silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
ismaul latifah
858754337
pada video tersebut memaparkan bagaina kita para guru menghadapi anak-anak yang mengobrol sendiri saat kegiatan belajra berlangsung. pengunaan strategi maupun metode dalam pembelajran sudah sangat sesaui dengan pnerapan kurikulum 2013. namun sayangnya pada video tersebut tidak di perlihatkan hasil evaluasi pada pembelajaran.
Mengatasi anak yang ngobrol saat pelajaran adalah hal yang biasa terjadi dalam kelas, dalam hal ini guru harus bijak dalam menanganinya.
menurut saya memang kunci utama untuk menciptakan kelas yang berhasil guru harus memberikan sesuatu yang membuat anak tertarik
mulai dari strategi guru dalam mengajar, dalam konteks ini, guru bercerita, dalam bercerita harus intonasi suara yang turun naik, ekspresi yang membuat anak-anak tertarik, lalu memperhatikan dinamika suara. jika semua hal sudah dilakukan dan anak masih ada yang ngobrol, maka guru harus mendekati anak dan menjadikan anak sebagai tambahan dalam cerita tersebut, bisa seperti dalam video diajak ke depan dan dilibatkan dalam cerita. saya setuju dengan yang dilakukan oleh guru di video tersebut.
Nama : Yofi Siti Sofiah
Video tersebut menggambarkan upaya guru dalam menangani permasalahan sosial emosional yang sering terjadi di kelas, khususnya perilaku anak yang suka mengobrol saat proses pembelajaran berlangsung. Manfaat yang dapat diambil dari video ini bagi anak-anak adalah terciptanya lingkungan belajar yang lebih tertib dan kondusif, sehingga anak dapat lebih fokus dan mudah menyerap informasi yang diberikan. Melalui pendekatan seperti permainan tepuk, pemisahan tempat duduk anak yang terlalu aktif mengobrol, dan pemberian reward, guru membantu anak belajar tentang disiplin, tanggung jawab, serta menghargai waktu dan kesempatan orang lain untuk belajar. Anak juga secara tidak langsung diajarkan tentang aturan dan batasan sosial yang harus dihormati dalam situasi belajar bersama. Pendekatan ini bukan hanya menekan perilaku negatif, tetapi juga menumbuhkan sikap positif seperti mendengarkan, bersabar, dan mengontrol diri, yang merupakan bagian penting dari perkembangan sosial emosional anak usia dini.
Nama : Suparni
NIM : 857585194
Judul: Anak mengobrol di kelas saat KBM
Dari Vidio tersebut memperlihatkan guru yang sedang bercerita sedangkan anak mendengarkan dan beberapa anak mengobrol sendiri. cara yang bisa dilakukan guru bisa dengan mendekatkan anak yang mengobrol dengan guru, memisahkan anak yang sering mengobrol, memberikan rewors disaat akhir pembelajaran. menurut pendapat saya tentang vidio tersebut, anak ngobrol dengan teman saat kegiatan belajar berlangsung itu biasnya sering terjadi saya sebagai guru juga pernah menghadapi hal tersebut, itu karena kurangnya alat permainan edukatif, cara penyampaian materi yang disampaikan guru kurang meraik dan bisa berupa ceramah saja, tidak menarik minat anak dan tidak melibatkan anak dalam kegiatan tersebut, hal yang biasa saya lakukan adalah mengubah posisi duduk anak agar anak terlihat semua oleh guru sehingga bisa terawasi, memberikan pembelajaran yang menarik, jika bercerita berarti gunakan cerita yang mudah dimengerti anak dan menggunakan suara yang berbeda beda setiap tokohnya, kemudian libatkan anak untuk bercerita kembali, agar anak tahu cerita apa yang sedang didengarnya. kmudian berikan reword atau pujian untuk anak.
sebagai guru harus mempunyai cara au trik agar anak tetap memperhatikan guru saat kegiatan KBM.
pada video tersebut seorang guru yang menyampaikan cerita melalui buku cerita akan tetapi anak asyik menggobrol sendiri dan tidak memperhatikan guru.menurut pendapat saya memang benar dalam memperbaiki fokus anak adalah memisahkan anak yang suka mengobrol dan yang memperhatikan,melibatkan anak dalam cerita itu semua benar.di vedio tersebut guru kurang inovatif dalam menyampaikan cerita sehingga anak mudah bosan dan tidak tertarik.
guru bisa memakai berbagai media dalam bercerita seperti boneka tangan atau boneka jari yang menarik perhatian anak.setelah anak tertarik guru harus menyampaikan cerita dengan bahasa yang mudah di mengerti anak tidak berpatok pada tulisan yang ada di buku.
Assalamualaikum
Nama = Rahayu Kona’ah
NIM = 858527124
Semua guru apalagi guru anak usia dini, pasti tau kalau anak itu berbeda-beda tingkahnya ketika guru melakukan pembelajaran. Ada yang tenang mempertahatikan gurunya, ada yang mengganggu temannya dengan mengajak ngobrol, ada yang jail dan sebagainya.
Upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi anak yang ngobrol didalam kelas pada saat pembelajaran dimulai. pada vidio ini, sangat tepat. Yaitu antara lain: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Nama : Defy Setyowati
NIM : 857585227
Dalam vidio tersebut, sudah menjadi makanan sehari-hari saat anak tidak fokus dengan apa yang disampaikan guru terutama dalam usia PAUD. Anak biasanya lebih mudah berubah fokus saat ada teman yang mengajak ngobrol saat kegiatan. Hal tersebut kadang dapat menggangu anak lainya. Hal yang bisa guru lakukan adalah dengan memilah cerita yang mudah dipahami dan menggunakan ekspresi yang disukai anak. Upaya yang dilakukan juga bisa dengan memanggil nama anak untuk diajak berkomunikasi tentang isi buku tersebut.
Nama : Susilawati
Nim :857133463
Dalam video tersebut guru menyampaikan pembelajaraan melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar,anak-anak terlihat mengobrol dan bercanda,guru mengatasinya dengan memisahkan anak yang ngobrol tersebut untuk dududk lebih dekat dengan guru,dan sesekali guru mengajak anak -anak ikut berinteraksi dalam cerita tersebut,guru memberikan reward dengan bertepuk tangan setelah pembacaan cerita selesai
Nama : Merliyanti Zai
NIM : 859899051
Dalam video diatas, menerangkan bagaimana seorang guru menghadapi anak-anak yang sedang ngobrol disaat proses pembelajaran.
Guru mengubah strategi belajar dengan bercerita serta melibatkan kan anak kedalam cerita, dan mendekati anak yang mengobrol dengan membawanya diposisi depan supaya bisa memperhatikan dengan baik.
Cara yang dilakukan guru tersebut sangat bagus, mampu memotivasi anak dan melatih konsentrasi anak ketika guru sedang bercerita.
Terimakasih 🙏
Nama : Risa Iswari
NIM : 859519714
Menurut saya, video ini sangat bermanfaat karena memberikan solusi konkret yang dapat langsung diterapkan oleh guru PAUD. Saya setuju bahwa anak usia dini belum sepenuhnya memahami konsep disiplin sehingga pendekatannya harus lembut dan menyenangkan. Memberikan reward dan membuat variasi permainan bukan hanya mencegah anak bosan, tetapi juga membentuk keteraturan dan tanggung jawab secara perlahan. Selain itu, pendekatan yang tidak menghakimi seperti memindahkan tempat duduk secara strategis juga bisa mengurangi gangguan dalam kelas tanpa mempermalukan anak.