedang ngobrol dengan strateginya, seperti :
    1. Guru menghentikan cerita terlebih dahulu untuk menenangkan suasana kelas:
    2. Guru memisahkan anak yang sedang ngobrol;
    3. Guru memposisikan anak yang sedang ngobrol tadi didekat guru;
    4. Guru melibatkan anak dalam kegiatan bercerita;
    5. Guru menekankan anak untuk tidak mengulangi kejadian yang sama;
    6. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perbuatannya.

  2. Judul : Anak yang mengobrol saat PBM
    Menurut saya berdasarkan video di atas guru sudah berusaha mengkondisikan keadaan agar lebih kondusif, diantaranya:mengajak anak yang mengobrol diajak ke depan dan dipisahkan dengan teman yang lain, melibatkan anak saat bercerita,sudah memberikan rewad bagi anak yang bisa menjawab dengan kalimat”bagus,pinter”
    Saran saya sebaiknya agar kegiatan lebih kondusif
    1. Sebelum pembelajaran dimulai berikan anak ice breaking supaya anak biar lebih semangat.
    2. Saat bercerita guru menggunakan media yang lebih baik misal dengan menggunakan boneka tangan supaya bisa membuat anak lebih tertarik dan senang mendengarkannya atau dengan layar proyektor sehingga gambar lebih jelas
    3. Tempat duduk anak atau posisi anak sebaiknya melingkar.
    4. Saat anak mulai tidak fokus, berikan tepuk dengan tujuan supaya anak bisa fokus kembali
    4.

  3. Judul : Anak yang mengobrol saat PBM
    Menurut saya berdasarkan video di atas guru sudah berusaha mengkondisikan keadaan agar lebih kondusif, diantaranya:mengajak anak yang mengobrol diajak ke depan dan dipisahkan dengan teman yang lain, melibatkan anak saat bercerita,sudah memberikan rewad bagi anak yang bisa menjawab dengan kalimat”bagus,pinter”
    Saran saya sebaiknya agar kegiatan lebih kondusif
    1. Sebelum pembelajaran dimulai berikan anak ice breaking supaya anak biar lebih semangat.
    2. Saat bercerita guru menggunakan media yang lebih baik misal dengan menggunakan boneka tangan supaya bisa membuat anak lebih tertarik dan senang mendengarkannya atau dengan layar proyektor sehingga gambar lebih jelas
    3. Tempat duduk anak atau posisi anak sebaiknya melingkar.
    4. Saat anak mulai tidak fokus, berikan tepuk dengan tujuan supaya anak bisa fokus kembali
    4.

  4. Nama : Cindy Ainun
    Nim : 855985739
    Pokja : Labuhanbatu Selatan
    Prodi : S1 PG PAUD AKPMM
    Judul Gpo: Anak ngobrol di kelas saat PBM

    Menurut analisis dari pendapat saya tentang anak ngobrol di kelas saat pembelajaran memiliki kekurangan dan kelebihan antara lain adalah sebagai berikut :

    => Kekurangan:
    1. Guru belum menyiapkan duduk anak ketika hendak memulai cerita didalam kelas, seharusnya guru membuat circle time sehingga setiap anak tidak ada yang terhalang oleh temannya, anak dalam jangkauan mata guru.
    2. Media pembelajaran yang dibawa guru mungkin kurang menarik bagi beberapa anak.
    3. Kurangnya ice breaking dan kemampuan intonasi saat penyampaian cerita dalam kegiatan PBM tersebut.

    => Kelebihan:
    1. Guru sudah menyiapkan media pembelajaran yaitu buku cerita.
    2. Guru sudah mengamati anak yang kurang fokus dan mengobrol saat kegiatan PBM
    3. Guru mengevaluasi kegiatan PBM yang dilakukan dengan melakukan pemisahan terhadap anak yang terus mengobrol.
    4. Guru memecah suasana kurang kondusif dengan mengadakan tepuk
    5. Guru sudah memberikan reward bagi anak yang tidak mengulangi kegiatan mengobrolnya.

    => Aspek Yang dapat dikembangkan dalam Sosial Emosional (Disiplin atau dapat memperhatikan saat orang lain berbicara).

    => Adapun Menurut pendapat saya guru sudah mengupayakan pembelajaran yang kondusif, pada umumnya anak PAUD memang sulit untuk fokus saat pembelajaran. Tetapi bisa dengan melihat ada beberapa anak yang ngobrol sendiri, guru sudah menghampiri anak tersebut dan menegurnya, akan tetapi menurut saya agar anak bisa mengikuti pembelajaran bercerita sampai selesai , guru seharusnya membuat kesepakatan di awal pembelajaran, bagaimana peraturan kelas nantinya, juga bisa dilakukan adanya ice breaking dan bisa juga agar lebih menarik perhatian anak- anak menggunakan alat peraga.

  5. Nama :Almaidah

    nim :857757806

    Program studi :S1 PG PAUD

    Dalam vidio tersebut seorang guru sedang melakukan kegiatan belajar mengajar kepada anak didik anak usia dini,sabagian anak terlihat ngobrol sendiri .Peristiwa ini sering kita jumpai dalam kegiatan belajar mengajar pada anak sekolah. Dan bukan hanya anak usia dini saja yang yang sering ngobrol sendiri dalam kegiatan belajar mengajar.namun juga terjadi pada anak usia sekolah jenjang atas.Cara mengatasi persoalan tersebut yaitu tergantung pada kondisi usia anak tersebut.
    Dalam vidio tersebut ketika guru sedang bercerita konsentrasi guru terpecah,karena ada beberapa anak yang ketika diceritakan ngobrol sendiri.Melihat suasana tersebut guru berinisiatifuntuk mengkondusifkan kembali suasana kelas dengan menghentikan sejenak kegiatan bercerita,kemudian guru memindahkan posisi anak yang ngobrol sendiri untuk maju kedepan dan bersandingan dengan guru .

  6. NAMA : LAURA GOLFENA KASIADI
    NIM. : 858669893
    PRODI. : PG PAUD SEMESTER 8

    Untuk menanggapi video tersebut diatas dengan Judul “Anak Mengobrok di Kelas Saat PBM”

    – Kekurangan dalam vidio tersebut:
    1. Guru belum menyiapkan duduk anak ketika hendak memulai cerita didalam kelas, seharusnya guru membuat circle time sehingga setiap anak tidak ada yang terhalang oleh temannya, anak dalam jangkauan mata guru.
    2. Media pembelajaran yang dibawa guru mungkin kurang menarik bagi beberapa anak.
    3. Kurangnya ice breaking dan kemampuan intonasi saat penyampaian cerita dalam kegiatan PBM tersebut.

    – Kelebihan dalam vidio tersebut:
    1. Guru sudah menyiapkan media pembelajaran yaitu buku cerita.
    2. Guru sudah mengamati anak yang kurang fokus dan mengobrol saat kegiatan PBM
    3. Guru mengevaluasi kegiatan PBM yang dilakukan dengan melakukan pemisahan terhadap anak yang terus mengobrol.
    4. Guru memecah suasana kurang kondusif dengan mengadakan tepuk
    5. Guru sudah memberikan reward bagi anak yang tidak mengulangi kegiatan mengobrolnya..

    -Aspek Yang dikembangkan Sosial Emosional (Disiplin atau dapat memperhatikan saat orang lain berbicara).

  7. Nama : Nurul Aliya Rosyida
    NIM : 858732356
    Program Studi : PGPAUD-BI

    Assalamu’alaikum. Wr. Wb.
    Mohon izin menanggapi nggih Bpk/Ibu…

    Dalam ringkasan materi video dijelaskan bahwa Upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan anak ngobrol di kelas saat pembelajaran, diantaranya adalah: Mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; Memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru, Memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
    Pendapat saya mengenai hal yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut adalah guru belum menerapkan variasi permainan (ice breaking) misalnya permainan ‘tepuk diam” atau “tepuk konsentrasi” untuk mengkondisikan anak-anak agar lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran kembali. Yang kedua, saat memisahkan anak yang suka mengobrol dari anak yang belajar ke dekat guru sebaiknya tidak disendirikan di depan kelas karena dapat menimbulkan bullying dari teman-temannya, alangkah lebih baik anak yang mengobrol tetap duduk sejajar dengan teman-temannya (dengan diberi jarak/ tidak berdempet) di baris paling depan dan dekat dengan guru. Atau bisa juga diberi mainan seperti plastisin sehingga anak dapat duduk tenang sambil mendengarkan cerita atau penjelasan guru. Hal ini sebelumnya pernah saya tanyakan kepada Tutor saya ketika Tuweb dan solusinya seperti sebagaimana yang disebutkan diatas.
    Terimakasih… Dan mohon maaf jika ada kekeliruan…🙏🙏
    Wassalamu’alaikum. Wr. Wb..

  8. Nama : DEVI KARTIKA SARI

    NIM : 857667399

    JUDUL : ANAK MENGOBROL DI KELAS SAAT PBM

    PRODI : S1- PG PAUD

    Menurut saya, ketika guru akan bercerita ketika sesi PBM posisikan anak dengan duduk melingkar, atau anak yang sudah dibketahui terlalu aktif sebaik nya di pisah dengan anak yang aftif pula, bercerita lah dengan tema yang asyik dan di sukai anak pilih buku cerita yang bergambar, di sertai miniatur tokoh dalam cerita atau libatkan anak dalam perat cerita tersebut,

  9. Nama : Jeklin Erliana Puspita Sari
    NIM : 858748713
    Prodi : S1 PAUD BI
    Semester : II (dua)
    A. Judul : Anak Ngobrol di Kelas saat PBM
    Nama : Pengembang Megawati Simanjuntak, SP. MSi
    Seri Pembelajaran: Pengembangan Sosial Emosional PAUD
    Narasumber : Dr. Ir. Dwi Hastutik, MSC (Bidang Keahlian Perkembangan Anak)
    B. Apakah guru dalam video yang anda saksikan tersebut telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini?
    Menurut saya dalam video di atas guru telah menerapkan konsep prinsip-prinsip evaluasi:
    1. Komprehensif adalah instrumen disusun atas dasar kisi-kisi instrumen yang menggambarkan secara sistematis dan logis keseluruhan aspek bidang pengembangan
    2. Keterandalan atau reliabilitas memiliki konstan atau keejakan kapanpun dinilai hasil yang dihasilkan tidak akan jauh berbeda
    3. Kesahihan atau validitas kisi-kisi instrumen yang dirancang sudah mencakup seluruh hal-hal yang akan dinilai dan sudah tepat sesuai yang ingin kita ukur
    Objektif bahwa penafsiran terhadap suatu informasi dalam inflasi harus apa adanya sesuai kenyataan menghindari diri dari subjektivitas sehingga akan menghasilkan nilai yang relatif sama meskipun penilaiannya berbeda
    5. Kontinu atau berkesinambungan dilakukan secara kontinu dalam jangka waktu yang cukup
    6. Bermakna memiliki manfaat atau nilai guna bagi pembelajaran secara keseluruhan

    C. Jelaskan Apa pendapat anda hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang guru lakukan dalam video?
    Menurut saya belum memulai pembelajaran yang pertama yang harus dilakukan adalah melakukan ice breaking agar anak fokus pada pembelajaran, kemudian gunakan alat peraga untuk menarik perhatian anak seperti boneka jari dan juga gunakan suara bisa menyerupai tokoh-tokoh dalam cerita

  10. NAMA : NANI ERNAWATI
    NIM : 857745066
    PRODI : S1 PGPAUD
    Dalam Video tersebut memaparkan tentang kondisi anak yang ngobrol atau cerita sendiri pada saat guru sedang proses pembelajaran di kelas (bercerita). Ada beberapa faktor kondisi yang menyebabkan anak ngobrol dikelas saat pembelajaran diantaranya anak kurang tertarik dengan metode yang digunakan oleh guru, anak merasa bosan dengan cerita yang disampaikan oleh guru sehingga menjadikan anak tidak mau mendengarkan. Dalam menghadapi keadaan seperti itu ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh guru diantaranya, guru harus bisa mengkondisikan suasana kelas supaya lebih kondusif dengan menggunakan metode yang lebih menarik, guru dapat menenangkan kelas kembali dengan menghentikan cerita dan kemudian memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar. Posisikan anak yang mengobrol berada didekat guru. Melibatkan anak dalam untuk aktif dalam pembelajaran dikelas, tekankan kepada anak untuk tidak mengulanginya kembali dan memberi reward kepada anak yang mau mengikuti PMB dengan baik.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://wiki.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://argenerasiunggul.id/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/