Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,401 Comments

  1. Nama : Ela Afiyanti
    NIM : 857749751
    Prodi : PGPAUD

    Berdasarkan video di atas, ada beberapa hal yang perlu dikaji sebagai berikut :
    1. Kekurangan
    a. Kurangnya persiapan dari guru seperti mengkondisikan anak dengan posisi duduk yang lebih efektif misal dengan membentuk lingkaran atau pun membentuk huruf U.
    b. Kurangnya interaktif guru terhadap anak sehingga terkesan guru membacakan cerita yang monoton.
    c. Kurangnya ekspresi dan penekanan suara dalam membacakan cerita sehingga anak kurang tertarik pada isi cerita.

    2. Kelebihan
    Guru berinisiatif untuk mendekati anak yang sedang asyik ngobrol Bersama teman, kemudian meminta anak untuk pindah dari tempat duduknya. Sehingga anak merasa bahwa ada yang salah dalam perilakunya.

    3. Saran untuk perbaikan
    a. Mengkondisikan anak sebelum mulai cerita dengan membuat aturan kesepakatan bersama
    b. Menggunakan media tambahan dalam bercerita seperti wayang karakter sesuai cerita, boneka tangan, ataupun buku bergambar yang lebih besar.
    c. Mengolah suara dengan menyesuaikan intonasi dalam membacakan cerita.

    4. Hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi anak mengobrol di kelas saat PBM antara lain :
    a. Menghentikan cerita sejenak dan proses pembelajaran untuk menenangkan suasana kelas
    b. Memisahkan anak yang mengobrol dan yang tidak
    c. Memberikan kesempatan pada anak yang mengobrol untuk duduk didekat guru
    d. Melibatkan anak dalam kegiatan cerita
    e. Menekankan pada anak agar tidak mengulangi perbuatannya
    f. Memberikan reward pada anak jika anak suda bias memperbaiki kesalahannya.

  2. Dita Dahniar
    857162869
    PGPAUD/AKPMM

    Menurut Saya apa yang telah Guru tersebut lakukan pada anak yang mengobrol di kelas pada saat kegiatan Bercerita sudah sangat tepat dengan langkah awal menghentikan cerita yang sedang dibacakan, menghampiri anak yang sedang mengobrol lalu memisahkannya, anak di tempatkan di posisi dekat dengan pandangan atau jangkauan Guru, serta anak dilibatkan dalam sesi tanya jawab, serta memberikan pujian atau reward pada anak yang telah merubah perilaku nya.

  3. Nama Sri Lestari
    NIM 857971664
    Assalamu’alaikum..Setelah saya melihat video diatas saya merasakan bahwa hal tersebut sering terjadi di kelas dan apa yang di lakukan guru tadi sangat menginspirasi saya saat saya mengalami situasi tersebut.Dalam situasi seperti itu guru memang harus tanggab dengan keadaan sekitarnya apakah anak menyimak atau tidak dan juga harus tanggab apa yang harus di lakukan untuk mengembalikan Susana menjadi kondusif sehingga anak mampu menyimak dan terstimulasi perkembangannya melalui kegiatan bercerita tersebut.

  4. Nama: Dwi Ningsih
    Nim : 857844321
    Prodi : SI PAUD
    setelah melihat vidio tersebut, ketika awal guru membacakan cerita, kondisi anak tidak kondusif, sebaiknya guru ajak anak untuk ice breaking dulu seperti gerakan senam atau menyanyi dulu, setelah kondusif guru baru memulai berceritanya. untuk mengatasi anak yang masih cerita sendiri, sudah bagus dengan memindahkan anak kedepan dekat dengan gurunya. ketika guru bercerita bisa sambil dengan ekspresi yang menggambar tokoh dalam cerita tersebut.

  5. Nama : Siti Mukhoyyaroh islamiah Romlah
    Nim : 858748849
    Jurusan : PGPAUD-BI

    cara yang di lakukan guru tersebut sudah bagus dengan menghentikan cerita ketika ada yang ngobrol sendiri, kemudian memindahkan tempat duduk mereka, melibatkan mereka serta memberikan reward bagi mereka.
    perbaikan tambahan yang bisa di lakukan oleh guru sebelum memulai bercerita
    1. atur posisi duduk anak, usahakan semua anak dapat terjangkau oleh guru, misalnya dengan membuat lingkaran
    2. jika menggunakan buku, hendaknya buku tersebut yang lebih banyak gambar dari pada tulisannya, karena hal tersebut yang akan menarik minat anak untuk memperhatikan cerita guru
    3. jika bercerita tanpa buku, bisa menggunakan media cerita lain seperti boneka tangan, boneka jari
    4. gunakan suara yang berbeda pada setiap tokoh yang ada pada cerita (suara kecil, suara besar,)
    5. mainkan ekspresi saat bercerita

  6. Ketika saya melihat video tentang Anak Mengobrol Di kelas pada saat PBM berlangsung tentunya sering kita alami di sekolah, akan tetapi tindakan guru tersebut sudah tepat ketika ada anak yg ngobrol saal bercerita, guru tersebut menghentikan ceritanya dan langsung menghampiri anak yang sedang asik mengobrol lalu memindahkannya kedepan duduk didekat gurunya. Dan guru itu juga melibatkan anak-anak dalam bercerita supaya anak-anak tersebut bisa menyimak dan mendengarkan cerita tersebut.
    Alangkah baiknya ketika mau bercerita guru harus mempersiapkan alat peraga (kalau ada), memahami isi cerita dan sebelum bercerita anak-anak bisa diajak ice breaking terlebih dulu atau bernyanyi sehingga ketika waktu bercerita anak-anak sudah bisa fokus kepada guru dan mendengarkan ceritanya.

  7. Nama: Rizka Aulia
    NIM: 857167037
    Prodi: S1 PGPAUD

    Bismillahirrahmanirrahim
    Alhamdulillah setelah menonton video tentang permasalahan Anak Ngobrol dikelas saat PBM saya dapat menambah strategi untuk mengurangi atau membatasi obrolan yang sering terjadi saat kegiatan belajar mengajar. Permasalahan ini sering saya alami dan dari video tersebut sudah beberapa cara saya lalukan seperti berhenti berbicara sejenak untuk menciptakan suasana yang kondusif dan mencoba memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang memperhatikan. Tetapi setelah saya berbicara kembali, anak yang suka mengobrol ikut berbicara juga dan kembali mengobrol. Saya akan coba untuk mengikut sertakan ayang yang suka mengobrol dengan kegiatan yang saya akan lakukan, seperti menjadikan anak sebagai ketua kelas dan meminta anak untuk memimpin doa. Semoga strategi yang diberikan dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua, dan semoga anak anak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Terima kasih.

  8. Nama : Azizah Widya Rahmawati
    NIM:858672352
    Pgpaud 8a

    cara yang di lakukan guru tersebut sudah bagus dengan menghentikan cerita ketika ada yang ngobrol sendiri, kemudian memindahkan tempat duduk mereka, melibatkan mereka serta memberikan reward bagi mereka.
    perbaikan tambahan yang bisa di lakukan oleh guru sebelum memulai bercerita
    1. atur posisi duduk anak, usahakan semua anak dapat terjangkau oleh guru, misalnya dengan membuat lingkaran
    2. jika menggunakan buku, hendaknya buku tersebut yang lebih banyak gambar dari pada tulisannya, karena hal tersebut yang akan menarik minat anak untuk memperhatikan cerita guru
    3. jika bercerita tanpa buku, bisa menggunakan media cerita lain seperti boneka tangan, boneka jari
    4. gunakan suara yang berbeda pada setiap tokoh yang ada pada cerita (suara kecil, suara besar,)
    5. mainkan ekspresi saat bercerita

  9. Nama : DWI KUMAIROTUL HIDAYAH
    NIM : 858169359
    PG PAUD BI Sem.2

    Menurut saya cara guru dalam upaya untuk mengatasi anak yang sedang mengobrol saat didengarkan sebuah cerita sudah cukup baik. misalnya tadi dengan menghentikan sejenak ceritanya atau memindahkan anak yang mengobrol didekat buguru. Tetapi kalau menurut saya alangkah baiknya jika posisi duduk anak jugaperlu dirubah. misalnya saja menjadi melingkar, karena dengan begitu posisi anak-anak anak sama, tidak ada yang di depan atau dibelakang.
    Guru juga seharusnya harus lebih ekspresif saat bercerita, misalnya dengan memperagakan suara hewan yang ada dalam cerita agar lebih menarik dan menyenangkan bagi anak.
    melibatkan anak dalam cerita juga merupakan cara yang efektif, misalnya mengajak mereka memerankan tokoh dalam cerita tersebut.
    Demikian pendapat saya
    Terima kasih

  10. Nama:evi lutfiani
    Nim:857756864
    PG PAUD BI
    Saya akan menanggapi tentang vidio anak yang suka mengibrol dikelas saat pembemlajaran,dan disini saya melihat tindakan ibu guru sudah baik dengan cara menghentikan cerita sejenak dan buguru juga datang menghapiri anak tersebut dan memindahkan tempat anak yang suka ngobrol sendiri didekat buguru dan anak diajak ikut serta dalam kegiatan pembelajaran,karna seperti ini juga saya melakukan pembelajaran dikelas.
    Kelemahan dividio ini.
    *Guru mengatur posisi duduk anak sehingga guru dapat menjangkau pandangan smua anak agar anak bisa melihat buguru saat bercerita .
    *Media yang digunakan buguru sebaik nya ditambahi dengan boneka tangan atau gerakan gerakan tangan agar anak lebih tertarik pada buguru.
    *Anak bisa diajak terlibat dalam memerankan tokoh tersebuh dalam cerita.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://wiki.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://argenerasiunggul.id/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/