Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,401 Comments

  1. NAMA : PUTRI NUR HIDAYAH
    NIM : 857474702
    PRODI: PGPAUD

    video di atas menampilkan guru yang sedang bercerita namun anak-anak banyak yang mengobrol dan tidak peduli karena penyampaian cerita dari guru nya kurang menarik dan kreatif. namun kemudian guru mengubah metode berceritanya dengan di perlihatkannya juga gambar cerita tersebut dan mengkondisikan anak-anak yang mengobrol sehingga kelas menjadi berubah cukup kondusif.

  2. NAMA : YULIANTI
    NIM : 857471287
    PRODI: PGPAUD

    Tanggapan saya dari video yang saya lihat.. cara mengatasi anak yang menggobrol di kelas saat PMB sudah benar, namun ada beberapa yg bisa di terapkan lagi agar anak tidak mengobrol, contoh.nya seperti penataan duduk anak harus melingkar, tidak berkerumun seperti itu agar anak tidak begitu memperhatikan teman di didekatnya dan fokus ke depan guru,
    Trus ajak anak juga untuk melibatkan.nya dalam cerita dengan contoh di beri pertanyaan..

  3. Nama : IMA WINDAH SOLINA
    NIM : 858709972
    PRODI : S1 PGPAUD

    Assalamualaikum izin menaggapi vidio tetntang ” Mengatasi anak yang ngobrol dikelas saat pembelajaran ”

    Menurut pendapat saya tentang vidio diatas, didalam kelas memang kterkadang ada anak yang tidak mau mendwngarkan ketika bu guru mengajar. Solusi yang di terapkan dividio diatas ialah menurut saya sudah tepat sekali, tetkadang saya juga melakukan hal tersebut.

    Hal unik yang ada di dalam vidio twrswbut ialah saya mendapat ilmu baru tentang bagaimana cara mwngatasi anak yang mengobrol sendiri dengan cara mengajak anak yang ngobrol untuk lebih dperhatikan lagi. Dengab itu menambahkan sy pengalaman baru.

    Tetapi ada satu tambahan yang menurut saya perlu adanya tambahan, adalah ketika anak yang suka mwngobrol, kita jadikan swbuah icon yang tidak baik, kita lihatkan kepada teman yang lain untuk berpwndapat bahwa mwngobrol sendiri bukan hal yang baik. Menurut sy seperti itu.

    Terimakasih…

  4. 1. Judul video :
    Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

    2. Identifikasi Masalah :
    Anak bosan dengan pembelajaran yang guru sampaikan sehingga anak mengobrol dengan teman di dalam kelas.

    3. Penyebab :
    a. Kegiatan bercerita yang monoton tanpa media
    b. Anak bosan di dalam kelas

    4. Identifikasi :
    Bagaimana cara mengatasi anak-anak yang suka mengobrol di dalam kelas?

    5. Rencana solusi :
    Guru dapat mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas yaitu :
    a. Hentikan sejenak kegiatan bercerita untuk menenangkan suasana kelas
    b. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
    c. Posisikan anak yang mengobrol di dekat guru
    d. Libatkan anak dalam kegiatan bercerita atau proses belajar mengajar yang lain yang disampaikan guru
    e. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    f. Berikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya

  5. Nama : Devi Serliana
    NIM : 857585352
    PRODI : S1 PGPAUD

    Tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut, pendidik kesulitan dalam menyampaikan cerita pada semua anak karena banyak anak yang tidak memperhatikan, mengobrol atau bercerita sendiri, dan bermain sendiri, saya setuju dengan metode yang digunakan pendidik agar anak didik mendengarkan cerita.
    Namun akan lebih baik jika pengaturan kelas dirancang dengan baik sejak awal pembelajaran sehingga kegiatan bercerita tidak terpotong, yaitu dengan :
    1. Mengatur tempat duduk anak agar lebih rapi dan tidak berdesakkan.
    2. Membuat perjanjian dengan anak sebelum melakukan kegiatan, dalam hal ini mendengarkan cerita.
    3. Membuat perjanjian dengan anak jika pendidik bercerita maka anak didik mendengarkan, kemudian jika ada anak didik yang ingin bertanya, anak mengangkat tangan.
    4. Pendidik dapat menambahkan media pembelajaran seperti boneka atau benda-benda di sekitar kelas guna menunjang isi cerita. sehingga anak-anak menjadi penasaran dengan isi cerita.
    5. menetapkan durasi bercerita agar anak tidak cepat bosan

    setelah bercerita pendidik dapat,
    1. Memberi kuis sederhana dan memberi hadiah/pujian/stiker, dll bagi anak didik yang bisa menjawab pertanyaan seputar isi cerita.
    2. Pendidik dapat memberi reward bagi anak didik yang mau duduk mendengarkan cerita.
    3. Melakukan pembiasaan peraturan di kegiatan berikutnya.

  6. Nama : Qonie’ Atuz Zauharoh
    NIM : 858814719
    Prodi : S1 PGPaud

    Mohon izin untuk masuk diskusi tentang ” Anak Ngobrol Di Kelas Saat PBM ”

    Identifikasi masalah
    1. Anak tidak konsentrasi ketika guru membacakan cerita
    2. Anak mengobrol sendiri ketika guru membacakan cerita
    3. Anak kurang nyaman dengan posisi guru saat dibacakan cerita

    Penyebab
    1. Guru belum menata posisi duduk anak supaya tidak berjubel. Posisi duduk anak akan mempengaruhi konsentrasi anak di saat pembacaan cerita
    2. Media cerita guru kurang menarik dan penyampaian cerita kurang berfariasi.
    3. Posisi guru yang lebih tinggi dari posisi anak akan menyebabkan anak kurang nyaman.

    Rencana solusi
    Saran yang bisa saya berikan
    a. Guru dapat mengubah metode saat pembacaan cerita
    1. Anak di arahkan untuk duduk melingkar atau berbentuk U. Sesuai kebutuhan
    2. Pemilihan buku cerita yang berisi cerita menarik dan dapat dikembangkan guru. Untuk menarik
    keingintahuan anak tentang cerita tersebut.
    3. Penyampaian bahasa cerita bisa disesuaikan dengan tingkat pengetahuan anak. guru dapat memilih
    berbagai macam suara sesuai tokoh di cerita.
    4. Posisi guru juga dapat mempengaruhi kenyamanan anak. Alangkah baiknya jika sama sama duduk.

    b. Guru dapat merubah strategi belajar dengan
    1. Ketika didapati anak ngobrol sendiri pada saat pembacaan cerita. Guru dapat menghentikan sejenak
    dan menghampiri anak.
    2. Pisahkan anak yang terlihat mengganggu konsentrasi anak lainnya pada saat mendengarkan cerita.
    3. Posisikan anak yang ngobrol sendiri di dekat guru
    4. Libatkan anak dalam penyampaian isi cerita guru.
    5. Tekankan untuk anak tidak mengulangi kejadian yang sama dan tidak ditiru oleh teman yang lainnyqa
    6. Berikan reward sederhana untuk anak yang mampu memperbaiki sikap.

    Terimakasih.

  7. Nama : Qonie’ Atuz Zauharoh

    NIM : 858814719

    Prodi : S1 PGPaud

    Mohon izin untuk masuk diskusi tentang ” Anak Ngobrol Di Kelas Saat PBM ”

    Identifikasi masalah

    1. Anak tidak konsentrasi ketika guru membacakan cerita
    2. Anak mengobrol sendiri ketika guru membacakan cerita
    3. Anak kurang nyaman dengan posisi guru saat dibacakan cerita

    Penyebab

    1. Guru belum menata posisi duduk anak supaya tidak berjubel. Posisi duduk anak akan mempengaruhi konsentrasi anak di saat pembacaan cerita
    2. Media cerita guru kurang menarik dan penyampaian cerita kurang berfariasi.

    3. Posisi guru yang lebih tinggi dari posisi anak akan menyebabkan anak kurang nyaman.

    Rencana solusi Saran yang bisa saya berikan

    a. Guru dapat mengubah metode saat pembacaan cerita

    1. Anak di arahkan untuk duduk melingkar atau berbentuk U. Sesuai kebutuhan
    2. Pemilihan buku cerita yang berisi cerita menarik dan dapat dikembangkan guru. Untuk menarik keingintahuan anak tentang cerita tersebut.
    3. Penyampaian bahasa cerita bisa disesuaikan dengan tingkat pengetahuan anak. guru dapat memilih berbagai macam suara sesuai tokoh di cerita.
    4. Posisi guru juga dapat mempengaruhi kenyamanan anak. Alangkah baiknya jika sama sama duduk.

    b. Guru dapat merubah strategi belajar dengan
    1. Ketika didapati anak ngobrol sendiri pada saat pembacaan cerita. Guru dapat menghentikan sejenak dan menghampiri anak.
    2. Pisahkan anak yang terlihat mengganggu konsentrasi anak lainnya pada saat mendengarkan cerita.
    3. Posisikan anak yang ngobrol sendiri di dekat guru
    4. Libatkan anak dalam penyampaian isi cerita guru.
    5. Tekankan untuk anak tidak mengulangi kejadian yang sama dan tidak ditiru oleh teman yang lainnya
    6. Berikan reward sederhana untuk anak yang mampu memperbaiki sikap. Terimakasih.

  8. Nama : Agustina Verawati
    NPM : 858838621
    Program Studi : S1 PGPAUD

    Setelah melihat video tersebut saya sependapat yang di lakukan guru ketika ada anak yang mengobrol sendiri ketika pembelajaran berlangsung. Ada sedikit tambahan saran dari saya yaitu :
    1. Sebelum kegiatan bercerita di mulai guru dapat mengatur tempat duduk anak, memisahkan tempat duduk anak.yang suka mengobrol dengan teman-teman yang serius ketika mengikuti pembelajaran.
    2. Membuat beberapa peraturan dalam mendengarkan cerita.
    3. Melibatkan anak kedalam cerita yang di bacakan.
    4. Setelah selesai membacakan cerita guru dapat memberikan beberapa pertanyaan tentang cerita tersebut.
    5. Anak yang bisa menjawab dengan benar diberikan sedikit hadiah / reward.

  9. Nama : Izzah Fauziah
    Nim : 857585116
    Prodi : PGPAUD

    Menurut saya yang dilakukan guru tersebut sudah baik. dalam video tersebut guru menggunakan media buku cerita, sebagian anak tidak memperhatikan guru dan anak lainnya ada yang berbicara dengan temannya. hal ini disebabkan karena buku yang yang dipakai kurang menarik perhatian anak dan gambar pada buku tersebut tidak begitu besar. dalam memberikan cerita sebaiknya guru dapat menggunakan media-media yang menarik bagi anak misalnya bonek jari, boneka tangan. kelebihan menggunakan alat peraga agar anak lebih tertarik mendengar cerita sehingga dapat mengembangkan imajinasi anak.

  10. Nama : Zinnia Marinda
    Nim : 858837533
    PGPAUD 3B Ngunut

    Menurut pendapat saya setelah melihat video anak mengrobol di kelas saat PBM, cara yang telah dilakukan guru sudah tepat. Hanya saja ada beberapa saran yang bisa saya sampaikan ketika ini juga terjadi pada murid saya ketika saya melakukan kegiatan bercerita dikelas. Diawal pembelajaran, guru dapat memberikan ice breaking terlebih dahulu untuk memusatkan konsentrasi anak. Atur duduk anak menjadi membentuk “U” dengan guru berada di tengah anak – anak dan pisahkan anak – anak yang terbiasa mengobrol di dalam kelas. Sebelum guru mulai bercerita alangkah baiknya jika guru membuat peraturan untuk anak – anak ketika guru sedang bercerita. Dengan adanya peraturan anak – anak setidaknya akan lebih memahami apa yang akan mereka dapat jika melanggar. Setelah itu ketika guru mulai bercerita guru dapat ikut melibatkan anak untuk dalam kegiatan bercerita. Guru dapat memberikan pertanyaan kepada anak – anak dan memberikan reward kepada anak – anak yang bisa menjawab dengan benar. Menurut pendapata saya untuk cara mendisiplinkan anak – anak agar tidak mengobrol dalam kelas adalah dengan adanya peraturan ketika bercerita.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/